Similar Posts
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Siti Shofiyatul Fikriyah
Nim : 858911772
Prodi : S1 -PGSD
Menurut pendapat saya, mengenai video tersebut, langkah dan cara yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah benar. Dengan menggunakan media gambar dan juga mengaja kata yang ditujukan pada gambar tersebut. Selain itu, guru juga menggunakan media berupa kartu huruf dan membimbing siswa untuk menyusun sebuah kata sesuai dengan yang diperintahkan guru. Siswa nampak sangat aktif dan semangat mengikuti pembelajaran dikarenakan media yang digunakan sangat menarik perhatian mereka.
Terimakasih
Nama :Ima Sriwinda Missa
NIM: 858184638
UPBJJ: Palangkara
PRODI PGSD BI
Semester 2.
setelah saya menyimak vidio pembelajaran tentang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, bahwa sebagai seorang guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas harus:
1. memiliki kemampuan untuk memberikan pembukaan yang menarik diawal pembelajaran agar membangkitkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas.
2. guru harus menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran dikelas.
dalam hal menghadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, maka seorang guru perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab seorang anak mengalami kesulitan membaca dan guru juga harus menggunakan metode yang bervariasi dalam menyajikan pembelajaran bagi anak yang kesulitan membaca serta menemukan solusi bagi anak yang mengalami kesulitan membaca tersebut.
Penyebab anak mengalami kesulitan membaca adalah:
1. anak malas
2. anak bosan
3. anak kurang konsentrasi
4. kurang perhatian guru
5. tidak ada media pembelajaran
6. pembelajaran lambat/slow learner
Jenis- jenis metode membaca permulaan adalah sebagai berikut:
1. bagi siswa yang belum dapat membaca huruf maka guru menggunakan metode abjad dan metode eja
2. bagi siswa yang belum dapat membaca suku kata maka guru menggunakan metode suku kata
3. bagi siswa yang mampu membaca kata dan kalimat maka guru menggunakan metode kata dan kalimat
4. bagi siswa yang sudah pandai membaca maka guru menggunakan metode SAS
solusi bagaimana mengatasi siswa yang kesulitan membaca permulan:
1. menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai pembelajaran
2. guru harus mengenali apa yang menjadi penyebab kesulitan anak
3. guru harus memahami jeni – jenis metode membaca permulaan agar guru dapat menyajikan pembelajaran sesuai kebutuhan anak.
Nama : Erlica Dwi Novelia
Nim : 856989904
Pokjar : Rumbia
Judul Video : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.
Dari vidio yg saya amati,
reaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran :
– Siswa sangat bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena guru memberikan metode belajar dengan cara yang tidak membosankan seperti yang dilakukan seorang guru pada video tersebut.
– tetapi ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran tersebut seperti ada siswa yang mengantuk.
Kelebihan :
– untuk meningkatkan semangat belajar siswa guru mengajak siswa menyanyikan sebuah lagu. guru juga bisa menyambungkan lagu dengan pokok bahasan yang akan dipelajari, seperti menanyakan keluarga ibu dan ayah.
-dengan media siswa juga mampu memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kelemahan.
– dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak terdapat kegiatan awal dalam pembelajaran seperti berdoa mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
– guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran tetapi gambar tidak berwarna.
Upaya dalam meningkatkan Kualitas kegiatan pembelajaran :
– seperti gambar yang digunakan oleh guru tersebut akan lebih menarik apabila gambar tersebut berwarna.
– guru juga harus bisa lebih menarik perhatian siswa seperti menggunakan metode yang menarik dan mudah dipahami.
– seharusnya guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat membaca dengan lancar.
Nama : Erlica Dwi Novelia
Nim : 856989904
Pokjar : Rumbia
Judul Video : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.
Dari vidio yg saya amati, reaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran :
1. Siswa sangat bersemangat dalam kegiatan pembelajaran karena guru memberikan metode belajar dengan cara yang tidak membosankan seperti yang dilakukan seorang guru pada video tersebut.
2. tetapi ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam pembelajaran tersebut seperti ada siswa yang mengantuk.
Kelebihan :
1. untuk meningkatkan semangat belajar siswa guru mengajak siswa menyanyikan sebuah lagu. guru juga bisa menyambungkan lagu dengan pokok bahasan yang akan dipelajari, seperti menanyakan keluarga ibu dan ayah.
2. dengan media siswa juga mampu memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Kelemahan :
1. dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak terdapat kegiatan awal dalam pembelajaran seperti berdoa mengucapkan salam dan mengecek kehadiran siswa.
2. guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran tetapi gambar tidak berwarna.
Upaya dalam meningkatkan Kualitas kegiatan pembelajaran :
1. seperti gambar yang digunakan oleh guru tersebut akan lebih menarik apabila gambar tersebut berwarna.
2. guru juga harus bisa lebih menarik perhatian siswa seperti menggunakan metode yang menarik dan mudah dipahami.
3. seharusnya guru memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat membaca dengan lancar.
