Similar Posts
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Nama : Eko Wahyudi
NIM : 857717081
Program studi : S1- PGSD
Siswa siswi terlihat sangat antusias dan senang dengan dimulai dengan nyanyi bersama seperti ice breaking yang mencairkan suasana pembelajaran yang menarik siswa. Pada video pembelajaran yang dilakukan guru tersebut masih memiliki kekurangan seperti belum adanya salam pembuka, berdoa terlebih dahulu, absensi pada siswa siswi, kemudian apersepsi pada materi sebelumya.
Dalam pembelajaran sudah sangat baik yaitu menggunakan media belajar sebagai alat bantu bagi siswa yaitu dengan menggunakan contoh contoh gambar. Selain itu komunikasi guru, sikap dan kedekatan guru dengan siswa sudah sangat baik, yaitu dengan mendekati siswa. Untuk materi yang disampaikan baik dan mudah dipahami kepada anak, terlebih di mulai dengan bernyanyi bersama sama.
Hal unik pada video tersebut yaitu guru sangat memperhatikan dengan mendatangi siswa, selain itu terdapat ucapan yang memotivasi siswa sehingga anak menjadi bersemangat dan tentunya kedekatan guru dalam membimbing saat membaca satu demi satu. guru dapat lebih berkreatif dalam mengajarkan membaca, misalnya dapat menggunakan media kartu nama atau media video visual dan lebih harus bersabar dalam mendidik karena kemampuan anak yang berbeda – beda, serta selalu memberikan motivasi kepada siswa.
Assalamu alaikum wr,wb
setelah saya melihat vidio pembelajaran tersebut,Guru sudah bagus melaksanakan pembelajaran,dia mengadakan apersepsi,tetapi masih ada beberapa anak yang tidak konsentrasi dalam p[embelajaran karena media pembelajaran yang disajikan guru masih kurang.
Dalam vidio tersebut guru sudah bisa menunjukan kemampuannya dalam menjelaskan,serta guru tersebut bisa menguasai kelas,bisa membimbing anak-anak dalam mengeja melalui kartu huruf,
Guru tersebut juga bisa mengapresiasi atas jawaban siswa.
saran sebaiknya Guru tersebut sesekali melakukan icebreking supaya siswa bisa fokus dan membuat pembelajaran lebih menarik.
Asalamualaikum wr.wb
Setelah menyaksikan vidio tetsebut menurut pendapat saya dalam vidio tetsebut ada seorang guru yang sedang mengajarkan cara membaca menggunakan media belajar, guru melakukan pendahuluan dengan menyanyi sehingga menimbulkan semangat siswa untuk mengikuti pelajaran. Sedangkan kekurangan dari pembelajaran tersebut yaitu guru menggunakan media hitam putih sehingga mengurangi daya tarik siswa .
Hal unik pada pembelajaran tersebut adalah pemberian metode yang sesuai dengan apa yang disukai siswa dengan memberikan potongan gambaf tetsebut. Untuk memperbaiki kekurangan disarankan Guru menggunakan kalimat kalimat yang mudah dimengerti siswa dalam mengenalkan bentuk bentuk hutuf.
Demikian pengamatan saya
Yerima kasih.
Nama : Yesyid
NIM : 858528119
Prodi : PGSD Semester 6
Menurut saya reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada video tersebut sangat baik. siswa sangat responsif terhadap apa yang disampaikan oleh guru dan mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik meskipun ada beberapa anak yang terlihat masih mengantuk. kelemahan guru pada video tersebut adalah guru tidak melakukan asessmen awal dalam pembelajaran sehingga ada beberapa anak yang kurang siap mengikuti pembelajaran. kelebihan guru pada video tersebut adalah guru sangat kreatif dan inovatif dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran sehingga anak mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. hal unik yang saya lihat dari video tersebut adalah guru tersebut mampu mengelola kelas dengan baik sehingga siswa merasa nyaman dan asyik ketika guru menyampaikan materi. secara keseluruhan sudah baik, hanya saja guru tersebut perlu membawakan suasana kelas lebih semangat dan berenergi lagi sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih baik.
Nama : EDY PURWANTO
NIM : 858530272
Assalamualaikum wr.wb
Berdasarkan pengamatan saya setelah menyaksikan vidio tersebut menurut pendapat saya dalam vidio tersebut ada seorang guru yang sedang mengajarkan cara membaca menggunakan media belajar, guru melakukan pendahuluan dengan menyanyi sehingga menimbulkan semangat siswa untuk mengikuti pelajaran.
