Similar Posts
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Nama : Nur maliyah
Nim :857158267
Judul Vidio : bahasa Indonesia,kesulitan Belajar membaca huruf,suku kata,kata,dan kalimat.
Setelah menyaksikan dan mengamati Vidio pembelajaran yang telah diperankan oleh seorang guru yang sedang mengajar dikelas khususnya kelas rendah yaitu kls 1 dengan tema pembelajaran bahasa Indonesia tentang belajar awal membaca. Secara keseluruhan sudah baik dengan menggunakan media media pembelajaran yang tentunya sudah dipersiapkan dan sudah dikuasai oleh Bu guru dengan menggunakan media gambar dan pengenalan kata persuku kata juga cara menyampaikannya pun lumayan baik untuk menjaga suasana dikelasnya agar terlihat kondusif guru berkeliling bangku siswa dengan sebagian siswa lain tetap belajar membaca dengan buku mereka sebagian lagi guru memperkenalkan kata kata ejaan kepada siswa yang lain.
Memang untuk menyikapi siswa yang belum lancar membaca guru harus selalu aktif dikelas ketika mengajar dengan segala metode yang sangat bervariasi sehingga tidak monoton akan membuat siswa semakin bersemangat ketika belajar membaca.
Hanya saja ketika diawal mungkin guru belum menyeluruh melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti bersiap,berdoa,dan memberi salam, mengabsen siswa siswi pada hari itu dan baru melakukan sesuatu yang membuat anak anak bersemangat dengan nyanyian atau pun dengan berbagai macam tife tepukan tangan
Nama : ROSI NOVINGKA LIANA
Nim :856982997
Pokjar : BANJAR AGUNG
Judul Vidio : Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat
A. Reaksi siswa/peserta didik trhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sangat gembira dan mudah berinteraksi ketika guru tersebut menunjukan gambar anggota keluarganya, guru tersebut mengajar dengan menggunakan media seperti media gambar dan ada juga huruf nya. interaksi antara siswa dan guru baik, guru menhajukan pertanyaan dan siswa menjawab. guru juga menggunakan media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami materi. yang perlu diperbaiki adalah pada awal pembelajaran harus dimulai dengan sapaan awal atau salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa setelah itu megajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.
B. Kelebihan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut adalah guru tersebut mengajar tidak hanya ditulis dipapan tulis, tetapi juga menggunaka media gambar ,yg membuat anak menjadi aktif menjawab didalam kelas tetapi seharusnya guru tersebut memberikan huruf huruf satu persatu dulu, agar anak memahami dulu huruf satu persatu supaya proses membacanya lebih mudah.
C. Kelemahan dari kegiatan pembelajaran dalam Vidio adalah:
1) Dimulai pelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
2) Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas tersebut.sehingga anak kurang berkonsentrasi
3) anak malas dalam belajar dan merasa bosan sehingga sulit untuk membaca
4) kurang perhatian dari gurunya yang menyebabkan anak berinteraksi sendri bersama temannya
5) media yng digunakan guru sudah membosankan sehingga anak malas mengikuti pelajaran
6) pembelajaran yang dilakukan didalam kelas tersebut lambat.
D. Keunikan yang ada didalam pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan metode yang beragam untuk membaca, jenis jenis metode ada beragam yaitu metode abjad, metode eja dan metode suku kata. Dalam Vidio tersebut guru itu menggunakan metode suku kata.
E.setelah saya mengetahui kekurangan dan kelebihan didalam Vidio tersebut upaya yang saya lakukan adalah :
1. Pastikan anak mengenal huruf dengan baik
2. Ajarkan anak mengenal huruf vokal dan konsonan
3. Ajak anak memahami kata yang dibaca
4. Bermain kartu kata
5. Membaca buku yang membuat anak mau membaca cth: buku bergambar/berwarna
6. Jangan memaksa anak
7. Beri dukungan dan pujian
8. Bertanya kepada anak. Apa kesukaannya, lalu mulai ajarkan membaca menggunakan metode eja atau suku kata , bagi anak yang belum mengenal huruf, maka dituntun pelan pelan supaya memahami huruf satu per satu.
