silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Opah Musyaropah
    NIM : 857156643
    Smester : 2 BI
    Prodi : PGSD

    1. Berdasarkan video yang saya amati, saya juga pernah menemukan siswa kelas 1 yang mengalami kesulitan dalam membaca, bahkan belum mengenal huruf sama sekali.
    2. Banyak faktor yang mempengaruhi siswa kesulitan dalam membaca seperti yang ada di video tersebut, namun yang saya temui langsung faktornya itu dari lingkungan keluarga yang kurang memperhatikan atau kurang peduli atau masa bodoan sma anaknya yang penting anak sekolah.
    3. Metode yang digunakan dalam mengataso masalah kesulitan membaca tersebut saya juua sma seperti halnya yang ada di video tersebut.
    Ketika teman2nya yang sudah bisa membaca pulang saya memberikan pelajaran tambahan kepada siswa yang belum bisa membaca.

  2. Nama : Amelia Eka Putri Sitorus
    Nim : 856021611
    UPBJJ : Medan
    Semester : 6

    Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda

  3. Nama : Amelia Eka Putri Sitorus
    Nim : 856021611
    UPBJJ : Medan
    Semester : 6

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar dan mengajak siswa bernyanyi A-Z dan sambil menuliskan didepan papan tulis secara bergantian Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda

  4. Nama : Amelia Eka Putri Sitorus
    Nim : 856021611
    UPBJJ : Medan
    Semester : 6

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar dan mengajak siswa bernyanyi A-Z dan sambil menuliskan didepan papan tulis secara bergantian Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Dari menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru yaitu:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran.
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran.
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa.
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang.
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda.

  5. NAMA : ROSTA DWITA SARI
    NIM :857153852
    PRODI : S-1 PGSD

    berdasarkan video yang sudah saya tonton saya mengamati ada beberapa hal yang tidak dilakukan oleh guru dalam hal pra pembelajaran, yaitu guru tidak mengucapkan salam, tidak pengabsen kehadiran siswa dan tidak menanyakan kabar siswa, guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung memulai pelajaran dengan bernyanyi.
    dalam pembelajaran guru menyampaikan metode yang tepat dalam mengajarkan membaca huruf dalam suku kata dan kata dalam kalimat. dalam pembelajaran guru juga sangat interaktif kepada siswa sehingga siswa tertarik dengan pembelajaran yang sedang berlangsung, hal ini dapat dilihat pada kemampuan guru ketika bertanya kepada siswa yang berkaitan dengan gambar yang ditampilkan, kemudian guru memberikan penguatan kepada siswa dapat kita lihat ketika guru berulang kali mengulang kata yang sama kepada beberapa siswa yang berbeda secara acak, hal ini dapat membuat siswa merasa harus siap dalam menjawab pertanyaan. selain dengan media pembelajaran guru juga melakukan variasi pembelajaran yaitu dengan bernyanyi, hal tersebut membuat siswa bersemangat dan guru juga mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan lagu. kemudian guru juga mmbuat kelompok kecil dan membimbing kelompok kecil tersebut agar dapat menyelesaikan permasalahan yang sudah diberikan oleh guru sebelumnya. selama pembelajaran berlansung siswa terbilang tertib dan teratur sehingga dapat kita lihat bahwa guru memiliki kemampuan dalam hal mengelola kelas.

  6. Nama : Nur Dewi Rahayu
    Nim : 858446261
    Program Studi : S1-PGSD BI
    Pokjar : Insan Cerdas Batiwakal

    Berdasarkan video yg telah saya tonton mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat yaitu terlihat bahwa pembelajaran yg dilakukan guru tersebut sudah cukup bagus akan tetapi lebih baik lagi apabila media gambar yg digunakan memiliki warna sehingga menarik dilihat oleh siswa. Warna sejatinya dapat mempengaruhi semangat belajar karena memberikan pengaruh kepada pembelajaran yg bersifat visual (penglihatan).

    Kemudian pada anak-anak yg terlihat bosan, mengantuk, kurang konsentrasi dan kurang perhatian selama proses pembelajaran, guru dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tersebut atau berupa pemberian penugasan seperti yg terlihat dalam video. Jadi sebaiknya yg diberikan penugasan atau tanya jawab lebih kepada anak-anak yg mengalami gangguan-gangguan selama proses pembelajaran. Selain itu bisa diberikan games-games yang melatih kefokusan dan mengembalikan semangat anak -anak apabila situasi di dalam kelas dirasa sudah tidak kondusif.

