silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Ayu Puspita
    Nim. : 858067002
    Izin untuk menjawab pertanyaan di sesi 1 pada video di atas terus.

    1. Reaksi siswa pada pembelajaran di atas, ada berapa siswa yanag sangat tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran tersebut, tetapi juga da berbagai siswa yang lemas dan bosan dapat pembelajaran tersebut. Pembelajaran diawali dengan bernyanyi, itu adalah salah satu cara untuk menarik perhatian siswa agar dapat lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam pembelajaran di adalah tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu, kelas sebaiknya atau seharusnya beda ada pada kondisi nyaman dan tenang agar guru bisa menjelaskan dengan tenang dan dapat di pahami siswa nya dengan mudah .
    4. Hal-hal unik yang saya temukan di video adalah, guru sudah mengunakan media pembelajaran seperti gambar-gambar yang ada tulisannya.
    5.Guru sudah mengajarkan pemulaan membaca dengan baik, dan guru juga sudah mengajarkan dengan media pembelajaran yg sudah ada di sekolah, atau buat sendiri saja bisa. Dalam anak pendidikan sekolah dasar ini untuk pembaca pemula tidak lah mudah, kita sebenarnya guru harus lebih kreatif untuk membuat media pembelajaran yang kekinian agar bisa menarik perhatian siswa/siswanya

  2. Nama : Ani Sumarni
    Nim : 858422445
    Semester 8
    UPBJJ Samarinda

    Dalam menganalisis video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangannya, yaitu:
    Kekurangan Video:
    Dalam memulai pelajaran guru belum mengkondisikan kelasnya seperti mengucapkan salam dan berdoa.
    Selain itu media gambar yang digunakan kurang menarik perhatian beberapa siswa, tidak berwarna dan terlihat kurang jelas.
    Kelebihan Video:
    Dalam menghidupkan suasana kelas sudah cukup bagus, mengajak siswanya untuk bernyanyi bersama.
    Menggunakan media gambar dan media huruf untuk mengaitkan pemikiran siswa terhadap gambar dan huruf.
    Berinteraksi dengan siswa, memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dengan sabar.

    Pada video tersebut sudah terdapat solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan metode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.

  3. Nama : Nurma Insani
    Nim : 856455677
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar: Bangkinang kota
    Ringkasan vidio : Vidio tersebut berisi tentang suasana kelas yang ceria dan bersemangat pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas rendah. vidio ini berisi tentang kesulitan siswa membaca permulaan pada kelas rendah.
    Hal unik yang terdapat dalam vidio adalah : guru menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih semangat dalam mengikuti proses belajar.
    Kelebihan vidio : guru menyampaikan materi pembelajaran sangat jelas dan tepat, dan juga guru menggunakan media pembelajaran yang sangat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
    Kelemahan vidio : guru kurang mengkoordinasikan kelas seperti mengucapkan salam, berdoa dan melakukan absensi siswa. Dan juga guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.

  4. Izin menanggapi video
    Perkenalkan Nama Saya Riki Andriansyah Tarigan Jurusan S1 PGSD dari UPBJJ Medan
    a. Ringkasan Video:
    Video berisi tentang suasana kelas yang ceria dan bersemangat pada pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Video ini berisi tentang bagaimana kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah. Pada video tersebut menampilkan penyebab kesulitan membaca pada siswa serta bagaimana Solusi mengatasi kesulitan membaca permulaan pada kelas rendah.
    Pada awal pembelajaran Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama hal tersebut membuat siswa lebih semangat untuk belajar. Siswa bersama menyanyikan Lagu Pergi Belajar. Kemudian guru menanyakan isi lagu tersebut yang berkaitan dengan keluarga dengan dikaitkan dengan materi membaca dan mengeja suku kata Ayah dan Ibu. Kemudian guru menggunakan media gambar ayah dan ibu, dan diberi keterangan tulisan ayah dan ibu. Siswa bersama guru membaca kata tersebut.

    b. Kelemahan Video: Kurangnya penggunaan media gambar yang menarik perhatian siswa, seharusnya guru dapat menggunakan gambar yang berwarna agar lebih menarik perhatian siswa. Guru kurang bervariasi menggunakan media baca sehingga siswa menjadi merasa malas dan mudah bosan karena media baca yang digunakan kurang bervariasi.

    c. Kelebihan Video: Guru sabar dalam mengajari siswa. Guru berinteraksi dengan siswa dengan cara berkeliling ke setiap bangku siswa. Guru memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dan sudah menyiapkan media baca berupa gambar. Pada video sudah terdapat Solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan m,etode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.

    d. Kesimpulan: Membaca permulaan pada sekolah dasar tidak mudah. Membaca dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi dapat meningkatkan minat baca pada siswa. Pada kelas rendah pasti terdapat siswa yang belum dapat merangkai suku kata dan kalimat. Penyebab siswa kesulitan membaca yaitu rasa malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.

