Similar Posts
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA : ALEX HERIYANTO
NIM : 858975775
UMPAN BALIK :
IDENTIFIKASI MASALAH
– TIDAK ADANYA SALAM
– TIDAK ADANYA BERDOA DIAWAL PEMBELAJARAN
– TIDAK ADANYA PENGULASAN MATERI SEBELUMNYA
– GURU TIDAK MENANYAKAN KESIAPAN SISWA
– GURU TIDAK MENJELASKAN TUJUAN PEMBELAJARAN
– TIDAK ADANYA PENUTUP (REFLEKSI, DAN KESIMPULAN)
PENYEBAB MASALAH
PENYEBAB KESULITAN MEMBACA
-ANAK MALAS MENDENGARKAN
-ANAK BOSAN
-KURANGNYA KONSENTRASI SISWA
-KURANGNYA PERHATIAN GURU
-KURANG LENGKAPNYA MEDIA PEMBELAJARAN
-PEMBELAJARAN LAMBAT ATAU SLOW LEARNER
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH BAGAIMANAKAH KITA MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN
– DENGAN CARA MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET SEPERTI GAMBAR, ALAT PERAGA EJAAN HURUF, DAN VIDEO PEMBELAJARAN
– ADAPUN JENIS-JENIS METODE MEMBACA PERMULAAN
1. METODE ABJAD
2. METODE EJA
3. METODE SUKU KATA
4. METODE KATA
5. METODE KALIMAT
6. METODE SAS
4. TENTUKAN TUJUAN PERBAIKAN
TUJUAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA, DAN KALIMAT DAPAT DIFOKUSKAN PADA BEBERAPA ASPEK UNTUK MEMBANTU MEREKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI. BERIKUT ADALAH TUJUAN PERBAIKANNYA:
-MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENALI HURUF
TUJUAN PERBAIKAN: SISWA MAMPU MENGENALI DAN MEMBEDAKAN HURUF-HURUF ALFABET SECARA TEPAT, BAIK DARI SEGI BENTUK MAUPUN BUNYI, SEHINGGA DAPAT MEMBANGUN DASAR YANG KUAT UNTUK MEMBACA.
-MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGABUNGKAN HURUF MENJADI SUKU KATA
TUJUAN PERBAIKAN: SISWA DAPAT MENGGABUNGKAN HURUF-HURUF MENJADI SUKU KATA SEDERHANA DENGAN BENAR, SEHINGGA MEREKA MULAI MEMAHAMI HUBUNGAN ANTARA BUNYI DAN HURUF DALAM SEBUAH KATA.
-MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KATA SEDERHANA
TUJUAN PERBAIKAN: SISWA MAMPU MEMBACA KATA-KATA SEDERHANA SECARA TEPAT DAN LANCAR, MEMAHAMI ARTI DARI KATA TERSEBUT, SERTA MEMPRAKTIKKAN PENGUCAPAN YANG BENAR.
-MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT PENDEK
TUJUAN PERBAIKAN: SISWA DAPAT MEMBACA KALIMAT PENDEK DENGAN LANCAR DAN MEMAHAMI MAKNA KALIMAT TERSEBUT. INI BERTUJUAN AGAR SISWA MULAI TERBIASA DENGAN STRUKTUR KALIMAT DAN MENINGKATKAN KECEPATAN SERTA PEMAHAMAN MEMBACA.
-MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT MEMBACA
TUJUAN PERBAIKAN: MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK, SEPERTI CERITA BERGAMBAR, PERMAINAN KATA, ATAU ALAT BANTU VISUAL LAINNYA.
-MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PEMAHAMAN BACAAN
TUJUAN PERBAIKAN: SISWA MAMPU MEMAHAMI ISI TEKS SEDERHANA DENGAN MENJAWAB PERTANYAAN TENTANG TEKS YANG DIBACA, SEHINGGA KETERAMPILAN PEMAHAMAN MEREKA SEMAKIN BERKEMBANG SEIRING DENGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIS MEMBACA.
-MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MEMBACA
TUJUAN PERBAIKAN: SISWA MENJADI LEBIH PERCAYA DIRI DALAM MEMBACA, BAIK DI DEPAN KELAS MAUPUN DALAM KELOMPOK KECIL, SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN PARTISIPASI MEREKA DALAM PEMBELAJARAN.
DENGAN TUJUAN-TUJUAN INI, PROSES PERBAIKAN PEMBELAJARAN DIHARAPKAN DAPAT MEMBANTU SISWA MENGATASI KESULITAN MEMBACA SECARA BERTAHAP DAN LEBIH EFEKTIF.
5. JUDUL PKP
STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS II SD DENGAN METODE SUKU KATA TERBIMBING
Nama : Rofi Nurhidayah
Nim : 856463151
prodi : S1-PGSD
ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam vidio di atas
A.Kelebihan
1.ibu guru mengajak bernyanyi lagu-lagu yang biasa anak dan orangtua nyayikan,supaya anak semangat ini bisa di sebut ice breaking.
2.ibu guru membawa atau menggunakan media yang menarik gunanya untuk menarik minat siswa supaya mudah di fahami.
3.ibu guru menguji serta membelajari menggunakan metode2 sesuai kemampuan anak.
B. Kekurangan
1.tidak melakukan berdoa,absen sebelum memulai pembelajaran.
2. ibu guru kurang menguasai kelas dengan baik,banyak murid yg diam hanya melihat gurunya bernyanyi.
saran saya.
bisa di ganti media belajar nya,karna media tersebut sering di lihat di buku.
Nama : Astri Yolanda
NIM : 878257505
Assalamualaikum Wr.Wb
Izin menanggapi video kasus pembelajaran yang telah saya lihat yaitu dalam video tersebut
Saya lihat guru sudah baik dalam menjalankan tugasnya dan saya lihat guru juga memberikan apersepsi dengan baik kepada anak-anak dengan bernyanyi bersama-sama. Ada beberapa kesulitan membaca dari video yang telah saya lihat. Kesulitan membaca bisa diatasi guru dengan terus membimbing peserta didik tersebut atau lebih memberi perhatian lebih kepada peserta didik yang belum bisa membaca. Guru dituntut harus bisa menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menarik untuk membuat peserta didik lebih bersemangat setiap harinya. Ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari video yang saya lihat :
1.Kelemahan
-Guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa bersama, ice breaking maupun mengabsen peserta didik
-Guru hanya fokus ke beberapa peserta didik saja
2.Kelebihan
-Guru sudah melakukan apersepsi kepada peserta didik
-Guru sudah menggunakan media pembelajaran
Terimakasih..
Nama : Saniyyah
NIM : 857867676
Prodi : S1 PGSD In Service
Menurut saya dari video pembelajaran tersebut
Kelemahan:
Guru belum melakukan pembukaan dalam pembelajaran, seperti berdoa dan presensi murid.
Kelebihan:
Kemudian pada video tersebut guru sudah memberikan media dan pembelajaran yang tepat untuk belajar membaca suku kata dan kalimat di kelas rendah. Ibu guru juga sudah telaten membimbing murid satu persatu. Dalam pembelajaran dalam kelas rendah membutuhkan ketelatenan kepada murid.
Saran:
Lebih baik lagi jika dalam pembelajaran guru menyelipkan ice breaking, kemudian melakukan pekerjaan kelompok mengelompokkan kelompok peserta didik yang belum mampu membaca.
Demikian analisis video tersebut dari saya.
Nama : Dwi Fitriyani
Nim :
Upbjj UT : Bandar Lampung
Dari video di atas terlihat sudah sangat bagus, hanya saja guru memulai pembelajaran tidak dengan berdoa. Kemudian alangkah baiknya jika siswa kelas rendah itu kita ajarkan mengenali huruf menggunakan lagu atau nyanyian. Jadi siswa akan lebih tertarik untuk mendengarkan atau menyimak penjelasan dari seorang guru.
