silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : KHAIRUNNISA
    NIM : 857103589
    Prodi : PGSD – S1
    Pokjar : SMPN 92 Jakarta
    UPBJJ : 21/ UT JAKARTA

    Assalamu’alaikum wr. wb
    Izin menanggapi diskusi terkait video pembelajaran tentang “Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat” pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
    Secara sederhana, membaca permulaan, dapat diartikan sebagai kegiatan pengenalan lambang bunyi bahasa serta pelafalannya menjadi bunyi-bunyi yang bermakna. Pada kegiatan membaca permulaan, penekanan membaca lebih diarahkan pada pengenalan lambang bunyi dan pembunyiannya, belum pada pemahaman yang terkandung di balik lambang-lambang dimaksud. Jenis membaca ini terutama diberikan di kelas rendah (kelas 1-2 SD). Sasarannya adalah melek huruf. Kegiatan membaca dilakukan dengan cara melafalkan setiap kata, kelompok kata, dan kalimat yang tertulis dalam teks bacaan. Aktivitas membaca dilakukan dengan cara menyaringkan/menyuarakan bacaan. Dengan begitu, pengenalan terhadap lambang-lambang bunyi yang tertuang dalam teks bacaan dapat terkontrol.
    Kelebihan video tersebut apersepsi yang digunakan sudah baik, penggunaan materi dan media pembelajaran sudah sesuai dalam menangani permasalahan kesuliatan membaca huruf. Serta penguasaaan kelas yang dilakukan guru tersebut sudah baik, terlihat anak-anak mulai nyaman dengan pembelajaran tersebut.
    Kekurangan video tersebut terletak pada media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
    Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan . Terima Kasih atas perhatiannya.
    Wassalamu’alaikum wr.wb

  2. Nama :Alfina Warda
    Nim :856021604
    Pokjar :Asahan UPBJJ :UT Medan
    Dalam video pembelajaran Kesulitan membaca yang saya tonton terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari video tersebut,kekurangan nya pada awal pembukaan guru tidak mengajak siswa untuk berdoa kemudian setelah melakukan apersepsi guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang sedang berlangsung dan terakhir kurang nya media gambar dalam proses pembelajaran. sedangkan kelebihannya pada saat guru memberikan metode itu sesuai dengan pembelajaran.

  3. Nama : Herlena
    Nim : 856975644
    Prodi : S1-PGSD

    Setelah saya menganalisis dari vidio tersebut ada beberapa point yang dapat saya tangkap :
    1. Dari vidio tersebut anak anak sangat terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya minat baca pada anak dan belum termotivasi nya anak anak dalam membaca. Sehingga muncul lah permasalahan saat ini yaitu kesulitan membaca huruf, suku kata, dan kalimat. Dalam hal ini guru berupaya untuk mengatasi hal tersebut dengan cara metode abjad, metode eja, suku kata, kalimat dan SAS.
    3. Beberapa hal yang menyebabkan anak belum bisa membaca, salah satunya malasnya anak untuk belajar membaca, kurangnya perhatian dari orang tua, kurang konsentrasi, dan hal lainnya.
    4. Dalam vidio tersebut hal yang dapat kita ambil yaitu melatih kesabaran guru pada anak dalam membimbing anak untuk belajar membaca, semangat yang ditunjukkan guru
    5.dalam vidio pembelajran tersebut ada bebrapa ponit yang masih perlu disempurnakan salah satunya adalah membrikan motivasi dan penguatan pada siswa

