Similar Posts
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Memelihara Konsentrasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan…
NAMA : DIDI RAHMAYUDA MARPAUNG
NIM : 859895276
PRODY : PGSD S1
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihannya adalah :
1) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
2) Seteleah melaksanakan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
mengetahui sebatas mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan, menguji kemampuan siswa dapat di lakukan dengan tanya jawab materi
yg telah di sampaikan, jika pemahaman siswa itu kurang baik mungkin guru dapat
mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami
materi.
Kelemahannya adalah :
1) Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, guru seharusnya
menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti membei salam, mengecek
kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2) Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
Keunikan yang terdapat pada Vidio ini adalah
Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan,
dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “apakah anak anak punya kucing
dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
seperti itu anak anak akan lebih cepat dokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.
NAMA : Sunaryo
NIM :
PRODY : PGSD S1
Beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar Yaitu :
Kekurangan :
– Pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan doa,salam dan mengecek kehadiran siswa serta tidak ada apersepsi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran.
Kelebihan :
– Guru mampu mengajar menggunakan media yang bisa menarik siswa untuk fokus pada pembelajaran.
Saran :
saat awal pembelajaran guru bisa memulai dengan game yang menarik siswa agar lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar, kemudian siswa di bagi kelompok agar memudahkan bagi guru dalam memberikan bimbingan dan penilaian.
Nama : Arina
NIM : 877595895
Setelah melihat video saya menyadari ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan dan beberapa hal yang dapat saya ambil pelajarannya.
Sebelum memulai pembelajaran ada baiknya siswa diajak berdoa terlebih dahulu ini dimaksudkan agar siswa dapat menumbuhkan sifat religius, selain itu tidak adanya absensi dan apersepsi dimana hal ini dapat menarik minat siswa untuk memulai pembelajaran.
Proses pembelajaran diawali dengan mengajak siswa bernyanyi merupakan langkah awal yang sangat baik, dimana dengan nyanyi dan bertepuk tangan bersama dapat menumbuhkan semangat dan membuat suasana belajar lebih ceria.
Media ajar yang digunakan sangat baik dengan gambar dan mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan siswa sehari-hari. Terutama untuk pengenalan huruf, suku kata dan kata pada anggota keluarga dapat membuat siswa lebih tertarik dalam pembelajaran.
Nama :Dwi Rania Insyira
Nim:855846036
Menurut pendapat saya dalam.pembelajaran mengenal huruf ini guru terlebih dahulu mengenalkan kepada siswa .. bagaimana bentuk.huruf Abjad sehingga siswa dapat dengan mudah mengenalinya. Apalagi siswa yang diajarakan mengenal huruf adalah siswa kelas rendah. Yang otak siswa kelas rendah masih belum.berpikiran abstrak. Siswa kelas rendah ini seharusnya dikenalkan terlebih dahulu dengan objek yang nyata. Sperti cetakan huruf abjad agar siswa kelas rendah dpaat dengan mudah untuk mengenal huruf. Bagi guru kelas rendah juga harus lebih ekstra dalam mengangajarkan siswa nya untuk mengenal huruf agar siswa kelas rendh tidak kesulitan lagi.
Kemudian guru juga harus mampu menguasai kelas sehingga siswa mmpu dengan seksam belajar didalm kelas dan mendengarkan guru agar dpaat mengenal huruf tanpa kesulitan.
Terima kasih😊
Nama: Dwi Prabandari Putri
NIM : 877767951
UT Daerah Palembang
Setelah menyaksikan dan mengamati video pembelajaran dengan judul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” sebelumnya, dapat diketahui beberapa kelemahan dari video pembelajaran tersebut, diantaranya:
1. tidak dilaksanakan berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing pada kegiatan pembukaan.
2. tidak dilakukan presensi kehadiran peserta didik.
3. tidak dijelaskan capaian pembelajaran yang akan dilakukan pada kegiatan belajar.
4. tidak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.
Selain dari kelemahan , terdapat beberapa kelebihan dari video pembelaran yang telah tersaji sebelumnya. Kelebihan tersebut diantaranya:
1. Guru sudah mengajak peserta didik untuk menyanyikan lagu pemantik sebagai motivasi untuk siswa agar semangat memulai kegiatan belajar.
2. Kemudian Guru juga menyajikan media pembelajaran yang cukup dimengerti oleh para pesreta didik.
3. Guru juga telah melakukan apersepsi atau memberikan pertanyaan pemantik sebelum dilakukannya kegiatan inti pada pembelajaran.
