silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama : Lutfiya Ningsih
    NIM : 857131904
    Semester : VI (Enam)
    S1 PGSD UPBJJ UT-21 Jakarta (Pokjar Kalideres)

    Menurut pendapat saya mengenai video tersebut adalah seorang guru saat kegiatan pembuka sudah sangat bagus, karna membangun rasa semangat bagi siswanya. Metode yang digunakan guru juga sudah sangat bagus karena sudah menggunakan alat peraga, interaksi yang baik, mengaktifkan suasana kelas, memberikan perhatian dan juga guru tersebut sudah menjadi pusat perhatian siswa. Namun, alat peraga yang digunakan belum menarik bagi siswa kelas rendah, untuk kelas rendah buatlah yang lebih menarik agar siswa lebih tertarik saat pelajaran. Pada video juga ada beberapa murid yang belum bisa menulis, jika murid belum bisa menulis guru bisa memberikan kertas yang terdapat titik-titik, agar murid yang belum bisa, dapat menebalkan dahulu. Sekian pendapat saya.

  2. Nama : Nur Ayni
    Nim : 858156431
    UPBJJ: Palangkaraya

    Dari video diatas permasalahan yang timbul adalah kesulitan membaca pemula, kurangnya media belajar atau alat peraga. Namun dalam video tersebut guru sudah mampu menciptakan suasana belajar yang baik membuat anak-anak senang dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Mengajarkan membaca bukanlah hal yang mudah guru harus kreatif, sabar dan telaten.

  3. Nama : Arwinda Prasasti
    NIM : 855739945
    Kelas/Semester : B
    Program Studi : S1-PGSD
    Assallamuallaikum Wr. Wb. Mohon maaf, izinkan saya untuk memberikan tanggapan terkait video diatas mengenai Bagaimana mengatasi kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat?
    Menurut pendapat saya tentang video tersebut yaitu dalam proses belajar mengajar, guru sudah mampu membuat siswa lebih bersemangat, kemudian guru sudah mengkaitkan salah satu lagu dengan materi yang akan dipelajari yaitu menulis kata-kata yang berhubungan dengan keluarga. Interaksi guru terhadap siswapun sudah cukup baik, Namun ada beberapa hal yang saya koreksi yaitu mengenai media pembelajarannya. Media pembelajaran yang ditampilkan kurang membuat para siswa antusias bahkan ada yang bengong sampai menguap. Jadi, jika boleh saran medianya bisa ditambahkan dengan games seperti ”Balapan Huruf” guru membuat papan permainan dengan lintasan huruf-huruf yang berkaitan dengan keluarga, lalu siswa harus menuliskan huruf-huruf yang mereka lewati dipapan permainan menggunakan spidol. Mungkin dengan cara ini, mereka belajar mengenali huruf dan mempraktikkan menulisnya secara bersamaan atau bisa menggunakan media pasir yang diletakkan pada wadah lalu guru menulis hurufnya dan diikuti oleh siswa. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa mengajarkan menulis permulaan di SD kelas rendah bisa menjadi tantangan yang cukup umum bagi sebagian anak-anak. Maka penting bagi guru dan orangtua untuk memberikan dukungan yang tepat, seperti memberikan latihan yang sesuai dengan kemampuan anak, memberikan pujian dan bisa dimasukkan kedalam sekolah tambahan (Les bimbingan).
    Mungkin hanya itu saja pendapat saya, kurang lebihnya saya memohon maaf. Saya akhiri
    Wassallamuallaikum Wr. Wb.

