Similar Posts
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Nama : Regita Cahyani
Nim : 856997213
Berdasarkan pengamatan saya dapat di sampaikan bahwa :
Pada saat memulai pembelajaran guru membangun semangat siswa dengan mengajak siswa untuk bernyanyi bersama, tetapi disini ada kurang nya dilihat guru tidak memberikan salam terlebih dahulu ataupun berdoa bersama.
Kemudian guru mengajak siswa untuk mengenal abjad atau pun huruf dengan media gambar yang telah di sediakan.
Pada saat pembelajaran terlihat beberapa anak yang masih rendah partisipasi nya dalam mengikuti pembelajaran dibuktikan dengan adanya beberapa anak yang sibuk bermain dengan dunia nya sendiri. Hal ini lah yang membuat guru kesulitan dalam memperkenalkan huruf kepada siswa.
NAMA : Wahyuga Sadewo
NIM : 855735962
Dari video yang saya lihat tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, kata dan Kalimat “ ini memang terlihat sangat sulit jika diajarkan pada kelas rendah karena pada kelas rendah tersebut anak – anak masih proses untuk mengenal huruf , membaca kata atau kalimat , jadi butuh ekstra untuk mengajarkan kepada anak – anak tersebut .
Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak para siswa untuk bernyanyi secara bersama, setelah itu guru menanyakan didalam lagu tersebut ada atau tidak kata kata yang ada hubunganya dengan keluarga, anak – anak tersebut secara bersamaan mejawab ayah dan ibu , didadalm video tersebut guru menggunakan media gambar yang disamping gambar itu terdapat tulisan ayah dan ibu , kemudian siswa secara bersama mengenal huruf, mengeja dan membaca perkata.
kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut :
1) guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, dan tidak melakukan presensi.
2) Kurangnya variasi metode pembelajaran, Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
3) Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
4) Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.
5) Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan pada hari itu.
Kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran :
1) Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan mengajak siswa bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas.
2) Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat kepada siswa, sehingga siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran.
3) Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa.
4) Guru sudah melakukan apresiasi kepada siswa, ketika siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh gurunya.
5) Mengajarkan nilai-nilai social seperti pada video diatas guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman melalui nyanyian tersebut.
NAMA : Wahyuga Sadewo
NIM : 855865527
PRODI : PGSD SI
UPBJJ :POKJAR Asahan
SMESTER : 6
Dalam pembelajaran vidiodiatas tentu ada kelebihan dan kekurangannya.
Adapun kekurangan dari vidio pembelajaran diatas, guru belum bisa menarik perhatian siswa untuk materi yang akan disampaikan, hal ini dikarnakan guru kurang dapat mengondidisikan peserta didik, menurut saya apabila guru melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan cara pengucapan salam dan berdoa tentu akan membuat siswa berkonsentrasi dalam pembelajaran.
Adapun kelebihan dari vidio pembelajaran diatas guru sudah tepat mengajak siswa bernyanyi untuk menarik konsentrasi siswa, dalam mengatasi kesulitansiswa dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat, dan melakukan tanya jawab. guru juga telah menggunakan media gambar untuk menarik minat siswa yang dilengkapi dengan tulisan / bacaan dengan tujuan untuk mempermudahkan siswa untuk membaca. Namun pendapat saya akan lebih baik kalau gambar dibuat dengan warna warni, karena anak cenderung lebih tertarik pada warna warni, sehingga lebih meningkatkan semangat anak. Penggunaan huruf, pennggalan kata yang dilakukan menurut saya sudah sangat tepat untuk mengatasi kesulitan dalam membaca.
hal yang unik menurut saya media yang sangat sederhana dengan gambar yang lucu.
Kesimpulan dari tanggapan saya, vidio diatas sangat memotivasi bagi kami sebagai seorang guru, untuk mengatasi kesulitan dalam membaca ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru.
Mohon maaf bila ada kesalahan dalam tulisan saya
NIM : 877794213
PRODI : PGSD SI
UPBJJ : POKJAR Asahan
SEMESTER : 6
Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dalam mempelajari video diatas.
Kekurangan video pembelajaran di atas adalah guru kurang mampu menarik perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan.
Menurut saya, hal ini karena jika guru melakukan kegiatan pembelajaran pertama kali dengan mengucapkan salam atau berdoa, maka siswa akan terpaksa duduk dan konsentrasi belajar, sehingga tidak mengkondisikan siswa.
