Similar Posts
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Kurnia Restu Ananda
856781765
Setelah menonton Video pembelajaran diatas, Pendidik di dalam video tidak melakukan pendahuluan pembelajaran dengan berurutan baik berdoa, sapaan salam, menanyakan kabar, mengecek kebersihan kelas dan mengabsen anak didik. Pendidik tidak terlalu menjelaskan materi apa yang akan di pelajari kali ini, padahal bahan ajar sudah sangat memadai untuk pembelajaran membaca. Sering pula terlihat sepele namun memang ada anak anak yang hanya mengikuti perkataan dari gurunya, padahal sang anak belum terlalu pandai menyebutkan abjad. disetiap materi baru, setidaknya pendidikan mengulas lagi pembelajaran yang lalu seperti menyebutkan/menyanyikan abjad bersama.
terimakasih 🙏🏻
Nama : Irmayanti Alinur
NIM : 859436826
UPBJJ : Makassar – PGSD
Dari video di atas yang berjudul kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat
Setelah saya amati video pembelajaran tersebut adapun kelebihan dan kekurangan yaitu
Kelebihan : guru memberikan pengantar lagu kepada anak sebelum memasuki pembelajaran yang cukup menarik dalam pembelajaran, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing otak siswa untuk mengenal kata IBU dan AYAH melalui sebuah gambar
Kelemahan : guru tidak memberikan ice breaking kepada siswa sehingga terlihat siswa kurang bersemangat dalam belajar.
Nama:DELA ARTAMEVIA
Nim:857015549
berdasarkan vidio tersebut bahwa:
1.reaksi peserta didik ckup antusiasi dalam memulai pelajaran karena guru karena guru memulai pelajaran dengan menyanyikan lagu PERGI KE SEKOLAH .
2.kelemahannya guru tidak mengawali proses belajar dengan berdoa dan absensi.
3.kelebihannya guru menyertakan nedia pembelajaran sebagai alat peraga dalam pembelajaran, media pembelajaran ckup membantu anak dalam melatih konsentrasi dan fokusnya saat belajar.
4hal uniknya guru dengan sabar membimbing dan mengarahkan peserta didik satu persatu.
5.guru harus lebih memahami karakteristik peserta didik yang sudah atau yang belum dapat membaca dengan baikl senantiasa sabar.Dalam mengajari dan membimbing peserta didik dalam pelajaran membaca dan tidak lupa juga dengan menyediakan media pembelajaran sebagai alat peraga yang dapat meningkatkan semngt dan konsentrasi belajar pesertaa didik.
Nama : NURJANNAH
NIM : 859696166
Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam guru mengajar tersebut
Kekurangannya :
1. Guru tidak memulai pembelajartan dengan berdoa
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
3. Guru tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarakan
4. Tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata
Kelebihannya :
1. Guru memulai pembelajaran menggunakan lagu pementik
2. Media gambar yang digunakan sudah baik
Nama siti zulaeha nim 856999604 upbjj bandar lampung Dalam video pembelajaran tentang kesulitan membaca huruf, suku kata dan Kalimat, menurut saya metode yang digunakan sudah cukup efektif untuk di terapkan pada siswa siswa dikelas rendah.
Kekurangan dalam metode ini adalah tidak semua siswa diterapkan dalam metode yang sama maksudnya adalah para guru harus lebih mempertimbangkan kemampuan masing masing dari individu siswa tersebut.
Tapi saran saya akan lebih baik kalau metode ini lebih difokuskan lagi pada anak anak yang masih sangat awam atau belum mengerti sama sekali tentang bacaan dan huruf.
Nama : Tiya Khairunnisa
Nim : 858109883
UPBJJ : PONTIANAK (PGSD)
Pada video yang ditampilkan di atas pada awal pembelajaran tidak di mulai dengan mengucapkan salam dan doa. Video langsung dimulai dengan ice breaking menyanyikan lagu ibu dan ayah. Pada video tersebut terdapat kelebihannya, yaitu dimana cara belajar membaca dibantu dengan media gambar, yang mana itu dapat membantu siswa untuk termotivasi dan semangat belajar. Didalam video juga terdapat cara belajar membaca yaitu dengan metode abjad dan metode eja.
Terimakasih
Nama Irace Putri
Nim 856230761
Izin menanggapi
Menurut saya pada video pembelajaran guru belum melakukan salam pembuka, apersepsi dan berdoa serta hal lainnya pada bagian pendahuluan pembelajaran, guru langsung mengajak siswa bernyanyi dan masuk materi, pada waktu kegiatan inti guru langsung menunjukkan media tidak tidak mengenalkan huruf terlebih dahulu
Namun walau demikian media yang digunakan sudah bagus karena juga bergambar
Semoga kita semua dapat mengambil pengajaran dari setiap video yang dilihat
Assalamualaikum Wr. Wb. Izin menganalisis video pembelajaran yang telah saya cermati, Video pembelajaran yang ditampilkan cukup menarik, tetapi memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi dengan memperhatikan perbedaan individu, karena tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama. Guru perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memerlukan bantuan tambahan dengan membentuk kelompok kecil untuk memudahkan bimbingan. Selain itu, penting untuk menyediakan berbagai pilihan aktivitas agar siswa dapat memilih sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Berikut adalah kelemahan dan kelebihan dari video pembelajaran di atas:
1. Kelemahan:
Video GPO berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” memiliki kekurangan dalam penggunaan media dan alat peraga untuk pembelajaran.