Kesulitan anak dalam membaca salah satunya adalah anak belum hafal huruf abjad, jika anak sudah hafal huruf abjad maka akan lebih mudah dalam proses membacanya.
Kita sebagai guru juga harus pandai memilih metode yang tepat, karena anak kelas rendah baru beradaptasi karna sebelumnya anak tersebut sekolah di TK, yang dimana anak tersebut masih main main. Bila perlu ajarkan anak membaca sambil bermain, contoh kita sebagai guru menggunakan metode seperti menempel gambar huruf huruf di dalam kelas , bisa di meja, dilantai, di papan tulis dan di sudut ruangan. Lalu bertanya kepada anak, manakan huruf A maka anak tersebut harus berjalan menuju huruf A dan seterusnya dengan begitu anak akan lebih mudah memahami huruf dan akan mudan mengajri anak tersebut membaca.
Sekian dari saya. Terimakasih
Nama : Fauzul Adhim
Nim : 856986948
Pokjar : Sidomulyo
Program studi : PGSD-S1
Sebelumnya saya izin untuk meriview video tersebut ada beberapa hal yang akan saya sampaikan disini yaitu:
Dalam pembelajaran sudah sangat baik terlihat dari video dimana siswa begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang guru berikan kemudian guru dan siswa bermain sambil bernyanyi bersama mengikuti iringan lagu yang diputar. Namun untuk kedepan nya guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan salam dan mengajak murid membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar dan guru juga harus mengecek siswa nya dengan mengabsen satu persatu untuk memastikan bahwa siswa lengkap didalam kelas.
Demikian pendapat dari saya,kurang lebihnya mohon maaf, dan terimakasih banyak.
Nama : Kurniawati
Nim : 859165813
Prodi : S1 PGSD
Menurut Pendapat Saya, dari Video Pembelajaran Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata Dan Kalimat di atas, terdapat Kelemahan dan Kelebihan:
1. Kelemahan: Guru di video di atas dari awal pembelajaran tidak ada salam pembuka, doa, maupun salam penutup. Padahal hal ini sangat penting sebagai contoh yang baik bagi anak-anak didik.
2. Kelebihan: Guru Mengawali pembelajaran dengan menyenangkan, seperti bernyanyi agar anak-anak didik semakin semangat mengawali pelajaran. Guru mengenalkan anggota keluarga dengan kreatif melalui media gambar dan properti yang baik yang menarik perhatian siswa, agar siswa dapat membaca dan mengenal huruf abjad dengan baik.
Terima kasih
Nama : Nurlina sari
Nim : 856733757
Prodi : PGSD -S1
Kelas : 6b
UPBJJ : Palembang
Pokjar : kayuagung
Menurut pendapat saya dari video yang sudah saya lihat tentang pembelajaran yang berjudul ” kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki guru tersebut
Kelebihannya:
– Dalam meningkatkan awal kegiatan pembelajaran, guru sudah mengajak siswa untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan sehingga dapat menambah semangat mereka dalam belajar , ditambah lagi lagu yang digunakan berisi tentang semangat untuk sekolah.
– guru juga menggunakan media pembelajaran dengan membawa gambar sesuai dengan materi yang disampaikannya.
– guru juga memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu terhadap siswa agar mudah dipahami.
– guru juga mengajak siswa mengeja dengan baik dan sabar.
– setelah melakukan penjelasan guru mendekati siswa untuk menguji batas kemampuan siswa, sejauh mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah disampaikan, jika pemahaman siswa kurang baik maka guru dapat mencari metode yang lebih baik lagi, yang dapat menarik perhatian siswa dalam memahami materi.
Terdapat kekurangan dalam video tersebut:
– guru tidak mengucapkan salam pada saat memulai pelajaran.
– guru juga tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran.
