silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb
    Izin menjawab diskusi
    Nama : Kurniawati
    Nim : 856493201
    Prodi : S1 PGSD
    Upbjj : pekanbaru
    Dari Vidio yang saya tonton saya menganalisis
    1. Reaksi siswa tentang pembelajaran yang dilakukan guru pada Vidio tersebut adalah,siswa merasa senang dan bahagia ketika guru sebelum mengajar bernyanyi dan melakukan appersepsi dari lagu tersebut.
    2.pada Vidio tersebut tidak nampak kelemahan guru dalam mengajar,media dan metode mengajar nya sangat menarik.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru menggunakan media kartu utuk peserta didik yang belum bisa membaca.
    4. Hal unik yang ditemukan adalah ,guru sebelum belajar bernyanyi,dan melakukan appersepsi,guru menampilkan media dan anak mengeja tulisan pada media guru.
    5. Upaya yang harus ditingkatkan adalah menampil kan media yang lebih menarik lagi.anak disuruh kedepan menempel kan kartu huruf .

  2. Nama : Khoirun Nisa’
    NIM : 858685461
    UPBJJ Surabaya Pokjar Putra Bangsa Jombang

    setelah menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah tersebut, ada beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain :
    guru tidak melakukan kegiatan pembukaan terlebih dahulu, seharusnya sebelum memulai kegiatan pembelajaran diawali dengan salam, kemudian, mengecek kehadiran siswa, membangkitkan semangat siswa, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. dan pada akhir pembelajaran pun tidak terdapat kegiatan refleksi dan kesimpulan belajar hari ini

    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    – Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan nyanyian terkait materi pembelajaran bab Keluarga
    – Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda

  3. Nama : Hikmatul Fajriah
    NIM : 857160518
    Prodi : S1 – PGSD
    Pokjar : Tambun Selatan

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menururt saya guru melakukan kegiatan mengajar sudah cukup baik diantaranya:
    1. suasana kelas menyengkan, guru mengawali pertemuan dengan bernyanyi.
    2. Guru mengajar dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf, sehingga siswa lebih antusias dalam menyusun huruf menjadi kata.
    3. Guru sabar mengajari siswa dan
    4. Guru memberikan dukungan untuk para siswa

    Tetapi, selain memiliki kelebihan. Dalm video pembelaaran tersebut ada beberapa kekurangan yang terlihat, seperti :
    1. Awal pembelajaran tidak diawali dengan doa dan absen kehadiran
    2. Beberapa siswa ada yang tidak memperhatikan, ketika guru menunjuk gambar yang dimaksudkan
    2. Kartu gambar yang digunakan kurang menarik karena tidak adanya warna. Dan juga terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk paling belakang akan sedikit kesulit an untuk melihat gambar da huruf – hurufnya.
    Kalau saya sarankan boleh memakai Infokus agar gambar terlihat lebih jelas dan berwarna.

  4. Nama : Hikmatul Fajriah
    NIM : 857160518
    Prodi : S1 – PGSD
    Pokjar : Tambun Selatan

    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menururt saya guru melakukan kegiatan mengajar sudah cukup baik diantaranya:
    ■ suasana kelas menyengkan, guru mengawali pertemuan dengan bernyanyi.
    ■ Guru mengajar dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf, sehingga siswa lebih antusias dalam menyusun huruf menjadi kata.
    ■ Guru sabar mengajari siswa
    ■ Guru memberikan dukungan untuk para siswa.

    Tetapi, selain memiliki kelebihan. Dalm video pembelaaran tersebut ada beberapa kekurangan yang terlihat, seperti :
    ■ Awal pembelajaran tidak diawali dengan doa dan absen kehadiran
    ■ Beberapa siswa ada yang tidak memperhatikan, ketika guru menunjuk gambar yang dimaksudkan
    ■ Kartu gambar yang digunakan kurang menarik karena tidak adanya warna. Dan juga terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk paling belakang akan sedikit kesulit an untuk melihat gambar da huruf – hurufnya.

    Kalau saya sarankan boleh memakai Infokus agar gambar terlihat lebih jelas dan berwarna

  5. Saya adalah tutor dan dosen yang mengembangkan metode membaca permulaan.

    Nama : H. Dr. Prana Dwija Iswara
    ID Tutor : 24000228
    Prodi : S-1 PGSD
    UPBJJ : Bandung

    Silakan gunakan untuk siswa yang belum tuntas membaca permulaan dan mohon diisi surveynya yang tautan Google Forms-nya ada di kedua media itu.

    Silakan bagikan (share) kepada guru yang membutuhkan.

    Survey Google Forms Android https://forms.gle/AkJi3qBSQwzre2Mh9

    Aplikasi HTML/Android dapat diunduh di folder https://drive.google.com/drive/folders/178ZleGqBlBM6hvBaKmPf2qHYp7LJ_4Lf?usp=sharing

    Ada tiga file
    1. Aplikasi html (zip)
    2. Ebook (pdf)
    3. Aplikasi Android (apk)

    Terima kasih

  6. Assalamu’alaikum wr. b
    Izin menjawab diskusi
    Nama : Ari Setyoningsih
    NIM : 857604452
    Prodi : S1 PGSD BI
    upbjj : Purwokerto
    Dari video yang saya tonton saya menganalisis,
    Upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan melalui pelajaran bahasa Indonesia adalah dengan memfokuskan pelajaran untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Pembelajaran membaca permulaan dilakukan dengan detail dan bertahap, mulai dari mengenalkan huruf, membaca suku kata, hingga merangkai kata.
    peserta didik akan dikenalkan huruf, suku kata, serta diajarkan merangkai kata secara perlahan. Hal ini karena siswa kelas rendah harus segera menguasai kedua keterampilan berbahasa tersebut guna menunjang proses pembelajaran didalam kelas. Pembelajaran akan berjalan lancar apabila siswa menguasai kemampuan membaca dan menulis.

  7. Nama : Muhammad Fahrozi Sinaga
    Nim : 856026302
    Pokjar : Sei Balai Kab.Batu Bara
    Progran Studi : S1 PGSD
    Setelah menyimak vidio pembelajaran bahasa indonesia dengan materi, “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”, menurut pendapat saya vidio pembelajaran ini sangat berguna untuk menjadi referensi guru untuk membantu dalam mengajarkan pembelajaran kepada siswa kelas rendah dimana siswanya masih kesulitan membaca dan menggabungkan huruf huruf menjadi sebuah kalimat atau kata. Jadi guru dapat mencontoh metode yang cocok di kelas mereka dalam mengajarkan anak didik yang kesulitan membaca sehingga pembelajaran yang dilakukan guru akan lebih efisien dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.

  8. Nama : MESRAWATI ZAI
    NIM ; 855976138
    Tanggal 23 Mei 2023

    berdasarkan video diatas maka yang menjadi kekurangannya adalah
    1. siswa kurang fokus mengikuti pembelajaran
    2. lembar kerja siswa belum disiapkan dengan baik
    3. instruksi tidak disampaikan dengan jelas
    4. pembagian kelas harus heterogen
    5. pemberian batas waktu penting

  9. NAMA : NIKI MUHAMMAD AGUS DIANTO
    NIM : 858816404
    PRODI : S1-PGSD
    POKJAR : MALANG

    dari vidio tersebut menurut pendapat saya guru dalam mengajar sudah baik. Namun, dalam mengajar terutama kelas rendah kita harus menciptakan suasana yang lebih nyaman agar murid dapat fokus dalam mengikuti pelajaran. Sebelum memulai pelajaran, guru harus melakukan apresiasi atau mengulang materi pelajaran sebelumnya agar dapat sinkron dengan materi baru yang akan disampaikan.
    Guru dalam video juga tidak menyebutkan tujuan pembelajaran serta tidak melakukan refleksi pembelajaran, serta tidak membuat kesimpulan apa yang sudah dipelajari hari ini.
    Mungkin alternatif pemecahan masalahnya, guru tersebut dapat menggunakan metode demonstrasi dengan media seperti gambar, atau kartu abjad.
    Sehingga murid lebih mudah dalam mengingat bentuk huruf serta lebih mudah dalam melafalkannya. Karena bagi kelas rendah hal tersebut dapat membuat murid lebih fokus dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.

  10. Nama ; MESRAWATI ZAI
    NIM ; 855976138
    Tanggal ; 24 Mei 2023

    1. siswa kurang fokus mengikuti pembelajaran
    2. lembar kerja siswa belum disiapkan dengan baik
    3. instruksi tidak disampaikan dengan jelas
    4. pembagian kelas harus heterogen
    5. pemberian batas waktu penting

Leave a Reply