Similar Posts
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Mariyanti
Nim : 856971131
Program Studi: S1-PGSD
POKJAR: Kalirejo
UPBJJ: Bandar Lampung
Judul video: Kesulitan menulis huruf,suku kata,kata dan kalimat
Menurut saya setelah melihat video tersebut itu terdapat kelebihan dan kelemahan nya antara lain:
Kelebihan dari video yaitu :
1. Guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan sehingga dapat memberikan semangat siswa sebelum memulai pembelajaran.
2. Guru menggunakan media gambar sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran.
3. Guru membantu dan mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis.
4. Guru sangat bersemangat dan antusias dalam membimbing siswa dalam menulis.
-Kekurangan dari video yaitu :
1. Guru tidak melalukan kegiatan pendahuluan seperti salam pembuka, berdoa, absensi, menyebutkan tujuan pembelajaran, serta mengaitkan pembelajaran sebelumnya.
2. Guru kurang dalam menggunakan media yang lebih canggih seperti menggunakan tayangan atau in-focus sehingga pembelajaran kurang menarik.
3. Guru tidak melakukan kegiatan penutup seperti review, doa, membuat kesimpulan, salam penutup, ataupun memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
Keunikan video tersebut adalah secara tidak langsung guru dalam menjelaskan huruf menggunakan media pembelajaran yang di awal i huruf “a” ayah,”i” ibu.Dengan demikian mempermudah anak dalam berlatih menulis.
Sekian
Terimakasih 🙏
Nama: Mini Seftiana
NIM: 856948385
POKJAR: Sidomulyo.
Kelemahan Pembelajaran dalam video
Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
“Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya:
a) Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran.
b) Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran.
c) Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.
Kelebihan Pembelajaran dalam video
Dalam video GPO yang saya lihat dalam Bahasa Indonesia Judul
“Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata & Kalimat “ menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya, diantaranya:
1) Dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik
2) Dengan adanya lagu “Pergi Belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk mau membaca.
3) Adanya media gambar Ayah Ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa mambaca kalimat.
4) Guru kreatif murid menjadi aktif
5) Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
Hal Unik dalam Pembelajaran video
1)Secara tidak langsung dengan menggunakan media gambar Ayah dan Ibu siswa sudah mengenali sesuatu yang mudah dikenal siswa, sehingga pemahaman suatu materi bisa meningkat dengan sendiriya.
2) Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang berada dalam lagu tersebut.
3) Guru bisa mempunyai materi pembelajaran dari lagu “Pergi
Belajar”
Terima kasih
Nama = YANG YANG TAURUS
Nim. = 856733621
Prodi. = PGSD
Menurut saya
Kelemahan pembelajaran dalam video
Tidak adanya kegiatan pendahuluan yaitu guru tidak mengucapkan salam,mengajak siswa
berdoa,mengecek kesiapan siswa
Guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk menulis di papan tulis sebagai contoh siswa
lain
4.Kelebihan pembelajaran
-guru berinteraksi langsung dengan siswa
guru menggunakan media pembelajaran dengan tepat (gambar dan lagu)
-guru menggunakan penguatan verbal
hal yang unik dalam pembelajara video
guru bisa menulis dari 1 huruf menjadi 2 huruf seperti u menjadi y
Nama : Sri rtno yanuarsih
NiM: 857143203
PRODI :PGSD
UPBJJ UT : Jakarta
Seteah melihat video tersebut , guru sangatlah bagus sudah mengajak siswa bersemangat dengan bernyanyi bersama, mengaitkan nyayian dengan materi yang akan dipelajari. lalu dalam menyampaikan pembelajaran juga sagat jelas, atraktif, beliau juga menggunakan media tambahan berupa gambar, lalu guru mengejakan huruf per huruf, dan menjelaskan cara penulisanya, berkeliling satu perssatu saat menugaskan siswanya untuk menulis, membantu siswa untuk mengerjakanya, memeriksa satu per satu murid-murid. kekuranganya adalah media yang digunkanan tidak berwarna sehingga kurag menarik
demikian pendapat saya
Nama : Elisa Manora Siregar
NIM : 856943497
Pokjar : Sidomulyo
Setelah saya menonton video tersebut pendapat saya Guru sudah sangat bagus dalam memberikan materi , penggunaan media gambar sebagai alat untuk pembelajaran cukup bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar..saat awal pembelajaran guru mengajak siswa menyanyi lagu Ayah dan Ibu membuat anak senang sehingga saat belajar anakpun tidak susah untuk menulis kalimat Ayah dan Ibu..
Kelebihan :
a. Guru sudah sangat menguasai materi
b. Guru sudah meningkatkan interaksi seperti menghampiri siswa sehinnga anak merasa diperhatikan
c.Guru sangat telaten dalam menjelaskan kata perkata penulisan yang benar
d. Dengan adanya media gambar dan tulisan Ayah Ibu sebagai media pembelajaran siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa mambaca kalimat.
