Similar Posts
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Assalamualaikum
Nama : Meishy Gersbby
Nim : 859786762
UPBJJ : UT Medan
Setelah saya lihat dan amati video pembelajaran yang di lakukan guru kelas sekolah dasar. Sudah baik dan anak merespon apa yang di jelas kan guru. Di dalam metode pembayaran guru sudah menggunakan metode variasi, metode tanya jawab dengan anak.
Misalnya menggunakan media kartu huruf. Tetapi Di dalam perkenalan awal abjad A sampai Z secara acak. Untuk melatih perkembangan kognitif anak. Agar anak mengingat abjad tanpa berurutan, tetapi secara ajak. Seperti kita lihat ada anak menyebutkan huruf secara berurutan itu akan membuat Lamat anak mengenal huruf.
Terimakasih
Nama : AAS MARIAH
NIM : 855736158
Pokjar : Kotaagung
Upbjj : Bandar Lampung
Assalamualaikum, ijin menanggapi menurut saya dari vidio yang saya lihat diatas guru mengajak siswa melakukan ice breaking untuk mengawali mulai nya pelajaran, dan siswa mengikutinya. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu terdapat beberapa siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi ada beberapa siswa juga yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut. Guru sudah mengajar dengan sangat baik dalam video tersebut. Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.
Nama : AAS MARIAH
Nim : 855736158
Pokjar : Kotaagung
Upbjj: Bandar Lampung
Assalamualaikum, ijin menanggapi menurut saya dari vidio yang saya lihat diatas guru mengajak siswa melakukan ice breaking untuk mengawali mulai nya pelajaran, dan siswa mengikutinya. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu terdapat beberapa siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi ada beberapa siswa juga yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut. Guru sudah mengajar dengan sangat baik dalam video tersebut. Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.
Nama : Umi Kalsum
NIM : 855867269
Pokjar : Sei balai
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan guru dalam video, sudah cukup bagus. Namun guru dapat menggunakan metode belajar membaca melalui permainan juga, supaya siswa lebih aktif, tidak hanya duduk di tempat duduknya dan lebih tertarik. Misalnya menggunakan media kartu huruf. Tetapi Di dalam perkenalan awal abjad A sampai Z secara acak. Untuk melatih perkembangan kognitif anak. Agar anak mengingat abjad tanpa berurutan, tetapi secara ajak. Seperti kita lihat ada anak menyebutkan huruf secara berurutan itu akan membuat Lamat anak mengenal huruf, Sekian dari saya terima kasih.
Nama : Umi Kalsum
Nim : 855867269
UPBJJ: Medan
Pokjar : Sei balai
Semester : 6 (Enam)
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak siswa bernyanyi di awal pembelajaran. Dari video juga saya menangkap permasalahan yang ada dalam kelas tersebut “kemampuan membaca pemula yang masih rendah”. Antusias anak mengikuti pelajaran bahasa Indonesia tergolong baik. Ibu guru juga sudah menggunakan media belajar berupa gambar yang berhubungan dengan materi pembelajaran hanya saja gambar yang digunakan kurang menarik karena tidak berwarna, menurut saya selain menggunakan media gambar guru juga dapat menggunakan media kartu huruf untuk membantu siswa mengingat kembali huruf-huruf abjad sehingga mereka pasif dalam melapalkan huruf-huruf tersebut, selain itu guru juga dapat mengajak mereka bermain sambil belajar dengan cara membuat kuis tebak huruf. Mengajarkan membaca bukanlah hal yang mudah, di sini guru dituntut kreatif, sabar dan telaten.
Ijin menyampaikan
Nama : Khoirul Huda
Nim : 858691956
UT-Surabaya 71
1.menurut saya pada video tersebut anak-anak menunjukkan sikap antusias dan semangat belajar serta aktif saat bernyanyi bersama guru dan dalam video pembelajaran tersebut membuat anak berpikir untuk menjawab dan tertantang untuk menyelesaikan perintah atau pertanyaan dari guru, tetapi Guru tidak mengucapkan salam pembuka dan melakukan apersepsi.
2. Guru mungkin kurang memberikan perhatian yang cukup kepada setiap siswa, sehingga beberapa anak mungkin merasa tidak terbantu dengan baik.
3.Guru membawa gambar saat pembelajaran sehingga membuat peserta didik fokus saat proses pembelajaran.
4. siswa memberi tugas kepada siswa dan akan memberi reward bagi siswa yang paling cepat dan tepat dalam menyelesaikan tugas.
5. Upaya yang dapat diusulkan adalah ibu guru lebih kreatif lagi untuk meningkatkan semangat peserta didik agar siswa lebih semangat lagi,ibu guru lebih meningkatkan perhatian agar peserta didik dapat memperhatikan juga penjelasan ibu guru tersebut sehingga tidak ada yang bermain, dan meningkatkan alat bantu belajar agar lebih menarik.
Nama : Wahyu Nur Hidayah
Nim : 858911084
Pokjar : Genteng A
Setelah melihat vidio tersebut, saya akan menanggapi beberapa hal yakni :
1. Pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah bagus, karena di awali dengan ice breaking terlebih dahulu sehingga anak-anak tidak merasa bosan terlebih untuk anak kelas bawah.
