Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : HERFIANA
NIM : 859771558
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : KENDARI
POKJAR : WUNDULAKO
SEMESTER : 6
Setelah saya melihat video pembelajaran Bahasa Indonesia di atas dengan materi “Kesulitan membaca huruf, suku kata dan kalimat. Di video tersebut tenaga pendidik tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti belum membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa. Tenaga pendidik langsung membuka pembelajaran dengan cara mengajak para peserta didik untuk bernyanyi bersama setelah itu tenaga pendidik menjelaskan materi yang ingin dipelajari atau di ajarkan.
Dalam proses penyampaian materi sudah baik, Dimana tenaga pendidik memberikan perhatian kepada peserta didik, tidak hanya fokus ke satu tenaga pendidik saja. Media penyampainnya sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan tenaga pendidik untuk memahami materi yang disampaikan.
Nama : Aulia Ramadani
Nim : 859771605
Pokjar : Wundulako
Semester : 6
Prodi : PGSD-S1
Video pembelajaran : ” Menulis Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Kesimpulan saya dalam video tersebut Terlihat tenaga pendidik memberikan pembelajaran menulis tentang keluarga,dalam video tersebut tenaga pendidik sudah baik dalam memberikan pembelajaran hanya tenaga pendidik tidak memulai kelas dengan memberikan salam terlebih dahulu,tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini, tidak melakukan absensi dan menanyakan siswa apakah semuanya sudah siap belajar. cara mengajar tenaga pendidik sangat bagus karena tenaga pendidik sangat memperhatikan siswa,memberikan media pembelajaran dan memberikan semangat kepada siswa yang membuat siswa lebih semangat belajar menulis,namu terlihat diakhir video tenaga pendidik tidak memberikan siswa apresiasi seperti memberikan nilai kepada siswa agar siswa percaya diri dengan apa yang ia buat dan membuat siswa selalu semangat dalam menulis dan tugas yang diberikan kepada tenaga pendidik.
Menurut saya pada video tersebut tentang kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat di kelas rendah yaitu ada beberapa kelemahan dan kelebihan diantaranya :
– Kelemahan video tersebut yaitu :
• Terlalu cepet dalam menjelaskan dikelas rendah.
• Terlalu rumit dalam penjelasan cara penulisan hurufnya.
• Ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat.
• Anak² tidak konsentrasi saat belajar.
– Kelebihan video tersebut yaitu :
• Intonasi saat belajar sangat jelas
• Menggunakan media pembelajaran yang bervariatif
• Menggunakan metode belajar yang bervariatif
• Perhatian dengan peserta didik
Sappeani
859530734
UPBJJ -UT MAJENE
SEMESTER 8
Kesulitan dalam menulis huruf, suku kata dan kalimat bisa menjadi indikasi adanya gangguan belajar seperti disleksia atau disgrafia atau bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor lain seperti kemampuan motorik halus yang lemah.
Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan menulis tersebut antara lain;
-kemampuan motorik halus: anak dengan kemampuan motorik halus yang lemah mungkin kesulitan dalam mengendalikan pena atau pensil saat menulis.
-persepsi visual;
Kesulitan dalam proses informasi visual seperti bentuk huruf dapat menghambat kemampuan menulis.
-perhatian dan konsentrasi:
Ketidakmampuan untuk fokus dan berkonsentrasi saat menulis dapat menyebabkan kesalahan dan dalam penulisan huruf kata atau kalimat.
-motivasi:
Rasa tidak tertarik atau tidak termotivasi dalam belajar menulis dapat menyebarkan kesulitan dalam penguasaan keterampilan menulis.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan sebagai berikut:
-berikan dukungan dan motivasi/berikan dukungan emosional dan motivasi kepada anak atau siswa yang mengalami kesulitan menulis.
-penginapan metode pengajaran yang bervariasi/gunakan metode pengacara yang bervariasi dan sesuai dengan gaya belajar individu seperti menggunakan media visual, audio dan kinetik
-berikan waktu dan kesempatan/berikan waktu dan kesempatan yang cukup untuk belajar dan berlatih menulis.
-menggunakan media yang menarik dan menyenangkan untuk membantu anak agar siswa lebih termotivasi dalam belajar menulis.
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
1. Intonasi saat mengajar sangat jelas
2. menggunakan media pembelajaran yang bervariatif
3. menggunakan metode belajar yang bervariatif
4. perhatian dengan peserta didik
Kelemahan Pembelajaran dalam Video
1. terlalu cepat dalam menjelaskan di kelas rendah
2. terlalu rumit dalam penjelasan cara penulisan hurufnya
3. ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat
4. anak-anak tidak konsentrasi saat belajar
Hal unik yang terdapat dalam Pembelajaran Video
1. anak-anak sudah pandai dalam penyeruan huruf yang dituliskan dipapan tulis
2. guru sangat bersemangat saat mengajar
Nama: Chairun Nisa
Nim: 855864413
Setelah saya melihat video tersebut saya menemukan beberapa kelebihan dan kelemahan serta perbaikan yang dapat dilakukan guru
Kelebihan:
– Guru menggunakan metode pengajaran yang kreatif dan menarik sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa di kelas.
– Komunikasi dan bahasa yang digunakan guru mudah dimengerti oleh siswa.
– Guru memberikan perhatian kepada siswa dan tidak hanya fokus pada satu siswa saja.
– Media pembelajaran yang digunakan guru sangat baik dengan menggunakan gambar sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan.
– Guru memberikan semangat kepada siswa yang membuat siswa lebih semangat belajar menulis.
Kelemahan:
– Guru tidak melakukan pembukaan dengan lengkap seperti tidak membaca doa sebelum belajar dan tidak menyapa para peserta didik.
– Guru tidak memulai pelajaran dengan contoh penulisan huruf dengan jelas.
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan tidak melakukan absensi.
– Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa seperti memberikan nilai atau pujian untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Perbaikan yang dapat dilakukan:
– Guru dapat memulai pembelajaran dengan lebih lengkap, seperti membaca doa, menyapa siswa, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
– Guru dapat memberikan contoh penulisan huruf dengan jelas dan memberikan kesempatan siswa untuk mempraktikkan menulis.
– Guru dapat melakukan absensi dan memastikan semua siswa siap belajar.
– Guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi atau menunjukkan kemajuan dalam menulis.
– Guru dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih variatif dan inovatif untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa.