Similar Posts
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
nama : saparuddin
nim : 859429845
setelah saya menyaksikan vidio tersebut ada beberapa kekurangan pada pendahuluan guru tersebut tidak melakukan doa absensi,menanyakan kabar kepada anak-anak dan kesiapan belajar.
dalam vidio tersebut tampak anak-anak merasa bosan dalam belajar alangkah baiknya jika guru menlakukan ice breaking sehingga anak-anak tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran
NAMA : ERIN SRI WAHYUNI
NIM : 860099004
Topik : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Menurut Pendapat Saya, setelah saya mengamati Video pembelajaran tersebut bahwa :
1. Judul Video
a. Judul Video dianalisa
Kesulitan Membaca Huruf , Suku kata , Kata dan Kalimat
b. Alamat Sumber Video
Alamat : http //www.gurupintar, ut.ac.id/content/micro-teachingonline/kesulitan-membaca- hurupf-suku kata-dan-kalimat
2. Ringkasan Isi Video
a. Identitas Video
Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Nama Penulis : Ibu Khaerunnisa Widodo
Sutradara /pengembang video : Universitas Terbuka
b. Sinopsis Ringkasan Isi Video Pembelajaran.
Sebelum adanya refleksi perbaikan guru hanya mengajar siswa menggunakan metode SAS berupa media gambar ayah ibu, bukan menggunakan metode abjad. Sehingga sisswa yang belum mengenal abjad atau huruf tidak bissa mengikuti.
Setelah adanya refleksi perbaikan siswa yang belum bisa mengenal huruf di bimbing membaca menggunakan Metode Abjad an Eja. Siswa yang belum mengenal kata dibimbing membaca menggunakan metode suku kata atau silabel. Siswa yang belum mengenal kata dan kalimat di bombing membaca menggunakan metode kata dan metode global / kalimat siswa yang sudah dapat membaca di bombing menggunakan metode SAS. ( Struktur Analitik Sistesis )
.3. Kelemahan Pembelajaran dalam video
Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
Sebagian Siswa belum dapat memahami pelajaran di karenakan siswa tersebut belum mengenal huruf
Guru tidak mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan tidak mengecek kehadiran siswa
Guru Tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar di mulai
Guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak di akhiri dengan salam, kesimpulan dan penutup.
4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
Dengan Bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
Dengan Adanya lagu “ Pergi belajar guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
Guru Kratif Murid menjadi Aktif
Mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
5. Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran Video
Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa ,sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.
Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalalam lagu tersebut
Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “pergi belajar”
NAMA : ERIN SRI WAHYUNI
NIM : 860099004
Topik : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Menurut Pendapat Saya, setelah saya mengamati Video pembelajaran tersebut bahwa :
1. Judul Video
a. Judul Video dianalisa
Kesulitan Membaca Huruf , Suku kata , Kata dan Kalimat
b. Alamat Sumber Video
Alamat : http //www.gurupintar, ut.ac.id/content/micro-teachingonline/kesulitan-membaca- hurupf-suku kata-dan-kalimat
2. Ringkasan Isi Video
a. Identitas Video
Nama Tokoh : Guru Dan Siswa
Nama Sekolah : Sekolah Dasar
Nama Penulis : Ibu Khaerunnisa Widodo
Sutradara /pengembang video : Universitas Terbuka
b. Sinopsis Ringkasan Isi Video Pembelajaran.
Sebelum adanya refleksi perbaikan guru hanya mengajar siswa menggunakan metode SAS berupa media gambar ayah ibu, bukan menggunakan metode abjad. Sehingga sisswa yang belum mengenal abjad atau huruf tidak bissa mengikuti.
Setelah adanya refleksi perbaikan siswa yang belum bisa mengenal huruf di bimbing membaca menggunakan Metode Abjad an Eja. Siswa yang belum mengenal kata dibimbing membaca menggunakan metode suku kata atau silabel. Siswa yang belum mengenal kata dan kalimat di bombing membaca menggunakan metode kata dan metode global / kalimat siswa yang sudah dapat membaca di bombing menggunakan metode SAS. ( Struktur Analitik Sistesis )
.3. Kelemahan Pembelajaran dalam video
Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
Sebagian Siswa belum dapat memahami pelajaran di karenakan siswa tersebut belum mengenal huruf
Guru tidak mengucapkan salam, menanyakan kabar, dan tidak mengecek kehadiran siswa
Guru Tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar di mulai
Guru dalam kegiatan belajar mengajar tidak di akhiri dengan salam, kesimpulan dan penutup.
4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
Dengan Bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
Dengan Adanya lagu “ Pergi belajar guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat.
Guru Kratif Murid menjadi Aktif
Mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
5. Hal Unik yang terdapat dalam pembelajaran Video
Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa ,sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.
Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalalam lagu tersebut
Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “pergi belajar”
Nama: Nadia asandra
Nim: 860103967
Menurut saya Kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi yang diberikan oleh guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata sehingga anak kesulitan dalam mencerna pembelajaran. jadi seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat peserta didik dalam belajar tumbuh. Pada video tersebut juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu untuk mengakses suatu bacaan deskrifsi tentang benda.
