Similar Posts
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Setelah melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dikelas merupakan suatu tanggung jawab penuh guru agar anak dapat belajar dengan senang dan ikut serta dalam kegiatan belajar.
Dalam video tersebut guru mengalami permasalahan di kelas yaitu
1.) Peserta Didik yang kurang memahami huruf dan kesulitan dalam membaca padahal kegiatan akan berjalan lancar jika seluruh peserta dapat membaca materi yang akan diajarkan di kelas.
2.) Metode pemecahan masalah di kelas jika mengalami seperti halnya di video yaitu lebih bersifat menarik agar anak dapat cepat merespon dan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru ketika sedang belajar
Apalagi untuk kelas rendah seperti kelas 1 yaitu kelas yang mengalami peralihan dari taman kanak-kanak sebelumnya lebih banyak menggambar,bermain saat mereka sekolah dasar ini ada tugas guru agar anak tidak bosan kita harus belajar mengenal huruf dan belajar membaca
Metode seperti ini di sekolah saya mengajar sudah diterapkan namun untuk waktu dan jam kurang memadai apalagi kapasitas guru juga tidak cukup dan perlu ekstra sabar dalam mengajari peserta didik seperti ini.
Kekurangan dalam video ini adalah :
1.) Dimulai pelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
2.) Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas tersebut.
Sekian dari saya terimakasih
NAMA : Putri Septi Rani
NIM :856990091
Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD S1 )
Semester: 6
Setelah saya melihat Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Pada video tersebut guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran (yaitu mengucapkan salam,berdo’a dan cek kehadiran siswa.Tetapi guru tersebut menurut saya sudah baik dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembaca pemula.Media yang digunakan pun sangat familiar dan mudah dimengerti siswa tersebut.sehingga membuat siswa siswi tersebut begitu antusias dalam proses pembelajaran ,yakni guru tersebut menunjukkan media gambar ayah dan ibu dan membimbing siswa siswi tersebut untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran tersebut,siswa siswi tersebut juga kelihatan penuh dengan konsentrasi dalam proses KBM,
Nama : Mirel Nafarayana Setiawan
Nim : 856990045
Menganalisis vidio pembelajaran tersebut Menurut saya;
– Reaksi siswa dalam memulai pembelajaran pada vidio pertama sangat gaduh dan tidak terkondisikan walaupun guru sudah masuk dan akan memulai pembelajaran dan siswa tidak antusias dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Reaksi siswa dalam memulai pembelajaran pada vidio kedua siswa gaduh tetapi saat sudah memulai pembelajaran siswa dapat terkondisikan dengan baik dan dapat memulai proses pembelajaran.
– Kekurangan guru
Dalam vidio pembelajaran pertama, guru berpakaian dengan sangat tidak rapih dalam memulai pembelajaran guru kurang menarik perhatian siswa dalam melalukan pembukaan pembelajaran sehingga membuat siswa tidak tertuju pada guru tersebut.
– Kelebihan guru
Dalam vidio pembelajaran kedua terdapat kelebihan yaitu, guru bisa menarik perhatian siswa dalam melaksanakan pembukaan kelas dengan ice breaking sehingga siswa langsung tertuju dan fokus untuk memulai kegiatan pembelajaran. Kemudian dalam melaksanakan pembelajaran guru tersebut menggunakan contoh yang nyata seperti buah jeruk untuk pelajaran berhitung, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima pembelajaran dan tidak monoton yang mengakibatkan siswa hilang fokus dan bosan. Kemudian guru mengapresiasi kepada siswa secara langsung disaat siswa tersebut dapat menjawab pertanyaan yang telah di berikan.
•Hal yang dapat di rekomendasikan
•Sebagai seorang guru di upayakan
menggunakann pakaian dengan rapih.
•Membuka pembelajaran dengan menarik
siswaa agar semangat dan fokus dalam
memulaii pembelajaran.
•Memulai pembelajaran dengan berdoa,
mengecekk kehadiran, kerapihan siswa.
•Mengajak siswa bermain sambil belajar
agarr siswa tidak bosan.
Nama :Mirel Nafarayana Setiawan
Nim :856990045
Menganalisis vidio pembelajaran tersebut
– Reaksi siswa dalam memulai pembelajaran pada vidio pertama sangat gaduh dan tidak terkondisikan walaupun guru sudah masuk dan akan memulai pembelajaran dan siswa tidak antusias dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Reaksi siswa dalam memulai pembelajaran pada vidio kedua siswa gaduh tetapi saat sudah memulai pembelajaran siswa dapat terkondisikan dengan baik dan dapat memulai proses pembelajaran.
– Kekurangan guru
Dalam vidio pembelajaran pertama, guru berpakaian dengan sangat tidak rapih dalam memulai pembelajaran guru kurang menarik perhatian siswa dalam melalukan pembukaan pembelajaran sehingga membuat siswa tidak tertuju pada guru tersebut.
– Kelebihan guru
Dalam vidio pembelajaran kedua terdapat kelebihan yaitu, guru bisa menarik perhatian siswa dalam melaksanakan pembukaan kelas dengan ice breaking sehingga siswa langsung tertuju dan fokus untuk memulai kegiatan pembelajaran. Kemudian dalam melaksanakan pembelajaran guru tersebut menggunakan contoh yang nyata seperti buah jeruk untuk pelajaran berhitung, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima pembelajaran dan tidak monoton yang mengakibatkan siswa hilang fokus dan bosan. Kemudian guru mengapresiasi kepada siswa secara langsung disaat siswa tersebut dapat menjawab pertanyaan yang telah di berikan.
• Hal yang dapat di rekomendasikan
• Sebagai seorang guru di upayakan menggunakan pakaian dengan rapih.
• Membuka pembelajaran dengan menarik siswa agar semangat dan fokus dalam memulai pembelajaran.
• Memulai pembelajaran dengan berdoa, mengecek kehadiran, kerapihan siswa.
• Mengajak siswa bermain sambil belajar agar siswa tidak bosan.
Nama : Mugi Diah Ulfa
Nim : 857014056
Program study :S1- PGSD
UPBJJ : Bandar Lampung
Semester : 6
Menurut saya setelah saya melihat video yang berjudul ” kesulitan membaca huruf, suku kata, kata ,dan kalimat ”
Terdapat kelemahan :
Guru tidak melakukan kegiatan pembukaan yaitu tidak ada salam , sapa, cek kehadiran (absensi)
Kelebihan dari video tersebut yaitu :
Guru menguasai kelas sehingga anak sangat interaktif .
Guru melakukan ice breaking sebelum memulai materi .
Guru menggunakan media gambar dan kartu kata sehingga anak mudah memahami apa yang di sampaikan.
Nama : Nurin Najmiyah
Nim : 857098828
Prodi : S1 PGSD
Pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi (kesulitan belajar membaca disekolah dasar) dengan judul video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku kata, Kata dan Kalimat”
Dalam video tersebut guru sudah bagus dan baik dalam memberikan pembelajaran kepada siswa. Tetapi ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran tersebut.
Kelemahan siswa :
1. ada sebagian siswa yang tidak konsentrasi pada pelajaran tersebut.
2. sebagian siswa ada yang terlihat bosan dalam pelajaran tersebut.
kelebihan siswa :
1. sebagian ada yang memperhatikan/berkonsentrasi pada pelajaran tersebut.
Kelemahan guru :
1. pada awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka, doa dan mengecek kehadiran siswa.
2. Media gambar yang diberikan kepada murid tidak berwarna atau tidak menarik sehingga membuat murid terlehiat bosan.
Kelebihan guru :
1. guru melakukan ice breaking dengan bernyanyi membuat siswa semangat dalam memulai pembelajaran.
2. guru menggunakan media pembelajaran
3. guru melakukan interaksi tanya jawab.
Penyebab anak sulit dalam membaca yaitu anak malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, dan tidak adanya media pembelajaran. solusinya adalah kita sebagai guru harus membuat kondisi kelas yang menyenangkan sehingga siswa tidak bosan dalam pembelajaran.
Nama : Ari Fitriadi
NIM : 857103708
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Pondok Ranji
UPBJJ : 118/ Jakarta
Semester : 6
Judul Video : Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat
Setelah saya menyimak video “Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat”. Berikut ini adalah instrumen refleksi yang saya gunakan, yaitu:
A. Reaksi siswa/peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Menurut saya reaksi siswa/peserta didik terlihat cukup antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru memulai kegiatan belajar dengan bernyanyi bersama sesuai dengan materi pembelajaran yang akan diberikan. Kemudian memperlihatkan media belajar dalam bentuk gambar Ayah dan Ibu yang disertai keterangan dari gambar yaitu Ayah dan Ibu. Para siswa juga terlihat senang ketika guru memberikan games kartu kata dengan menyusun kata sesuai gambar.
