Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Nama : Nuralita Dwi Rahmawatia
Dari vidoe yang saya lihat
Kelebihan pembelajaran tersebut adalah, Guru mengajar dengan cara yang jelas semua huruf penulisannya dijelaskan, serta cukup kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi senang dalam belajar dan memahaminya.
Kelemahan dalam belajar yaitu guru tidak memberi salam serta absensi kehadiran kepad siswa, guru tidak menjelaskan tujuan materi dlm belajar, tetapi guru langsung menjelaskan materinya sehingga membuat siswa kebingungan dgn materi tersebut.
Nama : Savana Bety Suhardi
NIM : 858829693
Pokjar : Kabupaten Kediri
UPBJJ-UT MALANG
Semester 8/118 PGSD
Judul : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Link Vidio : https://gurupintar.ut.ac.id/kesulitan-menulis-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/comment-page-30/#comments
Menurut pendapat saya setelah melihat video diataas adalah:
Kelebihan:
1. Guru memakai gambar dan alat bantu supaya murid lebih mudah paham. Ini membantu mereka lebih semangat belajar menulis.
2. Ada lagu dan permainan yang bikin suasana kelas tidak membosankan. Murid jadi lebih senang dan aktif belajar.
Kekurangan:
1. Guru tidak memulai pelajaran dengan salam atau doa, dan tidak menutup dengan rangkuman atau tugas. Sehingga membuat pelajaran kurang lengkap.
2. Terdapat murid yang terlihat kurang semangat. Mungkin karena kegiatan di kelas kurang bervariasi atau terlalu lama di satu cara belajar saja.
Saran:
1. Dapat menggunakan game edukasi, gambar lebih banyak, atau video supaya semua murid lebih tertarik dan ikut aktif.
2. Sebaiknya mulai dengan salam atau doa, dan akhiri dengan tanya jawab atau memberi tugas kecil, supaya pelajaran lebih jelas dan lengkap.
Nama : HENDY MARTIN PRAYUDA
NIM : 857036012
POKJAR : Simpang Pematang
UBPJJ : Bandar Lampung
Dari vidio yang sudah ditayangkan dia atas dapat kita simpulkan bahwa dalam. Proses pembelajaran diatas yang baru saya nonton.
1 tidak adanya kegiatan awal dalam pembelajaran seperti memberi salam kepada siswa, tidak ada berdoa dan tidak ada absen.
2.guru langsung kegiata inti saja yang belum menyampaikan apa materi yang yang akan di bahas langsung menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu,
3.tidak adanya kegiatan akhir dalam pembelajaran seperti kesimpulan dan penilaian akhir kepada siswa dan tidak ada berdoa untuk kegiatan akhir pembelajaran.
Terimakasih.
NAMA:HENDY MARTIN PRAYUDA
NIM : 857036012
POKJAR : SIMPANG PEMATANG
UBPJJ : BANDAR LAMPUNG
Izin memberikan komentar pada kelemahan dalam tayangan video. Pada bagian awal atau pembukaan pembelajaran tersebut akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa. Selain itu guru perlu memberi icebreaking di awal pembelajaran untuk menumbuhkan semangat murid. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil. alangkah baiknya jika media gambar tersebut di cetak agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan di tambah dengan media video lebih bagus dan peserta didik dapat lebih semangat dalam belajar
Nama : idaria lase
Nim:859884567
Pokjar : idanogawo
Dari pembelajaran diatas mengenai video pembelajaran tentang menulis huruf ,suku kata, dan kalimat tersebut sudah sangat baik. Baik dalam mengajarkan anak . untuk mengetahui setiap huruf menjadi satu kalimat. Cuman ada beberapa kelemahan guru dalam proses pembelajaran tersebut.
-guru ketinggalan saat melakukan pembukaan dalam pembelajaran tidak menyapa terlebih dahulu tidak menyuruh siswa untuk berdoa sebelum melaksanakan proses belajar dan tidak mengabsen setiap siswa.
-guru hanya langsung dalam materi
-tidak ada kegiatan akhir seperti menyimpulkan materi dan penguatan materi, yang sudah disampaikan dan tidak mengakhiri dengan salam dan doa.
Jadi saran saya, sebagai guru yang hebat perlu diketahui . pendahuluan inti dan penutup sebelum memulai materi yang akan disampaikan 🙏
Nama : Siti Ainun Maftuhah
Nim : 877662172
Prodi : PGSD
UPBJJ : UT Bogor
Hasil Analisis terhadap Video Pembelajaran Bahasa Indonesia
(kesulitan Menulis Huruf, suku kata, kata dan kalimat)
Mengajar merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam berbagai peristiwa, contohnya didalam kelas yang dilakukan seorang guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang berpusat pada peserta didik, yang dapat dilakukan dalam pemberian materi dari pengembangan kemampuan peserta didik dan memberikan kesempatan peserta didik untuk belajar dengan learning by doing.
