silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Siti Dinny Handayani
    NIM : 857150327

    Setelah saya menyimak video pembelajaran B.indonesia tersebut, menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi agar anak bisa fokus dan lebih bersemangat saat mau memulai pembelajaran. Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.

    ada beberapa hal yg dapat saya simpulkan kelebihan dan kekurangan pada video pembelajaran tersebut.

    1. Kelebihan :
    – pada pembelajaran tersebut terutama dengan menggunakan media belajar siswa akan lebih cepat memahami huruf atau kata serta dapat mudah memahami apa yang ditanyakan guru karna dibantu dengan media gambar, selain itu dengan bantuan media gambar tersebut siswa dapat lebih mudah mengingat huruf atau kata yang diajarkan guru.
    – pada proses pembelajaran tersebut sikap guru yg mengajar sangat memberikan perhatian terhadap siswa, dan memberikan dukungan kepada siswanya sehingga siswa merasa termotivasi
    – guru tersebut memberikan apresiasi kepada siswanya dengan kalimat-kalimat pujian hal tersebut sangat membantu siswa untuk lebih semangat.

    2. Kekurangan :
    – Pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa
    – media belajar yg digunakan (media gambar) kurang menarik sebaiknya menggunakan media yg berwarna sehingga ada rasa ketertarikan dari siswa terutama siswa sekolah dasar hal-hal yg menarik itu biasanya dapat memudahkan siswa dalam memahami materi dan biasanya anak akan mudah mengingat
    – tidak ada sesi tanya jawab apakah siswa paham dengan materi yg disampaikan sehingga guru tersebut tidak mengetahui apakah siswanya sudah paham atau belum
    tetapi secara keseluruhan proses pembelajaran nya sudah bagus

    Penutup:
    Melaksanakan evaluasi dan simpulan hasil. Guru melakukan inovasi sesuai dengan karakteristik siswa sesuai dengan metode yang diajarkan

  2. Nama : ALHA
    Nim : 859768653
    Prodi : PGSD BI
    UPBJ : KENDARI

    Setelah menyimak vidio Pembelajaran sangat menarik dan memberikan/menumbuhkan semangat kepada siswa untuk bisa mengenal huruf bagi siswa yang belum mengenal huruf.selain itu guru juga melakukan pendekatan pada peserta didik dengan menunjukkan gambar ayah dan ibu pada setiap peserta didik secara bergantian. namun ada beberapa kekurangandalam video tersebut, Adapun kelemahan guru dalam video tersebut seperti dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka. saya sangat menyukai karena guru kreatif dalam mengajar anak,membuat media gambar dan huruf abjad,sehingga siswa tertarik, gurunya semangat antusias,dan yang saya sukai gurunya menghampiri siswa yang kesulitan kemeja siswa.mengajarkan siswa kelas rendah itu tidaklah mudah, memang sebagai guru kita haruslah kreatif, mungkin sebagai guru kita harus menyediakan alat media lainnya, agar siswa tidak bosan,kita juga harus mencairkan susasana kelas agar siswa lebih semangat.
    barangkali pemebelajaran ini bisa menggunakan alat multimedia seperti infoku untuk menampilkan gambar biar perhatian siswa lebih terfokus lagi.

    sekian dan terima kasih

  3. Nama : Ahmad Kusaeri
    NIM : 836398146
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bogor

    Setelah saya menyimak video pembelajaran tentang kesulitan membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat untuk kelas rendah, menurut saya sudah bagus dan ibu guru yang sangat kreatif, siswa pun terlihat sangat bahagia belajar bersama ibu guru tersebut. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihannya.

    untuk kelebihannya
    1. Guru Memulai pembelajaran dengan menyanyikan lagu pergi sekolah yang kemudian dikaitkan dengan pembelajaran
    2. Guru dan murid aktif saling berkomunikasi atau tanya jawab
    3. Siswa terlihat tertib
    4. Siswa terlihat sangat menyenangkan belajar bersama ibu guru tersebut

