Similar Posts
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA : LILIK MUNDHARI
NIM : 858571199
UPBJJ : Al-Huda (Malang)
TEMA “ Kesulitan Membaca di Sekolah Dasar”
1. Reaksi anak pada video adalah anak tertib belajar dan kelihatan senang serta semangat belajar
2. Kelemahan guru dalam video
– Guru tidak mengucapkan salam pembuka ataupun salam penutup
– Di bagian awal guru tidak mengabsen siswa dan tidak berdoa terlebih dahulu
3. Keunggulan video
– Guru memulai pembelajaran dengan mengajak siswa menyayi sesuai materi yang akan di bahas.
– Guru menggunakan media yang mudah di pahami oleh siswa
4. Hal unik dalam video
– Guru mengajak siswa untuk menyayi di bagian awal sehingga anak menjadi semangat.
– Guru menggunakan media gambar yang mudah dipahami anak
– Guru mengajar siswa dengan ramah dan sabar sehingga anak menjadi merasa nyaman.
Nama : Sahadatul Khoiriah br Harahap
Nim : 855856718
Dari video tersebut,dapat saya liat:
1. Reaksi siswa pada pembelajaran tersebut, ada berapa siswa yang sangat tertarik dan bersemangat dalam pembelajaran tersebut, tetapi juga ada sebagian siswa yang lemas dan bosan dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran diawali dengan bernyanyi, itu adalah salah satu cara untuk menarik perhatian siswa agar dapat lebih konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.
2. Metode dan media pembelajaran yang digunakan sudah tepat dan menarik bagi siswa. Selain metode bernyanyi dan media gambar, guru tersebut juga menyiapkan media suku kata. Jadi setelah siswa membaca atau mengeja kata tersebut siswa dapat mencocokkan kata yang ada dimedia gambar dengan media suku kata tersebut
3. Hal uniknya adalah walaupun guru sudah menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik masih ada beberapa siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran.
4. Upaya yang dilakukan guru pada video tersebut sudah baik, namun untuk media gambar yang digunakan bisa diperbesar lagi dan menggunakan gambar yang berwarna supaya siswa yang lain terutama siswa yang duduk dibelakang juga dapat melihat dengan jelas media gambar yang digunakan serta dapat menarik perhatian siswa.
Nama : Jumadil Shofya
NIM : 858071675
Prodi : PGSD
UPBJJ : Pontianak
▪ Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa terlihat aktif dan berminat dalam belajar. Mereka juga aktif menjawab pertanyaan guru.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru ada pada media yang digunakan. Media yang digunakan terlalu kecil sehingga memungkinkan anak yang duduk di belakang tidak dapat melihat dengan jelas. Guru tersebut menggunakan media visual 2 dimensi yang mana gambarnya gurang menarik.
▪ Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Guru tersebut sudah melakukan apresepsi dengan baik untuk mempersiapkan mental anak. Guru juga menyiapkan media pembelajaran yang cukup baik walau harus ad perbaikan sedikit. Guru tersebut juga memberi perhatian lebih kepada anak yang kesulitan membaca dengan metode permainan sambung huruf. Metode yang dipakai guru tersebut bervariasi sehingga anak tidak terlihat bosan.
▪ Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Terlihat guru menggunakan media pembelajaran yaitu gambar yang di cetak dan kertas huruf dan kosa kata untuk membantu anak membaca.
Terdapat uraian Penyebab kesulitan anak membaca yaitu malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaan, pembelajaran lambat.
Serta uraian Solusi dari permasalahan tersebut yaitu, mengunakan metode, abjad, eja, suku kata, kata, kalimat dan SAS secara bertahap.
▪ Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya, media yang digunakan harus lebih baik lagi. Jika ingin menggunakan media visual 2 dimensi haruslah yang menarik dan cukup besar agar semua siswa dapat melihatnya dengan jelas.
NAMA : NADIA MARETA
NIM : 858071374
UPBJJ : PONTIANAK
1. Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran yg di lakukan oleh guru ada beberapa anak yg sangat tertarik pada pembelajaran dan ada juga sebagian anak terlihat bosan dan malas saat mengikuti pelajaran. Pembelajaran pun dimulai dengan bernyanyi agar siswa tetap semangat mengikuti pelajaran.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah tidak mengadakan variasi sehingga siswa cepat bosan dalam mengikuti pelajaran serta tidak mengkondisikan keadaan di kelas.
3.Kelebihan nya adalah guru mengajar dengan metode dan pemilihan media yg tepat seperti menggunakan media poster gambar yg pastinya sangat mudah untuk di pahami oleh siswa saat belajar membaca dan mengeja bacaan.
4.Hal unik yg ditemukan dalam vidio tersebut adalah guru menggunakan media ajar seperti poster gambar yg dilakukan dengan bernyanyi sehingga siswa dapat mengeja dan mencocokan huruf bacaan dan mudah untuk di pahami siswa, akan tetapi masih ada saja siswa yg tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran.