  5. Mohon izin mengomentari video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”. Setelah melihat video tersebut dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut.
    1. Dalam potongan video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” menunjukkan bahwa Guru sudah memulai pembelajaran dengan apersepsi yang menyenangkan dan relevan dengan siswa kelas bawah, yakni memulai pembelajaran dengan lagu. Lagu yang digunakan juga relevan dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
    2. Guru sudah menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa berupa gambar. Sebagai tambahan, kartu gambar bisa dibuat berwarna-warni untuk menarik perhatian siswa. Kemudian, bagi siswa yang kesulitan menulis dan membaca permulaan, guru bisa memberi kesempatan siswa untuk menulis dan mengeja huruf, suku kata, kata, dan kalimat secara berulang-ulang. Media pembelajaran memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh Guru.
    3. Guru aktif berinteraksi dengan siswa. Interaksi aktif guru dan siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran supaya siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar dan suasana pembelajaran tidak membosankan.
    Mengajar di kelas bawah Sekolah Dasar, terutama kelas 1 tidaklah mudah. Meskipun sudah menggunakan media pembelajaran dan metode belajar yang bervariasi, namun masih saja ada siswa yang kesulitan menulis dan membaca. Oleh karena itu, guru pengajar kelas bawah harus mempunyai bekal dasar berupa kesabaran dan ketelatenan karena guru menghadapi anak-anak yang masih polos dengan sifat kekanak-kanakannya.
    Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan atau pendapat yang saya sampaikan. Terima kasih.

  6. Nama : Riki Andriansyah Tarigan
    Nim : 856038758
    UPBJJ : Medan
    Mohon izin mengomentari video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”. Setelah melihat video tersebut dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut.
    1. Dalam potongan video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” menunjukkan bahwa Guru sudah memulai pembelajaran dengan apersepsi yang menyenangkan dan relevan dengan siswa kelas bawah, yakni memulai pembelajaran dengan lagu. Lagu yang digunakan juga relevan dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
    2. Guru sudah menggunakan media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian materi kepada siswa berupa gambar. Sebagai tambahan, kartu gambar bisa dibuat berwarna-warni untuk menarik perhatian siswa. Kemudian, bagi siswa yang kesulitan menulis dan membaca permulaan, guru bisa memberi kesempatan siswa untuk menulis dan mengeja huruf, suku kata, kata, dan kalimat secara berulang-ulang. Media pembelajaran memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh Guru.
    3. Guru aktif berinteraksi dengan siswa. Interaksi aktif guru dan siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran supaya siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar dan suasana pembelajaran tidak membosankan.
    Mengajar di kelas bawah Sekolah Dasar, terutama kelas 1 tidaklah mudah. Meskipun sudah menggunakan media pembelajaran dan metode belajar yang bervariasi, namun masih saja ada siswa yang kesulitan menulis dan membaca. Oleh karena itu, guru pengajar kelas bawah harus mempunyai bekal dasar berupa kesabaran dan ketelatenan karena guru menghadapi anak-anak yang masih polos dengan sifat kekanak-kanakannya.
    Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan atau pendapat yang saya sampaikan. Terima kasih.

  7. Nama : Ani Sumarni
    Nim : 858422445
    Semester 8
    UPBJJ Samarinda

    Dalam menganalisis video tersebut ada beberapa kelebihan dan kekurangannya, yaitu:
    A. Kekurangan Video: Dalam memulai pelajaran guru belum mengkondisikan kelasnya seperti mengucapkan salam dan berdoa. Selain itu media gambar yang digunakan kurang menarik perhatian beberapa siswa, tidak berwarna dan terlihat kurang jelas.

    B. Kelebihan Video: Dalam menghidupkan suasana kelas sudah cukup bagus, mengajak siswanya untuk bernyanyi bersama. Menggunakan media gambar dan media huruf untuk mengaitkan pemikiran siswa terhadap gambar dan huruf. Berinteraksi dengan siswa, memperhatikan setiap siswa dan mengajarkan siswa dengan sabar. Pada video tersebut sudah terdapat solusi bagaimana mengatasi kesulitan membaca permulaan yaitu dengan anak yang belum dapat membaca dibimbing dengan metode abjad dan metode eja, anak yang belum dapat membaca kata dilatih dengan menggunakan metode suku kata, anak yang belum dapat membaca kalimat dilatih dengan menggunakan metode kata dan metode kalimat, anak yang sudah bisa membaca dapat dilatih dengan metode SAS.

    C. Kesimpulan
    Membaca permulaan tidaklah mudah, membutuhkan guru yang kreatif mampu menggunakan media dan metode pembelajaran yang bervariasi.

  8. Nama : Syuwaybatul Aslamiyah
    NIM : 857111737
    Semester : 8
    UPBJJ Jakarta

    Assalamualaiku, Izinkan saya memberikan komentar dari video diatas.
    Dari pengamatan yang telah saya lihat dari video ” kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
    Pengawalan mengajar menggunakan cara bernyanyi sangatlah baik karena telah memberikan permulaan yang menarik, selanjutnya dengan pengenalan huruf dengan penulisan ” ayah ” ternayata juga dapat sambil mengenal huruf lainnya. Kesulitan yang dihadapi guru dari penyebab kesulitan menulis permulaan ternyata sebagian besar terjadi karena siswa, tetapi dari pengajaran yang telah dilakukan oleh guru di video sudah sangat baik dengan memberikan contoh terlebih dahulu, meminta anak untuk membaca, mengajari dan membimbing anak yang belum bisa membaca dan menulis.

    Dari permasalah di atas yang mukin akan saya lakukan adalah merubah kembali cara ajar dimana dalam pembelajaran anak dilibatkan sehingga anak akan lebih banyak aktifitas dan meminta anak untuk membaca tulisan tulisan dari media ajar yang kita buat. Penggunaan media ajar yang digunakan alangkah lebih baiknya dengan menggunakan media elektronik yang lebih bergamba, bervariatif, dan lebih menarik. Memberikan anak kesempatan dengan membaca di depan, menyediakan bahan bacaan yang lebih banyak gambar di bandingkan tulisan agar anak tidak bosan dan menyayangkan video yang memberika edukasi kepada anak.
    Terimakasih semoga bisa memberikan perubahan bagi guru-guru lain di Indonesia.

  9. Nama : Depita Sriyanti
    Nim : 855788701
    Kelas : 6A
    Mata Kuliah : PKM
    UPBJJ : Palembang
    Pokja : Indralaya

    Izin menanggapi video diatas
    1. Reaksi siswa pada kegiatan pembelajaran diatas sangat antusias dan bersemangat. Hal itu terjadi karena kreativitas guru dalam memilih metode pembelajaran, guru tersebut menggunakan metode bernyanyi yang sangat sesuai dengan anak kelas rendah sehingga mereka bersemangat, antusias dan tidak cepat bosan dalam belajar.
    2. Kelemahan pada video tersebut ialah terletak di media pembelajarannya. Seharusnya guru tesebut dapat menggunakan media gambar yang berwarna dan gambar yang lebih besar supaya lebih menarik perhatian siswa.
    3. Kelebihannya adalah metode dan media pembelajaran yang digunakan sudah tepat dan menarik bagi siswa. Selain metode bernyanyi dan media gambar, guru tersebut juga menyiapkan media suku kata. Jadi setelah siswa membaca atau mengeja kata tersebut siswa dapat mencocokkan kata yang ada dimedia gambar dengan media suku kata tersebut
    4. Hal uniknya adalah walaupun guru sudah menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik masih ada beberapa siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran
    5. Upaya yang dilakukan guru pada video tersebut sudah baik, hanya saja untuk media gambar yang digunakan bisa diperbesar lagi dan memilih gambar yang berwarna supaya siswa yang lain terutama siswa yang duduk dibelakang juga dapat melihat dengan jelas media gambar yang digunakan serta dapat menarik perhatian siswa

  10. Nama : Nadila Afridelina Dwi Putri
    Nim : 858963029
    Pokjar : Kalisat
    semester 6.

    Dari vidio yang sudah saya amati, saya dapat menyimpulkan kelebihan, kekurangan dan solusi untuk guru yang sedangmengajarkan siswa mengenal huruf.
    Memulai pembelajaran dengan bernyanyi bersama guru merupakan solusi yang tepat untuk mengembalikan fokus siswa ke dalam kelas. Guru dapat mengajukan pertanyaan terkait lirik lagu yang dinyanyikan untuk mendorong siswa berpikir kritis dan lebih terlibat dalam pembelajaran. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan bersemangat dalam memulai proses belajar.

    Selain bernyanyi, penggunaan gambar dalam pembelajaran juga dapat meningkatkan semangat dan fokus siswa. Cara guru mengawali membaca dengan menunjukkan gambar merupakan strategi yang tepat untuk mencegah siswa cepat bosan atau malas dalam belajar membaca dan mengenal huruf. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi pelajaran dan tetap termotivasi untuk belajar.

    Di dalam satu kelas, terdapat berbagai karakter dan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Bagi siswa yang belum mengenal huruf sama sekali, guru dapat memberikan waktu tambahan di luar jam sekolah untuk memberikan pengajaran secara individu (les). Dengan kesabaran dan pendampingan yang tepat, diharapkan siswa yang tertinggal dapat mengejar ketertinggalannya dan belajar bersama teman-temannya dengan nyaman. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan adalah kunci untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan strategi yang tepat dan perhatian terhadap kebutuhan individual siswa, guru dapat membantu seluruh siswanya berkembang dan mencapai potensi terbaik mereka.

    Kesimpulan,
    Memulai pembelajaran dengan bernyanyi dan gambar, serta menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa, merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan fokus, semangat belajar, dan pemahaman siswa.

    mohon maaf jika ada kesalahan dari tulisan saya, terimakasih

Leave a Reply