silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Herawati
    Nim : 856988998
    UPBJJ UT BANDAR LAMPUNG POKJAR AMBARAWA

    Menurut saya video diatas sudah bagus diawali dengan bernyanyi saat membuka pembelajaran membuat anak anak semangat untuk belajar hanya saja tidak di sertai salam doa saat membuka pelajaran.

    Mengajak siswa untuk langsung membaca kata kata seperti ayah dan ibu . Tidak menjelaskan terlebih dahulu apa tujuan dari pembelajaran tersebut.

    Tidak ada kegiatan penutup

  2. Nama : Esti
    NIM : 856081742
    UPBJJ-UT : Batam

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Menurut saya, reaksi anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam belajar, siswa juga menunjukkan rasa percaya diri dan aktif dalam belajar seperti bernyanyi, menanggapi guru yang sedang berbicara di depan kelas, dan mencari suku kata
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut saya, di sini guru tidak cukup memperhatikan murid sehingga sebagian anak belum mengerti maksud ibu guru. Di samping itu, kurangnya variasi pembelajaran juga dialami oleh guru walaupun mereka sudah menggunakan metode yang beragam. Di sini nanti, kemungkinan guru akan fokus dan memberikan perhatian ekstra pada anak yang belum mampu membaca. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru juga menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih kurang
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam pembelajaran yaitu kemampuannya dalam mendorong semangat belajar siswa sehingga mereka memiliki antusiasme yang tinggi dalam proses belajar. Kemudian, proses belajar juga tidak hanya fokus pada guru, tetapi juga fokus pada siswa sehingga mereka ikut aktif dalam proses pembelajaran. Setelah itu, guru memberikan arahan kepada anak walaupun belum semua anak
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Menurut saya hal unik nya adalah guru sangat kreatif dalam pembelajaran, seperti menyiapkan media alat untuk belajar yang di gunakan yaitu dengan kertas print bergambar, dan ada ejaan kata yang di satukan dan terpisah
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca
    – Menambah metode pembelajaran dan memperluas variasi metode belajar
    – Memberikan dukungan yang lebih intensif

  3. 1.Reaksi anak pada video adalah anak tertib belajar dan kelihatan senang serta semangat belajar
    2.Kelemahan guru dalam video
    Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
    Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
    3.Keunggulan video
    Guru memulai pembelajaran dengan mengajak siswa menyayi sesuai materi yang akan di bahas.
    Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa
    4.Hal unik dalam video
    Guru mengajak siswa untuk menyayi di bagian awal sehingga anak menjadi semangat.
    Guru menggunakan media gambar yang mudah dipahami anak
    Guru mengajar siswa dengan ramah dan sabar sehingga anak menjadi merasa nyaman.

  4. nama : Galuh Viranuari
    nim. : 858571128
    prodi. : PGSD
    upbbj: Al-Huda (Malang)

    1.Reaksi anak pada video adalah anak tertib belajar dan kelihatan senang serta semangat belajar
    2.Kelemahan guru dalam video
    Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
    Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
    3.Keunggulan video
    Guru memulai pembelajaran dengan mengajak siswa menyayi sesuai materi yang akan di bahas.
    Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa
    4.Hal unik dalam video
    Guru mengajak siswa untuk menyayi di bagian awal sehingga anak menjadi semangat.
    Guru menggunakan media gambar yang mudah dipahami anak
    Guru mengajar siswa dengan ramah dan sabar sehingga anak menjadi merasa nyaman.

  5. Nama : ROSA ADITIA
    NIM : 855736165
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : POKJAR KOTAAGUNG

    Berdasarkan video diatas,menurut analisis saya pengajaran yang dilakukan guru pada awal pembelajaran sudah baik dengan diawali ice breaking yaitu menyanyi agar siswa lebih bersemangat dalam belajar serta metode yang digunakan guru tersebut melalui gambar walaupun gambar tersebut tidak berwarna tetapi sangat bisa dimengerti dan dipahami anak-anak terutama kelas rendah.dengan cara itu juga anak yang awalnya belum bisa mengenal huruf jadi perlahan bisa,dan bagi anak yang sudah bisa membaca akan lebih lancar.

