Similar Posts
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
PERKENALKAN
Nama : Bethesda marito Hutagaol
nim :855868017
pokjar :TOBA
semester/jurusan: 6 /PGSD-1
Menurut saya awal pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah bagus,karena ibu tersebut membuat nyanyian beserta memberikan ilustrasi dengan menggunakan gambar yang nyata untuk dilihat anak didik. ( Walaupun tidak melakukan proses DOA dan mencek KEHADIRAN SISWA).
PENYEBAB KESULITAN ANAK MEMBACA ADALAH :
1.Malas
2.Bosan
3.Kurang konsentrasi
4.kurang perhatian guru
5.Tidak menggunakan media pembelajaran
6.Pembelajaran lambat /slow learner
SOLUSINYA :GURUNYA HARUS lebih mempersiapkan diri mencari pembelajaran yang menyenangkan siswa,cara guru jangan monoton hanya fokus di pembelajaran yang begitu begity saja,.
guru harus lebih menggali ilmu,cari tau,guru harus lebih kreatif kedepanya.
Nama : Fitria Yola
NIM : 856245833
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ : Padang
Semester 6
setelah menonton video tersebut ibu tersebut memiliki publik speaking yang cukup baik. dan juga saat membuka pelajaran ibu tersebut memulai dengan sebuah lagu sehingga dapat membuat siswa menjadi lebih semangat.
kelebihan yang dimiliki guru tersebut dalam mengajara adalah :
1. guru memberikan perhatian kepada siswa secara menyeluruh, tidak terfokus hanya pada satu atau dua orang siswa saja, sehingga siswa mendapatkan perhatian secara merata.
2. dalam melaksanakan pembelajaran guru bersemangat, dapat dilihat dari intonasi suara, gerak tubuh. sehingga siswa juga bersemangat.
3. guru tersebut memulai pembelajaran dengan sebuah lagu, dan lagu tersebut memiliki kecocokan dengan materi pembelajaran pada hari itu.
4. cara yang digunakan ibu guru tersebut dalam mengajar sudah bagus.
adapun kelemahan dalam video tersebut adalah :
1. media gambar yang digunakan kurang menarik.
saran :
1. ada baiknya ibu tersebut menggunakan media yang lebih menarik. dengan menyediakan media gambar yang memiliki warna, kemudian juga ada baiknya jika dalam bentuk kertas, media tersebut di press agar lebih rapi dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang culup lama atau dipakai berulang.
terimakasih.
NAMA : PANOGUAN SIANIPAR
NIM : 856035627
PRODI : S1. PGSD
UPBJJ : MEDAN
POKJAR : TOBASA
Setelah saya menyimak video tentang ” kesulitan membaca huruf, suku kata,kata dan kalimat ”
dalam penerapan pembelajaran yang dilakukan seorang guru di kelas rendah sudah cukup bagus
dimana seorang guru sudah memulai pembelajaran dengan menyanyikan sebuah lagu dalam awal pembelajaran untuk membangkitkan konsentrasi siswa saat melaksanakan pembelajaran.dan dalam video tersebut seorang guru sudah mampu membuat siswa mengenal abjad dengan menggunakan media pembelajaran dengan ini siswa lebih mudah memahami pembelajaran apabila di barengi dengan alat atau media belajar. memang benar, saat mengajar di kelas rendah itu perlu kesabaran dan ketenangan hati dimana anak itu mulai mengikuti proses belajar.dengan demikian seorang guru harus berperan aktif saat mengajar di kelas rendah.
1. bagaimanakah seorang guru mengatasi kesulitan saat membaca permulaan?
jawab : – seorang guru harus pastikan anak mengenal huruf dengan baik
– mengajak anak memahami kata yang dibaca
– belajar menggunakan kartu kata
– memperkuat pemahaman fenomik
– jangan paksakan anak untuk mengetahui semuanya karena mereka belum mampu
– seorang guru memberikan dukungan penuh terhadap siswa saat belajar.
Nama : Nimerodi Hia
Pokjar : Nias Utara
Prodi ; PGSD
Berdasarkan video pembelajaran diatas, saya berpendapat sudah sangat bagus dan baik. Diawali dengan menyanyi sebagai bentuk ice breaking dan juga bentuk penyesuaian dengan materi belajar.
Selain itu, siswa sepertinya lebih mudah cepat memahami gambar karena jelas nampak materi yang dipahami.