Kelebihan dari video pembelajaran diatas, sudah sepatutnya guru menyuruh siswa menyanyikan lagu untuk meningkatkan konsentrasi siswa, mengatasi kesulitan siswa dalam membaca huruf, suku kata dan kalimat, serta melakukan sesi tanya jawab.
Untuk menarik minat siswa, guru juga menggunakan media visual dengan fungsi menulis/membaca, dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam membaca.
Namun menurut saya sebaiknya gambarnya didesain dengan warna-warna cerah, karena anak cenderung tertarik dengan warna cerah dan menambah semangat anak.
Menurut saya penggunaan penggalan huruf dan kata sangat cocok untuk mengatasi kesulitan membaca.
Menurut saya itu unik, media yang sangat sederhana dengan gambar yang lucu.
Kesimpulan dari jawaban saya: Video diatas sangat memotivasi kami sebagai guru.
Ada banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan membaca.
saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam teks
Nama : SITI JULAELAH
Nim : 857209521
MATKUL : PDGK4209/PKM
UPBJJ : UNIVERSITAS TERBUKA SERANG
POKJAR : PASAR KEMIS
Dari video yang saya lihat tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, kata dan Kalimat “ ini memang terlihat sangat sulit jika diajarkan pada kelas rendah karena pada kelas rendah tersebut anak – anak masih proses untuk mengenal huruf , membaca kata atau kalimat , jadi butuh ekstra untuk mengajarkan kepada anak – anak tersebut .
Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak para siswa untuk bernyanyi secara bersama, setelah itu guru menanyakan didalam lagu tersebut ada atau tidak kata kata yang ada hubunganya dengan keluarga, anak – anak tersebut secara bersamaan mejawab ayah dan ibu , didadalm video tersebut guru menggunakan media gambar yang disamping gambar itu terdapat tulisan ayah dan ibu , kemudian siswa secara bersama mengenal huruf, mengeja dan membaca perkata.
Didalam video itu juga banyak anak yang kesulitan membaca huruf , suku kata , dan kalimat. ketidakmampuan ini disebabkan oleh : anak malas, bosan, Kurang konsentrasi dan kurang perhatian guru.
mengajar membaca permulaan bagi murid sekolah dasar tidak mudah walaupun sudah dibantu dengan gambar dan menggunakan metode bervariasi .
kelemahan-kelemahan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut :
1) guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, dan tidak melakukan presensi.
2) Kurangnya variasi metode pembelajaran, Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
3) Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
4) Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.
5) Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan pada hari itu.
Kelebihan-kelebihan guru yang ditemukan dalam video pembelajaran :
1) Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan mengajak siswa bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas.
2) Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi. Kemudian pembelajaran juga tidak hanya berpusat dengan guru, melainkan juga berpusat kepada siswa, sehingga siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran.
3) Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa.
4) Guru sudah melakukan apresiasi kepada siswa, ketika siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh gurunya.
5) Mengajarkan nilai-nilai social seperti pada video diatas guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman melalui nyanyian tersebut.
6) Guru memberikan bimbingan kepada siswa yang belum dapat membaca dengan berbagai metode pembelajaran, seperti metode abjad, metode suku kata, dan metode global.
7) Mendorong keterlibatan aktif, dengan cara siswa diajak untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti bernyanyi lagu pergi ke sekolah.
8) Guru menguasai kelas, terlihat dalam video bahwa guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling dan menghampiri setiap bangku siswa.
9) Metode yang diajarkan oleh guru menarik yang mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar.
10) Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan.
Hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut : Menurut saya hal unik nya adalah guru sangat kreatif dalam pembelajaran, seperti menyiapkan media ajar yang di gunakan yaitu dengan kertas print bergambar, dan ada ejaan kata yang di satukan dan terpisah
Nama : MAULIDA IRMA NURCAHYANI
NIM : 858706192
UPBJJ : SURABAYA
POKJAR : BOJONEGORO
JUDUL VIDEO : KESULITAN MEMBACA HURUF DI SEKOLAH DASAR , SUKU KATA, DAN KALIMAT.
menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut ialah :
YANG PERTAMA : Belum mengucapkan salam, berdo’a dan mengabsen siapa siswa yang tidak hadir.
YANG KEDUA : Ketika mengajak siswa bernyanyi, guru kurang semangat dalam mengajak siswa bernyanyi. Seharusnya siswa diajak berdiri di putarkan video nyanyian tersebut dengan tema yang menarik dan bertepuk tangan dengan kompak dan semangat.
