silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama saya : NUR WIDYA AYU WULANTIKA. Nim : 855983538. Saya mahasiswa Universitas Terbuka. UPBJJ Medan. Pokjar Labura. Semester 8 AKPMM. Disini saya akan memberikan komentar untuk memenuhi tugas mata kuliah.
    5 poin penting atau 5 permasalahan pada video pembelajaran Bahasa Indonesia materi “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” yaitu :
    1. Pada saat melakukan kegiatan pembelajaran guru di awal pembelajaran buruk tidak melakukan salam pembuka, kegiatan berdoa, tidak melakukan absensi kehadiran siswa, guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, guru tidak melakukan kegiatan refleksi bersama siswa, guru tidak membentuk kelompok diskusi untuk memperkuat pemahaman siswa, guru tidak melakukan kegiatan tanya jawab, guru tidak melakukan kegiatan pengerjaan tugas, dan pada kegiatan akhir guru tidak melakukan kegiatan penutup.
    2. Guru tidak menjelaskan tentang pengertian huruf vokal dan huruf konsonan
    3. Siswa sulit membedakan huruf yang bentuknya hampir sama
    4. Siswa kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan
    5. Media yang digunakan guru kurang efektif.

  2. Nama: Rika Anggriani
    Nim: 859166159
    Jurusan : S1 PGSD

    Setelah menonton video pembelajaran tentang kesulitan membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat untuk kelas rendah, menurut saya sudah bagus dan ibu guru yang sangat kreatif, siswa pun terlihat sangat bahagia belajar bersama ibu guru tersebut. Namun ada beberapa kekurangan dan kelebihannya. untuk kelebihan dari video tersebut yaitu dari tayangan video ini proses pembelajaran yang masih kurang kondusif dimana yang aktif mungkin hanya yang pintar-pintar saja, sedangkan yang kurang pintar/kurang aktif lebih bersifat menonton saja. adapun kelebihan dari video tersebut yaitu dari tayangan video sudah cukup baik dalam pembelajaran guru tersebut memberikan materi kepada siswa dan siswinya dengan sangat jelas. dimana ibu guru memanfaatkan media gambar untuk menarik minat siswa dan siswinya untuk belajar dengan semangat.

  3. Nama: Rika Anggriani
    Nim: 859166159
    Jurusan : S1 Pgsd

    Pada vidio kesulitan membaca huruf , suku kata, kata dan kalimat saya melihat beberapa kekurangan guru dalam mengajar yaitu :
    Guru tidak ada melakukan kegiatan pendahuluan seperti , salam, berdoa, menanyakan kabar kepada anak didik nya , tidak ada pengecekan kehadiran juga untuk memastikan kelengkapan siswa nya, siswa juga masih ada beberapa yg kurang fokus.

    Kelebihan nya.

    Guru meminta siswa nya untuk menyusun huruf menjadi kata membuat siswa yg belum bisa membaca bisa sambil belajar membaca juga di pelajaran tersebut. anak _ anak yang awal nya bosan bisa kembali bersemangat lagi setelah ada pelajaran menyusun huruf tersebut.
    Guru nya juga sudah bagus cara penyampaiannya dengan semangat.

    Terima kasih

  4. Nama: Rika Anggriani
    Nim: 859166159
    Jurusan : S1 Pgsd

    Pada vidio kesulitan membaca huruf , suku kata, kata dan kalimat saya melihat beberapa kekurangan guru dalam mengajar yaitu :
    Guru tidak ada melakukan kegiatan pendahuluan seperti , salam, berdoa, menanyakan kabar kepada anak didik nya , tidak ada pengecekan kehadiran juga untuk memastikan kelengkapan siswa nya, siswa juga masih ada beberapa yg kurang fokus.

    Kelebihan nya.
    Guru meminta siswa nya untuk menyusun huruf menjadi kata membuat siswa yg belum bisa membaca bisa sambil belajar membaca juga di pelajaran tersebut. anak _ anak yang awal nya bosan bisa kembali bersemangat lagi setelah ada pelajaran menyusun huruf tersebut.
    Guru nya juga sudah bagus cara penyampaiannya dengan semangat dan dengan suara yang lantang.

    Terima kasih

  5. Nama : M. Askur sapar
    Nim : 859406966
    Jurusan : S1 PGSD

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

  6. Nama : Siti Aisyatu Rahmawati
    NIM : 857027701
    Prodi : PGSD
    Setelah saya menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah dengan judul kesulitan membaca huruf suku kata dan kalimat di sekolah dasar, menurut saya dalam video tersebun guru sudah cukup baik dalam menyampaikan pembelajaran membaca dengan menstimulasi peserta didik dengan bernyanyi kemudian disertakan dengan media belajar berupa gambar dan huruf. Akan tetapi kesulitan membaca pada anak-anak tidak terjadi begitu saja, terdapat beberapa faktor penyebab yang mangakibatkan kesulitan membaca, diantaranya faktor internal siswa yaitu berasal dari pada diri peserta didik itu sendiri seperti jasmaniah(penyakit, kemampuan mengingat, serta pendengaran, selain itu faktor fisikologis (minat, usia, intelegensi). salah satu upaya yang dapat diberikan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada peserta didik yaitu, menggunakan pelayanan spesifik membaca selama 10 menit sebelum memulai pelajaran dan saat jam istirahat. selain itu metode belajar yang biasanya banyak digunakan yaitu membuat abjad dan membuat suku kata. proses pembelajaran membaca menggunakan metode abjad yang dilakukan dimulai dengan guru mengajarkan cara membaca huruf-huruf alphabet, setelahnya guru mengarahkan huruf secara random. Bagi peserta didik yang mengalami kesulitan membaca sebagai guru sebaiknya mempelajari dan memahami tentang anak yang kesulitan dalam membaca berdasarkan sifat dan karakteristik peserta didik sehingga mengetahui masalah kesulitan membaca dan faktor penyebabnya secara tepatakan berguna dalam menentukan metode atau cara yang tepat guna mengatasi masalah tersebut dan sebaiknya konsisten dalam menerapkan pelayanan khusus yang telah disepakati. kemudian selain di lingkungan sekolah, guru perlu memberikan himbauan kepada orang tua peserta didik untuk selalu mengusahakan agar memperhatikan pendidikan anak dan ikut andil dalam proses pembelajaran anak yang dijalani sehingga apabila terjadi kesulitan membaca ini dapat diditeksi sedari dini

  7. ASTUTI
    NIM. 859167301
    ASSALAMUALAIKUM.
    setelah melihat vidio tentang membaca abjat, suku kata dan lain-lain menurut saya cara mengajar guru sudah bagus dan kekuranganya,
    -guru kurang memotivasi siswa dalam keadaan bosan dan pada saat kehilangan kosentrasi, tujuanya memotivasi bisa dilakukan dengan pemberian yel-yel siswa dalam keadaan tersebut untuk mengembalikan keadaan siswa unutuk tetap semangat dalm proses belajar.
    – guru sebelum memperkenalakan abjat sebelum memulai membaca. tujuannya untuk mengingatkan siswa sebelum membaca
    -guru kurang mengembangkan metode belajar seperti metode demonstarsi, dngan tujuan supaya siswa dapat aktif di depan tidak hanya belajar membaca di meja saja tapi bisa dilakukan di papan dengan menempel gambar di papan dan siswa
    menempelkan huruf dan membaca sesuai gambar
    – guru tidak mengelompokan siswa yang belum mengenal huruf,kata, atau kalimat. tujuanya dalam membedakan anak-anak tersebut kita dapat memberikan setiap kelompoknya alat peraga yang sesuai dengan kemampuanya sehingga dari setiap kelompok tersebut dapat belajar aktif dengan alat peraga masing-masing.

  8. Nama:Muhammad iqbal Saleh
    NIM :855991725

    Berikut analisis saya:
    Ibu guru tersebut sudah melakukan cara mengajar yang menarik dan sudah membangkitkan motivasi siswa
    untuk belajar dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi bersama sama. dalam kegiatan pembelajaran guru juga menggunakan media pembelajaran yaitu media gambar yang bisa melatih dan membuat siswa pemula bisa memahami dan mengikuti pelajaran yang telah berlangsung. guru tersebut juga aktif dengan mendatangi peserta didik dan membimbing siswanya dengan baik. guru tersebut juga mengenalkan huruf satu persatu ke siswa dengan menggunakan media pembelajaran.
    kekurangan dalam vidio tersebut yaitu, proses pembelajaran tidak di awali dengan doa, guru juga tidak melakukan kehadiran siswa, sebaiknya guru menyapa siswa terlebih dahulu.

  9. Nama : Fitri Isnaeni Nurunnisa
    NIM : 857304581
    UT SEMESTER 8
    Berdasarkan dari video yang saya lihat mengenai pembelajaran bahasa indonesia dalam hal tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat seharusnya di pendahuluan saat mengawali pembelajaran sedikit ada yang kurang, alangkah baiknya sebelum memulai dengan mengeja bacaan anak pertama-tama harus di perkenalkan tentang huruf abjad baru siswa diajak membaca perkata yang ditunjukan oleh guru seperti contoh kata IBU, yang kedua pembelajarannya cukup membuat anak merasakan bosan karena anak2 diusia seperti itu sangat cepat merasakan bosan namun selebihnya guru tersebut sudah cukup baik dalam menyampaikan pembelajaran dan bisa mengajak siswa ikut aktif dalam pembelajaran apalagi dengan adanya media atau alat peraga yang dapat memudahkan siswa untuk menghafal ejaan dan mengingatnya.

  10. Nama : Hafezh Al Hakim
    NIM : 857159466
    Kelas : PGSD BI

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

Leave a Reply