Guru tidak membimbing peserta didik untuk membaca dan langsung meminta peserta didik membaca penjelasan yang terdapat dalam gambar.
Ada beberapa peserta didik yang masih kurang dalam memperhatikan pada proses belajar mengajar sehingga beberapa siswa yang kurang fokus dapat perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut. terimakasih
Nama : Erin Sri Wahyuni
Nim : 860099004
Topik. : pemantapan kemampuan belajar
Menurut pendapat saya, setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut bahwa :
1. Judul Video
a. Judul Video analisa
Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
B. Alamat sumber
http//www.gurupintar,ut.ac.id/content/micro-teachingonline/kesulitan-membaca-hurufsukukata-dan-kalimat
2 Ringkasan isi video
a.Identitas Video
Nama Tokoh : Guru dan siswa
Nama sekolah : Sekolah dasar
Nama penulis : Ibu Khaerunnisa Widodo
Sutradara / pengembang video : universitas terbuka
B
b. sinopsis Ringkasan isi Video pembelajaran
Sebelum adanya refleksi perbaikan guru hanya mengajar siswa menggunakan metode SAS berupa media gambar ayah dan ibu, bukan menggunakan metode abjad sehingga siswa yang belum mengenal abjad atau huruf tidak bisa mengikuti.
Setelah adanya refleksi perbaikan siswa belum bisa mengenal huruf dibimbing membaca menggunakan metode abjad dan eja. siswa yang belum mengenal kata dibimbing membaca menggunakan metode kata atau silabel. Siswa yang belum mengenal kata dan kalimat dibimbing membaca menggunakan metode kata dan metode global /atau kalimat siswa yang sudah dapat membaca dibimbing menggunakan SAS.
3. Kelemahan pembelajaran dalam video
1). Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran
2) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran
3) sebagian siswa belum dapat memahami pelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf
4) guru tidak mengucapkan salam menyakan kabar dan tidak mengecek kehadiran siswa
5) guru tidak mengajak siswa untuk berdoa sebelum belajar di mulai
6) guru dalam kegiatan belajar tidak di akhiri dengan salam kesimpulan dan penutup
4. Kelebihan pembelajaran dalam video
1) dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
2) Dengan adanya lagu” pergi belajar guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk membaca
3) adanya media gambar ayah ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat
4) guru kreatif murid menjadi aktif
5) mengkonkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme
5. Hal unik terdapat dalam video pembelajaran
1) secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar ayah dan ibu sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa hingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendirinya.
2) siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalam lagu tersebut
3) guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu pergi belajar
Terima kasih
Nama: Nadia Asandra
Nim : 860103967
menurut saya kurangnya pemahaman peserta didik tentang materi yang diberikan, guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku katasehingga anak kesulitan dalam mencerna pembelajaran yang diberikan. seorang guru dituntut kreatif dalam proses pembelajaran agar minat peserta didik tumbuh. pada video tersebut juga menjelaskan sebelum memulai pembelajaran guru memberikan ice breaking terlebih dahulu untuk mengakses suatu bacaan . pada video tersebut guru tidak membimbing peserta didik membaca dan langsung meminta peserta didik bacaan yang terdapat pada gambar.
ada beberapa peserta didik yang masih kurang dalam memperhatikan proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang fokus mungkin ini cukup menjadi perhatian bagi buru dan juga guru harus menggunakan media pembelajaran berupa video atau gambar yang menggunakan proyektor sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan.
NAMA : JUMALIAH
NIM : 856077047
PROGRAM STUDY : PGSD S1
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihannya adalah :
1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
2) Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang
pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
sampaikan guru tersebut.
3) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
materi.
Kelemahannya adalah :
1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
3) Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton hal ini
berdampak buruk pada siswa karena dapat menghilakan semangat belajar siswa dan
menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.
NAMA : JUMALIAH
NIM : 856077047
PRODY : PGSD S1
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihannya adalah :
1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
2) Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang
pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
sampaikan guru tersebut.
3) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
materi.
Kelemahannya adalah :
1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
3) Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton hal ini
berdampak buruk pada siswa karena dapat menghilakan semangat belajar siswa dan
menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.
Nama Achmad Roekan
NIM 856084669
“Video ini sangat informatif! Penjelasan tentang kesulitan yang dialami siswa dalam membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat sangat jelas dan mudah dipahami. Saya suka bagaimana Anda menyajikan berbagai strategi untuk membantu mengatasi masalah ini. Menggunakan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif juga dapat membuat siswa lebih tertarik untuk belajar terutama dalam menggunakan media pembelajaran . Terima kasih telah berbagi tips yang berguna ini! Saya harap lebih banyak guru dan orang tua yang akan dapat mengimplementasikan dari video ini.”
NAMA : DIDI RAHMAYUDA MARPAUNG
NIM : 859895276
PRODY : PGSD S1
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihannya adalah :
1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
2) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
materi.
Kelemahannya adalah :
1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.