Similar Posts
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Dalam pembelajaran sudah sangat baik terlihat dari video dimana siswa begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang guru berikan kemudian guru dan siswa bermain sambil bernyanyi bersama mengikuti iringan lagu yang diputar. Namun untuk kedepan nya guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan salam dan mengajak murid membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar dan guru juga harus mengecek siswa nya dengan mengabsen satu persatu untuk memastikan bahwa siswa lengkap didalam kelas
Nama: Novita Devianti
Nim. : 856990052
Semester :6 PGSD
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca.
Nama : HERLIATITA
NIM : 856077434
Prodi : S1 PGSD
Setelah melihat video ” Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata, dan Kalimat ” terlihat bahwa guru tersebut sudah mampu mengelola kelas dengan baik sehingga pembelajaran menjadi menarik bagi siswa. Metode dan media yang digunakan mudah di pahami siswa. Cara berintraksi dengan siswa juga sangat baik. Dan cara menyajikan materi pembelajaran sangat bagus. Dan terlihat guru sudah melakukan upaya dalam mengatasi kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat bagi siswa. Tetapi dalam video pembelajaran ini kesiapan siswa untuk belajar masih kurang karena masih ada siswa yang tidak fokus ketika guru memberikan motivasi dengan bernyanyi untuk memulai pembelajaran.
NIM : 856077552
NAMA : SERLIANTI NATALIA
Terimakasih atas ilmuh yang telah dibagikan melalui video tersebut, dengan ini dapat memotivasi para guru termasuk saya dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan membuat siswa tertarik pada pembelajaran yang dilakukan,
dari penjelasan yang dilakukan Guru dalam Video tersebut sangat baik, dimana Guru tersebut membuat suasana belajar yang menarik. dengan media yang digunakan juga cukup baik untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar membaca kosa kata dengan benar
Nama : Dwi Wahyudianto
NIM : 819254824
Jurusan :PGSD
Setelah melihat video tersebut terdapat beberapa kekurangan guru adalah guru tidak melakukan salam pembuka sebagai awalan dalam memulai kegiatan pembelajaran. penyebab kesulitan membaca pada siswa adalah dikarenakan anak malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran. Jadi perlu diadakan perbaikan dalam proses pembelajarannya.
Nama : RATNA NINGRUM
NIM : 858741799
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Lamongan
dari cuplikan video diatas menurut saya ada kekurangan dan kelebihan . kelebihannya terlihat guru mampu mengelolah kelas dengan baik, guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai, sehingga mampu menarik perhatian siswa. dan secara otomatis kondisi kelas bisa dikendalikan. guru juga memfokuskan siswa dengan mengajak bernyanyi agar siswa tidak jenuh.
kekurangannya saat memulai pelajaran guru tidak mengucapkan salam, tidak menyapa siswa dan memberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran.
Assalamualaikum.
Nama : Novrida Eka Kumala
Nim : 857100845
Pokjar : Kalideres
Upbjj : Jakarta
Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
Kelebihan pada video ini:
1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.
Kekurangannya :
1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.
Solusinya :
1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.
Mungkin itu saja, kurang lebih Mohon maaf terima kasih.
wassalamualaikum.
Nama: Cory T. Iqnasia Tambunan
NIM: 856040897
Pokjar: Toba Samosir
UPBJJ: UT Medan
Setelah menyaksikan tayangan video tersebut, menurut saya cara beliau dalam menyampaikan materi pembelajaran sudah cukup bagus karena sudah menjelaskan dengan baik dan cukup menarik perhatian siswa karena menggunakan media pembelajaran yang cukup menarik serta memberikan motivasi terhadap peserta didik.
Namun, alangkah baiknya jika beliau juga memperhatikan bagaimana kesiapan peserta didik dalam menerima pembelajaran, karena setelah saya lihat masih saja ada siswa yang tidak serius ketika proses pembelajaran berlangsung.
Nama : karmiyati
Nim : 856078103
Prodi : SI PGSD
setelah saya menyimak vedeo pembelajaran bahasa indonesia tersebut, penyebab permasalahan siswa kesulitan membeda kan huruf yang bentuk nya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan. Dan siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pokal nya kurzng jelas .
Berdasarkan analisis diatas alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang di lakukan adalah menggunakan metode yang berfariasi pada saat pembelajaran di laksanakan .
Nama : karmiyati
Nim : 856078103
prodi : SI PGSD
setelah saya menyimak video pembelajaran bahasa indonesia tersebut. penyebab bermasalahan siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama , dan kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan. dan siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pokalnyakurang jelas.
berdasarkan analisis diatas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang berpariasi pada saat pembelajaran di laksanakan.