silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Dalam pembelajaran sudah sangat baik terlihat dari video dimana siswa begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang guru berikan kemudian guru dan siswa bermain sambil bernyanyi bersama mengikuti iringan lagu yang diputar. Namun untuk kedepan nya guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan salam dan mengajak murid membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar dan guru juga harus mengecek siswa nya dengan mengabsen satu persatu untuk memastikan bahwa siswa lengkap didalam kelas

  2. Nama: Novita Devianti
    Nim. : 856990052
    Semester :6 PGSD

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca.

  3. Nama : HERLIATITA
    NIM : 856077434
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah melihat video ” Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata, dan Kalimat ” terlihat bahwa guru tersebut sudah mampu mengelola kelas dengan baik sehingga pembelajaran menjadi menarik bagi siswa. Metode dan media yang digunakan mudah di pahami siswa. Cara berintraksi dengan siswa juga sangat baik. Dan cara menyajikan materi pembelajaran sangat bagus. Dan terlihat guru sudah melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat bagi siswa. Tetapi dalam video pembelajaran ini kesiapan siswa untuk belajar masih kurang karena masih ada siswa yang tidak fokus ketika guru memberikan motivasi dengan bernyanyi untuk memulai pembelajaran.

  4. NIM : 856077552
    NAMA : SERLIANTI NATALIA

    Terimakasih atas ilmuh yang telah dibagikan melalui video tersebut, dengan ini dapat memotivasi para guru termasuk saya dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan membuat siswa tertarik pada pembelajaran yang dilakukan,
    dari penjelasan yang dilakukan Guru dalam Video tersebut sangat baik, dimana Guru tersebut membuat suasana belajar yang menarik. dengan media yang digunakan juga cukup baik untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar membaca kosa kata dengan benar

  5. Nama : Dwi Wahyudianto
    NIM : 819254824
    Jurusan :PGSD

    Setelah melihat video tersebut terdapat beberapa kekurangan guru adalah guru tidak melakukan salam pembuka sebagai awalan dalam memulai kegiatan pembelajaran. penyebab kesulitan membaca pada siswa adalah dikarenakan anak malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran. Jadi perlu diadakan perbaikan dalam proses pembelajarannya.

  6. Nama : RATNA NINGRUM
    NIM : 858741799
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Lamongan

    dari cuplikan video diatas menurut saya ada kekurangan dan kelebihan . kelebihannya terlihat guru mampu mengelolah kelas dengan baik, guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai, sehingga mampu menarik perhatian siswa. dan secara otomatis kondisi kelas bisa dikendalikan. guru juga memfokuskan siswa dengan mengajak bernyanyi agar siswa tidak jenuh.
    kekurangannya saat memulai pelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak menyapa siswa dan memberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran.

  7. Assalamualaikum.
    Nama : Novrida Eka Kumala
    Nim : 857100845
    Pokjar : Kalideres
    Upbjj : Jakarta

    Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.

    Kelebihan pada video ini:
    1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
    2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.

    Kekurangannya :
    1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.

    Solusinya :
    1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
    2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
    3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.

    Mungkin itu saja, kurang lebih Mohon maaf terima kasih.
    wassalamualaikum.

  8. Nama: Cory T. Iqnasia Tambunan
    NIM: 856040897
    Pokjar: Toba Samosir
    UPBJJ: UT Medan
    Setelah menyaksikan tayangan video tersebut, menurut saya cara beliau dalam menyampaikan materi pembelajaran sudah cukup bagus karena sudah menjelaskan dengan baik dan cukup menarik perhatian siswa karena menggunakan media pembelajaran yang cukup menarik serta memberikan motivasi terhadap peserta didik.
    Namun, alangkah baiknya jika beliau juga memperhatikan bagaimana kesiapan peserta didik dalam menerima pembelajaran, karena setelah saya lihat masih saja ada siswa yang tidak serius ketika proses pembelajaran berlangsung.

  9. Nama : karmiyati
    Nim : 856078103
    Prodi : SI PGSD
    setelah saya menyimak vedeo pembelajaran bahasa indonesia tersebut, penyebab permasalahan siswa kesulitan membeda kan huruf yang bentuk nya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan. Dan siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pokal nya kurzng jelas .
    Berdasarkan analisis diatas alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang di lakukan adalah menggunakan metode yang berfariasi pada saat pembelajaran di laksanakan .

  10. Nama : karmiyati
    Nim : 856078103
    prodi : SI PGSD
    setelah saya menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tersebut. penyebab bermasalahan siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama , dan kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan. dan siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pokalnyakurang jelas.
    berdasarkan analisis diatas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang berpariasi pada saat pembelajaran di laksanakan.

Leave a Reply