Similar Posts
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Assalamualaikum Wr.Wb
Menurut saya dari video tersebut sudah cukup bagus dr pembukan awal sudah cukup bagus anak” di murid-murid diajak bernyanyi sesuai dengan tema mengenal anggota keluarga membangunkan semangat kepada murid-murid agar tertarik untuk belajar.
Kelebihan :
1. Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut murid murid lebih memahami karena mereka gambar bersifat nyata jelas terlihat.
2. Mudah diingat oleh murid murid.
3. Media tersebut mudah didapat .
Kelemahan :
1. Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
2. Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
Solusi : Pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai prosedur (tematik). Misalnya mulai dari bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga yang lainnya.Ketika sampai pada kegiatan penguatan kemampuan membaca siswa, guru menggunakan metode bermain kartu kata seperti video tersebut dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan pembelajaran hari ini agar murid murid mampu mengingat kembali pelajaran apa saja yang sudah dipelajari hari ini .
Terimakasih,
Sekian menurut pendapat saya
wassalamualaikum Wr.Wb
Nama : MIFTAHUL JANAH
Nim : 857157193
Pokjar : UT Tarumajaya Bekasi
Jurusan : PGSD S1 BI (119)
Assalamualaikum Wr.Wb
Menurut saya dari video tersebut sudah cukup bagus dr pembukan awal sudah cukup bagus anak” di murid-murid diajak bernyanyi sesuai dengan tema mengenal anggota keluarga membangunkan semangat kepada murid-murid agar tertarik untuk belajar.
Kelebihan :
1. Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut murid murid lebih memahami karena mereka gambar bersifat nyata jelas terlihat.
2. Mudah diingat oleh murid murid.
3. Media tersebut mudah didapat .
Kelemahan :
1. Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
2. Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
Solusi : Pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai prosedur (tematik). Misalnya mulai dari bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga yang lainnya.Ketika sampai pada kegiatan penguatan kemampuan membaca siswa, guru menggunakan metode bermain kartu kata seperti video tersebut dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan pembelajaran hari ini agar murid murid mampu mengingat kembali pelajaran apa saja yang sudah dipelajari hari ini .
Terimakasih,
Sekian menurut pendapat saya
wassalamualaikum Wr.Wb
Nim : 857157193
Pokjar : UT Tarumajaya Bekasi
Jurusan : PGSD S1 BI (119)
Assalamualaikum Wr.Wb
Menurut saya dari video tersebut sudah cukup bagus dr pembukan awal sudah cukup bagus anak” di murid-murid diajak bernyanyi sesuai dengan tema mengenal anggota keluarga membangunkan semangat kepada murid-murid agar tertarik untuk belajar.
Kelebihan :
1. Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut murid murid lebih memahami karena mereka gambar bersifat nyata jelas terlihat.
2. Mudah diingat oleh murid murid.
3. Media tersebut mudah didapat .
Kelemahan :
1. Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
2. Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
3. Ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.
Solusi : Pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai prosedur (tematik). Misalnya mulai dari bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga yang lainnya.Ketika sampai pada kegiatan penguatan kemampuan membaca siswa, guru menggunakan metode bermain kartu kata seperti video tersebut dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan pembelajaran hari ini agar murid murid mampu mengingat kembali pelajaran apa saja yang sudah dipelajari hari ini .
Terimakasih,
Sekian menurut pendapat saya
wassalamualaikum Wr.Wb
Nama: Candra Kirana
Nim: 856218789
Prodi : PGSD
Upbjj : Padang
Assalamualaikum,,,
Dari tayangan video tersebut menurut saya guru tersebut sudah mengajar siswa dengan baik, anak-anak terlihat semangat dalam belajar. Gurunya juga mengawali pembelajaran dengan nyanyian yang membuat anak-anak penuh semangat dan ceria. Guru juga menggunakan bahan ajar berupa gambar ayah dan ibu yang menarik serta dalam belajar membaca guru melengkapi gambar dengan kosa kata yang membuat siswa lebih mudah untuk mengingat huruf yang menyusun kata ibu dan ayah.
