silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah :
- Guru hendaknya mengajarkan gejala kenampakan alam mulai dari lingkungan yang terdekat dengan siswa,
- Guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, atau,
- Guru membawa anak keluar lingkungan sekolah melalui field trip.
Eded Tarmedi
–
–
- Ketika membuka pembelajaran guru dapat menyampaikan materi atau mengulang materi yang telah disampaikan serta dalam penyampaian materi jangan terlalu terburu-buru. Dalam kegiatan menutup pembelajaran juga tidak ada.
- Dalam pembelajaran kenampakan alam guru dapat menggunakan media gambar untuk membantu siswa dalam pembelajaran. Strategi dalam pembelajaranpun dapat dilakukan dengan berkelompok agar anak lebih mudah mengenal kenampakan alam khususnya alam sekitar.
- Materi yang disampaikan dalam video ini cukup sesuai dengan peserta didik. Tetapi dalam memberikan contoh sebaiknya kenampakan alam sekitar lingkungan.
- Sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Hendri Supriyadi S, S.Pd.
NAMA :
NIM
PRODI
POKJAR
NAMA : VINA NURRACHMAWATI
NIM : 877967612
PRODI : PGSD
POKJAR : JOYOBOYO KEDIRI KOTA
Assalamualaikum Wr Wb…
-Berdasarkan video yang telah saya amati bahwa penerapan media pembelajaran dengan gambar sudah benar tetapi dalam gambar tersebut kurang menarik sehingga siswa tidak tertarik dan tidak ada rasa antusias dalam proses pembelajaran.
-Kemudian tulisan pada media gambar tersebut tulisannya sangat kecil .
-Dalam video guru menjelaskan materinya kurang mendalam dan terlalu monoton sehingga siswa merasa bosan.
-Dan guru tidak memberikan apresiasi kepada siswanya.
NAMA : ANGGI NUR AFIYAH
PRODI : Magister Pendidikan Dasar
NIM : 501282916
Video “Kenampakan Alam” menunjukkan tantangan guru dalam mengajarkan konsep yang asing bagi siswa. Perkembangan anak yang terlihat dari video tersebut adalah:
1) Kognitif: Siswa kesulitan memahami kenampakan alam dari negara jauh. Ini menunjukkan perlunya pengajaran yang relevan dan konkret. Kemudian, guru meminta siswa yang pernah mengunjungi salah satu daerah tertentu untuk bercerita tentang apa yang dilihatnya, peserta didik lebih mudah dalam mengidentifikasi kenamapakan alam dan buatan yang ditemuinya.
2) Bahasa: Interaksi dan diskusi antar siswa untuk berbagi pengalaman akan meningkatkan kemampuan berbahasa mereka.
3) Sosial-Emosional: Perkembangan sosial dan emosional anak dapat terdukung melalui interaksi saat mendengarkan cerita. Kegiatan ini mendorong anak untuk berbagi pendapat dan merespons cerita, meningkatkan keterampilan komunikasi dan empati.
Berikut masukan/saran untuk video “Pembelajaran Model Kompetitif” agar lebih efektif:
1) Guru dapat menyertakan contoh kenampakan alam dari lingkungan sekitar siswa untuk membuat pembelajaran lebih relevan.
2) Guru dapat menggunakan media visual yang menarik untuk membantu pemahaman konsep.
3) Guru sebaiknya melakukan asesmen awal untuk mengetahui kebutuhan dan minat siswa.
4) Guru mengajak peserta didik untuk Field trip ke lingkungan sekitar untuk meningkatkan keterlibatan fisik dan memberikan pengalaman langsung.