Kegiatan mengajar didalam kelas diperlukan kemampuan dalam kelas untuk menciptakan suasana kelas 2 arah antara peserta didik dan guru. Kegiatan ini mencakup peda penyampaian informasi dari mata pelajaran secara sistematis. Pembelajaran yang dilakukan dalam beberapa variasi kegiatan belajar yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan motivasi peserta didik.
Dari hasil pengamatan video terkait kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat memberikan kesimpulan bahwa setiap guru memiliki karakteristik yang sudah ada dalam dirinya. Berdasarkan yang ada dalam video ini, seorang guru berusaha keras untuk membangun suasana kelas yang menyenangkan, agar peserta didik tertarik dengan kelas sebagai tempat ternyaman untuk belajar, memberikan materi mengenai keluarga dari panggilan (ayah, ibu), peserta didik diberikan instruksi untuk memperhatikan tulisan serta membaca yang ada di papan tulis untuk melihat terlebih dahulu, kemudian peserta didik mencatat tulisan tersebut pada buku masing – masing. Namun, saat pembelajaran setiap peserta didik mempunyai karakter yang berbeda, sehingga guru memerlukan asesmen awal untuk menentukan atau mengetahui kompetensi yang dimiliki setiap individu, guru juga memberikan peluang yang luas untuk peserta didik mencoba membaca tanpa di eja, menulis dengan apa yang sudah di lihat, guru sudah menyiapkan berbagai pendukung dan alat bantu untuk belajar seperti media yang digunakan bahan (gambar dan tulisan), tentu saja masih memerlukan bantuan dan contoh – contoh yang sangat mendasar untuk mengingat huruf tersebut, strategi untuk menyelesaikan permasalahan yang di alami oleh peserta didik yang belum bisa membaca, membuat kalimat bahkan menulis satu huruf saja masih membutuhkan bantuan dan contoh yang mudah sekali untuk di ikuti, salah satu contohnya menggunakan jari nya untuk menulis di udara sambil menyebutkan hurufnya, saat belajar membaca penting sekali peserta didik melihat gambar atau benda konkret untuk memudahkan.
Kesimpulan yang dapat diambil dari video tersebut, bahwa kegiatan mengajar berhasil dilaksanakan karena telah dilakukannya pemberian materi dan pemberian kesempatan peserta didik learning by doing. Melalui materi keluarga dipanggil (ayah, ibu), guru sudah melakukan komunikasi 2 arah saat diberikan instruksi pembelajaran, guru sudah memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menebak huruf yang ditulis di papan tulis menjadi tanda bukti bahwa guru sudah memiliki kemampuan untuk mengelola kelas sesuai dengan prinsip pengolahan kelas, walaupun ada beberapa peserta didik yang masih mengalami kesulitan menulis dan mengenali huruf apa yang sudah disampaikan oleh guru, dalam penggunakan nada bahasa yang dipakai oleh guru mencerminkan kapabilitas yang di miliki guru dalam mengajar tanpa adanya nada tinggi dengan disertai emosi saat memberitahu peserta didik.
Sumber rujukan diambil dari PDGK4209 Modul 1 Halaman 1.6 dan 1.12 (dari modul)
Nama: Suhartatik
NIM: 857131563
UPBJJ: 21 Jakarta
Refleksi Terhadap Video Pembelajaran
Setelah menonton video pembelajaran, saya menilai bahwa guru telah menyampaikan materi dengan sangat baik. Penggunaan media gambar sebagai alat bantu mengajar cukup efektif dalam menarik minat siswa. Pembelajaran diawali dengan lagu “Ayah dan Ibu” yang membuat siswa senang, sehingga mereka lebih mudah menulis kalimat yang berkaitan.
Kelebihan:
a. Guru menguasai materi dengan baik.
b. Guru meningkatkan interaksi dengan cara menghampiri siswa.
c. Guru telaten dalam menjelaskan cara penulisan yang benar.
d. Media gambar dan tulisan “Ayah Ibu” membantu siswa dalam membaca dan menulis.
e. Guru membantu siswa yang kesulitan secara langsung.
f. Pendekatan kepada siswa sangat baik dan membuat mereka merasa diperhatikan.
