Similar Posts
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Nama: Reza Novi Eliana
NIM: 857040796
Assalamu’alaikum, menurut pendapat saya dari video tersebut, guru dalam mengajar sudah baik. Namun, dalam mengajar terutama kelas rendah kita harus menciptakan suasana yang lebih nyaman agar murid dapat fokus dalam mengikuti pelajaran. Sebelum memulai pelajaran, guru harus melakukan apresiasi atau mengulang materi pelajaran sebelumnya agar dapat sinkron dengan materi baru yang akan disampaikan.
Guru dalam video juga tidak menyebutkan tujuan pembelajaran serta tidak melakukan refleksi pembelajaran, serta tidak membuat kesimpulan apa yang sudah dipelajari hari ini.
Mungkin alternatif pemecahan masalahnya, guru tersebut dapat menggunakan metode demonstrasi dengan media seperti gambar, atau kartu abjad.
Sehingga murid lebih mudah dalam mengingat bentuk huruf serta lebih mudah dalam melafalkannya. Karena bagi kelas rendah hal tersebut dapat membuat murid lebih fokus dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.
Nama : Yaumi
NIM. : 858687758
Prodi : S1 PGSD
Kekurangan :
1.Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
2. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
3. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
Kelebihan :
Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda
Nama : Dhea fitri susanti
Nim : 856807069
Semester 8
Pokjar Ipuh
Berdasarkan analisis saya terhadap video di atas, reaksi anak/siswa dalam menanggapi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bermacam-macam, ada yan terlihat bersemangat, ada yang bosan di pertengahan pembelajaran dan ada yang kurang fokus, namun selama kegiatan pembelajaran berlangsung, anak/siswa terlihat mampu menguasai materi pembelajaran apa yang diberikan oleh guru.
Pada video diatas dapat disimpulkan bahwa guru sudah dapat menggunakan media pembelajaran dengan tepat yaitu guru tersebut menyiapkan media seperti gambar – gambar yang berisikan suku kata misalnya pada video diatas memperlihatkan poster yang bergambar orang yaitu ayah dan ibu guru tersebut mengajak siswa untuk membaca suku kata pada gambar.
Metode dan media yang digunakan sudah bagus dan siswa dapat memahami materi dengan mudah menggunakan media gambar.
Menurut saya ketika mengajar suku kata terhadap siswa kita juga bisa menyuruh anak untuk maju satu persatu membaca apa yang kita berikan agar kita tahu kemampuan anak dalam membaca apakah sudah bisa apa belum menguasai suku kata.
Nama : Nisrina Arih Atsilah
NIM : 857729957
Dalam melakukan kegiatan pembelajaran ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru, dimana dalam video tersebut analisis keterampilan mengajar yang telah dilaksanakan oleh guru tersebut diantaranya adalah :
Dalam video pembelajaran yang telah ditampilan guru tersebut telah menunjukkan kemampuannya dalam bertanya. Hal ini dibuktikan dengan setelah memberikan pengutan guru tersebut bertanya kepada siswa berkenaan dengan gambar yang ditampilkan. Hal tersebut merupakan salah satu stimulus yang diberikan kepada peserta didik. Lalu guru tersebut memberikan penguatan. Hal ini dilakukan melalui kegiatan penugasan yang diberikan kepada peserta didik pada akhir kegiatan pembelajaran setelah guru selesai menjelaskan materi yang diilustrasikan melalui gambar yang disajikan. Guru tersebut sebelum memulai pada inti materi guru dan siswa bersama-sama menyanyikan sebuah lagu yang berhubungan dengan materi. Selain itu juga guru senantiasa memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa disertai dengan gambar-gambar yang disajikan. Dalam video tersebut guru telah mampu menjelaskan materi berkaitan dengan membaca huruf dan suku kata melalui media gambar. Tetapi alangkah baiknya apabila ketika menjelaskan ditambahkan dengan media pembelajaran yang lain yang lebih interaktif seperti menampilkan video sehingga, diharapkan siswa akan lebih bersemangat dan tidak mudah merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan sebaiknya dalam video tersebut ditambahkan dengan memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar. Dalam video, guru tersebut telah melaksanakan kemampuannya dalam membuka pembelajaran, tetapi dalam video tersebut tidak ditampilkan kemampuan guru tersebut dalam menutup kegiatan pembelajaran. Jadi, alangkah baiknya apabila dalam video tersebut ditampilkan ketika guru melakukan kegiatan menutup pembelajaran.