– guru tidak menanyakan kabar, tidak mengecek kehadiran siswa
– terdapat siswa yang tidak pokus saat pembelajaran berlangsung, karena dalam memulai pelajaran sebaiknya kita melakukan kegiatan awal dulu, supaya pada saat proses belajar dapat terarah dan berlangsung dengan baik
– kurangnya media gambar yang menarik, misalnya media gambar yang berwarna atau tulisan yang berwarna sehingga siswa akan tertarik untuk membaca
– guru tidak melakukan mengulang suku kata, supaya siswa dapat mengeja bacaan dengan tepat dan membaca dengan lancar
– guru tidak melakukan salam penutup, berdoa dan juga tidak menyimpulkan tujuan dari pembelajaran.
Nama : Dewi Sartika Harahap
Nim. : 857039627
UT, Semester 2 PGSD BI
Kesulitan nulis huruf suku kata, kata dan kalimat,
Menurut pendapat saya dari video pembelajaran tersebut yang berjudul kesulitan menulis huruf suku kata kata dan kalimat,
videonya sudah cukup bagus, tetapi dalam video tersebut ada kelebihan dan kelemahannya,
Di awal pembelajaran dewa Siswa sangat antusias dalam belajar guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama untuk memberikan semangat belajar siswa.
Kelebihan video pembelajaran tersebut:
-guru memberikan motivasi siswa agar siswa lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar,
-guru mengenalkan gambar ayah dan ibu dan mengeja huruf kemudian guru menyuruh siswa mengurutkan kosakata dengan memakai kartu kosakata,
Kelemahan video:
-guru tidak melakukan apresepsi dalam mengawali pembelajaran guru seharusnya menggunakan prinsip persepsi agar lebih fokus dan bersemangat dalam persiapan belajar, apresiasi yang dapat dilakukan seperti memberi salam mengecek kehadiran siswa dan berdoa.
-banyak murid yang tidak fokus karena kan guru tidak melakukan apresepsi,
-guru tidak menguasai ruang kelas sehingga terkesan kaku,
Keunikan yang terdapat di video:
guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang diajarkan melakukan tanya jawab,
Upaya mengatasi kesulitan belajar dan untuk meningkatkan kualitas belajar:
1. Metode yang kreatif dan inovatif yang mudah dipahami oleh siswa
2. Guru harus kreatif dan pintar untuk menguasai ruangan supaya tondak monitor dan anak-anak tidak cepat bosan dalam melakukan pembelajaran,
3. Melakukan analisa dengan cara memberikan soal-soal untuk mereka jawab supaya bisa dilihat seberapa besar pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan.
assalamualaikum wr.wb
nama:LILIK HERAWATI
nim:819399474
jurusan:PGSD-S1
UPBJJ:PALU
pokjaR:LUWUK
Setelah saya menganalisis vidio pemermasalahan pembelajaran tersebut menurut saya sudah bagus karena di awal pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi yang membuat siswa menjadi lebih semangat dalam belajar dan juga guru tersebut menggunakan media gambar dalam pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi.terdapat kekurangan dalam vidio tersebut yaitu sapaan,salam ,berdoa dan juga mengabsen kehadiran siswa nya
Nama : Desi Pratama Sari
Nim : 856983286
Kelas : B PGSD
Prodi : 118/PGSD -S1
Pokjar : Banjar Agung
Upbjj : Bandar Lampung
Judul Video: ” Kesulitan Membaca huruf, suku kata dan kalimat”
link video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/
Assalamualaikum wr.wb izin berpendapat mengenai analisis yang saya pahami tentang pembelajaran Membaca huruf, suku kata dan kalimat berikut ulasannya:
1.bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ?
Jawaban :
Menurut pendapat saya peserta didik memiliki jiwa semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, akan tetapi dengan adanya guru menunjukan media gambar yang tertera di video tersebut, siswa mampu menerima pertanyaan secara bergilir dan cepat menyerap dalam merangkai kalimat dengan baik.