NAMA : Vepi Dhurotun Napisah
NIM : 857168949
Prodi : S1 PGSD
Setelah menyimak video di atas, yang dilakukan guru tersebut sudah bagus. Di awal pembelajaran guru mengajak anak mengenal huruf dengan bernyanyi bersama., tanggapan anak pun beragam dan rata-rata anak antusias tidak jenuh dan bosan. Namun sebagai guru kita harus terus belajar untuk terus berinovasi dan mencoba hal-hal baru untuk bagaimana anak bisa lebih cepat dan aktif dalam merespon pembelajaran.
Terimakasih
Menurut pendapat saya,dari video yang diatas kurang menarik perhatian siswa/i untuk semakin minat membaca dikarenakan tidak ada salam pembuka,menanyakan kabar murid dan didalam video tersebut gurunya langsung mengajarkan inti dari pembelajaran sehingga anak didik kurang bersemangat untuk menerima pembelajaran tersebut .
Nama : Milka Septiani
NIM : 856075842
Program Studi : S1-PGSD
UPBJJ : Batam
menurut saya, reaksi peserta didik cukup semangat, karena diawali dengan bernyanyi besama, lalu guru juga menggunakan media berupa gambar menarik perhatian peserta didik.
kelebihan guru divideo ini, guru menguasai kelas, ibu guru kreatif dalam merancang dan menyusun materi pembelajaran di kelas kecil.
kelemahan yang saya lihat dari video ini ialah media pembelajaran yang digunakan ibu guru gambar ukurannya terlalu kecil sehingga belum tentu gambar tersebut terlihat jelas oleh peserta didik yang duduk dikursi belakang.
proses pembelajaran akan lebih unik jika ibu guru menyiapkan game menyusun kata secara berkelompok, disini peserta didik akan saling melengkapi satu dengan yang lainnya, sehingga mereka bisa menyusun satu kalimat.
masukkan dari saya, kedepannya lebih diperhatikan lagi media pembelajarannya, jika menggunakan gambar hendaknya gambar tersebut diperbesar sehingga terlihat jelas oleh peserta didik yang duduk di bangku paling belakang.
saat bernyanyi peserta didik akan lebih semangat lagi jika diiringi dengan musik.
demikian tanggapan saya terhadap video pembelajaran ini, terima kasih.
Nama : Titin Triana
Nim : 856990188
Pokjar : Rumbia
UPBJJ : Bandar Lampung
Judul video : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan kalimat
Menurut saya dalam video tersebut masih terdapat permasalahan dikelas yaitu :
¹. Di dalam memulai pembelajaran tidak ada kegiatan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak mengabsen peserta didik yang tidak hadir
3. Guru tidak mengulas kembali pelajaran yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
Seharusnya kegiatan tersebut dilakukan agar memicu konsentrasi siswa untuk siap belajar di dalam kelas.
Jika kegiatan tersebut dilakukan maka siswa akan lebih konsentrasi dan pembelajaran akan mudah dilaksanakan sehingga siswa tidak bosan dalam melaksanakan pembelajaran.
Menurut saya dari video di atas pembelajaran yang di sampaikan guru tersebut sangat baik, dan dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa guru tersebut menggunakan media yang baik dan mudah dipahami atau di mengerti oleh siswa. Namun pada saat di mulainya pembelajaran guru terlebih dahulu memberi salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
Nama :Uswatun Khoiriyah
Nim :858911797
Prodi :S1-PGSD
setelah saya melihat video yang berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”menurut pendapat saya,guru sudah sangat baik dalam menyampaikan materi karena yang pertama,guru melakukan pendahuluan dengan menarik perhatian siswa dengan cara bernyanyi.
Kemudian inti dalam menyampaikan materi juga bagus karena menggunakan media yang mudah untuk dipahami oleh siswa.
Guru juga telah mengetahui jenis-jenis metode membaca permulaan sehingga guru juga pasti sudah bisa menentukan metode yang tepat untuk siswanya.
Terimakasih