Nama : Tia Herlina
NIM : 857493007
POKJAR Pangandaran
Setelah melihat video tersebut bahwa keterampilan membaca memang perlu diperhatikan. banyak faktor yang menyebabkan anak terlambat dalam proses membaca baik faktor dari dalam dirinya maupun faktor diluar diriya seperti orang tua dan kemampuan guru sehingga perlunya menggunakan berbagai metode mulai mengeja menghafal dll.
Nama : Efrosina Anderika Rista
Nim : 858039067
UPBJJ : 47/Pontianak
UT semester 8 PGSD-S1
Menurut saya setelah melihat dan mengamati video tersebut, proses belajar mengajarnya sudah baik. Tetapi prosesnya belum berjalan sesuai keprofesionalan seorang guru. Rpp nya belum lengkap.
Pada awal pembelajaran tidak ada pembukaan doa dan pengecekan siswa. Kelasnya terlalu ramai sehingga konsentrasi siswa tidak fokus pada pembelajaran .
Kelebihannya Guru tersebut menggunakan media gambar yang mana media gambar itu lebih mudah ditangkap anak anak.
Nama : Yeni
NIM : 858524587
Program studi : PGSD S1
Menurut saya pada video tersebut guru membuka pembelajaran dengan bernyanyi sehingga memicu semangat anak untuk belajar serta ditambahkan media pembelajaran dengan gambar sehingga anak-anak berfokus pada pembelajaran yang menarik.
Menurut saya, mengenai video tersebut dalam mengalami kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat, ini di karenakan ada beberapa kelemahan yang ada dalam video yaitu :
1. Tidak adanya pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, mengkondisikan kelas, dan tidak mengabsen siswa.
2. Guru kurang inovatif sebelum pembelajaran dimulai.
3. Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru dalam menerangkan kepada siswa.
4. Ada beberapa peyebab kesulitan dalam membaca yaitu: malas, bosan, kuramg konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, dan pembelajaran lambat.
Sedangkan kelebihan yang ada di dalam video tersebut yaitu:
1. Diawal pembelajaran ada ice breaking
2. Guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu, terhadap anak agar mudah di pahami.
3. Guru memberikan pada gambar ayah dan ibu dan anak-anak di minta untuk mengeja kata ayah dan ibu.
Solusinya, bagaimana kita mengatasi kesulitan membaca pada anak tersebut. cara mengatasinya dengan melalui beberapa jenis-jenis metode membaca permulaan, yaitu:
1. Metode abjad
2. Metode eja
3. Metode suku kata
4. Metode kata
5. Metode kalimat
6. Metode SAS
Nama Sri Handayani
Nim : 858523926
jurusan : PGSD
Menurut saya, mengenai video tersebut dalam mengalami kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat, ini di karenakan ada beberapa kelemahan yang ada dalam video yaitu :
1. Tidak adanya pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, mengkondisikan kelas, dan tidak mengabsen siswa.
2. Guru kurang inovatif sebelum pembelajaran dimulai.
3. Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru dalam menerangkan kepada siswa.
4. Ada beberapa peyebab kesulitan dalam membaca yaitu: malas, bosan, kuramg konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, dan pembelajaran lambat.
Sedangkan kelebihan yang ada di dalam video tersebut yaitu:
1. Diawal pembelajaran ada ice breaking
2. Guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu, terhadap anak agar mudah di pahami.
3. Guru memberikan pada gambar ayah dan ibu dan anak-anak di minta untuk mengeja kata ayah dan ibu.
Solusinya, bagaimana kita mengatasi kesulitan membaca pada anak tersebut. cara mengatasinya dengan melalui beberapa jenis-jenis metode membaca permulaan, yaitu:
1. Metode abjad
2. Metode eja
3. Metode suku kata
4. Metode kata
5. Metode kalimat
6. Metode SAS
Nama Sri Handayani
Nim : 858523926
jurusan : PGSD
Menurut saya, mengenai video tersebut dalam mengalami kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat, ini di karenakan ada beberapa kelemahan yang ada dalam video yaitu :
1. Tidak adanya pendahuluan seperti mengucapkan salam, berdoa, mengkondisikan kelas, dan tidak mengabsen siswa.
2. Guru kurang inovatif sebelum pembelajaran dimulai.
3. Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru dalam menerangkan kepada siswa.
4. Ada beberapa peyebab kesulitan dalam membaca yaitu: malas, bosan, kuramg konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, dan pembelajaran lambat.
Sedangkan kelebihan yang ada di dalam video tersebut yaitu:
1. Diawal pembelajaran ada ice breaking
2. Guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu, terhadap anak agar mudah di pahami.
3. Guru memberikan pada gambar ayah dan ibu dan anak-anak di minta untuk mengeja kata ayah dan ibu.
Solusinya, bagaimana kita mengatasi kesulitan membaca pada anak tersebut. cara mengatasinya dengan melalui beberapa jenis-jenis metode membaca permulaan, yaitu:
1. Metode abjad
2. Metode eja
3. Metode suku kata
4. Metode kata
5. Metode kalimat
6. Metode SAS