Kekurangan:
a. Tidak ada pembukaan atau salam awal kepada siswa.
b. Beberapa siswa tampak tidak fokus dan merasa bosan.
c. Media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi.
d. Tidak ada kesimpulan atau penutup di akhir pembelajaran.
e. Tidak diakhiri dengan salam penutup.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, guru sudah menunjukkan kemampuan mengajar yang sangat baik, namun perlu sedikit perbaikan dalam struktur pembelajaran dan variasi media agar suasana kelas lebih hidup dan terarah
Nama: Suhartatik
NIM: 857131563
UPBJJ: 21 Jakarta
Judul : Kesulitsn Menulis huruf, suku kata. Kata dan Kalimat
Refleksi Terhadap Video Pembelajaran
Setelah menonton video pembelajaran, saya menilai bahwa guru telah menyampaikan materi dengan sangat baik. Penggunaan media gambar sebagai alat bantu mengajar cukup efektif dalam menarik minat siswa. Pembelajaran diawali dengan lagu “Ayah dan Ibu” yang membuat siswa senang, sehingga mereka lebih mudah menulis kalimat yang berkaitan.
Kelebihan:
a. Guru menguasai materi dengan baik.
b. Guru meningkatkan interaksi dengan cara menghampiri siswa.
c. Guru telaten dalam menjelaskan cara penulisan yang benar.
d. Media gambar dan tulisan “Ayah Ibu” membantu siswa dalam membaca dan menulis.
e. Guru membantu siswa yang kesulitan secara langsung.
f. Pendekatan kepada siswa sangat baik dan membuat mereka merasa diperhatikan.
Kekurangan:
a. Tidak ada pembukaan atau salam awal kepada siswa.
b. Beberapa siswa tampak tidak fokus dan merasa bosan.
c. Media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi.
d. Tidak ada kesimpulan atau penutup di akhir pembelajaran.
e. Tidak diakhiri dengan salam penutup.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, guru sudah menunjukkan kemampuan mengajar yang sangat baik, namun perlu sedikit perbaikan dalam struktur pembelajaran dan variasi media agar suasana kelas lebih hidup dan terarah
Nama: Suhartatik
NIM: 857131563
UPBJJ: 21 Jakarta
Judul : Kesulitan Menulis huruf, suku kata. Kata dan Kalimat
Refleksi Terhadap Video Pembelajaran
Setelah menonton video pembelajaran, saya menilai bahwa guru telah menyampaikan materi dengan sangat baik. Penggunaan media gambar sebagai alat bantu mengajar cukup efektif dalam menarik minat siswa. Pembelajaran diawali dengan lagu “Ayah dan Ibu” yang membuat siswa senang, sehingga mereka lebih mudah menulis kalimat yang berkaitan.
Kelebihan:
a. Guru menguasai materi dengan baik.
b. Guru meningkatkan interaksi dengan cara menghampiri siswa.
c. Guru telaten dalam menjelaskan cara penulisan yang benar.
d. Media gambar dan tulisan “Ayah Ibu” membantu siswa dalam membaca dan menulis.
e. Guru membantu siswa yang kesulitan secara langsung.
f. Pendekatan kepada siswa sangat baik dan membuat mereka merasa diperhatikan.
Kekurangan:
a. Tidak ada pembukaan atau salam awal kepada siswa.
b. Beberapa siswa tampak tidak fokus dan merasa bosan.
c. Media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi.
d. Tidak ada kesimpulan atau penutup di akhir pembelajaran.
e. Tidak diakhiri dengan salam penutup.
Kesimpulan:
Secara keseluruhan, guru sudah menunjukkan kemampuan mengajar yang sangat baik, namun perlu sedikit perbaikan dalam struktur pembelajaran dan variasi media agar suasana kelas lebih hidup dan terarah
Nama: Suhartatik
NIM: 857131563
UPBJJ: 21 Jakarta
Refleksi Video Pembelajaran
Guru sudah menyampaikan materi dengan baik, menggunakan media gambar dan lagu “Ayah dan Ibu” untuk menarik minat siswa. Siswa tampak antusias dan terbantu dalam membaca dan menulis.
Kelebihan:
1. Guru menguasai materi
2. Interaksi dengan siswa baik
3. Penjelasan jelas dan telaten
4. Media pembelajaran membantu siswa memahami
Kekurangan:
1. Tidak ada pembukaan dan penutup
2. Beberapa siswa kurang fokus
3. Media pembelajaran kurang bervariasi
4. Tidak ada kesimpulan di akhir pembelajaran
Kesimpulan:
Pembelajaran sudah bagus, namun perlu perbaikan di struktur dan variasi media agar lebih menarik dan lengkap