B. Kelemahan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut diantaranya:
1. Tidak adanya kegiatan pembukaan (berdoa dan mengucapkan salam), dan mengecek kehadiran siswa.
2. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
C. Kelebihan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut diantaranya:
1. Guru memulai pembelajaran dengan melakukan ice breaking diawal pembelajaran yaitu dengan bernyanyi.
2. Menggunakan media belajar yang cukup menarik, yaitu menggunakan gambar dan kartu kata.
D. Keunikan yang ada didalam pembelajaran tersebut menurut saya terdapat pada cara guru mengajarkan anak membaca yaitu menggunakan beberapa metode yaitu metode abjad, metode eja dan metode suku kata.
E. Setelah saya menyampaikan kekurangan dan kelebihan didalam video tersebut, saran saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran diantaranya:
– Memasang/menempel poster besar urutan alfabet di dinding, untuk membantu siswa yang masih belum hafal huruf alpabet.
– Menggunakan kartu kata yang lebih besar dan berwarna, agar lebih menarik perhatian siswa.
– Mengaktifkan papan tulis yang ada di kelas, atau jika memungkinkan menggunakan proyektor saat membaca suku kata.
– Saat games, saya sarankan untuk membentuk kelas menjadi beberapa kelompok kecil. Agar saat games anak berlatih diskusi, bekerjasama dan saling membantu.
Nama : Moh. Asyhuri
Nim : 858685644
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
Prodi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya apa yang dilakukan dalam pembelajaran tersebut sudah bagus tetapi ada beberapa hal yang bisa disempurnakan dalam proses belajar mengajar, antara lain :
1. Harus melihat kesiapan diri dari murid diawal pembelajar. termasuk bagaimana seorang guru dalam penguasaan kelas.
2. Pembelajaran diawali dengan salam dan berdoa kemudian dilanjutkan dengan pembiasaan bisa dengan bernyanyi atau dengan membaca pancasila
3. Pemahaman awal juga dibutuhkan sebelum pembelajaran inti dengan memberikan pertanyaan pemantik, hal ini sudah dilakukan oleh guru tersebut setelah sesi menyanyi
4. Selanjutnya pada pembelajaran inti sudah dilakukan dengan baik, dengan melakukan pembimbingan secara klasikal maupun secara individu dengan memahami masing-masing karakter peserta didik.
5. Guru belum memunculkan sesi penilaian dalam proses pembelajaran.
6. Pada video tersebut belum tuntas sampai pada sesi penutupan dan pemberian penguatan pada siswa.
2
Nama : Moh. Asyhuri
Nim : 858685644
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
Prodi : S1 PGSD
Menurut pendapat saya apa yang dilakukan dalam pembelajaran tersebut sudah bagus tetapi ada beberapa hal yang bisa disempurnakan dalam proses belajar mengajar, antara lain : 1. Harus melihat kesiapan diri dari murid diawal pembelajar. termasuk bagaimana seorang guru dalam penguasaan kelas. 2. Pembelajaran diawali dengan salam dan berdoa kemudian dilanjutkan dengan pembiasaan bisa dengan bernyanyi atau dengan membaca pancasila 3. Pemahaman awal juga dibutuhkan sebelum pembelajaran inti dengan memberikan pertanyaan pemantik, hal ini sudah dilakukan oleh guru tersebut setelah sesi menyanyi 4. Selanjutnya pada pembelajaran inti sudah dilakukan dengan baik, dengan melakukan pembimbingan secara klasikal maupun secara individu dengan memahami masing-masing karakter peserta didik. 5. Guru belum memunculkan sesi penilaian dalam proses pembelajaran. 6. Pada video tersebut belum tuntas sampai pada sesi penutupan dan pemberian penguatan pada siswa.
Nama : Estik Zahiroh
NIM : 857167241
UPBJJ : Jakarta
Prodi : PGSD
setelah saya menyimak Video tersebut, di awal menurut saya guru belum menyentuk kesiapan psikis anak anak, guru tersebut harusnya memulai dengan menyanyakan kabar anak anak secara detail satu persatu, awal awal anak anak masih ada yang mengantuk dan tidak konsen.
kelebihan:
Guru sudah menarik, dengan berpakaian rapi dan siswa menyukai ny,
anak anak juga selama proses belajar juga sangat aktif,
guru juga sudah bagus menyiapkan alat peraga dan media ajar suku kata,
guru juga aktif menfasilitasi semua siswa dengan berputar dan berpindah dari satu siswa ke siswa lain.
kekurangan:
keaktifan anak anak kurang di wadahi, rekomendasi saya, guru mempersilahkan salah satu atau beberapa siswa untuk maju ke depan kelas saat menghafal huruf dengan gambar ayah dan ibu tadi. mereka belajar mempresentasikan dan menumbuhkan keberanian siswa.