Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
NAMA : M KHOIRUL FAIZIN
NIM : 857695058
KELAS : BOJA A
• Dalam pembelajaran diatas, siswa terlihat sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran.
• Secara keseluruhan, saya belum melihat adanya kelemahan dari guru pada video pembelajaran diatas karena guru mampu menguasai dan mengondisikan kelas dengan baik.
• Secara keseluruhan terdapat kelebihan dari sang guru, dimana guru mampu mengatasi siswa yang malas membaca dan mampu memusatkan perhatian siswanya dengan menggunakan media gambar dan bernyanyi bersama-sama pada pembelajaran.
• Terdapat keunikan dala pembelajaran diatas keunikan yang terdapat pada Vidio adalah
Guru mampu menarik perhatian siswa agar terfokus pada yang di ajarkan, dengan menanyakan “apakah anak anak ada ayah dan ibu dirumah” lalu menghubungkannya dengan gambar yang terlihat ada seorang bapak bapak dan ibu ibu yang ada huruf nya , itu membuat anak tertarik pada gambar dan paham akan huruf yang di berikan.
• Dari keseluruhan pembelajaran yang dilaksanakan sudah baik, guru menggunakan berbagai variasi metode dalam menyampaikan materi. Dari saya memberikan masukan supaya metode dan variasi pembelajaran seperti ini dapat diterapkan pada pelajaran yang lainnya supaya siswa tidak merasa bosan dan selalu antusias dalam mengikutri pembelajaran.
Nama : salsabila
Nim : F1012221006
Prodi : PGSD
Dalam pembelajaran sudah sangat baik terlihat dari video dimana siswa begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang guru berikan kemudian guru dan siswa bermain sambil bernyanyi bersama mengikuti iringan lagu yang diputar. Namun untuk kedepan nya guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan salam dan mengajak murid membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar dan guru juga harus mengecek siswa nya dengan mengabsen satu persatu untuk memastikan bahwa siswa lengkap didalam kelas
NAMA. : RUSMIATI
NIM : 856733954
PRODI : S1_PGSD
KELAS : 6B
POKJAR :KAYUAGUNG
UPBJJ : PALEMBANG
Setelah saya menonton Vidio yang berjudul “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” terdapat kelebihan dan kekurangan nya
*Kelebihan*
• guru tersebut mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar dengan mengajak siswa nya bernyanyi terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan pembelajaran
• saat proses pembelajaran guru tersebut mengajar menggunakan media , yaitu media gambar . dengan begitu sangat mudah untuk di pahami siswa.
• cara mengajar membaca guru tersebut sangat baik dan mudah dipahami siswa dengan menggunakan media gambar dengan begitu dapat menarik perhatian siswa dan siswa mudah untuk memahami penjelasan guru di depan.
• guru tersebut memotivasi siswa untuk lebih mengenal huruf.
*Kekurangannya*
• dalam Vidio yang saya lihat guru tersebut tidak melakukan salam pembuka. seperti tidak berdo’a terlebih dahulu, tidak menanyakan kabar siswa tidak melakukan absensi,
• dan menyimpulkan pembelajaran.
Terima kasih 🙏
Nama : Tati haryanti
NIM :. 857162693
Prodi : PGSD
Judul video : kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat
– guru mengajak murid bernyanyi
– guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan bernyanyi menjadikan suasa hari siswa senang dan bersemangat.
– siswa sangat antusias pada awal kegiatan pembelajaran.
Pendapat saya langkah dan cara yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah benar,
Dengan menggunakan media gambar dan mengeja kata yang ditujukan pada gambar tersebut.
Nama : Abdul Kharis
NIM : 857113099
Prodi : Pgsd-s1
Smester : 6
Pokjar Pakisjaya Karawang
Sebagai seorang guru, tidak hanya keahlian dalam mengajar yang penting, tetapi juga bagaimana berinteraksi dengan murid-muridnya. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran merupakan bagian dari etika berinteraksi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru.
Namun demikian, jika seorang guru tidak melakukan hal tersebut, hal itu bukan berarti ia tidak mengajar dengan baik. Mungkin ada alasan tertentu mengapa guru tersebut tidak melakukan hal tersebut. Misalnya, mungkin guru tersebut menganggap murid-muridnya sudah terbiasa dan tidak perlu selalu diucapkan salam, atau mungkin ada staf lain yang bertanggung jawab untuk mengecek kehadiran.
Namun, jika hal ini menjadi masalah bagi murid-muridnya, sebaiknya mereka memberikan umpan balik kepada guru tersebut agar ia bisa meningkatkan keterampilannya dalam berinteraksi dengan murid-muridnya. Sebagai murid, kita juga perlu memahami bahwa guru juga manusia dan mungkin memiliki kekurangan. Oleh karena itu, memberikan umpan balik dengan cara yang baik dan sopan akan membantu guru tersebut menjadi lebih baik lagi dalam mengajar dan berinteraksi dengan murid-muridnya.
nama : Depi Chaeriawati
nim : 857161677
prodi : PGSD
Sesudah saya menonton video tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dikelas merupakan suatu tanggung jawab penuh guru agar anak dapat belajar dengan senang dan ikut serta dalam kegiatan belajar.