Saran:
1. Dalam kegiatan inti mungkin dapat dilakukan beberapa ice breaking agar siswa yang kurang fokus atau sudah mulai teralihkan fokusnya dapat kembali fokus dan mengikuti kegiatan belajar dengan baik.
2. Agar kegiatan belajar menjadi tidak membosankan, mungkin Guru juga dapat melakukan permainan edukasi. seperti menyusun kata-kata yang teracak kemudian membimbing peserta didik untuk menyusun menjadi 1 kata atau kalimat yang benar. Sekian beberapa pendapat saya terkait dengan video kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Terimakasih
Nama : Darniati
Nim : 856459818
Pokjar : sei lala
Setelah saya menoton video tersebut ini terlihat Dalam video tersebut ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar guru tersebut
kekurangannya :
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
2. tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
3. tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata.
kelebihan :
1. memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah
2. media gambar yang sudah digunakan sudah baik.
saran
1. sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
2. memulai ice breaking dengan lagu ABCD agar anak semakin mengenal huruf
3. melakukan permainan sederhana seperti melengkapi huruf yang hilang dengan media kartu huruf. contohnya kata : A Y A ___ . lalu si anak mencari pada tumpukan huruf,huruf apa yang sesuai pada kata tersebut.
Nama : Serlianna Lumbantoruan
Nim : 856069333
Menurut saya pada video tersebut para siswa sudah memberikan respon yang baik saat pembelajaran berlangsung.
Namun ada kelemahan guru yang saya temukan yaitu pada saat memulai pembelajaran guru tidak memperhatikan kondisi siswa dengan tidak melakukan kegiatan pendahuluan yang baik seperti menanyakan kabar siswa,mengecek kehadiran siswa,mengajak siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran.
Menurut saya hal ini sangat perlu dilakukan agar siswa merasa senang dan diperhatikan oleh guru.
Kelebihannya yaitu guru tersebut sudah efektif dalam manyampaikan materi pembelajaran dengan berbagai metode yaitu seperti penggunaan lagu/bernyanyi ,permainan dan menggunakan media gambar juga untuk melakukan pendekatan kepada siswa dalam mengatasi kesulitan membaca dan guru juga selalu memberikan apresiasi kepada siswa ,pada saat siswa menjawab pertanyaan guru tersebut.
Nama : Arnita
Nim : 856460307
Menurut saya Kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang dijelaskan guru. Guru cendrung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf dan suku kata. Siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehingga anak kesulitan . seorang guru dituntut untuk kreatif dalam proses mengajar agar minat siswa dalam belajar tumbuh. dalam video juga menjelaskan sebelum memulai pelajaran guru mengadakan icebreaking terlebih dahulu. Guru tidak membimbing siswa untuk berlatih membaca dan langsung meminta siswa membaca penjelasan tentang benda yang terdapat pada buku. Ada beberapa siswa yang masih kurang dalam memperhatikan guru, pada proses belajar mengajar adanya beberapa siswa yang kurang fokus mungkin dapat menjadi perhatian bagi guru untuk menampilkan media pembelajaran berupa video atau gambar menggunakan proyektor atau LDC sehingga siswa dapat lebih fokus dan tertarik dengan media pembelajaran yang jarang digunakan tersebut.
Nama:Meliana
Nim:856463144
Pokjar :Sei lala
Setelah saya melihat video di atas Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Menurut saya Kekurangannya ialah
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
2.Guru tidak mengabsensi siswa dan menyapa siswa
3.Guru tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarkan
4.Guru tidak menyimpulkan pembelajaran
5.Guru tidak melaksanakan penutup pembelajaran dengan doa penutup
kelebihan :
1. memulai pembelajaran menggunakan lagu pemantik yaitu ibu dan ayah
2. media gambar yang sudah digunakan
3.Memberi pujian dan motivasi kepada anak.
NAMA : EMA FITRIANA
NIM : 859811447
Berdasarkan pengamatan saya terhadap vidio diatas tentang Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat,
menurut saya ada beberapa hal yang mungkin kurang dalam proses pembelajaran yang dilakukan pada vidio, dimana pada awal dimulainya pembelajaran langsung bernyanyi dan masuk ke materi, yang menurut saya seharusnya pada saat akan dimulainya pembelajaran sebaiknya guru menyapa siswa terlebih dahulu seperti mengabsen dan mengajak siswa untuk terbiasa berdoa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran.
Terima Kasih.