Similar Posts
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
NAMA : Hilma Hairunnisa
NIM : 858150115
PRODI : PGSD
UPBJJ : Palangkaraya
Menurut pendapat saya, dari video diatas. pada awal pembelajaran guru sudah cukup baik mengajak siswa menyayikan lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Metode yang diajarkan oleh guru tersebut sudah cukup baik dimana guru tersebut melakukan pendekatan dan memperhatikan ketika ada anak yang mengalami kesulitan dan membantu anak tersebut dengan media yang cocok dan mudah dipahami anak. Namun menurut saya media gambar yang digunakan guru tersebut kurang menarik, akan lebih baik jika guru tersebut menggunakan media gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa sehingga anak lebih semangat dan fokus dalam proses pembelajaran.
NAMA : DEWIYATUL JANNAH
NIM : 858918704
UPBJJ : UT JEMBER
menurut pendapat saya dalam pembahasan sebuah video tersebut bagaimana cara guru agar dapat menanggulangi siswa yang mempunyai kesulitan membaca, suku kata, kata dan kalimat. guru tersebut melakukan pengenalan huruf dengan cara melalui media gambar kemudian di tuliskan sebuah ejaan kata, suku kata, dan kalimat agar memudahkan siswa untuk lebih mudah faham mengenal ejaan huruf tersebut. dalam video tersebut guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu. terkadang ada juga siswa yang merasakan bosan malas dalam belajar maka dari itulah guru harus mempersiapkan media yang bisa di lakukan oleh siswa dengan media gambar di sertai susunan ejaan yang menarik.
kelemahan dalam video tersebut kebanyakan siswa mudah merasa malas, mudah merasa bosan, kurang kosentrasi sehingga menyebabkan aktivitas siswa membaca huruf itu mudah terhambat. kemudian untuk kelebihannya dari video tersebut guru sangat bijak dalam mengajarakan siswa untuk mengenal sebuah bacaan huruf dengan cara menggunakan media gambar yang di sertakan tulisan berupa ejaan kata, suku kata, dan kalimat agar memudahkan siswa lebih cepat bisa membaca huruf.
Nama : Wafiq Azizah
NIM : 859641986
PRODI : PGSD
UPBJJ/POKJAR : PALU/PARIGI MOUTONG
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, tanggapan saya mengenai video pembelajaran “Kesulitan Membaca di Sekolah Dasar ” yaitu berdasarkan video yang telah saya simak, guru tersebut telah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, pada kegiatan apersepsi terlihat menyanyikan sebuah lagu yang berkaitan dengan materi pembelajaran kemudian guru mencoba memantik siswa dengan beberapa pertanyaan yang membuat siswa menanggapi pertanyaan dengan antusias, guru juga menggunakan media gambar yang dapat dipahami siswa akan tetapi media gambar yang digunakan tersebut bagi saya kurang menarik dalam hal warna dan tentu saja bagi siswa di kelas rendah juga merasa kurang menarik maka dari itu saran dari saya agar media gambar yang digunakan haruslah memiliki warna dan juga corak yang menarik agar siswa lebih antusias dan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Riza Febriyanti
Nim : 855863247
Pokjar : Tebing Tinggi
Menurut saya dalam video tersebut sudah bagus, dimana guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa
NAMA : WINDA SETIAWATI
NIM : 855748944
POKJAR : SALUT BINA NUSANTARA
KELAS : 6A SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
1.Anak sangat semangat dalam belajar karena guru sangat memperhatikan siswa.
2. kelemahan dalamm video ini yaitu guru belum melakukan pengkondisian kelas, pembukaan kelas, berdoa, mengabsen siswa dan kurang melakukan perolog. Seharusnya seorang guru perlu melakukan prolog terlebih dahulu agar siswa dapat memahami maksud dan tujuan materi yang akan disampaikan pada awal pembelajaran.
3.guru menjelaskan materi dengan jelas dan lantang. Cara berinteraksi guru dengan murid sangat baik karena siswa tampak lebih aktif mengikuti pembelajaran. media pembelajaran yang digunakan juga sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan, selain itu guru nampak telaten dalam mengajari siswanya dengan mengunjungi bangku – bangku siswa.
4. yang unik dari video ini yaitu menggunakan media gambar dengan jelas dalam melakukan proses belajar, sehingga siswa dapat lebih cepat dalam memahami pembelajaran yang di lakukan oleh guru.
5. Menurut saya video tersebut guru sudah mengajar dengan sangat baik dan efektif tetapi upaya yang dapat diusulkan dengan guru harus memberikan kesempatan latihan menulis yang berulang-ulang huruf,kata, kalimat dan guru harus menggunakan berbagai macam variasi yang semenarik mungkin agar anak tidak mudah bosan
Nama : Susi susanti Laoli
Nim : 855856266
Semester: 6
Menurut pengamatan saya dari video pembelajaran, pembukaan sudah cukup bagus ada kedekatan guru terhadap siswanya Berg itu juga dengan siswa. Akan tetapi
didalam penyampain materi siswa Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kaliamat”, metode pembelajaran yang digunakan guru sangat baik. Diawal pembelajaran guru mengajak siswa bernyanyi untuk meningkatkan semangat belajar siswa dan menggunakan media gambar untuk menarik perhatian siswa, guru juga menyiapkan alat peraga berupa kartu huruf dan potongan kertas suku kata untu
Setelah saya menyimak video diatas tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” saat melakukan awal pembelajaran saya melihat siswa merespon positif terhadap musik dan nyanyian yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Siswa lebih termotivasi dan bersemangat untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Video tersebut membahas permasalahan umum kesulitan membaca saat mulai belajar membaca yang sering kita jumpai khususnya pada tahun pertama sekolah dasar. Solusi yang diusulkan juga sangat menarik, terutama menggunakan gambar dan penggalan huruf abjad a-z. Selanjutnya siswa menyusun huruf-huruf tersebut hingga membentuk sebuah kata dan menyusun blok suku kata menjadi sebuah kalimat.
Terimakasih 🙏
Nama: susi susanti Laoli
Nim : 855856266
Pokjar: idanogawo
Semester: 6
Menurut pengamatan saya dalam meninton video tersebut guru sangat atusia memberikan semangat terhadap siswanya. Gurunya mengajak siswa bernyanyi, dan siswa juga begitu delay dengan guru, akan tetapi didalam penyampain materi siswa Kesulitan membaca huruf kalimat, mungkin dari segi menyampaikan terlalu cepat sehingga siswanya guru Kesulitan.
Sekian dari saya🙏.
Nama : Megaria
Nim : 877521734
UPBJJ : Tebing Tinggi
prodi : PGSD
Dari pembelajaran vidio diatas menurut saya guru tersebut memang sudah berpengalaman dan profesional, memulai pelajaran dengan ice breaking agar anak anak lebih bersemangat dalam memulai pelajaran, dan dalam mengajari anak mengenal kosa kata dan huruf dalam membaca juga sudah baik, dengan mengeja, dan menunjukkan mana hurufhurufnya, dan kedepannya semoga guru tersebut dapat memberikan buku bacaan agar anak jadi aktif membaca dan lancar membaca.
Nama mahasiswa:winda rosalina
NIM:856814673
Prodi:PGSD
Upbjj:Bengkulu
Dari video yang saya tonton ibu guru langsung mengajak anak bernyanyi,menurut saya sebaiknya sebelum bernyanyi ibu guru mengajak anak-anak berdoa terlebih dahulu dan memeriksa absen,baru setelah itu mengajak literasi seperti bernyanyi tersebut.
Dari segi metode pembelajaran yang ibu peraktekan dengan menggunakan gambar kedua orang tua dan lagu tersebut sangat bagus sehingga anak-anak dapat memahami dan mengenal serta dapat menjawab pertanyaan yang ibu guru tanyakan.
Nama : Aprina Hidayati
NIM : 858295152
Prodi : PGSD
UPBJJ : Banjarmasin
Dari video yang saya lihat pengenalan huruf yang sudah dengan secara maksimal kepada anak didik dengan media mentanyi dan gambar, itu merupakan metode yang sudah sangat maksimal.
Pengenalan huruf kepada anak didik harus dilakukan dengan terus menerus supaya anak bisa terus berlatih dan cepat bisa dalam membaca.