silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,422 Comments

  1. Nama: Osdima Siringoringo
    Nim : 878258553
    setelah saya menonton video tentang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat tersebut, ada beberapa kekurangan dan kelebihan guru pada saat mengajar siswa.
    kelemahan guru sebagai berikut:
    a. pada saat pelajaran dimulai guru tidak mengajak siswa untuk berdoa
    b. guru tidak menyebutkan huruf-huruf apa saja yang ada dalam kata ayah dan ibu
    c. media pembelajaran yang diberikan untuk mengenal keluarga terlalu sedikit atau singkat
    kelebihan guru yaitu:
    a. media yang digunakan sudah kreatif
    b. mengajak siswa bernyanyi lagu tentang ibu dan ayah ini sangat menarik perhatian siswa dan mereka akan lebih semangat
    c. guru semangat dan ceria

    saran yang perlu dilakukan guru tersebut adalah
    a. sebaiknya guru mengajak siswa untuk berdoa sebelum pelajaran dimulai
    b. media pembelajannya ditambahi lagi seperti kata kakak, adek dan abang disertai gambarnya
    c. sebaiknya guru membuat games seperti mencocokkan kata dengan gambar dan mencari huruf yang tersembunyi.
    d. guru bisa menempelkan media pembelajaran di papan tulis supaya siswa bisa menulis atau mengulang kembali membaca.

    sekian dan trimahkasih

  2. Nama : Nina Widiasih
    NIM : 877838282

    Sinopsis
    Video ini menjelaskan bahwa ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, belum dapat menulis rangkaian suku kata kata dan kalimat. Ketidakmampuan ini disebabkan anak yang malas, bosan, kurang konsentrasi saat belajar, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran atau anak tergolong lambat belajar atau suliner dan kelainan motorik halus. Selain itu anak kurang latihan menulis di rumah. Video ini juga memberikan beberapa saran untuk mengatasi kesulitan menulis, seperti menggunakan media pembelajaran untuk menulis seperti media gambar, menyanyikan lagu pemantik.

    Kelebihan:
    – Video ini memberikan informasi yang bermanfaat tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak-anak SD. Video ini juga memberikan beberapa saran untuk mengatasi kesulitan menulis.
    – menggunakan media gambar yang menarik tentang keluarga
    – menggunakan lagu sebagai pemantik dalam memulai pembelajaran

    Kekurangan:
    – Video ini tidak memberikan contoh yang jelas tentang bagaimana cara mengatasi kesulitan menulis.
    – Guru yang mengajar tidak memulai pembelajaran dengan cara berdoa dan melakukan presensi kehadiran siswa
    – Guru tidak mengenalkan huruf huruf abjad dan huruf vocal berlebih dahulu kepada anak-anak

    Saran pembelajaran:
    – Video ini dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk guru dan orang tua tentang cara mengatasi kesulitan menulis pada anak-anak SD. Guru dan orang tua dapat menggunakan saran yang diberikan dalam video ini untuk membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan menulis.
    – Berdoa sebelum memulai pembelajaran dan melakukan presensi
    – Sesekali bisa melakukan ice breaking agar siswa tidak merasa bosan atau jenuh serta melatih konsentrasi siswa
    – Berikan anak-anak kesempatan untuk berlatih menulis secara teratur.
    – Gunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif seperti Bingo huruf
    – Berikan dukungan dan motivasi kepada anak-anak.

  3. Nama : Erni Yunita
    Nim : 877528103

    Menurut pendapat Saya tentang video pembelajaran tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam metode mengajar yang dibawakan oleh guru tersebut adapun kekurangannya antara lain :
    1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, absensi dan mengecek kesiapan belajar siswa
    2. Tidak menggunakan pertanyaan pemantik terkait dengan pembelajaran yang akan di mualai, misalnya pengenalan huruf vokal a i u e o atau huruf apa saja pada kata yang akan diajarkan

    Adapun kelebihan dari metode mengajar guru tersebut yaitu :
    1. memulai pembelajaran dengan lagu yang berkaitan dengan kata yang akan di ajarkan salah satunya kata ayah dan ibu
    2. Menggunakan media gambar yang berkaitan dengan kata ayah dan ibu
    3. Membimbing siswa dalam membaca sesuai pengelompokkan siswa yang sudah lancar membaca dan belum lanacar membaca menggunakan metode abjad dan eja

    Adapun saran perbaikannya yaitu :
    1. sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengawali pembelajaran dengan mengecek kesiapan siswa, absensi, ,dan berdoa
    2. Selain lagu ibu dan ayah bisa ditambah dengan lagu mengenal huruf abjad ABCD agar anak semakin mengenal huruf
    3. menunjuk beberapa siswa untuk maju kedepan melengkapi beberapa kata dengan kartu kata di papan tulis.

    Terima kasih.

