Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Nama : Retno Noer Eka Putri
NIM :856976621
Pokjar : Kota Agung
Setelah saya menonton Vidio bahasa Indonesia di atas. menurut saya, seharusnya kelas di awali dengan berdoa, mengecek kehadiaran, dan ice breaking diawal dan disaat anak sudah mulai merasa bosan supaya anak lebih semangat dan lebih fokus untuk mengawali proses belajar. dan saat belajar membaca di usahakan jangan di eja (i b u, ibu) tetapi (i bu, ibu). contoh lain ca be, bukan c a b e
Nama : Viona Windy Ayu Anggrainy
NIM : 858777982
Semester : 8E
Dalam video guru menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan materi yang diajarkan dan juga siswa diajak untuk bermain Menyusun kata dan mengejanya hingga menjadi suatu kata yang tepat. Dalam langkah awal guru melakukan stimulus berupa menyanyikan sebuah lagu yang dinyanyikan bersama siswa dan mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan selain itu stimulus berupa lagu ini berfungsi untuk meningkatkan semangat siswa sebelum pembelajaran dimulai agar pembelajaran terasa tidak membosankan.
Nama : Viona Windy Ayu Anggrainy
NIM : 858777982
Semester : 8E
Dalam video guru menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan materi yang diajarkan dan juga siswa diajak untuk bermain Menyusun kata dan mengejanya hingga menjadi suatu kata yang tepat. Dalam langkah awal guru melakukan stimulus berupa menyanyikan sebuah lagu yang dinyanyikan bersama siswa dan mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan selain itu stimulus berupa lagu ini berfungsi untuk meningkatkan semangat siswa sebelum pembelajaran dimulai agar pembelajaran terasa tidak membosankan.
Di video juga dijelaskan mengenai solusi untuk membantu anak yang kesulitan belajar sehingga mempermudah untuk diepelajari kembali.
Nama : Viona Windy Ayu Anggrainy
NIM : 858777982
Semester : 8E
Dalam video guru menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan materi yang diajarkan dan juga siswa diajak untuk bermain Menyusun kata dan mengejanya hingga menjadi suatu kata yang tepat. Dalam langkah awal guru melakukan stimulus berupa menyanyikan sebuah lagu yang dinyanyikan bersama siswa dan mengaitkannya dengan materi yang akan diajarkan selain itu stimulus berupa lagu ini berfungsi untuk meningkatkan semangat siswa sebelum pembelajaran dimulai agar pembelajaran terasa tidak membosankan.
Di video juga dijelaskan mengenai solusi untuk membantu anak yang kesulitan belajar sehingga mempermudah untuk diepelajari kembali oleh para guru yang akan mengajar.
Nama: Mirawati
Nim: 856975898
pengamatan pada video 2 yang berjudul
“Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/
setelah saya melihat video pembelajaran tentang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, tanggapan siswa begitu antusias dalam mengikuti pembelajaran hanya ada satu dua orang anak yang kurang menanggapi sehingga guru menghampirinya. agar anak – anak tidak jenuh maka guru mengajak anak untuk bernyanyi dan lagu yang dipilih sesuai dengan tema yang diajarkan yaitu tentang keluarga. interaksi antara siswa dan guru baik, guru mengajukan pertanyaan dan siswa menjawab. guru juga menggunakan media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami materi. yang perlu diperbaiki adalah pada awal pembelajaran harus dimulai dengan sapaan awal atau salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa setelah itu megajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.
NAMA : VIVI ANGGRAENI
NIM : 858906992
PRODI : PGSD
Menurut Saya Penyebab anak lambat membaca
Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak lambat dalam membaca, diantaranya:
Kurangnya minat dan motivasi untuk membaca: Anak yang tidak tertarik untuk membaca akan lebih sulit untuk membaca dengan cepat dan lancar.
Penggunaan media elektronik yang berlebihan: Anak yang terlalu banyak menonton televisi atau bermain game akan memiliki kesulitan dalam membaca, karena tidak terbiasa dengan kegiatan membaca.
Gangguan perkembangan bahasa: Anak yang mengalami gangguan perkembangan bahasa seperti afasia atau disfasia mungkin akan mengalami kesulitan dalam membaca.
Masalah penglihatan: Anak yang mengalami masalah penglihatan seperti rabun dekat atau rabun jauh mungkin akan mengalami kesulitan dalam membaca.
Kurangnya latihan dan pembelajaran: Anak yang tidak terbiasa membaca atau tidak mendapatkan banyak pembelajaran mengenai bahasa dan membaca mungkin akan mengalami kesulitan dalam membaca.
Masalah emosi atau perilaku: Anak yang mengalami masalah emosi atau perilaku seperti ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktifitas dapat memiliki kesulitan dalam membaca, karena sulit untuk fokus dan terdistraksi dengan mudah.
Masalah kesehatan: Anak yang mengalami masalah kesehatan seperti masalah pendengaran atau masalah neurologis dapat memiliki kesulitan dalam membaca.
Untuk mengatasi masalah lambatnya anak dalam membaca, orang tua atau guru dapat membantu dengan memberikan banyak latihan membaca, menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan anak, dan memberikan dukungan emosi kepada anak. Jika masalahnya masih tidak teratasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan mental untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Cara mengatasi anak sulit membaca
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak yang sulit membaca:
Berikan dukungan dan motivasi kepada anak: Anak yang merasa tidak dibantu dan tidak didukung dalam belajar akan merasa malu dan tidak percaya diri. Berikan dukungan dan motivasi kepada anak untuk terus belajar, serta jangan memarahi atau mengecilkan kemampuan mereka.