  4. NAMA:MIMAH LESTARI
    NIM:856104857
    PRODI:PGSD

    JUDUL VIDEO:Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
    1.SUMBER VIDEO: https://drive.google.com/file/d/1C1Q2LYz_6AZOKHowACtroppWBuSM8U2x/view?usp=sharing
    2.RINGKASAN ISI VIDEO:
    Pengamatan terhadap guru dan pembelajaran mengungkap beberapa kekurangan, termasuk kurangnya motivasi, absen apersepsi, dan kegagalan dalam memberikan salam pembuka, absen, dan doa sebelum dan sesudah pembelajaran. Guru juga tidak mengingatkan materi pembelajaran sebelumnya dan tidak memberikan tujuan pembelajaran. Kurangnya persiapan psikologis siswa Reward juga menjadi catatan
    Pengamatan terhadap siswa menunjukkan bahwa belum ada siswa yang bertanya tentang cara menulis, serta latihan menulis yang masih kurang dengan tingkat konsentrasi yang rendah dan kurangnya perhatian dari guru. Tidak adanya media pembelajaran, siswa tergolong lambat, dan ada kesulitan dalam motorik halus.
    Solusi yang diajukan termasuk meningkatkan latihan menulis, menggunakan bantuan tangan
    3. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Pengamatan pada guru: tidak ada motivasi, tidak ada absen, Guru tidak memberikan salam pembuka, absen apersepsi, dan doa sebelum memulai pembelajaran.tidak mengingatkan pembeljaran minggu lalu,Tidak menginformasikan tujuan pembeljaran Kurangnya persiapan psikologis siswa, tidak adanya Reward untuk siswa
    Kelemahan:Pengamatan pada siswa:
    Belum ada siswa yang Mengajukan pertanyaan terkait cara menulis
    Latihan menulis yang masih kurang, anak malas dan bosan,kurang konsentrasi, kurang perhatian guru,tidak ada media pembelajaran,anak tergolong lambat,kelaianan motorik halus,
    solusi: perbanyak latihan menulis, membantu tangan anak menulis di pasir ,menulis di tepung, menulis di angkasa
    4.Kelebihan pembelajaran dalam video
    Menjelaskan materi secara baik
    Penamplian Rapih dan menarik
    5. Hal unik dalam pembelajaran video:Pembelajaran dengan menggunakan
    Gambar dan tulisan
    6.Rencana kegiatan: format rencana pelaksanaan pembelajaranya lebih tingkatkan lagi mulai dari tujuan pembelajaran ,kompetensi, indikator dari pembukaan, inti penutup.

  5. Nama : Rejasahputra Tambunan
    Nim : 855856653
    UPBJJ: MEDAN
    Prodi : PGSD
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh izin menanggapi video di atas, menurut pendapat saya dalam video pembelajaran siswa terlihat kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, karena ada yang terlihat menguap seperti mengantuk, dan juga yang menurun dengan teman sampingnya. Kelemahan dalam video di atas atau pembelajaran tersebut peserta didik atau siswa terlihat mudah bosan dalam mengikuti pembelajarannya, dan kurang memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan materi. Kelebihan dalam video tersebut atau pembelajaran yang di atas, guru sudah kreatif menggunakan media pembelajaran agar dapat membantu atau memudahkan dalam penjelasan materi. Hal yang unik dalam pembelajaran tersebut adalah guru menggunakan media gambar untuk mudah menjelaskan materi dan dengan sabar guru mengunjungi bangku siswa peserta Didik.

  6. Nama : Syuwaybatul Aslamiyah
    NIM : 857111737
    Semester : 8
    UPBJJ Jakarta

    Assalamualaiku, Izinkan saya memberikan komentar dari video diatas.
    Dari pengamatan yang telah saya lihat dari video ” kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
    Pengawalan mengajar menggunakan cara bernyanyi sangatlah baik karena telah memberikan permulaan yang menarik, selanjutnya dengan pengenalan huruf dengan penulisan ” ayah ” ternayata juga dapat sambil mengenal huruf lainnya. Kesulitan yang dihadapi guru dari penyebab kesulitan menulis permulaan ternyata sebagian besar terjadi karena siswa, tetapi dari pengajaran yang telah dilakukan oleh guru di video sudah sangat baik dengan memberikan contoh terlebih dahulu, meminta anak untuk membaca, mengajari dan membimbing anak yang belum bisa membaca dan menulis.
    Tetapi alangkah lebih menarik jika media yang digunakan mengikuti zaman dimana anak akan lebih akan menfokuskan dan lebih tertarik denga apa yang disampaikan mungkin bisa dengan menggunakan media ajar infocus yang meyangkan gambar atau dengan metode bermain dengan kartu huruf lalu memberikan kesempatan naka untuk menulis kedepan dan mengajarkan langsung yang dapat dilihat juga kepada siswa lain.
    Terimakasih semoga bisa memberikan perubahan bagi guru-guru lain di Indonesia.