2. Apa kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Jawaban :
Menurut pendapat saya kelebihan dalam pembelajaran tersebut antara lain:
Guru disini menggunakan metode lembaga pembelajaran pada siswa SD kelas rendah dengan memulai tahap mengenalkan kata, menguraikan kata menjadi suku kata, suku kata menjadi huruf, kemudian menggabungkan huruf menjadi suku kata, dan suku kata menjadi kata, misalnya seperti guru menyampaikan dengan cara media gambar tentang keluarga ibu dan ayah. pendetakatan yang mudah dipahami siswa karena kata -kata yang digunakan dalam pembelajaran disesuaikan dengan hal-hal yang dikenali dan ditemui siswa sehari-hari. tujuannya juga agar siswa mampu mengucapkan bunyi bahasa dalam bentuk kata sehingga akan lebih mudah mengingat makna dari kata yang dimaksud. Setelah itu, guru juga menggunakan ice breaking untuk membuat pembelajaran berlangsung secara efektif dan inovatif.
3. Apa kelemahan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Menurut pendapat saya kelemahan atau kekurangannya sebagai berikut ini:
• Guru tidak berdoa terlebih dahulu
• tidak mengecheck kehadiran siswa apakah siswa hadir semua atau tidak
4. Apa keunikan yang ada dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru?
Jawaban : menurut pendapat saya keunikan yang dimiliki oleh guru mengenalkan media gambar satu persatu kepada siswa, selain media gambar, guru dapat menggunakan alat peraga lain seperti kartu huruf dan suku kata agar peserta didik dapat melihat huruf-huruf dipisah.
5. Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan dan guru dari video yang anda amati, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut?
Jawaban : menurut pendapat saya upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat pada siswa kelas rendah yaitu:
a). Memberi Motivasi khusus bagi anak yang kurang lancar membaca.
b). Ketika jam pelajaran berlangsung guru mengisi soal atau menyuruh membaca, guru membimbing dan memperhatikan siswa yang kesulitan membaca.
c). Menggunakan metode suku kata
d).Guru perlu membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan literasinya dengan teliti dan sabar.
itu saja pendapat dari saya, ucapan terimakasih wassalamualaikum wr.wb
Nama: ROHMAT SUDRAJAT
NIM: 856991441
prodi: PGSD-S1
Pokjar: SIDOMULYO
Menurut pendapat saya, Dalam pembelajaran sudah sangat baik terlihat dari video dimana siswa begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang guru berikan kemudian guru dan siswa bermain sambil bernyanyi bersama mengikuti iringan lagu yang diputar. Namun untuk kedepannya guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan salam dan mengajak murid membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar dan guru juga harus mengecek siswa nya dengan mengabsen satu persatu untuk memastikan bahwa siswa lengkap didalam kelas.
Nama: Indria Apriliani
NIM: 857317595
Prodi: PGSD – Semester 6
Setelah melihat atau memutar video di atas, menurut saya pembelajaran dengan menggunakan metode yang telah dijabarkan dalam video tersebut merupakan solusi yang tepat bagi anak-anak yang mengalami kesulitan membaca kata. Apalagi di dalam video tersebut diberikan salah satu contoh media pembelajaran seperti memberikan gambar serta memberikan huruf yang kemudian peserta didik diminta untuk menyusun huruf tersebut agar menjadi kata atau kalimat yang sesuai dengan gambar yang telah diberikan, dan juga kiat sebagai guru tidak lupa untuk memberikan apresiasi terhadap peserta didik yang telah memberikan usaha mereka untuk menyusun dan mengikuti pembelajaran di kelas dengan baik. Dengan memberikan apresiasi terhadap peserta didik dapat membuat mereka menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Selain itu, ada pula kelemahan dari video di atas, jika kita menggunakan metode-metode yang telah disebutkan dalam video tersebut, ada kemungkinan peserta didik merasa bosan jika kita tidak memberikan variasi lain dalam kegiatan pembelajaran. Pada saart pembelajaran berlangsung, kita dapat memadukan media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan di kelas.
Demikian pengamatan saya setelah melihat video tersebut, terimakasih.