Similar Posts
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Nama : Dedek Nuraini
NIM :856446488
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Bagan Batu
dari video diatas menurut pendapat apa yang telah dilakukan oleh guru tersebut dalam mengajar sudah baik. Namun, dalam mengajar terutama kelas rendah kita harus menciptakan suasana yang lebih nyaman agar murid dapat fokus dalam mengikuti pelajaran. Sebelum memulai pelajaran, guru harus melakukan apresiasi atau mengulang materi pelajaran sebelumnya agar dapat sinkron dengan materi baru yang akan disampaikan.
Guru dalam video juga tidak menyebutkan tujuan pembelajaran serta tidak melakukan refleksi pembelajaran, serta tidak membuat kesimpulan apa yang sudah dipelajari hari ini.
Mungkin alternatif pemecahan masalahnya, guru tersebut dapat menggunakan metode demonstrasi dengan media seperti gambar, atau kartu abjad.
Sehingga murid lebih mudah dalam mengingat bentuk huruf serta lebih mudah dalam melafalkannya. Karena bagi kelas rendah hal tersebut dapat membuat murid lebih fokus dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan.
Untuk apersepsi sudah sangat bagus, ketika memperkenalkan gambar warna hitam putih sebagai media sudah cukup bagus, tapi kalau jaman sekarang baiknya menggunakan media berwarna, bisa menggunakan slide show atau video, bisa juga siswa diminta untuk membawa foto keluarga mereka sebagai contoh nyata. Selaoin itu murid bisa menghunakan kartu/flashcard berwarna dan juga memiliki gambar dengan begitu siswa akan lebih tertarik selama proses pembelajaran dan mereka bisa mengamati dan membaca secara langsung dengan media yang berwarna. Seorang guru juga bisa mengajak anak-anak untuk membaca menggunakan ritme atau lagu agar siswa lebih tertarik dan fokus.
Untuk apersepsi sudah sangat bagus, ketika memperkenalkan gambar warna hitam putih sebagai media sudah cukup bagus, tapi kalau jaman sekarang baiknya menggunakan media berwarna, bisa menggunakan slide show atau video, bisa juga siswa diminta untuk membawa foto keluarga mereka sebagai contoh nyata. Selaoin itu murid bisa menghunakan kartu/flashcard berwarna dan juga memiliki gambar dengan begitu siswa akan lebih tertarik selama proses pembelajaran dan mereka bisa mengamati dan membaca secara langsung dengan media yang berwarna. Seorang guru juga bisa mengajak anak-anak untuk membaca menggunakan ritme atau lagu agar siswa lebih tertarik dan fokus. Selain itu, bisa juga seorang guru memainkan video matau melakukan ice breaking yang berhubungan dengan emmbaca.
Nama: ARTSILIA SASMITA
NIM: 858746196
PGSDBI
POKJAR PITALOKA
Untuk apersepsi sudah sangat bagus, ketika memperkenalkan gambar warna hitam putih sebagai media sudah cukup bagus, tapi kalau jaman sekarang baiknya menggunakan media berwarna, bisa menggunakan slide show atau video, bisa juga siswa diminta untuk membawa foto keluarga mereka sebagai contoh nyata. Selaoin itu murid bisa menghunakan kartu/flashcard berwarna dan juga memiliki gambar dengan begitu siswa akan lebih tertarik selama proses pembelajaran dan mereka bisa mengamati dan membaca secara langsung dengan media yang berwarna. Seorang guru juga bisa mengajak anak-anak untuk membaca menggunakan ritme atau lagu agar siswa lebih tertarik dan fokus. Selain itu, bisa juga seorang guru memainkan video matau melakukan ice breaking yang berhubungan dengan membaca.
Nama : sevia Auliani
Nim : 857109519
Pokjar : jakarta
Setelah menyimak vidio pembelajaran diatas, pendapat saya yaitu cara mengajar yang dilakukan oleh pengajar tersebut sudah sesuai, dimana media pembelajaran yang di gunakan sudah sesuai dengan keadaan siswa. Namun guru tidak menyiapkan terlebih dahulu keadaan siswa untuk lebih siap salam menerima pelajaran, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat merangsang anak untuk lebih semangat dalam mengikuti pelajaran.
Karena itu untuk membangun mood siswa dalam mengikuti pembelajaran di hari itu.