  7. Nama : suhada
    Nim : 858072337
    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran di atas, metode yang digunakan guru sudah baik, interaksi antara guru dan siswa juga terjalin dengan baik, dapat dilihat dari keaktifan siswa mejawab setiap pertayaan dari guru, siswa lebih percaya diri dalam memulai pembelajaran. guru juga sudah memberikan perhatian yang baik kepada setiap siswa, dan memberikan perlakuan khusus kepada siswa yang kurang dalam menanggapi pelajaran.

  8. Nama : suhada
    Nim : 858072337

    Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran di atas, metode yang digunakan guru sudah baik, interaksi antara guru dan siswa juga terjalin dengan baik, dapat dilihat dari keaktifan siswa mejawab setiap pertayaan dari guru, siswa lebih percaya diri dalam memulai pembelajaran. guru juga sudah memberikan perhatian yang baik kepada setiap siswa, dan memberikan perlakuan khusus kepada siswa yang kurang dalam menanggapi pelajaran.

  9. Nama : Shally Putri Jola
    NIM : 877529112
    UPBJJ : UT Medan
    Pokjar : Humbang Hasundutan
    Video : Kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat
    Setelah saya menyimak video dari Laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya adalah sebagai berikut :
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan sudah berjalan baik, guru mengajak murid untuk bernyanyi lagu “Pergi Belajar” yang bertujuan untuk menarik minat murid sebelum memulai pembelajaran.
    Namun ditengah pembelajaran nampak didalam video ada beberapa murid yang belum siap untuk memulai proses pembelajaran yakni ada yang menguap, ada yang posisi duduknya nampak malas, ada murid yang termenung.dll
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -. Tampak dalam video guru tidak memberikan sapaan pembuka sebelum pembelajaran , Tidak menanyakan kesiapan murid untuk memulai pembelajaran, akan lebih bagus ketika diawal guru menanyakan apakah murid sudah makan dari rumah, bagi murid yang tidak makan agar di ingatkan supaya makan agar bisa fokus mengikuti proses pembelajaran. Karena kalau perut lapar nanti tidak bisa menerima pelajaran dengan baik.
    -. Dalam video, pembelajaran yang akan dibahas terkait kesulitan menulis huruf. ada baiknya murid diajak untuk menyanyikan lagu A,B,C,D untuk memperkenalkan huruf.
    -. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. Guru bisa menggunakan media berupa huruf lepas yang berwana disertai gambar ditambah dengan media berupa video yang dapat ditampilkan menggunakan proyektor untuk menarik fokus murid.
    3. Secara keseluruhan apa saja Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    -.Guru termasuk kreatif untuk membuka pembelajaran dengan mengajak murid bernyanyi “Pergi belajar” lalu membuat contoh kata yang akan ditulis dari lirik lagu tersebut, seperti Ayah dan Ibu.
    -. Guru memberikan interaksi dan sentuhan langsung kepada murid untuk belajar menulis dan guru memberikan contoh di papan tulis agar murid bisa mengikuti
    -.Guru memberikan pujian kepada murid yang sudah bisa menulis dan membantu murid yang belum bisa menulis dengan memegang tangan murid nya.
    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    -. Menurut pendapat saya hal unik yang saya temukan dalam video adalah guru memberikan contoh kata yang akan ditulis murid lewat nyanyian dan menunjukkan gambar seorang ayah dan ibu.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati videonya, Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya?
    Menurut pendapat saya, cara guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus, Akan lebih bagus lagi apabila didukung dengan media pembelajaran dengan menggunakan video untuk dapat ditunjukkan kepada murid pada saat pembelajaran

    Demikian yang dapat saya sampaikan, Terimakasih

  10. Nama : 858050349
    Nim: 858050349
    UPBJJ : Pontianak
    Dari pengamatan yang telah saya lihat dari video “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
    Pengawal mengajar menggunakan cara bernyanyi sangatlah baik karena telah memberikan permulaan yang menarik, selanjutnya dengan pengenalan huruf dengan penulisan ” ayah ” ternayata juga dapat sambil mengenal huruf lainnya. membantu yang menghadap guru dari penyebab kesulitan menulis permulaan ternyata sebagian besar terjadi karena siswa, tetapi dari pengajaran yang telah dilakukan oleh guru di video sudah sangat baik dengan memberikan contoh terlebih dahulu, meminta anak untuk membaca, mengajar dan membimbing anak yang belum bisa membaca dan menulis .

Leave a Reply