Metode pengajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi.
Beberapa siswa mengalami kesulitan memahami materi karena mereka belum mengenal huruf.
Pembelajaran cenderung monoton karena tidak ada ice breaking, sapaan di awal pembelajaran, dan guru tidak mengecek kehadiran siswa
2. Kelebihan:
Penggunaan bernyanyi membuat proses pembelajaran lebih menarik.
Lagu “Pergi Belajar” dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca.
Media gambar dan alat peraga membantu siswa membaca huruf dengan baik, sehingga mereka dapat membaca kalimat.
Kreativitas guru membuat murid lebih aktif dalam pembelajaran.
Sekian tanggapan dari saya terimakasih….
Nama : Rini Irawati
Nim. : 85585073
Pokjar: Simalungun
Ijin menanggapi, dari vidio yg sudah saya lihat ada beberapa step yg tidak di lakukan guru tersebut,salah satunya tidak memberi salam pembuka maupun doa dan tidak mengecek kehadiran siswanya.akan tetapi guru tersebut menggunakan media gambar untuk memberikan penjelasan terhadap siswanya.
BAHASA INDONESIA
(KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA &KALIMAT)
1. Anak-anak sangat Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
2. Kelemahannya yaitu, seharusnya guru mengajarkan huruf abjad terlebih dahulu, baru anak kalau sudah hafal dilanjut dengan kata benda
3. 3. Pada video pembelajaran tersebut, seharusnya mencakup beberapa hal diantaranya :
• Kegiatan Awal
9. Salam
10. Doa
11. Siapkan Peserta didik dan Absensi
12. Menyanyikan lagu wajib
13. Ice Breaking
14. Apersepsi, Motivasi Peserta Didik
15. Materi Pembelajaran
16. Tujuan Pembelajaran
• Orientasi Peserta Didik pada Masalah
6. Ice Breaking
7. Membentuk Kelompok
8. Guru Membimbing Kelompok
9. Presentasi Kelompok
10. Penguatan dari Guru
• Kegiatan Penutup
5. Evaluasi
6. Guru dan Peserta Didik Menyimpulkan Pelajaran
7. Guru Merefleksi Pelajaran
8. Doa
Sedangkan pada video pembelajaran tersebut hanya ada Ice Breaking dan Materi saja
4. Setelah mengamati tayangan video pembelajaran mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat, berikut adalah beberapa poin kelebihan dan kelemahan yang dapat diperhatikan dari metode pengajaran guru yang ada.
Kelebihan
1. Pendekatan Bertahap: Guru yang mengajarkan membaca secara bertahap, mulai dari huruf ke suku kata, kata, dan kemudian kalimat, dapat membantu siswa membangun pemahaman dasar dan meningkatkan kepercayaan diri secara bertahap.
2. Penggunaan Metode Fonik: Jika guru menggunakan metode fonik (mengenalkan bunyi setiap huruf), hal ini dapat membantu siswa mengenali dan menghubungkan bunyi dengan simbol huruf, memudahkan proses membaca.
3. Kesabaran dan Dukungan: Guru yang memberikan waktu dan dukungan tambahan pada siswa yang mengalami kesulitan dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan berani untuk mencoba membaca.
Kelemahan
1. Kurangnya Variasi dalam Pendekatan: Jika guru hanya menggunakan satu metode, beberapa siswa mungkin kesulitan mengikuti, terutama jika mereka membutuhkan cara belajar yang berbeda (misalnya, visual atau kinestetik).
2. Minimnya Pengulangan dan Latihan Intensif: Jika guru tidak memberi cukup pengulangan, siswa mungkin lupa materi sebelumnya, terutama mereka yang masih kesulitan memahami suku kata atau kata.
3. Kurangnya Feedback Spesifik: Jika guru tidak memberikan umpan balik atau koreksi spesifik ketika siswa melakukan kesalahan, siswa bisa kehilangan arah atau terus melakukan kesalahan yang sama.
Rekomendasi Pengembangan
Untuk meningkatkan efektivitas pengajaran membaca, guru dapat mempertimbangkan penggunaan berbagai metode belajar (seperti permainan kata atau kartu huruf), memberikan latihan berulang, dan memberikan umpan balik spesifik agar siswa dapat memahami kesalahan mereka serta memperbaikinya. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah mengatasi kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.