silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Auriel Indah Rahmadana
    Nim : 856957345
    Universitas Terbuka Bandar Lampung, salut Way Tuba
    Semester 8
    Dari video yang telah saya simak tadi pada pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, penyebab permasalahan yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan atau menggunakan media belajar yang menarik. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

  2. 1. Berdasaarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
    2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.

    Selain metose yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
    Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
    Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
    Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya secara bertahap.

  3. Nama : Risma Monica
    NIM: 858416205
    Program Studi: S1 PGSD

    Berdasarkan video yang telah saya tonton, ibu guru yang dalam video tersebut sudah mengajar dengan metode yang baik. Sebelumnya memulai pembelajaran, ia menstimulasi siswa dengan bernyanyi sehingga siswa menjadi lebih semangat dan memperhatikan dalam pembelajaran, setelah bernyanyi, ia menstimulasi siswa dengan bertanya kepada siswa apakah terdapat lirik yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dilakukan.
    Media yang digunakan dalam membantu siswa untuk kemampuan membaca permulaan sudah baik, yaitu menggunakan media gambar. Media gambar sangat cocok diterapkan kepada siswa kelas rendah karena dapat menarik minat siswa dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca.
    Kita bisa juga menggunakan media pembelajaran seperti tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak Islam suka membaca), selain itu juga kita bisa memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar

  4. Nama : Tri Hartatik
    Nim : 857757609
    Progdi : S1 PGSD
    Setelah menonton tayangan video ini saya mendapatkan pelajaran dan ilmu karena dalam tayangan ini guru mampu membuat suasana kelas menjadi menarik dan hidup. Dalam tayangan tersebut guru juga mengajak siswa belajar sambil bernyanyi yang membuat siswa bersemangat dalam menerima pelajaran. Jadi tidak membuat siswa jenuh. Guru tidak hanya duduk ditempatnya saja saat mengajar tapi juga menghampiri para siswa di tempat duduknya. Media yang digunakan pada tayangan video tersebut menggunakan gambar yang dapat membuat siswa mampu memahaminya.
    Kekurangan dalam tayangan video tersebut guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa dan media pembelajaran yang digunakan masih harus ditambah.

  5. Nama : Yuli Puspitasari
    NIM : 857102659
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah saya menonton video pembelajaran tentang cara membaca permulaan bagi kelas rendah yaitu, menurut pendapat mengajarkan anak dalam membaca khususnya kelas rendah yaitu alangkah baiknya menggunakan media pembelajaran yang konkret, yang bisa mereka lihat dan raba secara langsung, biarkan anak bereksplorasi cara membaca dan menelaah serta mengaplikasikan cara membaca dimulai dari abjad, suku kata dan sebuah kalimat.

    Jika hanya menggunakan gambar yg bertuliskan saja tanpa anak mengaplikasikannya akan membuat anak jenuh dalam belajar terutama dala membaca.

  6. Nama : Friltia Dwi Herjanti
    NIM : 857160604
    UT : Semester 2 BI
    1. Setelah mengamati video diatas , saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1) .
    2. Cara mengatasi permasalahannya adalah dengan membuat berbagai metode dan media yang bisa merangsang siswa untuk mampu mengenal, mengeja dan membaca tulisan.
    Selain metode dan model pembelajaran diatas di tempat saya mengajar menerapkan jam tambahan ( tutorial ) bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk mengulang ( meriview ) sebelum dan setelah siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
    Media pembelajaran yang biasa digunakan seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping
    Selain itu kita tidak lupa memberikan apresiasi dengan memberikan pujian sebagai bentuk penghargaan karena siswa tersebut sudah mampu berusaha mengenal dan mengeja huruf dengan baik. Kita pun menjalin hubungan yang baik dengan orangtua dengan bekerjasama saling memberikan informasi cara – cara yang bisa dilakukan siswa di rumah.

  7. Nama : Liziyah Andriani
    NIM : 858743904
    PGSD BI

    1. Berdasaarkan video tersebut, sebagai guru saya pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
    2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.

    Selain metode yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar saat pulang sekolah.
    Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
    Selain itu kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
    Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya secara bertahap.

  8. NAMA : Gerardus Worung
    NIM : 031135983
    PRODI : S1- Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ : Manado

    Dalama video yang di tampikan sangat bagus karena metode mengajar membaca yang di tampilkan dapat di terapkan di kelas dengan melakukan pembelajaran yang kreatif seperti dalam video tersebut seperti mengajak siswa untuk bernyanyi hal ini akan menambah kosa kata anak yang belum bisa membaca dan dengan media yang di gunakan menarik perhatian siswa dengan menggunakan metode – metode tersebut akan dapat membantu anak anak yang belum bisa membaca menjadi lebih cepat dalam membaca , karna metode yang bervariasi dapat di gunakan di setiap siswa yang berbeda.

  9. Nama : Aulia Kinanti
    NIM : 856974477

    Menurut pendapat saya, setelah melihat video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan. Kemudian dalam kegiatan belajar mengajar guru hendaknya mempunyai system dalam pembelajaran seperti :
    1. Kegiatan awal/pendahuluan
    2. Kegiatan inti
    3. Kegiatan akhir/penutup

    Kekurangan :
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.

    Sedangkan kelebihan :
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda.

    Dalam tayangan ini guru mampu membuat suasana kelas menjadi menarik dan hidup. Dalam tayangan tersebut guru juga mengajak siswa belajar sambil bernyanyi yang membuat siswa bersemangat dalam menerima pelajaran. Jadi tidak membuat siswa jenuh. Guru tidak hanya duduk ditempatnya saja saat mengajar tapi juga menghampiri para siswa ditempat duduknya. Media yang digunakan pada tayangan video tersebut menggunakan gambar yang dapat membuat siswa mampu memahaminya.

  10. Nama : Aulia Kinanti
    NIM : 856974477

    Menurut saya, setelah melihat video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan. Kemudian dalam kegiatan belajar mengajar guru hendaknya mempunyai system dalam pembelajaran seperti :
    – Kegiatan awal/pendahuluan seperti : melakukan salam pembuka, absensi kehadiran
    – Kegiatan inti : menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa
    – Kegiatan akhir/penutup : membuat refleksi pembelajaran dan kesimpulan pembelajaran

    Saran : menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda dan memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga, guru mampu membuat suasana kelas menjadi menarik dan hidup, mengajak siswa belajar sambil bernyanyi yang membuat siswa bersemangat dalam menerima pelajaran. Jadi tidak membuat siswa jenuh ataupun bosan.

Leave a Reply