Nama: Retno Juwita Ambarwati
NIM: 858686764
Prodi: S1 PGSD
Berdasarkan video yang diamati, sebagai seorang guru, saya kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat, dan menulis subkategori. Cara mengatasi soal hampir sama dengan di video. Selain metode yang telah dijelaskan, pusat pengajaran sekolah saya menyelenggarakan kelas tambahan untuk siswa dengan kemampuan literasi yang lebih rendah, memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa menyelesaikan tugas belajar di kelas. Kita bisa menggunakan alat pembelajaran seperti gambar, menulis alfabet dan buku pelajaran. Selain itu, kami memberikan ucapan terima kasih, penghargaan, tepuk tangan ketika siswa berhasil memenuhi instruksi guru, dan kami menciptakan hubungan kerjasama antara orang tua siswa yang telah berpengalaman dalam mendampingi, memotivasi dan mendukung siswa tersebut. melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan banyak usaha, tentu saja siswa secara bertahap akan menjadi sukses dengan dokumen-dokumen ini.
NAMA : NOVIANA EKA PUJIARANI
NIM : 856947756
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : SALUT WAYTUBA
Berdasarkan vidio yang saya amati, Guru seharusnya memberikan salam dan mengajak anak anak didiknya untuk berdoa terlebih dahulu kemudian mengabsen siswa.
kemudian sebelum memulai pembelajaran guru hendaknya menyampaikan tujuan materi yang akan di berikan agar anak lebih memahami materi sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan. dan pada vidio ini siswa kurang fokus pada pembelajaran karena media yang digunakan kurang menarik minta belajar siswa.
Setelah mengidentifikasi kemungkinan penyebab permasalahan di atas, ditemukan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, membaca gabungan huruf konsonan, membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, kesulitan membaca secara lancar, dan pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis tersebut, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dapat dilakukan adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi.
Perhatian dan bimbingan dari guru menjadi sangat penting dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca huruf atau kata, terutama bagi siswa di tingkat SD kelas rendah. Guru dapat menggunakan berbagai media pembelajaran, seperti gambar dengan keterangan tulisan singkat, lagu-lagu, buku tulis garis lima, atau buku gambar, untuk membantu siswa memahami huruf dan kata dengan lebih baik.
Meningkatkan interaksi antara guru dan siswa juga penting, seperti memberikan sentuhan, tatapan, atau pelukan yang membangun ikatan emosional dan memberikan rasa aman kepada siswa. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Namun, peningkatan dapat dicapai dengan menggunakan video pembelajaran sebagai media tambahan yang menarik perhatian siswa dan membantu mereka mengatasi kesulitan dalam membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Dengan memperkaya pengalaman belajar siswa melalui penggunaan metode yang bervariasi dan media pembelajaran yang menarik, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan membaca mereka dengan lebih baik dan mengatasi kesulitan yang mereka hadapi.
Nama : Yenita
Nim : 856616755
UPBJJ : kota jambi
Prodi : PGSD BI
Dalam pembelajaran perlunya bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya dalam mengatasi kesulitan huruf dan kata.
Nama : Novita Sari
NIM : 856707769
Program Studi : PGSD-S1
“KESULITAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR”
Divideo tersebut harusnya ada salam pembukaan, berdoa , dan salam penutup . Ibu guru seharusnya juga membuat kelompok kecil , karena mungkin ada beberapa siswa yang belum bisa membaca dan memahami bacaan , dengan membagi kelompok kecil dapat mempermudah siswa untuk saling berinteraksi siswa satu dengan siswa lainnya, dengan begitu siswa siswa akan saling membantu dalam mengenali bacaan. Untuk media gambar seharusnya berwarna, agar lebih menarik lagi dilengkapi dengan video cara mengeja bacaan.
menurut saya reaksi siswa di video tersebut sangat baik karena sebelum pembelajaran dimulai siswa diajak bernyanyi yang judulnya masih berkaitan dengan materi pelajaran agar dapat membangkitkan motivasi belajar ,pembelajaran tersebut sangat penting juga bagi siswa mengenai keluarga contoh yang siswa temui sehari hari. Guru tersebut juga kreatif karena penyampaian pembelajaran menggunakan media gambar agar menarik perhatian siswa. Interaksi antara guru juga baik karena tanya jawab yang dilakukan oleh siswa dan guru harus terjalin agar siswa aktif dalam pembelajaran tersebut. Di video juga Guru tersebut mendatangi siswa untuk melihat kesulitan yang dialami oleh siswa dan guru membimbing cara membaca dengan benar dengan begitu siswa merasa terbimbing dan mendapat perhatian guru.