silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,422 Comments

  1. nama : saparuddin
    nim : 859429845
    setelah saya menyaksikan vidio tersebut ada beberapa kekurangan pada pendahuluan guru tersebut tidak melakukan doa absensi,menanyakan kabar kepada anak-anak dan kesiapan belajar.
    dalam vidio tersebut tampak anak-anak merasa bosan dalam belajar alangkah baiknya jika guru menlakukan ice breaking sehingga anak-anak tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran

  2. NAMA : ERIN SRI WAHYUNI
    NIM : 860099004
    Topik : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Menurut Pendapat Saya, setelah saya mengamati Video pembelajaran tersebut bahwa :
    1. Judul Video
    a. Judul Video dianalisa
    Kesulitan Membaca Huruf , Suku kata , Kata dan Kalimat
    b. Alamat Sumber Video
    Alamat : http //www.gurupintar, ut.ac.id/content/micro-teachingonline/kesulitan-membaca- hurupf-suku kata-dan-kalimat

    2. Ringkasan Isi Video
    a. Identitas Video
    Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
    Nama Sekolah : Sekolah Dasar
    Nama Penulis : Ibu Khaerunnisa Widodo
    Sutradara /pengembang video : Universitas Terbuka

    b. Sinopsis Ringkasan Isi Video Pembelajaran.
    Sebelum adanya refleksi perbaikan guru hanya mengajar siswa menggunakan metode SAS berupa media gambar ayah ibu, bukan menggunakan metode abjad. Sehingga sisswa yang belum mengenal abjad atau huruf tidak bissa mengikuti.
    Setelah adanya refleksi perbaikan siswa yang belum bisa mengenal huruf di bimbing membaca menggunakan Metode Abjad an Eja. Siswa yang belum mengenal kata dibimbing membaca menggunakan metode suku kata atau silabel. Siswa yang belum mengenal kata dan kalimat di bombing membaca menggunakan metode kata dan metode global / kalimat siswa yang sudah dapat membaca di bombing menggunakan metode SAS. ( Struktur Analitik Sistesis )

    .3. Kelemahan Pembelajaran dalam video
    Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
    Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
    Sebagian Siswa belum dapat memahami pelajaran di karenakan siswa tersebut belum mengenal huruf
    Guru tidak mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan tidak mengecek kehadiran siswa
    Guru Tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar di mulai
    Guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak di akhiri dengan salam, kesimpulan dan penutup.

    4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
    Dengan Bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    Dengan Adanya lagu “ Pergi belajar guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
    Guru Kratif Murid menjadi Aktif
    Mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.

    5. Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran Video
    Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa ,sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.
    Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalalam lagu tersebut
    Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “pergi belajar”

  3. NAMA : ERIN SRI WAHYUNI
    NIM : 860099004
    Topik : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Menurut Pendapat Saya, setelah saya mengamati Video pembelajaran tersebut bahwa :
    1. Judul Video
    a. Judul Video dianalisa
    Kesulitan Membaca Huruf , Suku kata , Kata dan Kalimat
    b. Alamat Sumber Video
    Alamat : http //www.gurupintar, ut.ac.id/content/micro-teachingonline/kesulitan-membaca- hurupf-suku kata-dan-kalimat
    2. Ringkasan Isi Video
    a. Identitas Video
    Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
    Nama Sekolah : Sekolah Dasar
    Nama Penulis : Ibu Khaerunnisa Widodo
    Sutradara /pengembang video : Universitas Terbuka
    b. Sinopsis Ringkasan Isi Video Pembelajaran.
    Sebelum adanya refleksi perbaikan guru hanya mengajar siswa menggunakan metode SAS berupa media gambar ayah ibu, bukan menggunakan metode abjad. Sehingga sisswa yang belum mengenal abjad atau huruf tidak bissa mengikuti.
    Setelah adanya refleksi perbaikan siswa yang belum bisa mengenal huruf di bimbing membaca menggunakan Metode Abjad an Eja. Siswa yang belum mengenal kata dibimbing membaca menggunakan metode suku kata atau silabel. Siswa yang belum mengenal kata dan kalimat di bombing membaca menggunakan metode kata dan metode global / kalimat siswa yang sudah dapat membaca di bombing menggunakan metode SAS. ( Struktur Analitik Sistesis )
    .3. Kelemahan Pembelajaran dalam video
    Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
    Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
    Sebagian Siswa belum dapat memahami pelajaran di karenakan siswa tersebut belum mengenal huruf
    Guru tidak mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan tidak mengecek kehadiran siswa
    Guru Tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar di mulai
    Guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak di akhiri dengan salam, kesimpulan dan penutup.