Beberapa identifikasi masalah dikelas biasanya siswa bosan, malas, konsentrasi berkurang dikarenakan media belajar minim. Nah dari hal tersebut sebaiknya guru lakukan :
1. Memaksimalkan media belajar
2. Fokuskan konsentrasi siswa
3. Kurangi penekanan bahwa siswa harus paham seketika materi disampaikan, karena hal ini tidak baik untuk perkembangan belajar anak. Sesuai kurikulum 2013 yang dituntut ialah proses suatu materi belajar, secara bertahap.
Nama : Dewi Nur Masitoh
NIM : 858898279
Jurusan : S1 – PGSD
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menururt saya guru sudah mengajar dengan cukup baik. Ia terlihat begitu perhatian terhadap para siswanya. Dan dalam video pembelajaran tersebut memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah :
1. Guru mengawali pembelaaran dengan bernyanyi sehingga dapat menamba semangat belajar siswa dan menjadikan suasana kelas begitu menyengkan
2. Guru mengajar dengan menggunakan kartu gambar, sehingga dapat memudahkan siswa dalam belajar membaca. Khususnya, dalam kelas rendah yang masih mulai memahami huruf abjad
3. Guru yang mengajar dalam video, selain terlihat perhatian pada siswaya, ia juga terlihat begitu sabar dan mwmberikan dukungan untuk para siswa
Akan tetapi, selain memiliki kelebihan. Dalm video pembelaara tersebut ada beberapa kekurangan yang nampak, seperti :
1. Beberapa siswa ada yang tidak memperhatikan, ketika guru menunjuk gambar yang dimaksudkan
2. Kartu gambar yang digunakan kurag menarik karena tidak adanya warna. Dan juga terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk paling belakang akan sedikit kesulit an untuk melihat gambar da huruf – hurufnya
3. Tidak adaya presensi kehadiran, sehingga guru tidak mengetahui siaa saja siswanya yang tidak hadir daam pembelaaran hari itu
Terimakasih
Nama : Nurlela
Nim : 857332985
Semester : 6 PGSD
Pokjar : Bogor selatan
Assalamualaikum wr, wb
Setelah saya menyimak video dengan judul kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat yaitu:
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran? Guru tersebut sudah bagus pada kegiatan awal pembelajaran guru tersebut memberikan ice breaking terlebih dahulu yaitu dengan cara bernyanyi terlebih dahulu.
2. Untuk kelemahan dari pembelajaran tersebut :
*Pengamatan kepada guru:
Tidak ada motivasi
Tidak ada evaluasi
Tidak ada pekerjaan rumah
*pengamatan kepada siswa:
Tidak ada keaktifan siswa
Tidak ada kerja kelompok
3. Kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut :
* pengamatan kepada guru:
Penjelasan materi ada
Memberikan pekerjaan siswa ada
Menggunakan alat peraga ada
* pengamatan kepada siswa:
Mengajukan pertanyaan ada
Mengerjakan tugas ada.
4. Hal unik apa yang ada dalam pembelajaran tadi yaitu guru sudah bagus menyediakan alat peraga walaupun sederhana hanya gambar ayah dan ibu berikut huruf menjadi kata sudah bagus.
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran nya adalah lebih ditingkatkan lagi motivasi untuk anak sehingga anak lebih semangat dalam belajar begitu dalam media pembelajaran supaya anak lebih aktif dan antusias dalam belajar.
Terima kasih
Nama : Rahmatia Hijun
NIM : 856317159
Prodi : S1 PGSD
baiklah setelah menyimak video diatas ada beberapa hal yang ingin saya kemukakan tentang Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat yg ini pada seri pembelajaran bahasa indonesia.
Pada awal video diperlihatkan seorang guru menyanyi bersama siswa, menurut saya pemberian apersepsi itu sudah sangat baik dalam mengawali pembelajaran, sehingga dapat membangun cara berfikir siswa, mengajak siswa bernyanyi dapat menumbuhkan sikap semangat siswa dalam belajar. Sehingga pembelajaran akan menarik, pada saat pembelajaran guru menggunakan media gambar langkah ini sangat tepat. Dengan menggunakan media gambar siswa akan semakin tertarik mengikuti pembelajara tidak hanya berfokus pada teori atau metode ceramah. Terlebih untuk siswa kelas rendah mereka sangat membutuhkan pelajaran yang memuat banyak media baik berupa gambar serta pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan karakter mereka.