  6. Nama : Herawati
    Nim : 857024942
    UPBJJ UT BANDAR LAMPUNG POKJAR AMBARAWA
    Menurut saya video diatas sudah bagus diawali dengan bernyanyi saat membuka pembelajaran membuat anak anak semangat untuk belajar hanya saja tidak di sertai salam doa saat membuka pelajaran. Mengajak siswa untuk langsung membaca kata kata seperti ayah dan ibu . Tidak menjelaskan terlebih dahulu apa tujuan dari pembelajaran tersebut. Tidak ada kegiatan penutup

  7. Nama : Siti Rahmadani
    Nim : 855864937
    Upbjj : pokjar sei balai
    Didalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru sudah memberikan apersepsi dengan baik yaitu :
    1. menyajikan lagu “pergi belajar” , secara bersama-sama dengan tujuan memberi semangat dan memastikan jika peserta didik sudah siap dalam pembelajaran.
    2. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas.
    3. Penggunaan media gambar alangkah baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih cepat mudah dan memahami isi dari gambar tersebut .
    Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.
    Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dengan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membaca, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis huruf dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca. Guru pun harus lebih bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.
    Kelebihan dari video tersebut :
    – untuk meningkatkan semangat belajar siswa, guru mengajak siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul pergi kesekolah. Guru juga bisa menyambungkan sebuah lagu tersebut dengan pokok bahasan yang mau di pelajari. Seperti menanyakan tentang keluarga .
    – guru menggunakan metode pembelajaran dan Melakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
    Dengan menggunakan media siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran yang disampaikan guru tersebut.
    – sistem pembelajaran guru yang digunakan dalam video tersebut dengan menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa bisa memahami tujuan pembelajaran dengan baik dan guru bisa berinteraksi dengan baik kepada siswa.
    – Dapat melakukan interaksi tanya jawab kepada siswa. Guru tersebut juga memastikan siswa mengenal huruf abjad dan mengajak siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu kata.
    Kekurangan Didalam video Tersebut :
    – Guru tidak melakukan apresepsi dalam mengawali pembelajaran, seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
    – Banyak murid yang tidak fokus dalam pembelajaran.
    – menggunakan media gambar yang berwarna, agar lebih menarik lagi dan Seharusnya guru tersebut mengulang suku kata beberapa kali agar siswa siswa mengeja bacaan dengan tepat dan dapat membaca dengan lancar
    – guru tidak melakukan kesimpulan setelah mengakhiri pembelajaran.

  8. Nama : Dimas Triadi Nugraha
    NIM : 855857727
    Semester : 6

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    • Anak-anak menunjukkan semangat dan antusias dalam belajar, seperti diajak untuk selalu penuh semangat dan rajin.
    • Mereka diajarkan untuk menghormati guru dan menyayangi teman-teman mereka.
    • Anak-anak terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
    • Terdapat tantangan dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat yang mungkin membuat beberapa anak mengalami kesulitan.
    • Anak-anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Kurangnya perhatian: Guru mungkin kurang memberikan perhatian yang cukup kepada setiap siswa, sehingga beberapa anak mungkin merasa tidak terbantu dengan baik.
    • Kurangnya variasi metode pembelajaran: Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
    • Kurangnya media pembelajaran: Beberapa anak mungkin mengalami kesulitan karena tidak adanya media pembelajaran yang memadai.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Mendorong semangat dan antusiasme belajar: Guru mendorong anak-anak untuk selalu penuh semangat dan rajin dalam belajar.
    • Mengajarkan nilai-nilai sosial: Guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
    • Memberikan bimbingan: Guru memberikan bimbingan kepada anak-anak yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
    • Mendorong keterlibatan aktif: Anak-anak diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    • Guru menggunakan lagu sebagai sarana untuk memotivasi anak-anak dalam belajar, seperti lagu pergi ke sekolah.
    • Guru melibatkan interaksi antara anak-anak dan gambar-gambar sebagai metode pembelajaran, seperti mengajak anak-anak membaca huruf dan suku kata dari gambar.
    • Guru memberikan tantangan kepada anak-anak untuk membaca huruf, suku kata, dan kalimat, sehingga meningkatkan keterampilan membaca mereka.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    • Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca, sehingga dapat memberikan bimbingan yang lebih intensif.
    • Memperluas variasi metode pembelajaran: Guru dapat terus mengembangkan variasi metode pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk membantu siswa dalam memahami materi, seperti dengan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik.
    • Memperkaya media pembelajaran: Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran yang menarik dan mendukung, seperti audio visual, flashcards, atau permainan edukatif, untuk membantu siswa dalam belajar membaca.
    • Memberikan dukungan yang lebih intensif: Guru dapat memberikan dukungan yang lebih intensif kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca, termasuk dengan memberikan waktu ekstra untuk bimbingan tambahan.
    • Melibatkan orang tua: Guru dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran, seperti dengan memberikan informasi dan tips kepada orang tua untuk membantu anak-anak belajar membaca di rumah.

