Similar Posts
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Peta Buta
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta.Β Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Pelita Pantika
Nim : 856735206
Program Studi : PGSD
Semester : 6
Kesulitan menulis permulaan di sd kelas rendah dalam video diatas yang saya sudah simak
kelemahannya diawal tidak membuka pelajaran dengan berdoa dan kelebihannya sudah baik dari awal video sudah mencairkan suasana dengan mengajak peserta didik dengan bernyanyi, belajar dengan menggunakan media gambar dan interaksi sesama peserta didik juga baik dari memberikan materi sudah sangat mudah dipahami seperti memperlihatkan gambar ayah dan ibu dan membaca dengan cara mengeja dan menuliskan sambil memberikan arahan huruf huruf yang ditulis dimeja, membantu peserat didik menulis dan mengarahkan peserta didik
Nama : MEGA AMBAR SARI
NIM : 857842059
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : SURAKARTA
Pokjar : PURWANTORO WONOGIRI
Dari video pembelajaran diatas sudah bagus. Guru mengawali pembelajaran dengan bernyanyi βBerangkat ke Sekolahβ yang mana nyanyian itu terdapat materi pembelajaran pada hari itu. Guru mengajari menulis dengan memberi contoh di papan tulis dan media belajar berupa kertas bergambar Ayah dan Ibu. Hal tersebut membuat siswa mengetahui huruf apa saya yang terdapat pada kata Ayah dan Ibu. Guru juga menuntun siswanya yang belum bisa menulis. Namun ada kelemahan video pembelajaran diatas yaitu tidak ada salam pembuka, tujuan pembelajaran, doa sebelum belajar, dan absensi serta siswa kurang dalam berlatih menulis. kelebihan video pembelajaran diatas yaitu interaksi antar guru dan siswa sangat baik serta guru mendidik siswanya dengan teliti dan telaten.
Saran yang bisa dilakukan agar pembelajaran bisa lebih baik lagi:
β Guru bisa menggunakan media pembelajaran yang disertai gambar atau media pembelajaran melalui bentuk βVideoβ
β Guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa setiap huruf serta membimbing siswa dalam penulisan huruf.
β guru dapat membantu siswa dengan memberikan kesempatan untuk siswa berlatih terus menerus menulis kalimat sederhana
Nama : Melati
NIM : 856734007
Prodi : PGSD-S1
Kelas : 6 b
UPBJJ-UT : Palembang
Pokjar : Kayuagung
Menurut pendapat saya, dari video pembelajaran tersebut yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Video nya sudah cukup bagus . Tapi tentu didalam video pasti ada kelebihan dan kekurangannya
Kelebihan nya yaitu :
– sebelum belajar guru mengajak siswa untuk menyanyikan sebuah lagu. Dimana itu dapat membangkitkan semangat belajar siswa
– guru tersebut menggunakan media pembelajaran . dengan media gambar beserta tulisan, siswa juga bisa dengan mudah mengerti dalam pembelajaran
– guru tersebut mengenalkan huruf ke anak dengan cara menuliskan satu persatu huruf di papan tulis, dan menjelaskannya secara detail, sehingga siswa dapat mudah mengetahui tulisan dari kata tersebut
– guru juga memberikan apresiasi dengan sebuah pujian ketika anak bisa tau bacaan yang ditulis dipapan tulis , seperti “wah bagus sekali ” Sehingga siswa tersebut bisa makin semangat dalam pembelajaran
– membimbing anak dengan cara mendekati nya dan mengarahkannya disaat pembelajaran untuk anak agar tidak kesulitan dalam menulis.
– melakukan interaksi kepada siswa seperti melakukan tanya jawab, sentuhan, tatapan , memegang tangan siswa dll
Kekurangannya yaitu :
– guru tidak melakukan apresepsi. Seperti mengucapkan salam , menanyakan, kabar dan berdoa. Guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
– kurangnya perhatian guru terhadap siswa sehingga siswa sulit untuk memahami pembelajaran
– seharusnya guru memberikan latihan secara ber ulang ulang untuk siswa dalam berlatih menulis
– guru tidak melakukan salam penutup dan tidak menyimpulkan pembelajaran.
Nama : Laila Adnin Zebua
Nim : 856038457
Program Studi : PGSD
Saya akan menanggapi terkait video tentang “kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
dari video tersebut dari awal guru memberi pelajaran sudah baik karena sebelum memulai pelajaran perlu ice breaking dulu agar siswa semangat untuk belajar , tetapi kelemahan dari guru tersebut tidak memberi salam terlebih dahulu, tidak berdo’a sebelum dan setelah pembelajaran .
adapun kelebihan dari guru tersebut , yaitu : memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar dan mengulang-ulang menulis huruf ,dan guru juga membantu memegang tangan siswa yang kesulitan menulis huruf.
setelah mengamati video tersebut, saran saya alangkah baiknya menggunakan media potongan huruf , buku menulis bergambar,menebalkan huruf-huruf dan seharusnya guru memisahkan siswa yang sudah lancar menulis dan yang belum bisa menulis agar bisa dilihat seberapa jauh perkembangan siswa tersebut, dengan begitu sebagai pendidik juga bisa memberikan tahap-tahap penulisan sesuai kemampuan mereka.
demikian pendapat dari saya
terimakasih
Nama : BETARIA SONATA
NIM : 856832808
Prodi : S1- PGSD
POKJAR : MANNA-BENGKULU SELATAN
UPBJJ : BENGKULU
Selamat Pagi
Ijin untuk menanggapi video pembelajaran pada GPO.
Setelah saya menyimak video pembelajaran di atas reaksi siswa baik dalam mengikuti pembelajaran terlihat dari sebagian siswa mau mengikuti instruksi saat guru mengajak bernyanyi meskipun ada salah satu yang kurang fokus.
β Kelebihan:
1. Pada pembelajaran yang disampaikan dari guru sudah baik dan menyenangkan.
2. Pendekatan atau interaksi terhadap siswa baik. Terlihat dari gurunya yang menghampiri siswa untuk mengeja huruf dan mengajak bernyanyi bersama.
3. Media pembelajaran yang digunakan sederhana dan mudah di dapat yaitu menggunakan kertas karton.
β Kekurangan:
1. Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk berdoa dilanjutkan dengan menyapa siswa dan mengabsen kehadiran siswa saat itu.
Terima kasih π
Nama : Tika Liana
Nim : 858056396
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : 47/Pontianak
Pokjar : Melawi
Menurut pendapat saya dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada video diatas sangat menarik, karena sudah memberikan apresiasi dengan baik, seperti mengajak siswa atau murid untuk bernyanyi pada awal pembelajaran, hal tersebut dapat meningkatkan suasana hati siswa dan bersemangat untuk menerima pelajaran,
tetapi guru dalam video tersebut tampak juga kurangnya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan huruf dan kata, dan untuk awal pembelajaran juga terdapat guru tidak mengucapkan Salam, tidak mengecek kehadiran siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran tersebut.
Nama : Sri Handayani
NIM :858523926
Jurusan : PGSD
Menurut saya, mengenai video tadi tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat karena ada beberapa kelemahan yang ada didalam video tersebut yaitu:
1. Tidak adanya pendahuluan seperti membuka salam, doa, mengecek kehadiran siswa, dan pengkondisian kelas.
2. Ada beberapa penyebab kesulitan menulis bagi permulaan, yaitu: Anak-anak malas dan bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak adanya media pembelajaran, anak tergolong lambat dalam menangkap pelajaran, kelainan motorik halus, kurang latihan menulis dirumah.
Sedangkan untuk kelebihan yang ada dalam video tersebut yaitu:
1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar
2. Mengulang-ulang menulis huruf
3. Guru membantu memegang tangan siswa yang kesulitan menulis huruf.
Solusinya, bagaimana kita mengatasi kesulitan menulis permulaan, yaitu:
1. Gurur memberikan kesempatan kepada siswa, secara berulang-ulang terutama menulis huruf, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
2. Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis.
3. Guru dapat membantu memegang tangan anak tersebut, membantu anak menulis di pasir, tepung, dan di angkasa.
4. Gunakan media pembelajaran untuk menulis
5. Gunakan metode bervariasi seperti metode menulis, huruf, suku kata, dan kalimat.
6. Meningkatkan interaksi antara guru dan murid
NAMA : LIA PEBRIANTI BR PINEM
NIM : 856028542
SEMESTER : 6
PRODI : S1- PGSD
Izin mengomentari video pembelajaran yang telah saya saksikan :
Di dalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Guru mengawali pembelajaran dengan menyanyikan sebuah lagu, dimana itu dapat membangkitkan semangat belajar siswa. Guru tersebut menggunakan media pembelajaran, dengan media gambar beserta tulisan siswa juga bisa dengan mudah mengerti dalam pembelajaran. Guru juga mengenalkan huruf ke anak dengan cara menuliskan satu persatu huruf di papan tulis, dan menjelaskan sehingga siswa dapat mudah memahaminya. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas.
Pada tahap pembelajaran, khususnya di Sekolah Dasar untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran sehingga kita sebagai guru di tuntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.
Kesulitan dalam membaca permulaan bisa diatasi guru, dengan cara memegang tangan anak membantunya menulis huruf dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca.
Dari video tersebut terdapat kelebihan, yaitu : anak-anak terlihat semangat atau antusias dalam belajar mengucapkan nama huruf yang diarahkan ibu guru dan mereka semangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru.
Adapun kekurangan dari video tersebut yaitu :
1. Guru tidak memulai dengan salam pembuka.
2. Guru tidak mengajak siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran.
3. Guru tidak mengabsen siswa.
4. Diakhir pembelajaran guru tidak melakukan salam penutup.
5. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
6. Guru harus memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis ke depan kelas supaya siswa memiliki tantangan dan keingintahuan yang besar, sehingga bisa menciptakan suasana kelas yang aktif dan tidak monoton.
Terima Kasih π
Nama Abdul Kharis
NIm 857113099
smester 6
pokjar pakisjaya Karawang
Prodi S1-PGSD
Sebagai seorang guru, tidak hanya keahlian dalam mengajar yang penting, tetapi juga bagaimana berinteraksi dengan murid-muridnya. Mengucapkan salam dan mengecek kehadiran merupakan bagian dari etika berinteraksi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru.
Namun demikian, jika seorang guru tidak melakukan hal tersebut, hal itu bukan berarti ia tidak mengajar dengan baik. Mungkin ada alasan tertentu mengapa guru tersebut tidak melakukan hal tersebut. Misalnya, mungkin guru tersebut menganggap murid-muridnya sudah terbiasa dan tidak perlu selalu diucapkan salam, atau mungkin ada staf lain yang bertanggung jawab untuk mengecek kehadiran.
Namun, jika hal ini menjadi masalah bagi murid-muridnya, sebaiknya mereka memberikan umpan balik kepada guru tersebut agar ia bisa meningkatkan keterampilannya dalam berinteraksi dengan murid-muridnya. Sebagai murid, kita juga perlu memahami bahwa guru juga manusia dan mungkin memiliki kekurangan. Oleh karena itu, memberikan umpan balik dengan cara yang baik dan sopan akan membantu guru tersebut menjadi lebih baik lagi dalam mengajar dan berinteraksi dengan murid-muridnya.
NAMA : AZALIA ZAROTUL UZEMAH
NIM : 858734969
PRODI : PGSD-BI
setelah saya mengamati video tersebut, cara ibu guru mengawali dan mengelolah pembelajaran sudah sangat bagus. mudah-mudahan saya bisa menerapkannya di kelas saya. permasalahan yang di hadapi oleh guru tersebut sama persis dengan apa yang ada di kelas saya. kebanyakan anak didik saya masih kesulitan dalam menulis apalagi kalau di eja lebih dari 3 huruf vokal. nah dari video tersebut saya bisa menarik kesimpulan yakni sebelum mengajak anak untuk menulis kita harus membangun semangatnya terlebih dahulu melalui ice breaking. kemudian dilanjut dengan membaca bersama dengan media yang mendukung. lalu menulis bersama-sama. sebenarnya memang menjadi tantangan tersendiri bagi kelas rendah terkait belajar menulis dan membaca. maka dari itu kita sebagai guru kelas rendah harus terampil dan cekatan dalam mengelolah kegiatan pembelajaran