Sedangkan kekurangan dari pembelajaran tersebut yaitu guru menggunakan media hitam putih sehingga mengurangi daya tarik siswa.
Hal unik pada pembelajaran tersebut adalah pemberian metode yang sesuai dengan apa yang disukai siswa dengan memberikan potongan gambar tersebut.
Untuk memperbaiki kekurangan disarankan Guru menggunakan gambar yang berwarna dan menggunakan kalimat – kalimat yang mudah dimengerti siswa dalam mengenalkan bentuk -bentuk hutuf.
Demikian pengamatan saya
Terima kasih.
Setelah mengamati video tersebut metode dalam pembelajaran di atas tentu sudah sangat bagus dan menarik untuk di peraktekkan, tetap Setiap anak tentu memiliki kecepatan membaca dan menulis yang berbeda. Seperti sudah di jelaskan video di atas, penyebab kesulitan dalam membaca seperti;
Anak malas, Bosan, Kurang konsentrasi, Dan lain-lain ini semua sangat mempengaruhi cepat lambat anak dalam membaca.
Dan mengenai solusi yang di jelaskan video di atas tentu sudah baik, tetapi kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dengan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membaca, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis huruf, dan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca. Guru pun harus bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.
Nurhasanah
NIM : 856017414
UPBJJ UT Medan
Menurut pengamatan saya dari video pembelajaran “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kaliamat”, metode pembelajaran yang digunakan guru sangat baik. Diawal pembelajaran guru mengajak siswa bernyanyi untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan menggunakan media gambar untuk menarik perhatian siswa, guru juga menyiapkan alat peraga berupa kartu huruf dan potongan kertas suku kata untuk merangsang daya pikir anak untuk membaca. Namun media gambar yang digunakan guru tidak berwarna sehingga ada beberapa siswa tidak tertarik untuk memperhatikan. Kata yang diperkenalkan juga hanya dua kata yaitu ayah dan ibu sehingga terlalu mudah bagi siswa dalam mengerjakannya.
Nama : RATA PUTRI KUSUMA WARDHANI
NIM : 857816963
Setelah saya menyimak video diatas tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” saat melakukan awal pembelajaran saya melihat siswa merespon positif terhadap musik dan nyanyian yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Siswa lebih termotivasi dan bersemangat untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Video tersebut membahas permasalahan umum kesulitan membaca saat mulai belajar membaca yang sering kita jumpai khususnya pada tahun pertama sekolah dasar. Solusi yang diusulkan juga sangat menarik, terutama menggunakan gambar dan penggalan huruf abjad a-z. Selanjutnya siswa menyusun huruf-huruf tersebut hingga membentuk sebuah kata dan menyusun blok suku kata menjadi sebuah kalimat. Nah, cara saya supaya siswa dapat memahami dan mengingat huruf biasanya saya melakukan permainan sambil belajar dengan kartu bergambar atau permainan puzzle. Siswa akan lebih memahami dengan metode yang saya berikan dan saya juga menerapkan jam mengajar tambahan bagi siswa yang kemampuan literasinya buruk dengan memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar di waktu jam istirahat berlangsung.
Nama : siti fadilah
NIM: 856463667
POKJAR : pelalawan
UPBJJ : UT pekanbaru
Assalamualaikum wr.wb
Setelah saya melihat n mengamati vidio pembelajaran “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat”, metode pembelajaran yang diterapkan guru mnurut saya efektif cz memang pntingnya pembukaan dengan ice braking gerak n lagu misalnya. diawal pembelajaran guru mengajak siswa bernyanyi untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan menggunakan media gambar untuk menarik perhatian siswa, guru juga menyiapkan alat peraga berupa kartu huruf dan potongan kertas suku kata untuk merangsang daya pikir anak untuk membaca. Namun media gambar yang digunakan guru tidak berwarna sehingga ada beberapa siswa tidak tertarik untuk memperhatikan. Nah.. Metode mengeja saya kurang setuju, cz saya lebih menerapkan untuk anak tidak mngeja tp dgn metode menghafal alasannya lebih memudahkan anak dlm menghafal bunyi sehingga anak lbih cepat untuk mahir membaca itu yang saya terapkan pada anak didik saya. Alangkah baiknya selalu qt upgrade kmampuan kompeten qt sbagai guru yg kreatif dan inivatif.
Terimakasih, wassalam.
Nama : Mey Damawarni Gulo
NIM 858043311
Semseter 8 S1-PGSD
Menurut saya, setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar.
Dari solusi yang di jelaskan video di atas tentu sudah baik, tetapi kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dengan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membaca, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis huruf, dan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca. Guru pun harus bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.