Similar Posts
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Lely Nofdiani
NIM : 858960775
Untuk pengenalan huruf, suku kata , kata dan kalimat kepada siswa kelas rendah terutama kelas 1 memang tidaklah mudah guru harus mampu menciptakan suasan belajar yang sangat menyenangkan sehingga siswa mampu menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dengan metode yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut yaitu diawali dengan bernyanyi dimana lagu yang dinyanyikan berisi materi yang akan diberikan yaitu pengenalan kata ayah dan ibu. Penggunaan media gambar dan pengenalan kata yang sesuai gambar sudah pas, namun guru tersebut bisa lebih eksplor lagi untuk menarik minat baca pada siswa, misalnya:
1. Media gambar dengan gambar berwarna
2. Menggunakan kantu huruf, kartu suku kata, dan kartu kata
3. Menggunakan fasilitas IT ( canva )
Dan penyajian materi harus lebih interaktif yaitu bukan guru yang mendatangi siswa kebangku satu persatu tapi diusakan siswa yang lebih aktif, msalnya:
1.Permainan mencari kartu huruf sesuai dengan kata ibu atau ayah kemudian menyusun secara benar.
2. Permainan mengucap dan menulis huruf sesuai kata ibu dan ayah di papan tulis.
3. Mencari kartu kata ayah atau ibu diantara kata kata yang yang lain.
Nama: Ardhia Pramesti Ramadhani
Nim: 858921171
UPBJJ : UT Jember
Pokjar: Giri
Dari video diatas, terlihat siswa sangat antusias mengikuti pelajaran dikarenakan guru tersebut memberi ice breaking dengan bernyanyi lagu bersama-sama dan bertepuk tangan. Dari lagu tersebut, guru mengaitkan isi lagu tentang keluarga dan berkaitan dengan materi yang akan dipelajari yaitu membaca dan mengeja suku kata. Guru juga menggunakan media gambar yang membuat siswa menarik mengikuti pembelajaran. Kelemahan nya yaitu guru tidak menggunakan media yang berwarna, sehingga gambar tampak buram, tidak menggunakan media lainnya sehingga siswa merasa bosan dengan gambar yang kurang bervariasi. Kelebihan nya guru tersebut sangat sabar mengajar siswa dikelas, ia berkeliling mengunjungi bangku masing-masing siswa dan menanyakan secara individual. Terlihat didalam video, guru telah menggunakan solusi bagi anak yang kesulitan membaca dan mengeja, yaitu menggunakan media kertas yang bertuliskan satu suku kata yang kemudian dirangkai menjadi sebuah kata.Saran video diatas, sebaiknya guru menggunakan media yang bervariasi agar siswa tidak gampang bosan dalam pembelajaran.
Nama : Anggun Puspita
Nim : 856055983
Video ini berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah. Pada video tersebut menampilkan penyebab kesulitan membaca pada siswa serta bagaimana Solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah.
Pada awal pembelajaran Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama hal tersebut membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Siswa bersama menyanyikan Lagu Pergi Belajar. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut. Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa. Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi. Guru memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dan sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat.
Terdapat 85 % siswa malas membaca dikarenakan rasa bosan malas dan kurangnya konsentrasi dalam membaca.
Nama:Nur Ayni
NIM:858156431
UPBJJ: Palangkaraya
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak siswa bernyanyi di awal pembelajaran. Dari video juga saya menangkap permasalahan yang ada dalam kelas tersebut “kemampuan membaca pemula yang masih rendah”. Antusias anak mengikuti pelajaran bahasa Indonesia tergolong baik. Ibu guru juga sudah menggunakan media belajar berupa gambar yang berhubungan dengan materi pembelajaran hanya saja gambar yang digunakan kurang menarik karena tidak berwarna, menurut saya selain menggunakan media gambar guru juga dapat menggunakan media kartu huruf untuk membantu siswa mengingat kembali huruf-huruf abjad sehingga mereka pasif dalam melapalkan huruf-huruf tersebut, selain itu guru juga dapat mengajak mereka bermain sambil belajar dengan cara membuat kuis tebak huruf. Mengajarkan membaca bukanlah hal yang mudah, di sini guru dituntut kreatif ,sabar dan telaten.
Nama: Alfiatul Nikmah
Nim:856455297
UPBJJ: Pekanbaru
Pokjar: kemuning
Dari Vidio di atas, terlihat siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pelajaran apalagi guru mengajak siswa bernyanyi terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.dan guru juga menggunakan media gambar untuk memudahkan siswa memahami materi yang di ajarkan.
Kelemahan dari Vidio di atas guru tidak menggunakan media berwarna sehingga gambar terlihat buram dan guru juga tidak menggunakan media yang lain sehingga siswa mudah merasa bosan.saran Vidio di atas, sebaiknya guru terlebih dahulu mengecek kehadiran dan menanyai kabar siswa sebelum guru menyampaikan materi.dan sebaiknya guru menggunakan media yang bervariasi tujuannya adalah untuk membuat siswa menjadi semangat dan siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Dian Ayu NingTyas
Nim :858808453
UPBJJ : MALANG
POKJAR : PAGELARAN
Dari video diatas saat kegiatan pembukaan siswa terlihat semangat. Pada kegiatan pembelajaran tersebut reaksi siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru sebagaian besar memperhatikan dan fokus terhadap penjelasan guru. Tetapi dalam video pembelajaran tersebut, ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan penjelasan materi dari guru dan kurang bersemangat dalam pembelajaran.
Kelemahan guru saat menjelaskan materi tidak memperhatikan siswa yang berada dibaris belakang, sehingga siswa terlihat tidak fokus, ngantuk dan bosan.