5. Upaya dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah dengan bisa membuat kondisi dikelas senyaman mungkin untuk siswa dan media yg di gunakan bisa di perbesar lagi serta gambar di beri warna agar murid tetap semangat dalam pembelajaran.
Nama : Nur Intan Yuliasari
NIM : 858156424
UPBJJ : Palangkaraya
Tema “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan guru tersebut?
Beberapa siswa terlihat ada yang bersemangat menjawab pertanya-pertanyaan yang di sampaikan oleh guru, dan ada juga yang menjawab namun kurang bersemangat, serta ada yang asik sendiri atau melamun, sehingga tidak memperhatikan penjelasan dari guru tersebut.
2. Apa saja yang kelemahan yang terlihat dalam pembelajaran tersebut?
– Dalam membuka pelajaran tidak ada salam, sapa, do’a, dan absen terlebih dahulu, langsung bernyanyi bersama.
– Dalam penggunaan media sebenarnya sudah cukup baik, akan tetapi lebih baik lagi jika media gambar di perbesar dalam mencetak nya, dan dibuat berwarna sehingga menarik perhatian siswa/anak.
3. Apa saja kelebihan yang terlihat dalam pembelajaran tersebut?
– Sebelum pelajaran dimulai, guru mengajak siswa/anak bernyanyi bersama dengan lagu yang berkaitan atau sesuai dengan materi yang di bahas dalam pembelajaran nantinya.
– Selain itu, bernyanyi bersama juga dapat menumbuhkan semangat siswa/anak dalam memulai hari atau pelajaran. Meskipun ada siswa/anak masih terlihat lesu/tidak bersemangat.
– Penggunaan media meskipun sederhana, tetapi mudah untuk di pahami siswa/anak.
4. Hal unik apa yang ada pada video tersebut?
– Guru menyampaikan materi dengan ekspresif, sehingga membantu perasaan siswa/anak untuk lebih bersemangat pula.
– Guru juga menjelaskan dan mengajarkan / mengenalkan huruf dengan sabar, ramah, dan perlahan.
5. Upaya apa yang harus dilakukan setelah menonton video tersebut?
– Meningkatkan media yang di gunakan guru, seperti memakai LCD/Layar Proyektor
– Bisa saja menggunakan gambar cetak tetapi lebih di perbesar dan berwarna, sehingga terlihat sampai ke barisan paling belakang
Nama : Tiara
NIM : 858071191
UPBJJ : UT Pontianak
Prodi : PGSD
Pokjar : Opu Daeng Manambon ( Mempawah)
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Menurut pengamatan
saya berdasarkan video tersebut yaitu:
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut menurut saya sudah cukup bagus, terlihat ada siswa yang bersemangat dan antusias pada saat pembelajaran berlangsung, ada juga beberapa siswa yang kurang bersemangat.
2. Menurut saya kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran tidak membuka pembelajaran dengan salam dan tidak mengajak siswa untuk berdo’a sebelum memulai pembelajaran, guru tersebut langsung memulai pembelajaran dengan bernyanyi, dan tidak mengkondisikan kelas sebelum memulai pembelajaran.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ialah metode dan media yang dipakai sudah bagus dan tepat, membuat siswa bersemangat dan cepat memahami pelajaran tersebut, menggunakan metode bernyanyi dan media gambar membuat siswa mudah menangkap dan memahami apa yang diajarkan karena media yang dipakai konkret berupa gambar dilengkapi dengan tulisan dengan tujuan agar siswa lebih mudah untuk memahami dan membaca, dan ada juga menyiapkan media suku kata.
4. Hal unik yang ditemukan dari video tersebut yaitu guru tersebut memakai media konkret berupa gambar yang lucu sehingga membuat anak semakin semangat dan antusias.
5. Menurut saya, upaya yang dilakukan guru sudah sangat baik, akan tetapi alangkah baik nya media gambar tersebut dibuat dengan warna warni karena anak cenderung lebih tertarik dengan warna warni sehingga dapat meningkatkan semangat siswa dan menarik perhatian siswa, dan boleh juga media gambarnya diperbesar agar terlihat jelas oleh semua anak.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : PUTRI AYU
Nim : 855856083
Upbjj : UT MEDAN
Pokjar: SERDANG BEDAGAI
Judul video pembelajaran: kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
Ringkasan:
Menurut pendapat saya, pada video pembelajaran tersebut terlihat para peserta didik sangat senang dan antusias pada pembukaan pembelajaran. Reaksi para peserta didik pada pembukaan sangat antusias karena ibu gurunya mengajak para siswa bernyanyi bersama. Dalam video pembelajaran tersebut juga guru menggunakan media pembelajaran untuk menjelaskan. Guru menggunakan gambar yang telah dicetak dan juga kertas huruf serta 00 kata untuk membantu para peserta didik dalam membaca. Pembelajaran yang sangat bervariatif memungkinkan para siswa termotivasi untuk belajar. Pembelajaran yang harus dilakukan terutama di kelas rendah harus bervariasi dan kreatif. Metode pembelajaran yang telah ditampilkan pada video tersebut juga sangat kreatif. Karena guru menggunakan metode bernyanyi dan penggunaan media pembelajaran.