Nama : Annisa
Nim : 856991663
Kelas : B semester 6
Pokjar : Banjar Agung/Menggala
Judul video : Kesulitan membaca Huruf, suku Kata,kata, Dan Kalimat
Setelah Menyimak Video Pembelajaran diatas yang akan saya analisis Ada Beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video Tersebut sbb :
Kekurangan dalam video
1.Guru tidak Melakukan Pembukaan dan doa Saat memulai pembelajaran
2.Guru tidak Melakukan Absensi Terhadap siswa dikelas
3.Guru tidak menanyakan Kabar kepada siswa
4.Guru tidak memperhatikan siswa sehingga ada beberapa siswa kurang fokus
Kelebihan didalam video :
1. Guru Membuat siswa semangat krna diawali dengan Bernyanyi Dan Belajar Sambil Bermain contoh y : Dengan Menebak Pada Gambar yang diberikan oleh guru
2.guru Sangat kreatif mengajar menggunakan media Gambar
3. guru mengajar dengan media tersebut membuat siswa senang dan paham.
Kreatifan guru dalam mengajar
– Guru menggunakan media Gambar
– dengan media Gambar guru Mengajar Menyusun kata dan Mengenalkan Huruf sehingga siswa bisa menguasainya.
Kesimpulan
Dengan media Gambar saat Belajar Anak tidak cepat bosan dengan media gambar membantu anak yang susah dan kesulitan membaca huruf,suku kata, kata dan kalimat..
Demikianlah itu saja pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas sekian terima kasih
Nama : Berta nurwana
Nim : 858056199
Prodi. : S1 PGSD
Video. : Kesulitan dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat.
Menurut saya jika ada siswa yang memiliki ketidak mampuan dalam membaca huruf, suku kata, dan kalimat mungkin akan sangat terbantu jika menggunakan media yang tepat. Misalnya, menggunakan media video, kemungkinan siswa akan tertarik untuk belajar, disertai gambar2 yang menarik perhatian siswa.
Saya lihat dalam video tersebut anak anak terlihat lesu dan malas untuk melihat gambar gambar yang di tampilkan oleh guru tersebut.
NAMA MAHASISWA : LILIS ARGANDA LUBIS
NIM : 856814745
PROGRAM STUDY : S1-PGSD
POKJAR : IPUH
Setelah saya menganalisis video pembelajaran mengenai kesulitan membaca huruf , suku kata , kata dan kalimat. Adapun beberapa masalah atau kelemahan dalam pembelajaran yang dilakukan yaitu sebagai berikut :
1. Guru tidak melakukan Prapembelajaran atau kegiatan awal pembelajaran seperti kegiatan berdoa, absensi, apersepsi pembelajaran, ice breaking, mengondisikan kelas namun langsung bernyanyi saja
2. Guru sudah menggunakan media pembelajaran seperti kertas dalam video tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga menambah kebosanan siswa dalam belajar
3. Metode yang digunakan guru kurang efektif
4. Tidak adanya keleluasan bertanya jawab dalam materi pembelajaran
5. Tidak adanya kegiatan penutup pembelajaran yang dilakukan guru dengan baik
6. Siswa masih ada yang terlihat tidak fokus dalam pembelajaran
Dan saran yang dapat saya sampaikan agar siswa tidak kesulitan dalam membaca yaitu sebagai berikut :
1. Dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan harus ada kegiatan pembuka , inti dan penutup pembelajaran sehingga pembelajaran yang dilakukan memiliki tahapan pembelajaran yang baik
2. Dalam pembelajaran yang akan dilakukan sebelumnya guru harus mempersiapkan terlebih dahulu materi dan lain-lain serta melakukan ice breaking agar siswa tidak bosan atau melakukan kuis setelah pembelajaran
3. Media pembelajaran yang dilakukan sebaiknya lebih menarik lagi seperti menggunakan kartu gambar berwarna beserta bacaannya
4. Metode pembelajaran dan metode baca yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa
5. Memberi kesempatan bertanya jawab siswa saat pembelajaran , pemberian tugas kepada siswa dan menuliskannya berupa kalimat atau kata dibuku yang telah dibaca dirumah
6. Setiap kali pembelajaran akan dilakukan biasakan anak membaca 5 menit dengan guru hal ini juga melatih siswa agar dapat dengan mudah membaca