Selain itu ada kelemahan dalam mengajar, guru tersebut juga memiliki kelebihan dalam mengajar.
Kelebihan guru dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru memulai pembelajaran dengan bernyanyi yang mengaitkan dengan materi, guru menggunakan media pembelajaran yang menarik , seperti penggunaan gambar dan kartu kata untuk memudahkan siswa mengenal huruf dan membaca kata, guru memberikan penjelasan dalam belajar membaca, guru juga memberikan tugas membaca buku agar siswa lebih lancar dalam membaca.
Guru tersebut juga memiliki hal-hal yang unik dalam kegiatan pembelajaran tersebut, seperti guru sebelum memulai pembelajaran memberi penguatan terhadap siswa dengan cara mengajak siswa untuk bernyanyi dan bertepuk tangan.
Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru tersebut. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru lebih memperhatikan keseluruhan siswa dalam proses pembelajaran, sebaiknya menggunakan media yang menarik perhatian siswa misalnya dengan menggunakan tampilan-tampilan gambar lebih banyak dengan proyektor.
Nama: putri lorenza hulu
Nim: 855853619
Semester : VI ( enam)
Pokjar : Idanogawo
Program studi : S1 PGSD
Setelah mengamati video diatas, pada awal pembelajaran guru belum melakukan pembukaan kelas, yang seharusnya menguvmcapkan salam, kabar, berdoa dan mengabsen dan tidak ada penyampaian tujuan pembelajaran.
Mengapa, supaya pada saat guru menjelaskan tidak ada siswa yg sibuk atau pun mengantuk.disitu guru langsung mengajak bernyanyi siswa.
•> kelebihan guru disitu guru membuka pembelajaran dengan mengajak siswa bernyanyi supaya siswa lebih semangat dalam proses pembelajaran berlangsung. Guru sudah sangat baik dalam mengajari dan berinteraksi dengan siswa.
•> kekurangan guru, kurangnya variasi metode pembelajaran yang diberikan oleh guru pada muridnya. Guru langsung memberikan contoh penulisan dipapan tulis, itu menyebabkan kurangnya pemahaman siswa tersebut, sebaiknya guru juga harus memberikan kesempatan untuk muridnya untuk mencoba mempraktekan cara menulis didepan kelas supaya siswa lebih semangat dan ingin mencoba.sehingga suasana kelas tidak monoton.disitu juga guru perlu menyiapkn media belajar, misalnya buku cetak yg ada animasinya sehingga siswa lebih semangat lagi dalam belajar.
NAMA : MELISA RAHMAWATI
NIM : 855739898
PRODI : S1 PGSD
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Izin menanggapin video di atas🙏🏻
Berdasarkan pengamatan dalam video ini dapat saya analisis mengenai Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat. Pada video tersebut, siswa sangat antusias dalam merespon pertanyaan gurunya dan siswa sudah diberikan ice breaking di tahap awal pembelajaran, namun guru disini belum memberikan motivasi dan apresiasi masuk dlm proses pembelajaran. Dilihat dari segi pengajaran gurunya, belum memberikan pengenalan huruf alfabet secara menyeluruh, namun kelemahannya guru belum mengajarkan suku kata pada siswa yang belum bisa belajar membaca atau kesulitan dalam membaca suku kata, Jika diamati kelebihannya guru sudah memberikan contoh media gambar untuk mengaitkan kemampuan berpikir logis siswa terhadap suatu pengenalan bacaan merujuk pada simbol/gambar berdasarkan bacaan yang diarahkan guru itu. Dan yang dilihat hal unik dalam pembelajarn ini adalah guru memfokuskan media gambar dgn bacaan kata,mencari huruf bacaan dgn menghubungkan pada gambar sehingga siswa lebih cepat untuk menemukan gambar dengan kata pada bacaan itu. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan suku kata, huruf, kata dan kalimat mesti diberikan ketrampilan penguatan secara berulang-ulang, ketrampilan mengadakan variasi, keterampilan mengajar kelompok kecil atau perorangan.
Nama : Rejasahputra Tambunan
Nim : 855856653
UPBJJ: MEDAN
Prodi : PGSD
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Mama izin untuk menanggapi video di atas,
Video di atas berisi tentang suasana kelas yang sangat ceria dan bersemangat pada pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Video tersebut berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah. Video tersebut juga menampilkan penyebab kesulitan membaca pada peserta didik atau siswa serta bagaimana solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah tersebut.
Kelebihan video di atas guru sangat sabar dalam mengajari peserta didik atau siswa, guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling ke setiap bangku peserta didik. Guru memperhatikan setiap siswa atau peserta didik dan mengajarkan dan sudah menyiapkan media baca yaitu berupa gambar. Pada video sudah terdapat solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan itu dengan anak yang belum dapat membaca dinding dengan metode abjad dan metode eja. Kelemahan video di atas yaitu kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian para peserta didik atas siswa, seharusnya aku dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa.
Nama : Maria Insani Napitupulu
Nim. : 855864596
Upbjj. : Medan
Pokjar : sei balai
Semester 6
Izin saya memberikan tanggapan tentang video tersebut , bahwa metode permulaan yang di buat guru tersebut sangat kreatif untuk menumbuhkan minat peserta didik dalam mengenal huruf dan juga pembukaan yang sangat menarik ,di video tersebut guru sangat sabar dalam menjelaskan dan juga perlahan mengenalkan huruf ke pada peserta didiknya. Media yang digunakan guru tersebut sangat lengkap sehingga guru dapat memberikan ke peserta didik supaya siswa dapat memahami atau mengenal huruf – huruf tersebut.
Video ini sangat membantu saya untuk mengembangkan pembelajaran yang akan saya lakukan dalam kelas saya nantinya.Terimah kasih