YANG KETIGA : Ketika guru memperlihatkan gambar ayah dan ibu, terdapat tulisan yang menunjukkan kata ayah dan ibu. Seharusnya guru melihat murid mana yang tidak bisa menyebutkan kata ayah dan ibu.
YANG KEEMPAT : Metode yang digunakan dalam pembelajaran tersebut kurang menarik. Sehingga banyak siswa yang bosan dan akhirnya kesulitan menerima pembelajaran. Seharusnya menggunakan gambar yang menarik perhatian siswa. Sehingga siswa semangat dalam belajar membaca.
Nama : MAULIDA IRMA NURCAHYANI
NIM : 858706192
UPBJJ : SURABAYA
POKJAR : BOJONEGORO
JUDUL VIDEO : KESULITAN MEMBACA HURUF DI SEKOLAH DASAR, SUKU KATA, KATA, DAN KALIMAT.
Menurut pendapat saya, kekurangan dalam video tersebut adalah :
YANG PERTAMA : Belum mengucapkan salam, berdoa, dan mengabsen kehadiran siswa.
YANG KEDUA : Ketika mengajak siswa bernyanyi, guru kurang semangat dalam mengajak bernyanyi. Seharusnya siswa diajak berdiri sambil diputaran video yang berkaitan dengan nyanyian tersebut serta terdapat gambar yang menarik. Selain itu diajak bertepuk tangan dengan kompak dan semangat.
1. Reaksi Anak/Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran yang dilakukan guru, yaitu; Beberapa siswa mungkin menunjukkan ketertarikan dan antusiasme yang tinggi, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan atau kurangnya minat.
2. Kelemahan Guru dalam Melakukan Pembelajaran, yaitu; kurangnya penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran agar lebih menarik perhatian siswa.
3. Hal-Hal Unik dalam Video Pembelajaran, yaitu; kemampuan untuk menciptakan interaksi yang aktif antara guru dan siswa, kemampuan untuk membangun hubungan yang positif dengan siswa, dan kemampuan untuk menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
4. Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran Berikutnya, yaitu; upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya termasuk meningkatkan pelatihan dan pengembangan profesional guru, memperkuat kolaborasi antara guru dan staf sekolah, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan individu siswa.
Nama: Epa Sari Dameria Sirait
Nim: 856057511
Upbjj: UT Medan
Pokjar: Simalungun
1. Reaksi Anak/Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran yang dilakukan guru, yaitu; Beberapa siswa mungkin menunjukkan ketertarikan dan antusiasme yang tinggi, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan atau kurangnya minat.
2. Kelemahan Guru dalam Melakukan Pembelajaran, yaitu; kurangnya penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran agar lebih menarik perhatian siswa.
3. Hal-Hal Unik dalam Video Pembelajaran, yaitu; kemampuan untuk menciptakan interaksi yang aktif antara guru dan siswa, kemampuan untuk membangun hubungan yang positif dengan siswa, dan kemampuan untuk menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
4. Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran Berikutnya, yaitu; upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya termasuk meningkatkan pelatihan dan pengembangan profesional guru, memperkuat kolaborasi antara guru dan staf sekolah, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan individu siswa.
Nama: Epa Sari Dameria Sirait
Nim: 856057511
Upbjj: UT Medan
Pokjar: Simalungun
1. Reaksi Anak/Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran yang dilakukan guru, yaitu; Beberapa siswa mungkin menunjukkan ketertarikan dan antusiasme yang tinggi, sementara yang lain mungkin mengalami kesulitan atau kurangnya minat.
2. Kelemahan Guru dalam Melakukan Pembelajaran, yaitu; kurangnya penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran agar lebih menarik perhatian siswa.
3. Hal-Hal Unik dalam Video Pembelajaran, yaitu; kemampuan untuk menciptakan interaksi yang aktif antara guru dan siswa, kemampuan untuk membangun hubungan yang positif dengan siswa, dan kemampuan untuk menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
4. Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Kegiatan Pembelajaran Berikutnya, yaitu; upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya termasuk meningkatkan pelatihan dan pengembangan profesional guru, memperkuat kolaborasi antara guru dan staf sekolah, mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, dan meningkatkan pemahaman terhadap kebutuhan individu siswa.