    dan beberapa kekurangan pada pembelajaran ini
    1. pada awal pembelajaran guru tidak di mulai dengan membaca doa
    2. Murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.
    Solusinya:
    1. Guru bisa menulis di papan tulis huruf abjad dari A sampai Z. Agar siswa paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar siswa bisa membaca dan mengeja, dan siswa tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
    2. Guru mencontohkan cara menulis setiap huruf A sampai Z agar siswa paham cara menulis huruf tersebut sehingga siswa tersebut dapat menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
    Selain menulis, ada pula beberapa siswa yang yang mengalami kesulitan membaca, berikut adalah solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca pemula yaitu
    1. guru dapat memberikan tambahan belajar di luar jam pelajaran agar siswa lebih cepat memahami bagaimana cara membaca dengan benar
    2. Hubungan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua siswa.
    3. Orang tua harus lebih memperhatikan, memantau anak di rumah dalam belajar membaca.
    4. Minat siswa harus dikembangkan dan dilatih terus menerus, hasil ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat mengembangkan minat dan kemampuan siswa kelas rendah dalam keterampilan membaca.

  4. Nama : Ahmad Kusaeri
    NIM : 836398146
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Bogor

    Setelah menonton video pembelajaran tentang kesulitan membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat untuk kelas rendah, menurut saya sudah bagus dan ibu guru yang sangat kreatif, siswa pun terlihat sangat bahagia belajar bersama ibu guru tersebut. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihannya.

    untuk kelebihan dari video tersebut yaitu dari tayangan video ini proses pembelajaran yang masih kurang kondusif dimana yang aktif mungkin hanya yang pintar-pintar saja, sedangkan yang kurang pintar/kurang aktif lebih bersifat menonton saja.
    adapun kelebihan dari video tersebut yaitu dari tayangan video sudah cukup baik dalam pembelajaran guru tersebut memberikan materi kepada siswa dan siswinya dengan sangat jelas. dimana ibu guru memanfaatkan media gambar untuk menarik minat siswa dan siswinya untuk belajar dengan semangat.

  5. Nama : Neneng Suharti
    NIM : 856253934
    Program Studi : S1-PGSD
    UPBJJ : Padang

    Setelah menonton video pembelajaran tentang kesulitan membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat untuk kelas rendah, menurut saya sudah bagus dan ibu guru yang sangat kreatif, siswa pun terlihat sangat bahagia belajar bersama ibu guru tersebut. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihannya. untuk kelebihan dari video tersebut yaitu dari tayangan video ini proses pembelajaran yang masih kurang kondusif dimana yang aktif mungkin hanya yang pintar-pintar saja, sedangkan yang kurang pintar/kurang aktif lebih bersifat menonton saja. adapun kelebihan dari video tersebut yaitu dari tayangan video sudah cukup baik dalam pembelajaran guru tersebut memberikan materi kepada siswa dan siswinya dengan sangat jelas. dimana ibu guru memanfaatkan media gambar untuk menarik minat siswa dan siswinya untuk belajar dengan semangat

  6. Nama: Zahira Bibi
    Nim: 857162536
    Program: S1 PGSD
    Kelas : 2A

    Setelah melihat video diatas pada dasarnya kesulitan yang dihadapi guru sama, guru memang harus kreatif, sabar dalam menghadapi peserta didik yang belum lancar membaca. Suatu hal yang sangat membahagiakan dihati bagi saya pribadi saat kita dampingi anak didik dari yang belum bisa membaca hingga jadi lancar membaca, memang diperlukan ekstra sabar. InsyaAllah hal yang menyenangkan saat kita lalui dengan ikhlas krn besar pahala dari Allah. Biasanya yang saya lakukan saat menemukan permasalahan ini awalnya saya cek dari awal tingkat baca tulis hitung anak didik sampai mana, seberapa besar kendala yang dihadapi, setelah saya cek, bagi yang belum lancar membaca menulis saya kumpulkan saya beri pembelajaran tambahan setelah pulang sekolah tiap pekan 2kali selama 1jam 30 menit. Memang ini tidaklah mudah perlu kerjasama dengan orang tua, karena dalam rumah anak juga perlu mereview lagi belajar membacanya. Berbagai model dan cara yang kita gunakan baik berupa permainan huruf, kartu, membaca mengeja jilid dan berawal dari bacaan qur’an bagi muslim seperti a ba ta sa dll. Metode permainan buka tutup huruf dan dua huruf, menyusun suku kata menjadi kata bermakna dll.
    Dan yang paling utama agar anak selalu termotivasi kita selalu memberikan apresiasi baik itu pujian saat dapat melakukanya dengan baik. Kerjasama yang baik antara orang tua dan guru insyaAllah akan memudahkan anak cepat bisa membaca.

  7. Setelah saya menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tentang Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru diantaranya :
    1. Guru tersebut tidak melakukan salam pembuka sebagai kegiatan awal pembelajaran kepada siswa
    2. Guru tersebut tidak melakukan kegiatan berdoa bersama sebelum memulai kegiatan pembelajaran
    3. Guru tersebut juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tersebut tidak melakukan Apersepsi atau ice breaking kepada siswa
    5. Guru tersebut tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    6. Guru tersebut tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    7. Guru tersebut tidak membuat refleksi pembelajaran atau meninjau kembali
    8. guru tersebut bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini atau
    mengevaluasi pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan pada guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi
    pembelajaran Tema “Keluarga”
    2. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa
    yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat
    diberikan media pembelajaran yang berbeda.

  8. Nama : Fauziah Merdekawati
    NIM : 857142369
    Program Studi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Jakarta

    Setelah saya menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tentang Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat untuk kelas rendah yang telah saya simak, saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru diantaranya :
    1. Guru tersebut tidak melakukan salam pembuka sebagai kegiatan awal pembelajaran kepada siswa
    2. Guru tersebut tidak melakukan kegiatan berdoa bersama sebelum memulai kegiatan pembelajaran
    3. Guru tersebut juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tersebut tidak melakukan Apersepsi atau ice breaking kepada siswa
    5. Guru tersebut tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang 6. Guru tersebut tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    7. Guru tersebut tidak membuat refleksi pembelajaran atau meninjau kembali
    8. guru tersebut bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini atau
    mengevaluasi pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan pada guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi
    pembelajaran Tema “Keluarga” .
    2. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa
    yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat
    diberikan media pembelajaran yang berbeda

  9. Nama : Siti Nur Khairiah
    Nim : 859165995
    Jurusan : S1 PGSD
    UT Semester 2

    Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas, terlihat dalam dalam proses belajarnya guru sudah menerapkan kemampuan guru dalam:
    1. Mengelola kelas: Seorang guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, membangun iklim yang kondusif untuk pembelajaran dan mengatur kegiatan pembelajaran secara efektif.
    2. Pada awal mengajar guru sudah meningkatkan kan semangat belajar siswa dengan mengawali pelajaran dengan nyanyian yang kita ketahuai bersama jika anak-anak menyukai bernyanyi.
    3. Guru melakukan stimulus pada siswa untuk mendapatkan respon dengan pemberian stimulus berupa pertanyaan siapa yang punya ayah dan ibu ?
    4. Guru juga menggunakan media gambar dalam pengajarannya
    5. Guru juga Mampu berkomunikasi dengan baik: Seorang guru harus mampu berkomunikasi dengan baik, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan.
    6. Kreatif dan inovatif: Seorang guru harus mampu menciptakan metode pengajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan lebih tertarik untuk belajar.

  10. Nama : Siti Nur Khairiah

    Nim : 859165995

    Jurusan : S1 PGSD

    UT Semester 2

    Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas, terlihat dalam dalam proses belajarnya guru sudah menerapkan kemampuan guru dalam:
    1. Mengelola kelas: Seorang guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, membangun iklim yang kondusif untuk pembelajaran dan mengatur kegiatan pembelajaran secara efektif.
    2. Pada awal mengajar guru sudah meningkatkan kan semangat belajar siswa dengan mengawali pelajaran dengan nyanyian yang kita ketahuai bersama jika anak-anak menyukai bernyanyi.
    3. Guru melakukan stimulus pada siswa untuk mendapatkan respon dengan pemberian stimulus berupa pertanyaan siapa yang punya ayah dan ibu ?
    4. Guru juga menggunakan media gambar dalam pengajarannya
    5. Guru juga Mampu berkomunikasi dengan baik: Seorang guru harus mampu berkomunikasi dengan baik, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan.
    6. Kreatif dan inovatif: Seorang guru harus mampu menciptakan metode pengajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan lebih tertarik untuk belajar.

Leave a Reply