Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Belajar Peta Buta
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Kurnia Restu Ananda
856781765
Setelah menonton Video pembelajaran diatas, Pendidik di dalam video tidak melakukan pendahuluan pembelajaran dengan berurutan baik berdoa, sapaan salam, menanyakan kabar, mengecek kebersihan kelas dan mengabsen anak didik. Pendidik tidak terlalu menjelaskan materi apa yang akan di pelajari kali ini, padahal bahan ajar sudah sangat memadai untuk pembelajaran membaca. Sering pula terlihat sepele namun memang ada anak anak yang hanya mengikuti perkataan dari gurunya, padahal sang anak belum terlalu pandai menyebutkan abjad. disetiap materi baru, setidaknya pendidikan mengulas lagi pembelajaran yang lalu seperti menyebutkan/menyanyikan abjad bersama.
terimakasih 🙏🏻
Nama : Irmayanti Alinur
NIM : 859436826
UPBJJ : Makassar – PGSD
Dari video di atas yang berjudul kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat
Setelah saya amati video pembelajaran tersebut adapun kelebihan dan kekurangan yaitu
Kelebihan : guru memberikan pengantar lagu kepada anak sebelum memasuki pembelajaran yang cukup menarik dalam pembelajaran, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang memancing otak siswa untuk mengenal kata IBU dan AYAH melalui sebuah gambar
Kelemahan : guru tidak memberikan ice breaking kepada siswa sehingga terlihat siswa kurang bersemangat dalam belajar.
Nama:DELA ARTAMEVIA
Nim:857015549
berdasarkan vidio tersebut bahwa:
1.reaksi peserta didik ckup antusiasi dalam memulai pelajaran karena guru karena guru memulai pelajaran dengan menyanyikan lagu PERGI KE SEKOLAH .
2.kelemahannya guru tidak mengawali proses belajar dengan berdoa dan absensi.
3.kelebihannya guru menyertakan nedia pembelajaran sebagai alat peraga dalam pembelajaran, media pembelajaran ckup membantu anak dalam melatih konsentrasi dan fokusnya saat belajar.
4hal uniknya guru dengan sabar membimbing dan mengarahkan peserta didik satu persatu.
5.guru harus lebih memahami karakteristik peserta didik yang sudah atau yang belum dapat membaca dengan baikl senantiasa sabar.Dalam mengajari dan membimbing peserta didik dalam pelajaran membaca dan tidak lupa juga dengan menyediakan media pembelajaran sebagai alat peraga yang dapat meningkatkan semngt dan konsentrasi belajar pesertaa didik.
Nama : NURJANNAH
NIM : 859696166
Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam guru mengajar tersebut
Kekurangannya :
1. Guru tidak memulai pembelajartan dengan berdoa
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
3. Guru tidak mengenalkan huruf apa saja pada kata yang diajarakan
4. Tidak terlihat membimbing siswa dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata
Kelebihannya :
1. Guru memulai pembelajaran menggunakan lagu pementik
2. Media gambar yang digunakan sudah baik
Nama siti zulaeha nim 856999604 upbjj bandar lampung Dalam video pembelajaran tentang kesulitan membaca huruf, suku kata dan Kalimat, menurut saya metode yang digunakan sudah cukup efektif untuk di terapkan pada siswa siswa dikelas rendah.
Kekurangan dalam metode ini adalah tidak semua siswa diterapkan dalam metode yang sama maksudnya adalah para guru harus lebih mempertimbangkan kemampuan masing masing dari individu siswa tersebut.
Tapi saran saya akan lebih baik kalau metode ini lebih difokuskan lagi pada anak anak yang masih sangat awam atau belum mengerti sama sekali tentang bacaan dan huruf.
Nama : Tiya Khairunnisa
Nim : 858109883
UPBJJ : PONTIANAK (PGSD)
Pada video yang ditampilkan di atas pada awal pembelajaran tidak di mulai dengan mengucapkan salam dan doa. Video langsung dimulai dengan ice breaking menyanyikan lagu ibu dan ayah. Pada video tersebut terdapat kelebihannya, yaitu dimana cara belajar membaca dibantu dengan media gambar, yang mana itu dapat membantu siswa untuk termotivasi dan semangat belajar. Didalam video juga terdapat cara belajar membaca yaitu dengan metode abjad dan metode eja.
Terimakasih
Nama Irace Putri
Nim 856230761
Izin menanggapi
Menurut saya pada video pembelajaran guru belum melakukan salam pembuka, apersepsi dan berdoa serta hal lainnya pada bagian pendahuluan pembelajaran, guru langsung mengajak siswa bernyanyi dan masuk materi, pada waktu kegiatan inti guru langsung menunjukkan media tidak tidak mengenalkan huruf terlebih dahulu
Namun walau demikian media yang digunakan sudah bagus karena juga bergambar
Semoga kita semua dapat mengambil pengajaran dari setiap video yang dilihat
Assalamualaikum Wr. Wb. Izin menganalisis video pembelajaran yang telah saya cermati, Video pembelajaran yang ditampilkan cukup menarik, tetapi memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi dengan memperhatikan perbedaan individu, karena tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama. Guru perlu memberikan perhatian khusus kepada siswa yang memerlukan bantuan tambahan dengan membentuk kelompok kecil untuk memudahkan bimbingan. Selain itu, penting untuk menyediakan berbagai pilihan aktivitas agar siswa dapat memilih sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Berikut adalah kelemahan dan kelebihan dari video pembelajaran di atas:
1. Kelemahan:
Video GPO berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat” memiliki kekurangan dalam penggunaan media dan alat peraga untuk pembelajaran.