2. Guru tidak memperkenalkan abjad terlebih dahulu
3. Guru langsung memberikan bacaan 2 suku kata dan bacaan yang berakhiran mati.
4. Guru harusnya mengelompokkan siswa yang sudah menghafal abjad dengan siswa yang kurang menghafal abjad.
5. Media pembelajaran yang digunakan bagus dan kreatif.
Sebaik nya seorang guru memperkenalkan abjad kepada siswa nya terlebih dahulu. Dari situ nanti kita dapat mengetahui siswa yang belum mengerti dan siswa yang sudah mengerti. Alangkah lebih baiknya dijadikan kelompok yang dimana kelompok tersebut berisi siswa yang paham dan tidak paham sehingga yang paham bisa mengajari/menulari temanya yang belum paham.
Nama : ELISA
NIM : 855736394
UPBJJ: Bandar Lampung
Setelah saya lihat dan amati video pembelajaran yang di lakukan guru kelas sekolah dasar. Sudah baik dan anak merespon apa yang di jelas kan guru. Di dalam metode pembayaran guru sudah menggunakan metode variasi, metode tanya jawab dengan anak.
Misalnya menggunakan media kartu huruf. Tetapi Di dalam perkenalan awal abjad A sampai Z secara acak. Untuk melatih perkembangan kognitif anak. Agar anak mengingat abjad tanpa berurutan, tetapi secara ajak. Seperti kita lihat ada anak menyebutkan huruf secara berurutan itu akan membuat Lamat anak mengenal huruf.
1. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
a. Pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembuka seperti kata “selamat pagi”, tidak berdoa dan tidak mengabsensi siswa yang hadir.
b. Kurang memperhatikan siswa yang yang lain sehingga ada siswa yang bermain dan masih ada siswa yang belum bisa membaca huruf.
c. Tidak ada kegiatan penutupnya, tidak ada memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang disampaikan, tidak memberi tugas rumah (PR), supaya siswa lebih mengingat pembelajaran yang disampaikan hari ini
2. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
a. Sebelum memulai pelajaran guru membawakan lagu “pergi ke sekolah” yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan dibawakan.
b. Memberi semangat bagi siswa dalam memulai pelajaran dengan bernyanyi.
c. Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi yaitu dengan media gambar, sehingga dapat menarik perhatian siswa.
d. Guru berpakaian dengan rapi dan sopan.
3. Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
Berdasarkan pengamatan saya mengenai video diatas, hal-hal unik yang saya temukan dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu siswa dengan hambatan sulit Rencana pembelajaran yang dilakukan Sebelum pembelajaran Guru harus memulai kegiatan pembelajaran dengan salam, ber do’a, meng absen, menanyakan kabar dan literasi. Guru lebih memberi perhatian khusus terhadap peserta didik yang belum paham dan yang belum bisa mengenal huruf serta meng eja. Memberikan sesi tanya jawab terhadap peserta didik agar guru paham mana peserta didik yang belum memahami materi yang diberikan. mengeja guru memberikan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengeja tulisan, dengan menggunakan sebuah gambar dan tulisan.
Nama: Resti Hana Marinda
NIM : 855739651
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Menurut saya, reaksi anak-anak sangat antusias dan bersemangat dalam belajar, siswa juga menunjukkan rasa percaya diri dan aktif dalam belajar seperti bernyanyi, menanggapi guru yang sedang berbicara di depan kelas, dan mencari suku kata
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya, di sini guru tidak cukup memperhatikan murid sehingga sebagian anak belum mengerti maksud ibu guru. Di samping itu, kurangnya variasi pembelajaran juga dialami oleh guru walaupun mereka sudah menggunakan metode yang beragam. Di sini nanti, kemungkinan guru akan fokus dan memberikan perhatian ekstra pada anak yang belum mampu membaca. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru juga menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran masih kurang
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru dalam pembelajaran yaitu kemampuannya dalam mendorong semangat belajar siswa sehingga mereka memiliki antusiasme yang tinggi dalam proses belajar. Kemudian, proses belajar juga tidak hanya fokus pada guru, tetapi juga fokus pada siswa sehingga mereka ikut aktif dalam proses pembelajaran. Setelah itu, guru memberikan arahan kepada anak walaupun belum semua anak
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik nya adalah guru sangat kreatif dalam pembelajaran, seperti menyiapkan media alat untuk belajar yang di gunakan yaitu dengan kertas print bergambar, dan ada ejaan kata yang di satukan dan terpisah
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
– Meningkatkan perhatian individual: Guru dapat lebih memperhatikan kebutuhan individual setiap siswa, termasuk yang mengalami kesulitan dalam membaca
– Menambah metode pembelajaran dan memperluas variasi metode belajar
– Memberikan dukungan yang lebih intensif
Nama : Fitrotul Anisa
NIM : 877325533
Pokjar : Pakis
berdasarkan video pembelajaran tersebut dapat dikatakan guru telah melakukan upaya untuk membantu siswanya yang mengalami kesulitan membaca dengan berbagai metode sesuai kesulitan yang mereka hadapi. dalam hal ini tentunya guru harus memiliki kesabaran dan cara yang tepat agar semua siswanya tidak ada yang ketinggalan membaca. Selain itu penggunaan media kartu kata juga sangat efektif untuk membantu siswa dalam mengenal dan menghafal huruf dibandingkan dengan memn