Bantu anak memahami konsep membaca: Anak yang belum memahami konsep membaca akan sulit membaca. Bantu anak memahami konsep membaca dengan memberikan contoh dan mengajarkan konsep-konsep dasar seperti huruf, kata, dan frasa.
Ajarkan anak membaca dengan metode yang sesuai: Ada beberapa metode membaca yang dapat digunakan, seperti metode fonik, whole language, dan metode global. Pilihlah metode yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak.
Latihan membaca secara teratur: Latihan membaca secara teratur akan membantu anak meningkatkan kemampuan membacanya. Buat jadwal latihan membaca yang teratur dan sesuai dengan kemampuan anak.
Bantu anak menemukan minat membaca: Anak yang tidak tertarik dengan membaca akan merasa sulit untuk membaca. Bantu anak menemukan minat membaca dengan mencari buku yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.
Temukan bantuan profesional jika diperlukan: Jika anak Anda terus sulit dalam membaca meskipun telah mencoba berbagai cara, sebaiknya pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional seperti dari seorang terapis bahasa atau guru bahasa yang terlatih.
Nama : Resdiana Putri Yuliyanti
NIM : 858939191
Prodi : PGSD
Pokjar : Wuluhan
UPBJJ : Jember
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video pembelajaran tersebut, saya menemukan beberapa kekurangan yang menjadi permasalahan namun sekaligus juga terdapat kelebihan untuk mengatasi permasalahan di dalam proses pembelajaran tersebut seperti:
1. Kekurangan
a. Tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti :
– Salam atau sapaan untuk membuka pembelajaran.
– Doa.
– Absensi atau pengecekan kehadiran siswa untuk memastikan kelengkapan dan kesiapan siswa untuk menerima pembelajaran.
– Kurang memotivasi siswa sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak focus.
b. Kurangnya contoh media yang digunakan dalam kegiatan inti pembelajaran.
c. Tidak adanya kegiatan penutup seperti :
– Review untuk lebih memantapkan pemahaman siswa.
– Doa.
– Salam penutup.
2. Kelebihan
a. Penggunaan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran sangat membantu siswa untuk memahami materi serta membuat siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran.
b. Penggunaan media pembelajaran berupa gambar disertai tulisan juga sangat menarik perhatian siswa dan sangat membantu siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Demikian itu pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut, sekian dan terima kasih.
Nama : Resdiana Putri Yuliyanti
NIM : 858939191
Prodi : PGSD
Pokjar : Wuluhan
UPBJJ : Jember
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video pembelajaran tersebut, saya menemukan beberapa kekurangan yang menjadi permasalahan namun sekaligus juga terdapat kelebihan untuk mengatasi permasalahan di dalam proses pembelajaran tersebut seperti:
1. Kekurangan
a. Tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti :
– Salam atau sapaan untuk membuka pembelajaran.
– Doa.
– Absensi atau pengecekan kehadiran siswa untuk memastikan kelengkapan dan kesiapan siswa untuk menerima pembelajaran.
– Kurang memotivasi siswa sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak focus.
b. Kurangnya contoh media yang digunakan dalam kegiatan inti pembelajaran.
c. Tidak adanya kegiatan penutup seperti :
– Review untuk lebih memantapkan pemahaman siswa.
– Doa.
– Salam penutup.
2. Kelebihan
a. Penggunaan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran sangat membantu siswa untuk memahami materi serta membuat siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran.
b. Penggunaan media pembelajaran berupa gambar disertai tulisan juga sangat menarik perhatian siswa dan sangat membantu siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Demikian itu pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut, sekian dan terima kasih.
Nama : Resdiana Putri Yuliyanti
NIM : 858939191
Prodi : PGSD
Pokjar : Wuluhan
UPBJJ : Jember
Setelah saya menyaksikan dan mengamati video pembelajaran tersebut, saya menemukan beberapa kekurangan yang menjadi permasalahan namun sekaligus juga terdapat kelebihan untuk mengatasi permasalahan di dalam proses pembelajaran tersebut seperti:
1. Kekurangan
a. Tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti :
– Salam atau sapaan untuk membuka pembelajaran.
– Doa
– Absensi atau pengecekan kehadiran siswa untuk memastikan kelengkapan dan kesiapan siswa untuk menerima pembelajaran.
– Kurang memotivasi siswa sehingga terdapat beberapa siswa yang tidak fokus.
b. Kurangnya contoh media yang digunakan dalam kegiatan inti pembelajaran.
c. Tidak adanya kegiatan penutup seperti :
– Review untuk lebih memantapkan pemahaman siswa.
– Doa
– Salam Penutup
2. Kelebihan
a. Penggunaan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran sangat membantu siswa untuk memahami materi serta membuat siswa semangat dalam mengikuti pembelajaran.
b. Penggunaan media pembelajaran berupa gambar disertai tulisan juga sangat menarik perhatian siswa dan sangat membantu siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Demikian itu pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut, sekian dan terima kasih.
Nama : Agustina Damayanti
Nim : 857033107
Pokjar : Seputih Banyak
Setelah saya menyimak video diatas guru memberikan pembukaan dengan baik dan gembira anak di ajak bernyanyi, dan guru memberikan media gambar sehingga anak dengan mudah membantu membaca, namun guru terlalu cepat untuk menjelaskan kurang teliti terhadap anak mana yang konsentrasinya kurang harusnya guru mendekatinya biar konsentrasinya kembali normal. media yang di gunakan bagus, karna dengan kreatifitas kita bisa membuat media pembelajaran dari bahan- bahan sederhana dan yang pasti dapat membantu siswa untuk membaca.