Dalam video tersebut guru mengalami permasalahan di kelas yaitu
1.) Peserta Didik yang kurang memahami huruf dan kesulitan dalam membaca padahal kegiatan akan berjalan lancar jika seluruh peserta dapat membaca materi yang akan diajarkan di kelas.
2.) Metode pemecahan masalah di kelas jika mengalami seperti halnya di video yaitu lebih bersifat menarik agar anak dapat cepat merespon dan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru ketika sedang belajar
Apalagi untuk kelas rendah seperti kelas 1 yaitu kelas yang mengalami peralihan dari taman kanak-kanak sebelumnya lebih banyak menggambar,bermain saat mereka sekolah dasar ini ada tugas guru agar anak tidak bosan kita harus belajar mengenal huruf dan belajar membaca
Metode seperti ini di sekolah saya mengajar sudah diterapkan namun untuk waktu dan jam kurang memadai apalagi kapasitas guru juga tidak cukup dan perlu ekstra sabar dalam mengajari peserta didik seperti ini.
Kekurangan dalam video ini adalah :
1.) Dimulai pelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
2.) Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas .
Nama : Rita Rahmawati
NIM : 856983025
Semester : 6
Prodi : PGSD/S1
Pokjar : Banjar agung
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Menurut pendapat saya, setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, refleksi yang saya berikan sebagai berikut:
Adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran kegiatan pembelajaran apa lagi seorang guru memberikan masukan seperti tepuk tangan dan memberikan refleksi terhadap awal kegiatan pembelajaran
Kelebihan
– guru tersebut menggunakan media pembelajaran yang menarik agar siswa/siswi cepat memahami pembelajaran dan tidak bosan.
– guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu terhadap anak agar mudah di pahami
– guru tersebut memberikan huruf pada gambar ayah dan ibu dan anak anak diminta untuk mengeja kata ayah dan ibu
Adapun kekurangannya :
– guru lupa akan mengecek kehadiran siswa
– guru lupa akan kegiatan awal pembelajaran seperti adanya do’a dan ucapan salam.
Upaya yang menurut saya dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran pada video tersebut yaitu :
– guru bisa menambah media pembelajaran yang lebih menarik, seperti menggunakan power point, gambar berwarna
– membiasakan anak untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
– mengecek kehadiran siswa sebelum pembelajaran
– mengajak interaksi dengan anak lebih banyak
– guru bisa menggunakan hal hal yang lebih menarik lagi supaya anak anak lebih bersemangat lagi.
Nama: Dinda Badzlina
NIM : 856041108
Pokjar: Asahan
Dari vidio yang saya tonton dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Siswa sangat antusias dan tampak bersemangat, karena sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi terlebih dahulu, itu salah satu cara agar siswa tertarik dan memicu mood baik siswa untuk menerima materi pembelajaran yang akan dipelajari. Selain itu, ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam vidio tersebut.
Kelebihan:
– Guru menggunakan media belajar yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
kekurangan :
– guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
Nama : Isyrofa Bernadeta
NIM : 856986962
Pokjar : Sidomulyo
Hasil yang telah saya amati dari video diatas adalah :
Reaksi siswa terhadap pembelajaran :
– Siswa sangat bersemangat dalam awal pelajaran, ditambah guru yang memberikan ice breaking berupa nyanyian disertai tepuk tangan.
Kelebihan
– guru menunjukan gambar ayah dan ibu kepada siswa agar siswa mudah memahami
– guru meminta siswa untuk mengeja huruf yang sudah tertera pada gambar ibu dan ayah.
Kekurangan
– guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti berdoa dan mengucap salam
– guru lupa mengecek kehadiran siswa
Adapun upaya yang harus ditingkatkan :
1. Sebaiknya guru memberikan kesempatan siswa untuk aktif maju satu persatu agar mental siswa terlatih didalam kelas, lalu menggunakan metode tanya jawab kepada siswa dengan tujuan agar siswa mampu berfikir kritis dalam setiap jam pembelajaran.
Nama: leni zulyani
Nim: 856975898
pengamatan pada video 2 yang berjudul
“Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/
instrumen refleksi sebagai berikut :
1. bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran?
Adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran yaitu :
– siswa sangat antusias pada awal kegiatan awal pembelajaran, guru sebelum memulai pembelajaran mengajak siswa bernyanyi dengan iringan musik tepuk tangan sehingga siswa menjadi semangat dan mood siswa menjadi lebih baik.
2. secara keseluruhan kelebihan pada saja pembelajaran pada video tersebut?
– guru menggunakan media belajar yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
3. secara keseluruhan apasaja kekurangan video pembelajaran tersebut?
– guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
-guru lupa mengecek absen siswa
Adapun upaya yang harus ditingkatkan dalam pembelajaran video tersebut
– guru harus menyiapkan metode yang mudah dipahami anak SD, seperti kegiatan tanya jawab untuk melatih mental siswa agar lebih berani
– selain media pembelajaran menggunakan kartu kosa kata dan gambar lebih baiknya menggunakan media elektronik seperti memberi video pembelajaran tersebut agar siswa tidak mudah bosan dan lebih aktif lagi.