Nama : Krisnawati Sihombing
Nim : 857145332
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya dalam video tersebut, cara mengajarkan sudah efektif, namun untuk awal memulainya kita harus berdoa terlebih dahulu, lalu menyapa dan meng absen kehadiran siswa.
untuk cara penyampaian pembelajarannya saya sangat menyukai karena guru kreatif dalam mengajar anak,membuat media gambar dan huruf abjad,sehingga siswa tertarik, gurunya semangat antusias,dan yang saya sukai gurunya menghampiri siswa yang kesulitan kemeja siswa.
mengajarkan siswa kelas rendah itu tidaklah mudah, memang sebagai guru kita haruslah kreatif, mungkin sebagai guru kita harus menyediakan alat media lainnya, agar siswa tidak bosan,kita juga harus mencairkan susasana kelas agar siswa lebih semangat.
Nama : Krisnawati Sihombing
Nim : 857145332
Prodi : S1 PGSD
Menurut saya dalam video tersebut, cara mengajarkan sudah efektif, namun untuk awal memulainya kita harus berdoa terlebih dahulu, lalu menyapa dan meng absen kehadiran siswa.
untuk cara penyampaian pembelajarannya saya sangat menyukai karena guru kreatif dalam mengajar anak,membuat media gambar dan huruf abjad,sehingga siswa tertarik, gurunya semangat antusias,dan yang saya sukai gurunya menghampiri siswa yang kesulitan kemeja siswa.
mengajarkan siswa kelas rendah itu tidaklah mudah, memang sebagai guru kita haruslah kreatif, mungkin sebagai guru kita harus menyediakan alat media lainnya, agar siswa tidak bosan,kita juga harus mencairkan susasana kelas agar siswa lebih semangat.
Nama : Estik Zahiroh
Nim : 857167241
Semester : 2
UPBJJ : JAKARTA
Judul : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Assalamu’alaikum Wr. Wb
pendapat saya mengenai video tersebut:
Terkait Kelebihan :
1. pakaian guru sudah rapi dan menarik perhatian siswa,
2. Dalam pemakaian media gambar sudah baik, apersepsi dan metode yang digunakan sudah tepat. Selain itu guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi membuat siswa lebih semangat dalam pembelajaran.
Kekurangan
1. Guru masih belum maksimal mengelilingi semua siswa dalam pelayanan belajarnya,
2. Guru mengawali pembelajaran tidak dengan pendahuluan seperti salam, doa, absen kehadiran siswa dan tujuan pembelajaran.
3. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dan pembelajaran hari ini, jd harusnya mengulang sedikit materi sebelumnya,.
Kesimpulan
Dalam hal ini guru sangat membantu anak dalam masalah kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat. Dari video tersebut dimana guru memanfaatkan media gambar atau cetak agar anak tidak mudah bosan , dan melatih siswa agar tidak takut untuk menyebutkan suku kata.
Wassallamualaikum Wr. Wb
nama : aisah
nim : 835359467
Hasil analisis dari video pembelajaran di atas bahwa tidak setiap siswa bisa langsung membaca pasti ada diantara siswa ada yang belum bisa membaca sama sekali, untuk pelajaran membaca permula hendaknya seorang guru mengenalkan terlabih dahulu pada siswa huruf abjad, mengajak siswa menghafal dan mengulang-ngulang dengan sambil bermain dan bernyanyi, agar siswa yang belum bisa membaca bisa mengenal huruf-huruf abjad.
Nama : Anindita Wulandari
NIM : 856576343
Prodi : PGSD-S1
Berdasarkan kegiatan pembelajaran dapat disimpulkan, pada kelas rendah, kesulitan membaca menjadi salah satu permasalahan yang harus kita selesaikan, karena, bekal anak usupaya dapat mengikuti pembelajaran ditekankan pada kemampuan membaca terlebih dahulu. dari video diatas dapat kita lihat, guru sudah menjalan kan pembelajaran dengan baik. memberikan ice breaking terlebih dahulu supaya anak fokus dan memperjhatikan, menggunakan bantuan media pembelajaran membantu anak lebih cepat mengerti penjelasan yang guru sampaikan. membuat anak tidak bosan, dan memperhatikan apa yang guru sampaikan. tetapi, dalam proses pembelajaran guru terfokus didepan kelas sehingga beberapa siswa yang lamban menangkap pembelajaran menjadi kesulitan dalam mengikuti pembelajaran.
Kesulitan Membaca Pemula dikelas Rendah merupakan kesulitan yang di alami oleh seluruh tenaga pendidik khususunya di kelas 1. hal ini dikarenakan masa transisi siswa dari PAUD ke SD. dimana pada masa PAUD siswa tidak di wajibkan untuk mahir CALISTUNG, begitu pula setelah siswa awal masuk di kelas 1. makadari itu perlu menentukan metode yang cocok dan tentunya tidak hanya menggunakan 1 metode dan media saja. guru perlu menyapkan 1 atau 2 metode dan media karna kemampuan anak dalam membaca pasti beragam. dalam video yang saya saksikan diatas guru mengguanakan 1 metode dan 1 media. melalui video ini semoga bisa menjadi referensi kita dalam mengajar di kelas, serta apa yang kita sampaikan kepada peserta didik dapat di terima dengan baik.