  4. Nama: Rahmi Dewi Lubis
    Nim: 855984056
    Setelah melihat video pembelajaran di atas, berikut analisis saya:
    Ibu guru tersebut sudah melakukan cara mengajar yang menarik dan sudah membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi bersama-sama. Dalam kegiatan pembelajaran guru juga menggunakan media pembelajaran yaitu media gambar yang bisa melatih dan membuat siswa pemula bisa memahami dan mengikuti pelajaran yang telah berlangsung.
    Guru tersebut juga aktif dengan mendatangi peserta didik dan membimbing siswa nya dengan baik.
    Guru tersebut juga mengenalkan huruf satu per satu ke siswa dengan menggunakan media pembelajaran. Akan tetapi ada beberapa anak yang belum mengenal huruf.
    Ketidakmampuan ini disebabkan oleh:
    – Anak malas
    – Bosan
    – Kurang konsentrasi
    – Anak lambat dalam belajar
    Solusi yang guru tersebut berikan sudah sangat sesuai yaitu dengan menggunakan media kartu kata atau dengan menggunakan metode eja/abjad.
    Kekurangan di dalam video tersebut yaitu, proses pembelajaran tidak diawali dengan doa, sebaiknya guru menyapa siswa terlebih dahulu. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran siswa.

  5. Nama : Jefri Sandro Perdana Saragih
    Nim : 859875916
    Program Studi : BI PGSD (Masukan Sarjana) Semester 2

    Menurut Saya, kegiatan awal pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah cukup baik dengan mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan dengan manfaat memberikan stimulus/rangsangan pada anak sebelum belajar agar tidak bosan/kaku didalam kelas.
    Dan dari cara pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut juga sudah sangat baik yaitu menggunakan model gambar dan dilengkapi dengan suku kata untuk mempermudah siswa dalam membaca.
    Dan pendekatan yang dilakukan oleh ibu guru tersebut juga sudah sangat baik yaitu, pendekatan secara humanis dengan menjumpai satu-persatu siswa ke tempat duduknya masing-masing sembari memberi arahan kepada siswa agar menyusun model gambar yang dilengkapi dengan suku kata tadi agar menjadi sebuah kata yang ada hubungannya dengan keluarga.
    Namun alangkah baiknya jika ibu guru tersebut menggunakan model gambar yang berwarna agar lebih menarik.
    Alternatif pemecahan masalah siswa yang kurang lancar/kesulitan membaca adalah menyarankan kepada orang tua siswa tersebut agar les privat membaca diluar jam sekolah agar hasilnya lebih maksimal lagi

    Sekian dan Terimakasih

  6. Nama : Khofifatul Khadzidz
    NIM : 857102745
    prodi : PGSD S-1

    Dari video di atas, saya menemukan beberapa kelebihan cara mengajar guru tersebut, yaitu :
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda.
    Sedangkan kekurangan yang dilakukan oleh guru tersebut, yaitu :
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang

  7. Nama: Erna Waty Hasanah
    Nim : 857321302
    prodi : PGSD-S1
    Analisis video pembelajaran
    1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?

    Siswa dalam video tampak berantusias mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan Nampak senang mengikutinya.
    2. Apa kelemahan guru dalam melaksanakan video pembelajaran tersebut?
     Kurangnya pembukaan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran.
     Guru kurang memberikan contoh yang lain dari gambar yang disediakan olehnya.
    3. Apa kelebihan guru dalam melaksanakan video pembelajaran tersebut?
     Guru sudah menyediakan media pembelajaran menggunakan gambar dan sesuai dengan materi pelajaran yang akan dibahas sehingga mudah dipelajari oleh mereka.
     Guru mengajak siswa terlebih dahulu untuk bernyanyi sehingga mereka terasa senang dalam belajar juga menarik perhatian mereka.
     Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam membaca.
    4. Upaya apa yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    Untuk pembelajaran selanjutnya guru memperbaiki rpp yang dibuatnya juga menambah kembali media pembelajaran dengan contoh yang banyak .
    5. Hal-hal unik apa yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut?
     Guru menyiapkan media dengan huruf seperti puzzle
     Siswa menyusun rangkaian huruf perkata dan perkalimat.