    4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
    Dengan Bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    Dengan Adanya lagu “ Pergi belajar guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
    Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
    Guru Kratif Murid menjadi Aktif
    Mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
    5. Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran Video
    Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa ,sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.
    Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalalam lagu tersebut
    Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “pergi belajar”

  4. Nama: Nadia asandra
    Nim: 860103967
    Menurut saya Kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi yang diberikan oleh guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata sehingga anak kesulitan dalam mencerna pembelajaran. jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat peserta didik dalam belajar tumbuh. Pada video tersebut juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu untuk mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
    Guru tidak membimbing peserta didik untuk membaca dan langsung meminta peserta didik membaca penjelasan yang terdapat dalam gambar.
    Ada beberapa peserta didik yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar sehingga beberapa siswa yang kurang fokus dapat perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut. terimakasih

  5. Nama : Erin Sri Wahyuni
    Nim : 860099004
    Topik. : pemantapan kemampuan belajar
    Menurut pendapat saya, setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut bahwa :
    1. Judul Video
    a. Judul Video analisa
    Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
    B. Alamat sumber
    http//www.gurupintar,ut.ac.id/content/micro-teachingonline/kesulitan-membaca-hurufsukukata-dan-kalimat
    2 Ringkasan isi video
    a.Identitas Video
    Nama Tokoh : Guru dan siswa
    Nama sekolah : Sekolah dasar
    Nama penulis : Ibu Khaerunnisa Widodo
    Sutradara / pengembang video : universitas terbuka
    B
    b. sinopsis Ringkasan isi Video pembelajaran
    Sebelum adanya refleksi perbaikan guru hanya mengajar siswa menggunakan metode SAS berupa media gambar ayah dan ibu, bukan menggunakan metode abjad sehingga siswa yang belum mengenal abjad atau huruf tidak bisa mengikuti.
    Setelah adanya refleksi perbaikan siswa belum bisa mengenal huruf dibimbing membaca menggunakan metode abjad dan eja. siswa yang belum mengenal kata dibimbing membaca menggunakan metode kata atau silabel. Siswa yang belum mengenal kata dan kalimat dibimbing membaca menggunakan metode kata dan metode global /atau kalimat siswa yang sudah dapat membaca dibimbing menggunakan SAS.

    3. Kelemahan pembelajaran dalam video
    1). Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
    2) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
    3) sebagian siswa belum dapat memahami pelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf
    4) guru tidak mengucapkan salam menyakan kabar dan tidak mengecek kehadiran siswa
    5) guru tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar di mulai
    6) guru dalam kegiatan belajar tidak di akhiri dengan salam kesimpulan dan penutup

    4. Kelebihan pembelajaran dalam video
    1) dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
    2) Dengan adanya lagu” pergi belajar guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk membaca
    3) adanya media gambar ayah ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat
    4) guru kreatif murid menjadi aktif
    5) mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme

    5. Hal unik terdapat dalam video pembelajaran
    1) secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa hingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.
    2) siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalam lagu tersebut
    3) guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu pergi belajar

    Terima kasih

  6. Nama: Nadia Asandra
    Nim : 860103967
    menurut saya kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi yang diberikan, guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku katasehingga anak kesulitan dalam mencerna pembelajaran yang diberikan. seorang guru dituntut kreatif dalam proses pembelajaran agar minat peserta didik tumbuh. pada video tersebut juga menjelaskan sebelum memulai pembelajaran guru memberikan ice breaking terlebih dahulu untuk mengakses suatu bacaan . pada video tersebut guru tidak membimbing peserta didik membaca dan langsung meminta peserta didik bacaan yang terdapat pada gambar.
    ada beberapa peserta didik yang masih kurang dalam memperhatikan proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang fokus mungkin ini cukup menjadi perhatian bagi buru dan juga guru harus menggunakan media pembelajaran berupa video atau gambar yang menggunakan proyektor sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan.

  7. NAMA : JUMALIAH
    NIM : 856077047
    PROGRAM STUDY : PGSD S1

    Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
    Kelebihannya adalah :
    1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
    bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
    pembelajaran.
    2) Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang
    pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
    sampaikan guru tersebut.
    3) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
    mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
    sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
    yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
    mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
    materi.
    Kelemahannya adalah :
    1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
    menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
    persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
    kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
    2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
    3) Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton hal ini
    berdampak buruk pada siswa karena dapat menghilakan semangat belajar siswa dan
    menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
    Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
    dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
    dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
    seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

  8. NAMA : JUMALIAH
    NIM : 856077047
    PRODY : PGSD S1

    Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
    Kelebihannya adalah :
    1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
    bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
    pembelajaran.
    2) Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang
    pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
    sampaikan guru tersebut.
    3) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
    mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
    sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
    yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
    mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
    materi.
    Kelemahannya adalah :
    1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
    menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
    persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
    kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
    2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
    3) Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton hal ini
    berdampak buruk pada siswa karena dapat menghilakan semangat belajar siswa dan
    menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
    Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
    dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
    dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
    seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

  9. Nama Achmad Roekan
    NIM 856084669

    “Video ini sangat informatif! Penjelasan tentang kesulitan yang dialami siswa dalam membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sangat jelas dan mudah dipahami. Saya suka bagaimana Anda menyajikan berbagai strategi untuk membantu mengatasi masalah ini. Menggunakan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif juga dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar terutama dalam menggunakan media pembelajaran . Terima kasih telah berbagi tips yang berguna ini! Saya harap lebih banyak guru dan orang tua yang akan dapat mengimplementasikan dari video ini.”

  10. NAMA : DIDI RAHMAYUDA MARPAUNG
    NIM : 859895276
    PRODY : PGSD S1

    Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
    Kelebihannya adalah :
    1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
    bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
    pembelajaran.
    2) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
    mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
    sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
    yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
    mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
    materi.
    Kelemahannya adalah :
    1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
    menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
    persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
    kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
    2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
    Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
    dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
    dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
    seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

Leave a Reply