Similar Posts
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Nama: Selvi Laudyananda
NIM: 858988979
Kelebihan:
Guru cukup sabar dan telaten dalam membimbing siswa, terutama siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis.
Penggunaan media pembelajaran seperti gambar dan buku cukup efektif untuk membantu siswa memahami huruf, suku kata, dan kalimat.
Metode pembelajaran bervariasi, seperti ceramah, bernyanyi, serta latihan menulis di papan tulis, yang membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan.
Guru aktif berinteraksi dengan siswa, termasuk membantu secara langsung dengan cara memegang tangan siswa saat menulis.
Kekurangan:
Kurangnya pembukaan pembelajaran yang standar, seperti salam, doa pembuka, serta penjelasan tentang tujuan pembelajaran.
Langsung masuk ke kegiatan inti tanpa memberikan pengantar yang cukup, sehingga siswa mungkin kurang memahami apa yang akan dipelajari.
Tidak ada kegiatan penutup, seperti menyimpulkan materi, melakukan refleksi pembelajaran, atau menutup dengan doa.
Kurangnya pemeriksaan kesiapan siswa, misalnya memastikan siswa sudah mengenal huruf sebelum mulai menulis suku kata atau kata.
Saran perbaikan:
Awali pembelajaran dengan salam, doa, dan menyampaikan tujuan belajar supaya siswa lebih siap.
Akhiri pembelajaran dengan kesimpulan bersama dan refleksi sederhana agar siswa dapat mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
Pastikan penguasaan dasar (mengenal huruf) sebelum siswa diajak menulis suku kata dan kalimat.
Berikan waktu eksplorasi bebas untuk siswa mencoba menulis sendiri sebelum dibimbing.
NAMA : DIAN WAHYU PUSPITA NINGSIH
NIM : 858991501
Anak yang mengalami kesulitan menulis sering kali belajar untuk menjadi lebih sabar, karena prosesnya memerlukan banyak latihan dan ketekunan.
Guru dan orang tua dapat menggunakan pendekatan inovatif dalam mengajar, seperti permainan interaktif atau media visual, yang tidak hanya membantu anak tetapi juga memperluas kreativitas mereka.
Latihan menulis membutuhkan perhatian pada detail, sehingga anak bisa belajar menjadi lebih teliti dan disiplin. Kesulitan ini memaksa guru untuk lebih mengenal karakter dan gaya belajar masing-masing anak, sehingga metode pengajaran dapat disesuaikan secara personal.
Setiap kali anak berhasil mengatasi hambatan, bahkan dalam hal kecil seperti menulis satu huruf dengan benar, mereka akan merasa bangga dan percaya diri.
Anak yang menghadapi kesulitan sering mendapatkan perhatian lebih dari guru, dan ini bisa menciptakan hubungan yang lebih dekat antara mereka.
Melibatkan orang tua, guru, dan bahkan teman sekelas dalam proses pembelajaran bisa memperkuat kerja sama
Assalamualaikum izin menanggapi video dg judul “kesulitan menulis huruf,suku kata, kata dan kalimat”
Nama : Leni Karlina
NIM : 856642356
Kelas/semester : 8A/ 8
Jurusan :PGSD
alamat : Pokjar Jambi
Di video tersebut sesuai dengan pengalaman realita peserta didik saya di sekolah pelosok dan ada studi kasus anak yg memang betul-betul belum mampu untuk menyusun kata, apalagi untuk membuat kalimat, jadi Menurut saya kelemahan Pembelajaran dalam Video tersebut adalah :
* Guru tidak berpedoman dengan RPP dalam kegiatan KBM di sekolahnya
* Guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tidak mengabsen kehadiran siswa.
* Guru memberikan contoh penulisan huruf tidak jelas, seharusnya huruf harus besar dan jelas sehingga siswa bisa paham dan mengerti, lebih bagus lagi siswa secara langsung menulis di depan dengan di bimbing.
* Guru tidak mengakhiri pembelajaran dengan kesimpulan belajar serta doa.
kemudian Kelebihan Pembelajaran dalam Video tersebut :
* Metode yang digunakan menarik dengan menyajikan suatu nyanyian.
