Similar Posts
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Nama : DEWI PURWASARI
NIM : 825791969
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata.
Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan untuk mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku.
Nama: Novince Ana Hutar
NIM: 815026902
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata, karena di dalam video tersebut diberikan salah satu contoh media pembelajaran dengan menggunakan gambar yang kemudian peserta didik diminta untuk menyusun huruf sesuai dengan gambar yang telah difasilitasi oleh guru. Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat 1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut. 2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran? 1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas 2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis 3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa 4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan 5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama
NAMA : SERLY WANTI
NIM : 877599742
POKJAR : PRABUMULIH
IZIN MENAMBAHKAN
Setelah saya melihat Video Pembelajaran tersebut, Menurut saya sangat menginspirasi dan membantu para peserta didik dalam menyampaikan materi pembelajaran dimana dalam video tersebut untuk mengajak siswa memahami materi yang dijelaskan guru siswa membutuhkan media pembelajaran seperti dalam video berupa gambar dll, kemudian peserta didik diminta untuk menyusun huruf sesuai dengan gambar yang telah disediakan oleh guru. dengan hal tersebut membantu menumbuhkan reaksi atau minat siswa dalam belajar menyimak materi yang diberikan guru.jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu.
Nama: Tarisah NovitaSari
NIM :856049206
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata,
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis 3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa
4. Guru Mampu menggambarkan dan dapat diulang-ulang bila perlu untuk mendapatkan kejelasan
5. Guru mengawali pembelajaran dengan teks breaking yaitu bernyanyi bersama
Nama : Annisah Mariato
Nim : 859763679
Judul vidio : Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
1. Usaha yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sudah cukup bagus, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses pembelajaran misalnya guru dapat menggunakan media pembelajarab yang lebih menarik sehinggah siswa lebih semangat dan aktif dalam melakukan aktivitas belajar mengajar guru dapat menggunakan media yang berwarna dan bergambar sehingga dapat menarik perhatian siswa.
2. Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama : KIKI PUSPITASARI
NIM : 856818244
POJAR : ARGA MAKMUR
Setelah menonton vidio tersebut menurut saya Video ini sangat inspiratif dan menunjukkan betapa pentingnya peran seorang guru dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam membaca. Guru tersebut tidak hanya memberikan bantuan teknis, tetapi juga memberikan motivasi dan kepercayaan diri pada anak-anak. Dengan cara yang santai dan interaktif, guru tersebut berhasil membuat anak-anak merasa nyaman dan terbantu dalam proses belajar.Video ini dapat menjadi referensi yang baik bagi guru-guru lain dalam mengajar bahasa Indonesia dan mengatasi kesulitan siswa dalam membaca.
NAMA : RIZKY ANDILALAH
NIM : 857002542
SALUT : WAY TUBA
Menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses pembelajaran video tersebut,misalnya dengan berkembangnya teknologi,guru bisa menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik seperti menggunakan video ataupun gambar yang di tampilkan sehingga siswa lebih semangat dan aktif dalam melakukan aktivitas belajar.
2. Masih ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar, adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar ,jadi menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama: Diah Arum Fitriani
Nim: 857001289
Kelas: 6 A PGSD
UPBJJ-UT: Salut Way Tuba Bandar Lampung
Setelah menonton video tersebut menurut saya Video ini sangat inspiratif dan menunjukkan betapa pentingnya peran seorang guru dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam membaca. Guru tersebut tidak hanya memberikan bantuan teknis, tetapi juga memberikan motivasi dan kepercayaan diri pada anak-anak. Dengan cara yang santai dan interaktif, guru tersebut berhasil membuat anak-anak merasa nyaman dan terbantu dalam proses belajar. Video ini dapat menjadi referensi yang baik bagi guru-guru lain dalam mengajar bahasa Indonesia dan mengatasi kesulitan siswa dalam membaca.
Nama : DELA AFRINA
Nim : 857001178
Menurut saya video pembelajaran ini menggambarkan kesulitan dalam menerapkan membaca permulaan di kelas rendah. Pada awal video memperlihatkan guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama sebagai awal kegiatan dan mengaitkan lirik dalam lagu dengan pertanyaan yang menarik. Proses pembelajaran yang dilakukan guru cukup menarik yaitu guru menggunakan media gambar ayah dan ibu sebagai media penyampaian materi. Guru juga mempraktekkan berbagai bentuk huruf di papan tulis dengan cara yang bisa mengantarkan anak menjawab pertanyaan dengan tepat dan baik.
Permasalahan anak mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat ini tentunya menjadi masalah tersendiri yang memerlukan solusi. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini antara lain guru mengajak anak untuk lebih memperhatikan media pembelajaran dan menirukan tulisan yang ada pada media pembelajaran, anak menuliskan huruf yang ada di media pembelajaran ke buku siswa dengan panduan dari guru, memberikan kesempatan kepada anak untuk menulis secara berulang-ulang, memberikan motivasi dan penguatan bagi anak yang mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis
Nama : yusuf heriadi
Nim : 857002875
menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata, karena di dalam video tersebut diberikan salah satu contoh media pembelajaran dengan menggunakan gambar yang kemudian peserta didik diminta untuk menyusun huruf sesuai dengan gambar yang telah difasilitasi oleh guru. Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat 1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video merupakan solusi yang tepat untuk peserta didik yang mengalami kesulitan membaca kata,
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dilakukan guru ? Menurut pendapat saya reaksi pada kegiatan pembelajaran video tersebut mengacu pada reaksi siswa yang sangat menyimak dengan baik dari penjelasan seorang guru, dan sebagian pula ada siswa yang kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran tersebut.
2. Kelebihan yang ada dalam video pembelajaran?
1. Guru berperan sebagai media utama untuk mendokumentasikan realitas sosial yang akan dibedah di dalam kelas
2. Guru Menjelaskan hal-hal yang abstrak dan memberikan penjelasan lebih realistis
3. Guru Mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa