Similar Posts
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal…
Nama : Lizawati
Kelas : PGSD semester 6A
Nim. : 856 454 912
Setelah menyimak Vidio pembelajaran bahasa Indonesia tersebut,saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.
Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
Terima kasih🙏
Guru dalam proses pembelajaran materi dari awal sampai akhir sangat jelas, sehingga siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan sangat fokus terhadap penyampaian guru. Dalam proses pembelajaran ini, guru menggunakan metode ceramah juga metode diskusi dengan membuat kelompok antar siswa, media yang digunakan juga sangat menarik yaitu permainan tradisional bakyak sehingga memberikan antusias kepada murid ketika dipersilahkan untuk mempraktekkan permainan bakyak tersebut bersama kelompoknya masing-masing, bisa dilihat dalam kegiatan pembelajaran ini siswa sangat senang.
Nama : Fitrizil Arifah
Nim : 856254588
Setelah melihat Vidio diatas menurut pendapat saya ibu guru sudah baik dalam mendidik atau mengajar pembelajaran mengenal kata dan cara menulis. Ibu guru sudah menggunakan media gambar yang bertuliskan kata ayah dan ibu yang bisa diingat oleh anak, ibu guru juga membuat anak-anak fokus dengan memberikan nyanyian pada awal pembelajaran serta bertanya dan ada umpan balik diberikan anak serta ibu guru juga memantau dan mendatangi langsung anak-anak yang belum bisa menulis.
Mungkin masalahnya yang saya rasakan yaitu, peserta didik banyak yang malas dalam menulis, padahal tulisan yang dihasilkan perseroan didik tersebut bagus dan rapi, peserta didik juga sudah menangkap huruf dan membaca kalimat dengan perlahan, hanya saja banyak peserta didik malas mengerjakan.
Saya mengajar pada kelas 2.
Nama: Resy Adella
Nim : 856991323
Pokjar : Sidomulyo
Semester: 6
Menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah baik.
-Pertama sebelum ke materi ibu guru mengajak siswa bernyanyi bersama. Hal ini dapat membuat anak lebih fokus untuk menyimak apa yang akan disampaikan oleh ibu guru.
-Kedua menggunakan media, penggunaan media sangat penting untuk membuat anak semakin paham pada materi yang sedang dijelaskan.
-Yang ketiga guru tersebut sangat sabar mengajari muridnya satu persatu. Karena kita sebagai guru harus terjun langsung melihat bagaimana pekerjaan siswa agar kita tau apakah ia sudah paham atau belum
Nama : Julkilfi Gani
Nim : 859864311
Prodi : S1-PGSD
Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, yang dilakukan guru tersebut sudah baik dan benar. Guru tersebut berperan aktif dalam mengajar. Dimulai dari metode ceramah, metode gambar dan menerangkan cara menulis didepan papan tulis untuk memberi contoh kepada anak-anak cara penulisnya dipapan tulis serta membimbing anak menulis dibuku tulis.
Menurut saya, akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
Terima kasih
Nama : Siti Nurjana Abdullah
NIM : 859863714
Program Studi : S1 PGSD
Semester 8
dari video diatas , guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik dan benar dimana guru memberikan contoh penulisan huruf dan kata di papan tulis, guru menggunakan media pembelajaran yang membantu siswa mengenal kata, serta membimbing siswa menulis di buku tulis
Nama : Eka Wahyuningsih
Nim : 857601299
Prodi : PGSD – BI
Setelah saya melihat vidio di atas menurut pendapat saya, mengenai pembelajaran bahasa indonesia dalam hal kesulitan menulis huruf , suku kata, kata dan kalimat yaitu biasakan guru dalam mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa menyanyi sambil bertepuk tangan supaya anak tumbuh semangat dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dilihat dari vidio tersebut guru tersebut juga sudah aktif memberikan bantuan kepada siswa untuk menuntun siswa yang kesulitan dalam menulis, dan sedikit menmbahkan Guru harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis kedepan kelas supaya siswa memiliki tantangan dan keingintahuan yang besar, sehingga menciptakan suasana kelas yang aktif dan tidak monoton. serta setiap hari anak disarankan selain belajar menulis dengan cara mendekte huruf anak juga di biasakan belajar membaca dengan suku kata maupun kalimat dengan maju satu persatu di depan kelas.
Nama : Eka Wahyuningsih
Nim : 857601299
Prodi : PGSD – BI
Dengan melihat vidio di atas menurut pendapat saya, mengenai pembelajaran diatas bahasa indonesia dalam hal kesulitan menulis huruf , suku kata, kata dan kalimt, biasakan guru dalam mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa menyanyi sambil bertepuk tangan supaya anak tumbuh semangat dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Dilihat dari vidio tersebut guru tersebut juga sudah aktif memberikan bantuan kepda siswa untuk menuntun siswa yang ksulitan dalam menulis, dan sedikit menmbahkan Guru harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis kedepan kelas supaya siswa memiliki tantangan dan keingintahuan yang besar, sehingga menciptakan suasana kelas yang aktif dan tidak monoton. serta setiap hari anak disarankan selain belajar menulis dengan cara mendekte huruf anak juga di biasakan belajar membaca dengan suku kata maupun kalimat dengan maju satu persatu di depan kelas.
Nama : Isna Amalia
Nim : 857697227
Prodi : S1 PGSD
Pokjar: Kedungwuni – Pekalongan
Setelah menyimak video pembelajaran Bahasa Indonesia tersebut, reaksi siswa sangat senang dikarenakan guru mengawali pembelajaran dengan bernyanyi , kelemahan dalam video tersebut kurangnya media pembelajaran yang berinofasi,kurangnya variasi metode pembelajaran yang disampaikan guru kepada murid, guru langsung memberikan contoh penulisan dipapan tulis lalu guru memberikan tugas menulis seperti yang dituliskan guru dipapan , kelebihan guru dalam video tersebut guru lebih memberikan perhatian kepada siswa,
Hal unik dlm pembelajaran tersebut anak lebih mendapatkan perhatian dari guru
Upaya yang harus dilakukan oleh guru pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
Nama : Ganti Uli Tua Sihombing
Nim : 859871141
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Medan
Dari video pembelajaran yang saya amati menurut saya secara keseluruhan guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Dimana guru melakukan kegiatan dengan mengajak siswa untuk bernyanyi bersama agar siswa lebih bersemangat, guru juga menggunakan media gambar dan memberikan contoh kepada siswa cara menulis huruf di papan tulis lalu membimbing siswa untk menulis di buku masing-masing. Kesuliatn menulis dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata dan kalimat dengan baik. Permasalahan yang dihadapi guru juga dimana ada anak yang belum bisa menulis dan kurang bersemangat dalam pembelajaran, maka solusi yang dapat diberikan menurut saya adalah dengan melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut dan membimbingnya untuk dapat menulis huruf yang telah diberikan guru, kemudian huruf-huruf yang telah dikenalkan secara abjad dan berulang-ulang dirangkai menjasi sebuah suku kata kemudian menjadi kata, dengan begitu siswa dapat mengenal dan mengingat huruf-huruf yang telah dipelajari.
Terimakasih