Kelebihan video pembelajaran:
1. Pada awal pembukaan guru sangat kreatif menggunakan video pembelajaran dengan bernyanyi bersama.
2. Guru juga dapat mengelola kelas dengan baik
3. Guru menjelaskan dan memaparkan materi yang sangat jelas
4. Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat menarik perhatian para peserta didik untuk belajar.
5. Guru menunjukkan ekspresi dan dalam pengajaran sangat baik
Kekurangan video pembelajaran:
Pada awal pembukaan pembelajaran guru tidak mengucapkan salam maupun menanyakan kehadiran para peserta didik dan guru tidak mengabsen para peserta didik. Pada saat di kelas guru langsung mengajak para siswa bernyanyi. Yang seharusnya di awal guru menjelaskan kisi-kisi pembelajaran yang akan dipelajari. Meskipun demikian, para peserta didik terlihat sangat senang. Pembelajaran di kelas rendah, menuntut para guru untuk lebih kreatif baik dalam pembelajaran maupun penggunaan media pembelajaran.
Sekian dan terimakasih
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : lailatus syarifah
NIM : 858962754
Universitas Terbuka Jember
Pokjar Kalisat
Menurut saya terkait video pembelajaran tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Sudah bagus guru sudah melakukan atau memulai pendahuluan pada pembelajaran dengan melakukan apersepsi melalui menyanyi bersama, pada kegiatan inti guru juga sudah melakukan penyampaian materi (eksplorasi) dengan baik dimulai dari menunjukkan (media)gambar yg disertai dengan kata dan beliau juga selalu memberikan konfirmasi atau tanggapan kepada speserta didik ketika mereka menanggapi dengan baik apa yg beliau arahkan. Guru juga membimbing peserta didik dengan telaten dan tidak hanya berdiri di depan saja akan tetapi beliau keliling untuk memastikan setiap pendidik apakah mereka sudah tanggap mengenai materi yg swdang di bahasa.
Nama : lailatus syarifah
NIM : 858962754
Universitas Terbuka Jember
Pokjar Kalisat
Menurut saya terkait video pembelajaran tentang “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Sudah bagus guru sudah melakukan atau memulai pendahuluan pada pembelajaran dengan melakukan apersepsi melalui menyanyi bersama, pada kegiatan inti guru juga sudah melakukan penyampaian materi (eksplorasi) dengan baik dimulai dari menunjukkan (media)gambar yg disertai dengan kata dan beliau juga selalu memberikan konfirmasi atau tanggapan kepada speserta didik ketika mereka menanggapi dengan baik apa yg beliau arahkan. Guru juga membimbing peserta didik dengan telaten dan tidak hanya berdiri di depan saja akan tetapi beliau keliling untuk memastikan setiap pendidik apakah mereka sudah tanggap mengenai materi yg sedang di bahas. Saran sayapada kegiatan akhir pembelajaran guru memberikan simpulan atau refleksi kepada peserta didik dan memberikan motivasi agar peserta didik terus termotivasi belajar dengan rajin dan semangat.
Nama: Oktaviani
NIM: 858069719
Pokjar: Opu Daeng Man Ambon Mempawah
UPBJJ: PONTIANAK
Semester/Kelas: 6/A
Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)
Dari video pembelajaran tentang kesulitan membaca di sekolah, setelah saya menyaksikan video tersebut saya melihat reaksi anak pada video tersebut anak dengan tertib belajar dan kelihatan semangat mendengarkan apa yang kuruskan.
Kelemahan pada video tersebut ialah guru tidak membuka pelajaran dengan mengucapkan salam berdoa, dan tidak mengabsen kehadiran siswa.
Kelebihan dalam proses pembelajaran pada video tersebut guru mampu membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan, sehingga memacu siswa untuk belajar dengan fokus dan semangat dengan mengajak siswa bernyanyi bersama-sama sesuai dengan materi yang akan dibahas.
Dan media yang digunakan guru sudah baik sehingga dapat membuat anak menjadi paham dengan apa yang diajarkan ibu guru tersebut.
Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut yaitu guru mengajak siswa bernyanyi tentang keluarga di kegiatan alam pelajaran.
Sehingga hal tersebut membuat siswa semua menjadi ceria dan semangat untuk belajar.
Penggunaan media gambar yang sangat menarik membuat siswa tertarik untuk belajar.
Dan guru terlihat sangat ramah dan sabar dalam menghadapi dan mengajarkan anak didiknya sehingga suasana kelas pun terlihat tenang.
Semoga kedepannya tetap terlahir guru-guru yang kreatif, inovatif dan interaktif dalam menentukan metode, teknik pembelajaran serta media pembelajaran agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik dan lancar.
Sekian pendapat saya terima kasih.