  9. Nama : Febrisna Dian Margaretha Gulo
    Nim : 855854936
    Jurusan PGSD-S1
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Menurut saya, reaksi anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam belajar, siswa juga menunjukkan rasa percaya diri dan aktif dalam belajar seperti bernyanyi, menanggapi guru yang sedang berbicara di depan kelas, dan mencari suku kata
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut saya, di sini guru tidak cukup memperhatikan murid sehingga sebagian anak belum mengerti maksud ibu guru. Di samping itu, kurangnya variasi pembelajaran juga dialami oleh guru walaupun mereka sudah menggunakan metode yang beragam. Di sini nanti, kemungkinan guru akan fokus dan memberikan perhatian ekstra pada anak yang belum mampu membaca. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru juga menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih kurang
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru dalam pembelajaran yaitu kemampuannya dalam mendorong semangat belajar siswa sehingga mereka memiliki antusiasme yang tinggi dalam proses belajar. Kemudian, proses belajar juga tidak hanya fokus pada guru, tetapi juga fokus pada siswa sehingga mereka ikut aktif dalam proses pembelajaran. Setelah itu, guru memberikan arahan kepada anak walaupun belum semua anak
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Menurut saya hal unik nya adalah guru sangat kreatif dalam pembelajaran, seperti menyiapkan media alat untuk belajar yang di gunakan yaitu dengan kertas print bergambar, dan ada ejaan kata yang di satukan dan terpisah
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca
    – Menambah metode pembelajaran dan memperluas variasi metode belajar
    – Memberikan dukungan yang lebih intensif

  10. Nama : Dina Agustina
    Nim : 855736172
    UPBJJ UT : BANDAR LAMPUNG

    Menurut saya vidio di atas sudah bagus di awali dengan bernyanyi sehingga membuat anak belajar menjadi semangat tetapi Seharusnya yang lebih utama di dahulukan dengan membaca doa dan memberi salam,dan mengajak siswa langsung untuk membaca kata,dan di dalam vidio tidak ada kegiatan penutup.
    – reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru,menurut saya reaksi anak anak sangat antusias dan bersemangat dalam belajar,dan mereka menunjukkan rasa percaya diri dan aktif.
    – di dalam vidio kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu,menurut saya,guru kurang memahami siswa/murid sehingga siswa kurang paham apa yang dimaksud guru,walaupun guru sudah menggunakan metode yang beragam,kemungkinan guru akan fokus dan memberikan perhatian ekstra pada anak yang belum mampu membaca.
    -kelebihan guru di dalam vidio tersebut menurut saya,guru dapat mendorong semangat belajar siswa sehingga mereka memiliki antusiasme yang tinggi dalam proses belajar.tetapi proses belajar juga tidak hanya fokus pada guru tetapi harus fokus jga pada siswa supaya mereka aktif dalam proses pembelajaran.

Leave a Reply