    Dalam video tersebut juga, nampaknya guru langsung kepada penyampaian materi/kegiatan inti tanpa adanya kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup. Sebaiknya dalam pembelajaran, harus memuat ketiga kegiatan tersebut.

  7. Nama : Nur Dewi Rahayu
    Nim : 858446261
    Program Studi : S1-PGSD BI
    Pokjar : Insan Cerdas Batiwakal

    Berdasarkan video di atas mengenai kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat yaitu terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan guru sudah cukup bagus akan tetapi lebih baik lagi apabila media gambar yang digunakan berwarna sehingga menarik dilihat oleh siswa. Warna sejatinya dapat mempengaruhi semangat belajar karena memberikan pengaruh kepada pembelajaran yang bersifat visual (penglihatan).

    Kemudian pada anak-anak yang terlihat bosan, mengantuk, kurang konsentrasi dan kurang perhatian selama proses pembelajaran, guru dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tersebut atau berupa pemberian penugasan seperti yang terlihat dalam video. Jadi sebaiknya yang diberikan penugasan atau tanya jawab lebih kepada anak-anak yang mengalami gangguan-gangguan selama proses pembelajaran. Selain itu bisa diberikan games-games yang melatih kefokusan dan mengembalikan semangat anak-anak apabila situasi di dalam kelas dirasa sudah tidak kondusif.

    Dalam video tersebut juga, nampaknya guru langsung kepada penyampaian materi/kegiatan inti tanpa adanya kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup. Sebaiknya dalam pembelajaran, harus memuat ketiga kegiatan tersebut dan juga perlunya menyampaikan materi yang akan dipelajari, tujuan pembelajaran serta manfaat dari pembelajaran yang dilakukan.

  8. NAMA : ANNAS RIZKY
    NIM : 857108033
    PRODI : S1 PGSD

    Menurut Saya, kegiatan awal pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut sudah cukup baik dengan mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan dengan manfaat memberikan stimulus/rangsangan pada anak sebelum belajar agar tidak bosan/kaku didalam kelas.
    Dan dari cara pembelajaran yang dilakukan oleh ibu guru tersebut juga sudah sangat baik yaitu menggunakan model gambar dan dilengkapi dengan suku kata untuk mempermudah siswa dalam membaca.
    Dan pendekatan yang dilakukan oleh ibu guru tersebut juga sudah sangat baik yaitu, pendekatan secara humanis dengan menjumpai satu-persatu siswa ke tempat duduknya masing-masing sembari memberi arahan kepada siswa agar menyusun model gambar yang dilengkapi dengan suku kata tadi agar menjadi sebuah kata yang ada hubungannya dengan keluarga.
    Namun alangkah baiknya jika ibu guru tersebut menggunakan model gambar yang berwarna agar lebih menarik.
    Alternatif pemecahan masalah siswa yang kurang lancar/kesulitan membaca adalah menyarankan kepada orang tua siswa tersebut agar les privat membaca diluar jam sekolah agar hasilnya lebih maksimal lagi.

    Sekian terimakasih

  9. Nama : Dita Ajeng Yulianie
    NIM : 857847721
    PGSD BI SEMESTER 2 UPBJJ SURAKARTA
    Setelah mendengarkan video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, bisa ditarik garis besarnya bahwa kemungkinan penyebab permasalahan anak susah membaca adalah kesusahan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama. Dalam hal ini, guru harus mengenalkan dahulu huruf vokal dan konsonan. Cara mengenalkan juga harus bervariasi, agar penyampaikannya bisa diterima dan diingat oleh siswa. Mengenalkan huruf vokal dan konsonan bisa dengan media pembelajaran yang bisa menarik minat membaca siswa, menggunakan video animasi. Maka dari itu diperkenalkan metode pengenalan suku kata.

  10. Nama : Era Arsita
    Nim : 856983222
    Studi : S1 PGSD

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan

    Kemudian di video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    -Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    -Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    – Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    -Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    – Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    -Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.

Leave a Reply