  4. Nama : Ni Putu Dewi Ayu Awertiningsih
    Nim : 859051669
    Kelemahan nya yaitu:
    Jawaban guru dalam video tersebut yaitu kurang nya variasi pemberian media pembelajaran,
    guru hanya menggunakan kertas bergambar dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan
    huruf dan kata, aangkah baiknya jika media pembelajaran lebih dari satu variasi.
    Kelebihan nya yaitu :
    Anak-anak terlihat antusias dalam belajar mengucapkan nama huruf yang di arahkan ibu guru
    dan mereka semangat dalam mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru

  5. Nama:Dhiya Rihadatul’ Aisy
    NIM :858058139
    Pokjar: pontianak
    Menurut saya dalam mengajar pembaca permulaan adalah bahwa media gambar sudah sangat efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat materi. mengapa anak-anak masih Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat karna setiap kemampuan anak berbeda-beda tapi kalau terus dilatih anak-anak pasti bisa hanya waktu nya saja yang berbeda ada yang bisa cepat tanggap ada yang tidak.
    Saran saya:sebaiknya guru mengajar kepada anak untuk memulai pembelajaran dengan berdoa dan memulai ice breaking dengan huruf abjad.

  6. Nama : Winny Sonya Ronauli Sibagariang
    NIM : 860133748
    Dalam video pembelajaran tentang kegiatan membaca huruf,suku kata, dan kalimat terdapat kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihannya yaitu : Dalam pembelajarannya sudah menggunakan media gambar yang bagus dalam mengajar yang dapat membantu siswa untuk memahami dan mengingat materi. Gurunya kreatif membuat media huruf di kertas yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam menghubungkan huruf/kata dengan benda yang konkret.
    Kekurangannya : Menurut saya kegiatan pembelajarannya belum terlaksana secara efektik karena di awal pembelajaran guru tidak mengucapkan salam dan tidak memulai pembelajaran dengan doa serta tidak mencek kehadiran siswa.

    Terimakasih 🙏

  7. Mohon izin untuk menanggapi

    Nama : Lia Amalia Febriyanti
    NIM : 857145095

    Dalam video tersebut bagaimana seorang guru melatih peserta didik kelas rendah mengenalkan cara membaca dengan gambar. Dari hal ini dapat di lihat peserta didik sangat antusias, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas rendah. Akan tetapi dari kegiatan tersebut belum efektif untuk siswa kelas rendah hal itu bisa dilihat dari;
    1. Beberapa siswa tidak semuanya ikut membaca apa yang guru terangkan, kemungkinan beberapa siswa belum mampu membaca dan tidak tidak fokus.
    2. Ukuran gambar yang kurang efektif, hal ini bisa dilakukan dengan memilih gambar yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran seperti proyektor.
    Kegiatan proses pembelajaran tersebut memiliki kelebihan yaitu;
    1. Menarik perhatian siswa dan membuat mereka tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar.
    2. Gambar membantu siswa menvisualisasi kata – kata yang mempermudah pemahaman tentang arti kata dalam gambar.

  8. Nama : Achmad Farhan
    Nim : 857124805
    Dalam video ini guru memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah sehingga peserta didik diawal pembelajaran mendapatkan fokus dan siap dalam pembelajaran.
    Media pembelajaran yang dipakai Guru sudah cukup baik dan jelas sehingga siswa dapat menyimpulkan dalam alat peraga yang digunakan.
    kelas dalam pembelajaran dalam kondisi kondusif dan baik.
    Materi yang ditampilkan cukup baik dan jelas sesuai dalam pembelajaran

    terimakasih

  9. Nama: Mimah Lestari( 856104857)
    Pada Video yang saya amati Penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar .pembukaan tidak ada berdoa dan ice breaking,menanyakan kehadiran siswa dengan kondisi seperti itu alangkah baiknya menggunakan Pembelajaran yang Berdiferensiasi Memperhatikan Perbedaan Individu Tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama. Guru perlu memberikan perhatian khusus pada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan membentuk Kelompok , Bagi siswa menjadi kelompok kecil untuk memudahkan guru dalam memberikan bimbingan.Aktivitas Pilihan Sediakan berbagai macam aktivitas pilihan agar siswa dapat memilih sesuai dengan minat dan kemampuannya

  10. Nama : MIMAH LESTARI(856104857)
    Pada Video yang saya amati Penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca pada anak sejak sekolah dasar .pembukaan tidak ada berdoa dan ice breaking,menanyakan kehadiran siswa dengan kondisi seperti itu alangkah baiknya menggunakan Pembelajaran yang Berdiferensiasi Memperhatikan Perbedaan Individu Tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama. Guru perlu memberikan perhatian khusus pada siswa yang membutuhkan bantuan tambahan membentuk Kelompok , Bagi siswa menjadi kelompok kecil untuk memudahkan guru dalam memberikan bimbingan.Aktivitas Pilihan Sediakan berbagai macam aktivitas pilihan agar siswa dapat memilih sesuai dengan minat dan kemampuannya

Leave a Reply