Metode pengajaran yang diterapkan oleh guru kurang bervariasi.
Beberapa siswa mengalami kesulitan memahami materi karena mereka belum mengenal huruf.
Pembelajaran cenderung monoton karena tidak ada ice breaking, sapaan di awal pembelajaran, dan guru tidak mengecek kehadiran siswa
2. Kelebihan:
Penggunaan bernyanyi membuat proses pembelajaran lebih menarik.
Lagu “Pergi Belajar” dapat meningkatkan motivasi siswa untuk membaca.
Media gambar dan alat peraga membantu siswa membaca huruf dengan baik, sehingga mereka dapat membaca kalimat.
Kreativitas guru membuat murid lebih aktif dalam pembelajaran.
Sekian tanggapan dari saya terimakasih….
Nama : Rini Irawati
Nim. : 85585073
Pokjar: Simalungun
Ijin menanggapi, dari vidio yg sudah saya lihat ada beberapa step yg tidak di lakukan guru tersebut,salah satunya tidak memberi salam pembuka maupun doa dan tidak mengecek kehadiran siswanya.akan tetapi guru tersebut menggunakan media gambar untuk memberikan penjelasan terhadap siswanya.
BAHASA INDONESIA
(KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA &KALIMAT)
1. Anak-anak sangat Bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
2. Kelemahannya yaitu, seharusnya guru mengajarkan huruf abjad terlebih dahulu, baru anak kalau sudah hafal dilanjut dengan kata benda
3. 3. Pada video pembelajaran tersebut, seharusnya mencakup beberapa hal diantaranya :
• Kegiatan Awal
9. Salam
10. Doa
11. Siapkan Peserta didik dan Absensi
12. Menyanyikan lagu wajib
13. Ice Breaking
14. Apersepsi, Motivasi Peserta Didik
15. Materi Pembelajaran
16. Tujuan Pembelajaran
• Orientasi Peserta Didik pada Masalah
6. Ice Breaking
7. Membentuk Kelompok
8. Guru Membimbing Kelompok
9. Presentasi Kelompok
10. Penguatan dari Guru
• Kegiatan Penutup
5. Evaluasi
6. Guru dan Peserta Didik Menyimpulkan Pelajaran
7. Guru Merefleksi Pelajaran
8. Doa
Sedangkan pada video pembelajaran tersebut hanya ada Ice Breaking dan Materi saja
4. Setelah mengamati tayangan video pembelajaran mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat, berikut adalah beberapa poin kelebihan dan kelemahan yang dapat diperhatikan dari metode pengajaran guru yang ada.
Kelebihan
1. Pendekatan Bertahap: Guru yang mengajarkan membaca secara bertahap, mulai dari huruf ke suku kata, kata, dan kemudian kalimat, dapat membantu siswa membangun pemahaman dasar dan meningkatkan kepercayaan diri secara bertahap.
2. Penggunaan Metode Fonik: Jika guru menggunakan metode fonik (mengenalkan bunyi setiap huruf), hal ini dapat membantu siswa mengenali dan menghubungkan bunyi dengan simbol huruf, memudahkan proses membaca.
3. Kesabaran dan Dukungan: Guru yang memberikan waktu dan dukungan tambahan pada siswa yang mengalami kesulitan dapat membuat siswa merasa lebih nyaman dan berani untuk mencoba membaca.
Kelemahan
1. Kurangnya Variasi dalam Pendekatan: Jika guru hanya menggunakan satu metode, beberapa siswa mungkin kesulitan mengikuti, terutama jika mereka membutuhkan cara belajar yang berbeda (misalnya, visual atau kinestetik).
2. Minimnya Pengulangan dan Latihan Intensif: Jika guru tidak memberi cukup pengulangan, siswa mungkin lupa materi sebelumnya, terutama mereka yang masih kesulitan memahami suku kata atau kata.
3. Kurangnya Feedback Spesifik: Jika guru tidak memberikan umpan balik atau koreksi spesifik ketika siswa melakukan kesalahan, siswa bisa kehilangan arah atau terus melakukan kesalahan yang sama.
Rekomendasi Pengembangan
Untuk meningkatkan efektivitas pengajaran membaca, guru dapat mempertimbangkan penggunaan berbagai metode belajar (seperti permainan kata atau kartu huruf), memberikan latihan berulang, dan memberikan umpan balik spesifik agar siswa dapat memahami kesalahan mereka serta memperbaikinya. Dengan demikian, siswa dapat lebih mudah mengatasi kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.