* Komunikasi yang aktif antara guru dan siswa.
* Guru membimbing siswa dengan melakukan pendekatan terhadap siswa
Sekian terimakasih…
Nama : Syaidatul Hikmah
Nim : 877819623
Kelas : semeter 6B
Jurusan : PGSD
Kelebihan dalam video pembelajaran yang dilakukan
Berdasarkan hasil video yang telah saya tonton yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Didalam video yang telah saya tonton memiliki persahabatan pembelajaran yang dimana video ini menyoroti tantangan yang menghadap siswa dalam keterampilan menulis, khususnya : kesulitan mengenal dan menulis huruf. Guru sabar dan telaten membimbing dan membimbing siswa yang lambat dalam menulis dan juga menguasai kelas dengan baik, guru juga sudah aktif dalam berinteraksi dengan siswa mampu bertanya dan menjelaskan dengan suara yang jelas dan lantang. Media gambar yang digunakan juga memudahkan siswa untuk mengenal tulisan dan menebak kata yang diberikan. Akan tetapi menurut saya kelemahan pada proses pembelajaran guru tidak menerapkan dan juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebi terlebih dahulu, sehingga ada beberapa kelemahan guru yang terdapat pada proses pembelajaran tersebut, yaitu:
1. pembukaan pembelajaran tidak ada seperti salam atau doa, menanyakan kabar dan memeriksa absensi kehadiran siswa.2. guru langsung kegiatan inti saja dan belum menyampaikan apa materi yang akan dibahas, langsung menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu.
. Kelebihan: a. Guru sudah sangat menguasai materi. B. Guru sudah meningkatkan Interaksi seperti mendekati siswa sehingga anak merasa diperhatikan. C. Guru sangat telaten dalam menjelaskan kata penulisan yang benar. D. Dengan adanya media gambar dan tulisan Ayah Ibu sebagai media pembelajaran siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat. E. Guru juga membantu mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis. F. Pendekatan atau interaksi kepada siswa juga sangat baik.
Dalam pembelajaran ini guru menggunakan media pembelajaran dengan memberikan contoh gambar, dan buku sehingga memudahkan siswa memahami dalam menulis.
2. metode pembelajaran yang digunakan guru bervariasi dimulai dari motodeh ceramah, bernyanyi, gambar, dan menulis dipapan tulis.
3. guru berinteraksi dengan baik dan aktif dengan semua murid.
Nama : Sukma Hayati
NIM : 877801968
Prodi : PGSD
UPBJJ : Jakarta
Menurut saya metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang di vidio tersebut sudah sangat bagus dalam penyampaian materi dan sudah menggunakan media pembelajaran, penyampaian materi sangat jelas dan membimbing para siswa secara perlahan. Metode pembelajaran yang digunakan berupa media cetak/gambar yang mengurangi kebosanan bagi para siswa dan ditambah dengan nyanyian yang membuat siswa tambah semangat, mengenal dan mengajarkan huruf secara fleksibel
Namun alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran guru mengajak para siswa untuk berdoa dan mengecek kehadiran dan kesiapan siswa untuk belajar, dan diakhir pembelajaran sebaiknya ada kesimpulan dan salam penutup
Menurut saya materi yang diajakarkan sudah bagus hanya saja kalau melihat dari video tersebut masih banyak yang perlu di perbaiki
1. Kegiatan Awal : biasanya pembukaan kelas diawali berdoa bersama-sama, setelah berdoa guru memberikan kabar kepada murid-murid, memberikan apersepsi atau pertanyaan pemantik mengenai materi hari ini
Setelah itu guru bisa menjelaskan materi apa yang akan di sampaikan hari ini beserta tujuan yang akan di capai pada hari ini melalui materi “kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat”
2. Kegiatan Inti : Guru memberikan contoh seperti apa huruf itu bisa melalui lagu-lagu yang semangat , lebih baik lagi jika lagu tersebut bisa masuk ke dalam materi yang akan disampaikan, setelah itu guru memperkenal huruf demi huruf bisa melalui kartu huruf yang menarik sehingga siswa tertarik melihatnya
Guru mencontohkan menulis yang baik, lalu siswa mengikuti tulisan tersebut sampai masuk ke dalam tahap menulis sebuah kalimat.