  8. Nama : Senja Nur Aliyah
    Nim :856991459
    Prodi : S1-PGSD

    Setelah melihat Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar). Pada video tersebut terlihat guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti mengucapkan salam,berdo’a dan mengecek kehadiran siswa, akan tetapi di awal pembelajaran guru membuka dengan semangat dengan cara mengajak anak-anak bernyanyi sehingga siswa termotivasi untuk lebih semangat dalam proses pembelajaran. Didalam video guru tersebut memliki kelebihan dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan proses pengejaan pada pembaca pemula. Media pembelajaran yang digunakan juga sangat mudah untuk dimengerti siswa sehingga membuat siswa tersebut begitu antusias dalam proses pembelajaran, guru juga membimbing siswa untuk mengeja bacaan pada media pembelajaran yang digunakan, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan. walaupun demikian, penguasaan guru didalam kelas masih kurang sehingga masih terdapat siswa yang tidak terfokuskan terhadap pembelajaran yang sedang berjalan.

  9. Nama: Herri Eliska Manik
    Nim: 859893122
    Prodi: S1-PGSD

    Setelah Melihat video pembelajaran tersebut Bahasa indonesia dengan kesulitan membaca disekolah dasar pada video tersebut guru tidak melakukan awal pembukaan salam dan tidak melakukan seperti berdoa dahulu lalu bernyanyi dan dari video tersebut memang guru sudah mengajak murid bernyanyi agar mereka merasa bergembira tetapi setelah bernyanyi guru seharusnya bercakap cakap dengan mereka dahulu dengan menanyakkan apa kabar nya hari ini, dan menanyakkan sesuatu hal dengan mereka agar mereka merasa semangat dan saya lihat divideo ini guru nya kurang menyediakan media untuk muridnya seharusnya guru harus menyediakan atau menambah lebih banyak media bergambar untuk murid agar kosakata mereka lebih tambah tujuannya juga agar mereka mulai berlatih membaca dan menambah kosakata mereka dan disini saya lihat guru kurang fokus kepada murid lain seharusnya guru mengajak murid dengan menyanyikan huruf A-Z dan lalu mulai mengenalkan kosakata dengan media bergambar dengan lebih banyak lagi lalu menuliskan kosakata nya dipapan tulis dan sambil mengeja dan setelah menyebutkan kosakata nya menyuruh murid untuk menulis kebuku nya agar mereka sambil mengingat kosakata yang mereka bacakan tadi lalu melanjutkan kosakata media gambar lain dan setelah itu mengajak mereka untuk ice breaking agar tidak jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran tersebut.

    Terimakasih🙏

  10. Nama: Herri Eliska Manik Nim: 859893122 Prodi: S1-PGSD

    Setelah Melihat video pembelajaran tersebut Bahasa indonesia dengan kesulitan membaca disekolah dasar pada video tersebut guru tidak melakukan awal pembukaan salam dan tidak melakukan seperti berdoa dahulu lalu bernyanyi dan dari video tersebut memang guru sudah mengajak murid bernyanyi agar mereka merasa bergembira tetapi setelah bernyanyi guru seharusnya bercakap cakap dengan mereka dahulu dengan menanyakkan apa kabar nya hari ini, dan menanyakkan sesuatu hal dengan mereka agar mereka merasa semangat dan saya lihat divideo ini guru nya kurang menyediakan media untuk muridnya seharusnya guru harus menyediakan atau menambah lebih banyak media bergambar untuk murid agar kosakata mereka lebih tambah tujuannya juga agar mereka mulai berlatih membaca dan menambah kosakata mereka dan disini saya lihat guru kurang fokus kepada murid lain seharusnya guru mengajak murid dengan menyanyikan huruf A-Z dan lalu mulai mengenalkan kosakata dengan media bergambar dengan lebih banyak lagi lalu menuliskan kosakata nya dipapan tulis dan sambil mengeja dan setelah menyebutkan kosakata nya menyuruh murid untuk menulis kebuku nya agar mereka sambil mengingat kosakata yang mereka bacakan tadi lalu melanjutkan kosakata media gambar lain dan setelah itu mengajak mereka untuk ice breaking agar tidak jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran tersebut. Terimakasih🙏

Leave a Reply