Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
NAMA : RISMA
NIM : 859762004
Setelah saya menonton dan menganalisis video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat di kelas rendah, saya melihat cara guru menjelaskan kepada siswanya yang terlalu cepat dalam memberikan materi apalagi dikelas rendah sepertinya tidak cocok, dan juga penjelasannya terlalu rumit dalam menjelaskan cara penulisannya karena ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat serta anak-anak yang tidak konsentrasi dalam belajar. Tetapi saya melihat cara guru yang sangat bagus dalam mengajar karena intonasinya sangat jelas, menggunakan media yang bervariatif, menggunakan metode belajar yang bervariatif serta perhatian dengan siswa. Saya juga melihat anak-anak sudah pandai dalam penyeruan huruf yang dituliskan di papan tulis.
Nama: Ijah Fitriana
NIM: 859763797
UPBJJ: Kendari
Video: Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Dari video yang saya simak, ada beberapa kelemahan yang saya temukan yaitu:
1. Guru belum menunjukkan jenis kesulitan yang bagaimana yang sedang dialami oleh siswa dalam menuliskan huruf, kata, suku kata, dan kalimat.
2. Guru belum menunjukkan strategi apa yang digunakannya dalam memediasi kesulitan menulis huruf, kata, suku kata, dan kalimat.
3. Guru hanya memperlihatkan bagaimana menulis huruf dan kata, padahal judul video memasukkan suku kata dan kalimat.
4. Media pembelajaran yang digunakan, seperti gambar, sebetulnya belum dapat membuat siswa belajar bagaimana menuliskan huruf hingga kalimat. Untuk perkenalan awal masih ideal menggunakan gambar seperti itu. Namun untuk keseluruhan tujuan pembelajaran, guru semstinya menggunakan media yang lebih nyata bagi siwa untuk diperagakan sendiri.
Setelah saya menonton dan menganalisis video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat di kelas rendah, saya melihat guru menjelaskan kepada siswanya yang sedikit cepat dalam memberikan materi apalagi dikelas rendah sepertinya kurang cocok, dan juga penjelasannya terlalu rumit dalam menjelaskan cara penulisannya karena ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat serta anak-anak yang tidak konsentrasi dalam belajar. Tetapi saya melihat cara guru tersebut yang sudah bagus dalam mengajar karena intonasinya sangat jelas, menggunakan media yang bervariatif, menggunakan metode belajar yang bervariatif serta perhatian dengan siswa. Saya juga melihat anak-anak sudah pandai dalam penyeruan huruf yang dituliskan di papan tulis.
Nama : Indri Yulandari
Nim : 857002083
POKJAR : Salut Waytuba
UPBJJ : Bandar Lampung
1. Kelemahan Pembelajaran pada Video, dalam kegiatan pendahuluan tidak memeriksa kehadiran siswa, melainkan langsung menjelaskan materi pembelajaran. Tidak mengemukakan tujuan pembelajaran, serta Kegiatan penutup tidak mengadakan timbal balik, mereview, memotivasi, doa, dan salam penutup. Guru juga mengajar tidak berpedoman pada RPP yang sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku.
2. Kelebihan pembelajaran dalam Video, guru mengajar secara jelas, serta kreatif dalam menggunakan media, sehingga siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Melakukan pendekatan belajar dengan cara perhatian, sentuhan, rangsangan untuk sering-sering berlatih menulis untuk menumbuhkan sensor motorik halus yang ada pada diri siswa.
Nama : Tika liana
Nim : 858056396
Pokjar : Melawi
UPBJJ : pontianak
Dari video yang saya simak, ada beberapa kelemahan pada video tersebut diantaranya:
Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak memeriksa kehadiran siswa, tetapi langsung menjelaskan materi pembelajaran.
Guru belum menunjukkan strategi apa yang digunakannya dalam memediasi kesulitan menulis huruf, kata, suku kata, dan kalimat. Namun terdapat juga Kelebihan pembelajaran dalam Video tersebut, yaitu :
guru mengajar secara jelas dan kreatif dalam menggunakan media, sehingga siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Nama : Nur Hikmah
Nim : 856466734
Pokjar : Rengat
Komentar mengenai video tersebut, yaitu :
Menurut saya, kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh ibu tersebut belum berlangsung secara efektif. Karena guru tersebut langsung melakukan ice breaking dengan siswa-siswi tersebut. Guru tersebut tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum kegiatan pembelajaran di lakukan. Untuk media atau metode pembelajaran sudah bagus, dimana guru sangat kreatif membuat huruf” di kertas untuk siswa menyusun suku kata sehingga anak mudah untuk mengeja kata tersebut. Untuk kegiatan penutup guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak melakukan berdoa sebelum menutup pembelajaran. Sehingga pembelajaran tersebut belum terlaksana secara efektif dan efesien.
Nama : Tantri Agustiani
NIM : 858718728
Setelah melihat video tersebut, menurut saya dalam mengajarkan siswa materi menulis huruf, suku kata dan kata, guru sudah menyampaikan materi dengan baik. Guru juga menggunakan media pembelajaran yang sesuai sehingga siswa tidak kesulitan dalam menerima materi. Dalam video tersebut guru belum menjelaskan tentang menulis kalimat sehingga wajar jika siswa belum menguasai.
Nama:Sartika Situmeang
Nim : 877526543
Setelah saya menonton video pembelajaran di kelas rendah ada beberapa hal yang dapat saya lihat yaitu:gurunya sabar dan ada melakukan pendekatan, sentuhan, dan mengajar dengan sabar dengan banyaknya siswa dalam kelas diruangan tersebut.
Ada media yang dipakai yaitu gambar, tapi sebagai guru kelas rendah khusus di kelas 1 SD kita sebagai guru harus punya media lain juga seperti kartu huruf, kartu kata, dan kartu kalimat.
Sehingga anak juga melihat ada media lain selain gambar.
Dengan cara guru menerangkan cara menuliskan huruf supaya diingat sangat penting sekali contoh huruf b, d, p, g, e, q.huruf ini agak susah di ingat anak kelas rendah jadi harus ada cara guru untuk bagaimana cara siswa mengingat dan menuliskan nya.
hayy gayss
Nama Saya : Indira Srikandi Lumaghetohe
NIM : 859952312
Alamat : Lolak II
Menurut Saya mengajarkan anak-anak Menulis membutuhkan teknik dan metode yang harus di sesuaikan dengan kondisi dan pemahaman anak karena setiap siswa itu beda tingkat penguasaannya dan pemahamannya.
Nama : Yemima Waruwu
Nim : 856063751
Menurut saya dalam mengamati video diatas kebanyakan siswa tidak mau belajar atau malas menulis dikarenakan Guru lebih fokus dalam menyampaikan pembelajaran sehingga tidak memperhatikan siswanya.