Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Nama : Amelia Putri
NIM. : 857412656
UPBJJ : Bogor
Pokjar. : Bogor Selatan
Menurut saya anak lebih baik di kenalkan dulu huruf abjad nya sebelum langsung ke suku kata , karena tidak semua anak bisa langsung mengenal huruf huruf , apalagi langsung membaca .
Adapun kelebihannya yaitu guru di memulai pembelajaran dengan bernyanyi sehingga mengembalikan semangat anak untuk belajar dan tidak lupa untuk mengingat kepada orang tua mereka .Uru juga memberikan gambar sehingga anak lebih mudah untuk mengenal bacaan.
Nama : Siti Nurlela Gurning
NIM : 855841732
Prodi : S1- PGSD
Dari video yang saya amati guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa, bernyanyi, dan mengabsen siswa. dan disaat pembelajaran berlangsung terlihat guru tidak membimbing atau memperkenalkan huruf abjad dan suku kata yang diajarkan kepada siswa.
Media pembelajaran yang digunakan sudah baik dan adanya lagu pemantik ibu dan ayah.
Saran saya sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing,dan juga mengabsen. Memulai ice breaking dengan lagu ABCD agar anak semakin mengenal huruf, melakukan permainan sederhana seperti melengkapi huruf yang hilang dengan media kartu huruf.
Terimakasih..
Nama Mesti Hartika Zai
Nim 856060939
Menurut saya tentang vidio pembelajaran diatas dapat kita lihat bahwa Reasi siswa pada saat pembukaan pembelajaran yg dimulai dengan bernyanyi siswa siswi nya kelihatan kurang bersemangat ada yang bertepuk tangan ada juga yang tidak, ada yang tidak bernyanyi ada juga yang bernyanyi.
Secara spotan dapat kita lihat kelemahan ibu guru pada saat itu
Yaitu pada saat pembukaan tidak ada salam pembuka seperti Selamat pagi, apa kabar, dan sebagainya
Ibu gurunya tidak mengajak untuk berdoa dan ice breaking, dan tidak menanyakan kehadiran siswa
Kelebihan Ibu guru pada saat pembelajaran yaitu memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah (Keluarga)
media gambar yang dipaparkan ibu guru cukup menarik perhatian siswa dan gampang untuk dipahami.
Saya menemukan hal unik yang memang jarang digunakan oleh guru guru kelas SD yang sederhana tapi gampang untuk di pahami oleh siswa
Yaitu metode abjad atau eja dengan mencocokkan huruf yang ada dibuku dengan menggunakan huruf huruf yang sudah di buat atau ditulis kembali di kertas folio. Dan itu sangat unik menurut saya karena metode sederhana tapi gampang dipahami oleh siswa.
Upaya yang dilakukannya untuk meningkatkan kualitas belajar yaitu dengan cara
1. memilih metode belajar yang tepat
2. Memanfaatkan media belajar
3.menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan
Demikian pendapat dari saya Terimakasih 🙏
Nama Nesti Hartika Zai
Nim 856060939
Menurut saya tentang vidio pembelajaran diatas dapat kita lihat bahwa Reasi siswa pada saat pembukaan pembelajaran yg dimulai dengan bernyanyi siswa siswi nya kelihatan kurang bersemangat ada yang bertepuk tangan ada juga yang tidak, ada yang tidak bernyanyi ada juga yang bernyanyi.
Secara spotan dapat kita lihat kelemahan ibu guru pada saat itu
Yaitu pada saat pembukaan tidak ada salam pembuka seperti Selamat pagi, apa kabar, dan sebagainya
Ibu gurunya tidak mengajak untuk berdoa dan ice breaking, dan tidak menanyakan kehadiran siswa
Kelebihan Ibu guru pada saat pembelajaran yaitu memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah (Keluarga)
media gambar yang dipaparkan ibu guru cukup menarik perhatian siswa dan gampang untuk dipahami.
Saya menemukan hal unik yang memang jarang digunakan oleh guru guru kelas SD yang sederhana tapi gampang untuk di pahami oleh siswa
Yaitu metode abjad atau eja dengan mencocokkan huruf yang ada dibuku dengan menggunakan huruf huruf yang sudah di buat atau ditulis kembali di kertas folio. Dan itu sangat unik menurut saya karena metode sederhana tapi gampang dipahami oleh siswa.
Upaya yang dilakukannya untuk meningkatkan kualitas belajar yaitu dengan cara
1. memilih metode belajar yang tepat
2. Memanfaatkan media belajar
3.menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan
Demikian pendapat dari saya Terimakasih 🙏
Nama : Salsa Inayah Putri
NIM : 857125577
UPBJJ : Jakarta
Berdasarkan video yang saya amati, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses mengajar guru tersebut. Kekurangannya: Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa, tidak mengenalkan huruf-huruf pada kata yang diajarkan, serta tidak membimbing siswa secara jelas dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata. Kelebihannya: Guru menggunakan lagu pemantik seperti “Ibu dan Ayah,” dan penggunaan media gambar sudah cukup baik.
Saran perbaikan: Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Ice breaking bisa dilakukan dengan menyanyikan lagu ABCD agar siswa semakin mengenal huruf. Guru juga dapat menambahkan permainan sederhana, seperti melengkapi huruf yang hilang
Penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca kepada siswa sekolah dasar. Namun, di video tersebut, pembelajaran dimulai tanpa berdoa, tanpa ice breaking, dan tidak menanyakan kehadiran siswa. Untuk meningkatkan pembelajaran, alangkah baiknya guru menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi yang memperhatikan perbedaan individu. Tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama, sehingga guru perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memerlukan bantuan tambahan. Membentuk kelompok kecil juga bisa memudahkan guru dalam memberikan bimbingan. Selain itu, menyediakan berbagai aktivitas pilihan sesuai dengan minat dan kemampuan siswa akan membantu mereka belajar lebih efektif.
Dengan pendekatan ini, diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan lebih baik, melibatkan seluruh siswa, dan meningkatkan pemahaman serta antusiasme dalam belajar.
Nama : Melvin Telaumbanua
NIM : 855850043
Menurut hasil analisis saya tentang video tersebut ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki kedepannya oleh guru yang bersangkutan yaitu dimana guru tidak menyapa peserta didik setiba dalam kelas, kemudian tidak memulai pembelajaran dengan berdoa, selanutnya tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan, tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata. Lagu pembuka untuk memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah sebenarnya sudah tepat hanya saja karena tidak memberitahukan kepada peserta didik apa tujuan pembelajaran. Sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Kemudian memulai ice breaking dengan lagu yang sederhana yang berkaitan dengan materi huruf.
Demikian hasil analisis saya tentang video pembelajaran, dengan topik kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat, terimakasih.
Nama : Melvan Kreatif Nuansaman Zebua
NIM : 855850677
Hasil analisis saya tentang video tersebut yaitu, guru tidak menyapa peserta didik setiba dalam kelas, kemudian tidak memulai pembelajaran dengan berdoa, selanutnya tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan, tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata. Lagu pembuka untuk memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah sebenarnya sudah tepat hanya saja karena tidak memberitahukan kepada peserta didik apa tujuan pembelajaran. Kemudian menanyakan kesiapan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Demikian hasil analisis yang telah saya lakukan, terimakasih.
Nama : A’YUNIN NADHIFAH (877957224)
Pada video yang saya amati, ada sedikit yang perlu diperhatikan terkait kegiatan pembukaan pemebelajaran di mulai tanpa adanya sesi berdoa, ice beaking dan menanyakan kehadiaran siswa, dan juga guru hanya memeperkenalkan huruf yang ada pada medi pemebelajaran tanpa memeperkenalkan dulu huruf mulai dari A-Z untuk memepertajam ingatan siswa.
Kelebihan dari video diatas adalah memulai pembelajaran dengan menggunakan lagu menurut saya cukup efektif untuk memudahkan siswa mengenal dan dapat menjawab gambar yang ditanyakan oleh guru.
Nama : Salsa Inayah Putri
NIM : 857125577
UPBJJ : Jakarta
Berdasarkan video yang saya amati, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan dalam proses mengajar guru tersebut. Kekurangannya: Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa, tidak mengenalkan huruf-huruf pada kata yang diajarkan, serta tidak membimbing siswa secara jelas dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata. Kelebihannya: Guru menggunakan lagu pemantik seperti “Ibu dan Ayah,” dan penggunaan media gambar sudah cukup baik.
Saran perbaikan: Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran, guru mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Ice breaking bisa dilakukan dengan menyanyikan lagu ABCD agar siswa semakin mengenal huruf. Guru juga dapat menambahkan permainan sederhana, seperti melengkapi huruf yang hilang
Penggunaan lagu, permainan, dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca kepada siswa sekolah dasar. Namun, di video tersebut, pembelajaran dimulai tanpa berdoa, tanpa ice breaking, dan tidak menanyakan kehadiran siswa. Untuk meningkatkan pembelajaran, alangkah baiknya guru menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi yang memperhatikan perbedaan individu. Tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama, sehingga guru perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memerlukan bantuan tambahan. Membentuk kelompok kecil juga bisa memudahkan guru dalam memberikan bimbingan. Selain itu, menyediakan berbagai aktivitas pilihan sesuai dengan minat dan kemampuan siswa akan membantu mereka belajar lebih efektif.
Dengan pendekatan ini, diharapkan proses belajar mengajar dapat berjalan lebih baik, melibatkan seluruh siswa, dan meningkatkan pemahaman serta antusiasme dalam belajar.
NAMA : MARTA MEI SADAR LASE
NIM : 856061013
Izin memberi tanggapan
Pada video yang saya analisis, ada beberapa kelemahan dan kelebihan :
1.kekurangan
• Guru tidak memberi salam kepada siswa/i
• Guru memulai pelajaran tanpa berdoa terlebih dahulu
• Guru tidak memberikan pengenalan huruf terlebih dahulu
2.kelebihan
• Guru menggunakan media pembelajaran
• Guru mendampingi siswanya dalam pengenalan media pembelajaran
• Guru memulai pembelajaran dengan lagu oh ibu dan ayah
Saran :
• sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak siswa/siswi untuk berdoa dan bernyanyi sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
• memulai ice breaking dengan lagu ABCD agar anak semakin mengenal huruf
• sebaiknya guru membagi kelompok dalam melengkapi media pembelajaran untuk mengenal huruf. Dengan adanya itu, siswa di ajak untuk bias kerjasama antar temannya
sekian dan terimakasih