Nama : Dwi Fitriyani
Nim :
Upbjj UT : Bandar Lampung
Dari video di atas terlihat sudah sangat bagus, hanya saja guru memulai pembelajaran tidak dengan berdoa. Kemudian alangkah baiknya jika siswa kelas rendah itu kita ajarkan mengenali huruf menggunakan lagu atau nyanyian. Jadi siswa akan lebih tertarik untuk mendengarkan atau menyimak penjelasan dari seorang guru.
Nama : Lili Pratiwi
Nim : 855847131
Pokjar : Sei Balai
Dalam vidio tersebut ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan :
A. Kekurangan :
Pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan doa, salam dan memeriksa kehadiran siswa serta tidak ada apersepsi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran.
B. Kelebihan :
Dari yang saya amati didalam vidio dimana pada pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengetahui huruf dan dapat menjawab gambar yang di pertanyakan.
NAMA : AZIZATUR ROHMAH
NIM : 858891355
POKJAR : UMBULSARI – JEMBER
VIDEO : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
KELEBIHAN
1. Dari video yang saya amati, kelebihan dari video pembelajaran tersebut adalah Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima pembelajaran.
2. Guru sudah mampu menampilkan media gambar yang bisa menarik semangat belajar siswa, serta memudahkan siswa untuk mengetahui huruf dan dapat menjawab gambar yang di tanyakan oleh Guru
KEKURANGAN
1. Menurut saya kekurangan yang sudah saya amati yaitu, pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa, salam dan mengabsensi kehadiran siswa serta tidak ada apersepsi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran
2. Guru tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang akan di ajarkan
SARAN
1. Sebaiknya sebelum kegiatan belajar mengajar guru memberikan salam, berdo’a sesuai keyakinan masing-masing, dan mengecek kehadiran siswa.
2. Sebaiknya guru membentuk kelompok belajar, karena tidak semua siswa bisa belajar secara individu
NAMA : AZIZATUR ROHMAH
NIM : 858891355
POKJAR : UMBULSARI
VIDEO : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
KELEBIHAN
1. Dari video yang saya amati, kelebihan dari video pembelajaran tersebut adalah Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima pembelajaran.
2. Guru sudah mampu menampilkan media gambar yang bisa menarik semangat belajar siswa, serta memudahkan siswa untuk mengetahui huruf dan dapat menjawab gambar yang di tanyakan oleh Guru
KEKURANGAN
1. Menurut saya kekurangan yang sudah saya amati yaitu, Pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa, salam dan mengabsensi kehadiran siswa serta tidak ada apersepsi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran
2. Guru tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang akan di ajarkan
SARAN
1. Sebaiknya sebelum kegiatan belajar mengajar guru memberikan salam, berdo’a sesuai keyakinan masing-masing, dan mengecek kehadiran siswa.
2. Sebaiknya guru membentuk kelompok belajar, karena tidak semua siswa bisa belajar secara individu
NAMA : AZIZATUR ROHMAH
NIM : 858891355
POKJAR : UMBULSARI
UPBJJ : UT – JEMBER
KELEBIHAN:
1. Dari video yang saya amati, kelebihan dari video pembelajaran tersebut adalah, Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi, menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima pembelajaran.
2. Guru sudah mampu menampilkan media gambar yang menarik semangat belajar siswa, serta memudahkan siswa untuk mengetahui huruf dan dapat menjawab gambar yang di pertanyakan oleh guru.
KEKURANGAN:
1. Menurut saya kekurangan yang sudah saya amati yaitu, pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdo’a, salam dan mengecek kehadiran siswa, serta tidak ada apresiasi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran
2. Guru tidak membentuk kelompok belajar. karena tidak semua siswa mampu belajar secara individu
3, Guru tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang akan di ajarkan
SARAN
1. Sebaiknya sebelum kegiatan belajar guru memberi salam kepada siswa, berdo’a, serta menecek kehadiran siswa
2. Sebaiknya guru membentuk kelompok belajar, karena tidak semua siswa mampu belajar secara individu