Similar Posts
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA : DEVI HIKMAWATI
NIM : 857701864
Menurut pendapat saya pada video diatas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada pembelajaran ini guru memberi penguatan kepada peserta didik berupa nyanyian, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar anak. Dalam menyampaikan materi pembelajaran metode yang digunakan oleh guru sangat kreatif seperti dengan menampilkan gambar beserta ejaan huruf untuk anak yang masih sulit membaca guna siswa dapat memahami materi dengan baik dan mendorong siswa untuk bisa aktif. Pada kegiatan belajar ini dapa memotivasi guru kedepanya.
NAMA : DEVI HIKMAWATI
NIM : 857701864
Menurut pendapat saya pada video diatas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada pembelajaran ini guru memberi penguatan kepada peserta didik berupa nyanyian, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar anak. Dalam menyampaikan materi pembelajaran metode yang digunakan oleh guru sangat kreatif seperti dengan menampilkan gambar beserta ejaan huruf untuk anak yang masih sulit membaca guna siswa dapat memahami materi dengan baik dan mendorong siswa untuk bisa aktif. Pada kegiatan belajar ini dapa memotivasi guru kedepanya.
NAMA: LIZA ULIA SARI
NIM: 856758471
Menurut pendapat saya Vidio yang disudah saya tonton tadi kegiatan pembelajarannya sudah sangat baik sesuai dengan rancangan pelaksanaan dan memberi penguatan berupa nyanyian dan guru nya kreatif tapi kekurangan nya pertama guru tidak mengucapkan salam dan doa
Terimakasih🙏
NAMA : Jiyan ardiyana
NIM : 855746958
POKJAR : Natar
Dari video yang saya lihat tentang Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak para siswa untuk bernyanyi secara bersama, setelah itu guru menanyakan didalam lagu tersebut ada atau tidak kata yang ada hubunganya dengan keluarga, anak – anak tersebut secara bersamaan mejawab ayah dan ibu , didadalm video tersebut guru menggunakan media gambar yang disamping gambar itu terdapat tulisan ayah dan ibu , kemudian siswa secara bersama mengenal huruf, mengeja dan membaca perkata.
Adapun Kelemahan dalam vido tersebut :
– guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, dan tidak melakukan presensi.
– Kurangnya variasi metode pembelajaran, Meskipun telah menggunakan metode yang bervariasi, masih ada beberapa anak yang belum mengenal huruf dan
belum dapat merangkai suku kata-kata dan kalimat.
– seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
– Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang
bervariasi.
Kelebihan guru dalam vidio tersebut yaitu :
– Guru tersebut menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu.
– Guru yang sangat mendorong semangat siswa dalam belajar sehingga anak anak memiliki antusiasme belajar yang tinggi.
– Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa.
– Guru sudah melakukan apresiasi kepada siswa, ketika siswa tersebut bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh gurunya.
– guru mengajarkan anak-anak untuk menghormati guru, menyayangi teman-teman melalui nyanyian tersebut.
Nama : Yongki adityanata
Nim : 856751153
Menurut pendapat saya pada video diatas kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah baik. sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pada pembelajaran ini guru memberi penguatan kepada peserta didik berupa nyanyian, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar anak. Dalam menyampaikan materi pembelajaran metode yang digunakan oleh guru sangat kreatif seperti dengan menampilkan gambar beserta ejaan huruf untuk anak yang masih sulit membaca guna siswa dapat memahami materi dengan baik dan mendorong siswa untuk bisa aktif. Pada kegiatan belajar ini dapat memotivasi guru kedepanya.
Nama : Yongki adityanata
Nim : 856751153
Menurut saya dalam vedio membaca di sekolah dasar untuk kelas rendah tidaklah mudah karena dikelas rendah tidak sebagian siswa yang mengenal huruf dan oleh itu supaya siswa bisa mengenal huruf guru yang mengajar harus menggunakan media / alat peraga supaya siswa dapat dapat mengenal huruf dan bisa membaca.
NAMA : JUNIKA VERANI HALOHO
NIM : 856057489
POKJAR : LABURA
UPBJJ : MEDAN
Menurut saya mengenai ” Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” dalam video diatas
Emang tidak mudah mengajari anak murid membaca atau mengenal huruf makanya dari itu kita dituntut untuk sabar dan terus mengarahkan anak murid biar tetap semangat belajar . Dengan cara mengajari mereka mengenal huruf satu persatu melalui tulisan dan gambar biar terlihat menarik bagi si anak buat belajar nya dan bisa juga dengan cara belajar melalui video biar lebih praktis.
Nama:sinriani
Nim:856574389
Menurut pendapat saya dari video yang saya tonyon diatas sudah bagus dalam menyampaikan materi,akan tetapi guru tidak melakukan persiapan seperti melakukan doa diawal pembukaan pembeajaran.
Nama: Sinriani
Nim: 856574389
Dari video yang saya tonton diatas sudah cukup bagus cara guru menyampaikan pembelajaran nya,akan tetapi dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal seperti membaca doa sebelum pelajaran dimulai.
Nama : Dewi Anggraini
Nim : 856057686
Kelemahan yang ditemukan di video pembelajaran tersebut:
1. Guru tidak membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, dan tidak melakukan persensi
2. Kurang penggunaan media gambar yang menarik
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran