Similar Posts
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Assalamualaikum wr.wb
Izin menjawab diskusi
Nama : Kurniawati
Nim : 856493201
Prodi : S1 PGSD
Upbjj : pekanbaru
Dari Vidio yang saya tonton saya menganalisis
1. Reaksi siswa tentang pembelajaran yang dilakukan guru pada Vidio tersebut adalah,siswa merasa senang dan bahagia ketika guru sebelum mengajar bernyanyi dan melakukan appersepsi dari lagu tersebut.
2.pada Vidio tersebut tidak nampak kelemahan guru dalam mengajar,media dan metode mengajar nya sangat menarik.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru menggunakan media kartu utuk peserta didik yang belum bisa membaca.
4. Hal unik yang ditemukan adalah ,guru sebelum belajar bernyanyi,dan melakukan appersepsi,guru menampilkan media dan anak mengeja tulisan pada media guru.
5. Upaya yang harus ditingkatkan adalah menampil kan media yang lebih menarik lagi.anak disuruh kedepan menempel kan kartu huruf .
Nama : Khoirun Nisa’
NIM : 858685461
UPBJJ Surabaya Pokjar Putra Bangsa Jombang
setelah menyimak video pembelajaran bahasa indonesia untuk kelas rendah tersebut, ada beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain :
guru tidak melakukan kegiatan pembukaan terlebih dahulu, seharusnya sebelum memulai kegiatan pembelajaran diawali dengan salam, kemudian, mengecek kehadiran siswa, membangkitkan semangat siswa, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. dan pada akhir pembelajaran pun tidak terdapat kegiatan refleksi dan kesimpulan belajar hari ini
Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
– Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan nyanyian terkait materi pembelajaran bab Keluarga
– Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda
Nama : Hikmatul Fajriah
NIM : 857160518
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Tambun Selatan
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menururt saya guru melakukan kegiatan mengajar sudah cukup baik diantaranya:
1. suasana kelas menyengkan, guru mengawali pertemuan dengan bernyanyi.
2. Guru mengajar dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf, sehingga siswa lebih antusias dalam menyusun huruf menjadi kata.
3. Guru sabar mengajari siswa dan
4. Guru memberikan dukungan untuk para siswa
Tetapi, selain memiliki kelebihan. Dalm video pembelaaran tersebut ada beberapa kekurangan yang terlihat, seperti :
1. Awal pembelajaran tidak diawali dengan doa dan absen kehadiran
2. Beberapa siswa ada yang tidak memperhatikan, ketika guru menunjuk gambar yang dimaksudkan
2. Kartu gambar yang digunakan kurang menarik karena tidak adanya warna. Dan juga terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk paling belakang akan sedikit kesulit an untuk melihat gambar da huruf – hurufnya.
Kalau saya sarankan boleh memakai Infokus agar gambar terlihat lebih jelas dan berwarna.
Nama : Hikmatul Fajriah
NIM : 857160518
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Tambun Selatan
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, menururt saya guru melakukan kegiatan mengajar sudah cukup baik diantaranya:
■ suasana kelas menyengkan, guru mengawali pertemuan dengan bernyanyi.
■ Guru mengajar dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf, sehingga siswa lebih antusias dalam menyusun huruf menjadi kata.
■ Guru sabar mengajari siswa
■ Guru memberikan dukungan untuk para siswa.
Tetapi, selain memiliki kelebihan. Dalm video pembelaaran tersebut ada beberapa kekurangan yang terlihat, seperti :
■ Awal pembelajaran tidak diawali dengan doa dan absen kehadiran
■ Beberapa siswa ada yang tidak memperhatikan, ketika guru menunjuk gambar yang dimaksudkan
■ Kartu gambar yang digunakan kurang menarik karena tidak adanya warna. Dan juga terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk paling belakang akan sedikit kesulit an untuk melihat gambar da huruf – hurufnya.
Kalau saya sarankan boleh memakai Infokus agar gambar terlihat lebih jelas dan berwarna
Saya adalah tutor dan dosen yang mengembangkan metode membaca permulaan.
Nama : H. Dr. Prana Dwija Iswara
ID Tutor : 24000228
Prodi : S-1 PGSD
UPBJJ : Bandung
Silakan gunakan untuk siswa yang belum tuntas membaca permulaan dan mohon diisi surveynya yang tautan Google Forms-nya ada di kedua media itu.
Silakan bagikan (share) kepada guru yang membutuhkan.
Survey Google Forms Android https://forms.gle/AkJi3qBSQwzre2Mh9
Aplikasi HTML/Android dapat diunduh di folder https://drive.google.com/drive/folders/178ZleGqBlBM6hvBaKmPf2qHYp7LJ_4Lf?usp=sharing
Ada tiga file
1. Aplikasi html (zip)
2. Ebook (pdf)
3. Aplikasi Android (apk)
Terima kasih
Assalamu’alaikum wr. b
Izin menjawab diskusi
Nama : Ari Setyoningsih
NIM : 857604452
Prodi : S1 PGSD BI
upbjj : Purwokerto
Dari video yang saya tonton saya menganalisis,
Upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan melalui pelajaran bahasa Indonesia adalah dengan memfokuskan pelajaran untuk pembelajaran membaca dan menulis permulaan. Pembelajaran membaca permulaan dilakukan dengan detail dan bertahap, mulai dari mengenalkan huruf, membaca suku kata, hingga merangkai kata.
peserta didik akan dikenalkan huruf, suku kata, serta diajarkan merangkai kata secara perlahan. Hal ini karena siswa kelas rendah harus segera menguasai kedua keterampilan berbahasa tersebut guna menunjang proses pembelajaran didalam kelas. Pembelajaran akan berjalan lancar apabila siswa menguasai kemampuan membaca dan menulis.
Nama : Muhammad Fahrozi Sinaga
Nim : 856026302
Pokjar : Sei Balai Kab.Batu Bara
Progran Studi : S1 PGSD
Setelah menyimak vidio pembelajaran bahasa indonesia dengan materi, “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”, menurut pendapat saya vidio pembelajaran ini sangat berguna untuk menjadi referensi guru untuk membantu dalam mengajarkan pembelajaran kepada siswa kelas rendah dimana siswanya masih kesulitan membaca dan menggabungkan huruf huruf menjadi sebuah kalimat atau kata. Jadi guru dapat mencontoh metode yang cocok di kelas mereka dalam mengajarkan anak didik yang kesulitan membaca sehingga pembelajaran yang dilakukan guru akan lebih efisien dan dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Nama : MESRAWATI ZAI
NIM ; 855976138
Tanggal 23 Mei 2023
berdasarkan video diatas maka yang menjadi kekurangannya adalah
1. siswa kurang fokus mengikuti pembelajaran
2. lembar kerja siswa belum disiapkan dengan baik
3. instruksi tidak disampaikan dengan jelas
4. pembagian kelas harus heterogen
5. pemberian batas waktu penting
NAMA : NIKI MUHAMMAD AGUS DIANTO
NIM : 858816404
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : MALANG
dari vidio tersebut menurut pendapat saya guru dalam mengajar sudah baik. Namun, dalam mengajar terutama kelas rendah kita harus menciptakan suasana yang lebih nyaman agar murid dapat fokus dalam mengikuti pelajaran. Sebelum memulai pelajaran, guru harus melakukan apresiasi atau mengulang materi pelajaran sebelumnya agar dapat sinkron dengan materi baru yang akan disampaikan.
Guru dalam video juga tidak menyebutkan tujuan pembelajaran serta tidak melakukan refleksi pembelajaran, serta tidak membuat kesimpulan apa yang sudah dipelajari hari ini.
Mungkin alternatif pemecahan masalahnya, guru tersebut dapat menggunakan metode demonstrasi dengan media seperti gambar, atau kartu abjad.
Sehingga murid lebih mudah dalam mengingat bentuk huruf serta lebih mudah dalam melafalkannya. Karena bagi kelas rendah hal tersebut dapat membuat murid lebih fokus dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.
Nama ; MESRAWATI ZAI
NIM ; 855976138
Tanggal ; 24 Mei 2023
1. siswa kurang fokus mengikuti pembelajaran
2. lembar kerja siswa belum disiapkan dengan baik
3. instruksi tidak disampaikan dengan jelas
4. pembagian kelas harus heterogen
5. pemberian batas waktu penting