Guru harus telaten dalam memberikan arahan kepada siswa nya.
3. Kegiatan penutup : guru memberikan refleksi dalam pembelajaran tersebut
Sehingga bisa menjadi bahan perbaikan untuk kedepannya.
Dan penutup berdoa
Nama : Widia Rahayu
NIM : 857493694
UPBJJ : Bandung
video ini memberikan gambaran tantangan yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran menulis di kelas rendah. Dengan beberapa perbaikan pada aspek pembukaan, penutupan, keterlibatan siswa, dan variasi media pembelajaran, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Guru juga perlu terus mengembangkan kreativitas dan kesabaran untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa.
NAMA : Alya uni patria
NIM : 857136738
UPBJJ : Jakarta
dari video di atas dapat di simpulkan bahwa Mengajar menulis permulaan bagi murid sekolah dasar ternyata tidak mudah walaupun telah dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi namun ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, belum dapat menulis rangkaian suku kata, kata dan kalimat. penyebab anak malas belajar yaitu karna kurangnya konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak yang tergolong lambat belajar dan kelainan motorik dan kurang latihan menulis di rumah.
solusi yang dapat di jalankan yakni,
Bagi murid yang berkesulitan menulis, guru memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang terutama menulis huruf suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak dan bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu memegang tangan anak membantu menulis di pasir di tepung dan di angkasa untuk mengatasi kesulitan menulis sebaiknya gunakan media pembelajaran untuk menulis seperti gambar lagu buku tulis, garis 5, buku gambar, pasir atau tepung dan lain-lain di samping itu guru dapat menggunakan metode yang bervariasi seperti metode menulis huruf suku kata kata dan kalimat dan yang terakhir tingkatkanlah interaksi guru dan murid yang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti tatapan sentuhan memegang tangan murid dan lain-lain
Assalamu’alaikum
Nama: sidah maemunah
NIM: 877639846
prodi: PGSD
pokjar : pakisjaya karawang
Izin menanggapi vidio kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Menurut saya pada pembelajaran dlm vidio tersebut guru sudah dapat membimbing siswa dengan baik dan sabar. Serta guru dapat menuliskan langkah langkah dalam menuliskan huruf-huruf sehingga menjadi suku kata dan kata. Pada pembelajaran guru juga menggunakan metode dan media pembelajaran yg cukup menarik yaitu dengan bernyanyi serta di lengkapi dengan media gambar yang kemudian terdapat kata yg sesuai dengan gambar. Guru juga melakukan pendekatan interaksi secara langsung kepada siswa. Akan tetapi dalam vidio itu juga ada kelemahan yaitu tidak adanya apersepsi di awal pembelajaran seperti berdoa, dan mengabsen siswa.
Terimkasih
NAMA : ALYA Uni Patria
NIM : 857136738
UPBJJ : Jakarta
Seri Pembelajaran SD
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
dari video di atas dapat di simpulkan bahwa Mengajar menulis permulaan bagi murid sekolah dasar ternyata tidak mudah walaupun telah dibantu dengan media gambar dan menggunakan metode yang bervariasi namun ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, belum dapat menulis rangkaian suku kata, kata dan kalimat. penyebab anak malas belajar yaitu karna kurangnya konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak yang tergolong lambat belajar dan kelainan motorik dan kurang latihan menulis di rumah.
solusi yang dapat di jalankan yakni,
Bagi murid yang berkesulitan menulis, guru memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang terutama menulis huruf suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak dan bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu memegang tangan anak membantu menulis di pasir di tepung dan di angkasa untuk mengatasi kesulitan menulis sebaiknya gunakan media pembelajaran untuk menulis seperti gambar lagu buku tulis, garis 5, buku gambar, pasir atau tepung dan lain-lain di samping itu guru dapat menggunakan metode yang bervariasi seperti metode menulis huruf suku kata kata dan kalimat dan yang terakhir tingkatkanlah interaksi guru dan murid yang dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti tatapan sentuhan memegang tangan murid dan lain-lain