Kekurangan :
a. Saat awal pembelajaran tidak ada pembukaan dan penyapaan kepada siswa
b. Banyak siswa yang tidak fokus dan merasa bosan saat belajar
c. Kurangnya media pembelajaran yang digunakan
d. Tidak ada kesimpulan terakhir dalam pembelajaran
Nama : Septiyana
Nim : 857696099
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Boja
UPBJJ : Semarang
Analisis video Kesulitan Menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Menanggapi video diatas menurut saya kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik adapun kelebihan video pembelajaran diatas adalah guru mengajak siswa bernyanyi untuk memulai materi yang akan disampaikan, media yang digunakan juga konkret seperti gambar pada kertas yang di tunjukkan, guru juga bersemangat dan telaten membimbing siswanya yang belum bisa menuliskan huruf-huruf yang di tunjukkan.
Kekurangan dalam video pembelajaran diatas adalah guru tidak melakukan salam, menyapa siswa-siswi sebagai absensi dan tidak berdoa terlebih dahulu, dalam kegiatan penutupan guru tidak mereview dan memberikan kesimpulan kembali materi yang disampaikan.
Nama : Uswatus sholikhah
Nim : 858909174
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Kalisat
UPBJJ : Jember
Analisis video Kesulitan Menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Menanggapi video diatas menurut saya kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik adapun kelebihan video pembelajaran diatas adalah guru mengajak siswa bernyanyi untuk memulai materi yang akan disampaikan, media yang digunakan juga konkret seperti gambar pada kertas yang di tunjukkan, guru juga bersemangat dalam membimbing siswanya yang belum bisa menuliskan huruf-huruf yang di tunjukkan.
Kekurangan dalam video pembelajaran diatas adalah guru tidak memberikan salam terlebih dahulu ketika mau memulai pembelajaran , serta tidak menyapa siswa-siswi sebagai absensi dan tidak berdoa terlebih dahulu, dalam kegiatan penutupan guru tidak mereview dan memberikan kesimpulan kembali materi yang disampaikan.
Nama : Riska Widi yanti
Nim : 856991387
Semester 6
Menurut pendapat saya ibu guru tersebut sudah membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara mengajak anak bernyanyi sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran ibu guru tersebut juga tidak luput membimbing setiap siswa yang masih kurang dalam membaca dengan menggunakan media rangkaian huruf dan suku kata.
Dan guru yang ada di video sudah sangat baik karena sebelum memulai belajar ibu mengajak anak anak untuk bernyanyi agar menumbuhkan semangat belajar ke anak – anak agar mudah dipahami. Terkadang anak anak suka bosan ataupun kurang fokus ketika belajar kurangnya kreativitas guru untuk menarik perhatian anak anak.
Perkenalkan
Nama: Septiya Lita
NIM: 856734039
Prodi: S1 PGSD
Kopja: Kayuagung
Judul: Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Setelah saya menonton dan menyimak Vidio pembelajaran di atas, dalam proses pembelajaran kegiatan membaca dan menulis merupakan dua hal yang krusial. Karena dia hal tersebut merupakan modal utama seorang siswa dalam belajar. Jika tidak di latih dari sejak dini maka akan susah ketika seorang anak mulai masuk sekolah dasar. Walaupun di sekolah dasar tetap di ajarkan namun itu menjadi tantangan bagi seorang guru. Berbagai metode yang bervariasi telah digunakan oleh guru dalam mengajar.
Solusi yang dapat dilakukan dalam mengajarkan menulis seperti yang disebutkan dalam Vidio tadi anak dilatih mengenal dan menulis huruf abjad secara sederhana, menulis di pasir, menulis dengan ukuran yang besar, latih koordinasi tubuh anak, bangun kekuatandan stabilitas, latih kemampuan motorik halus anak, dan menggunakan media pembelajaran seperti buku tentang melengkapi tulisan, buku cerita dan lain sebagainya.
Cara menumbuhkan minat siswa dalam menulis yaitu:
1. Mulai dengan menumbuhkan kebiasaan membaca pada siswa.
2. Jangan batasi imajinasi siswa.
3. Fasilitasi siswa dengan media menulis.
4. Hargai dan dukung selalu hasil tulisan siswa.
5. Tidak perlu mengajarkan terlalu banyak tata bahasa saat siswa baru mulai menulis.
6. Manfaatkan teknologi.
7. Jangan menuntut siswa untuk menulis dengan sempurna.
Nama : Mira Nisrina
Nim : 856021381
UPBJJ UT MEDAN
Dari Video tersebut saya dapat melihat :
1. kesulitan anak-anak di kelas bawah dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata dalam pembelajaran bahasa Indonesia
2. Banyak faktor yang membuat siswa-siswa kurang mampu dalam menuliskan huruf, suku kata dan kata diantaranya anak tersebut malas, kurang konsentrasi dalam belajar, kurang nya media yang digunakan oleh guru, kurang nya latihan atau bisa jadi dikarenakan kurang nya perhatian dari guru pada saat pembelajaran.
3. Solusi atau Penanganan nya : dari video tersebut kita dapat mengambil banyak solusi diantaranya dengan menggunakan media gambar sehingga membantu anak – anak pada saat menulis, guru memberikan contoh dengan membantu menggerakkan tangan anak-anak sehingga anak akan terbiasa dan juga memberikan perhatian dan juga pujian bagi anak-anak yang sudah berusaha untuk berlatih, menggunakan cara menyanyi pun dapat menarik perhatian siswa yang diawal mungkin tidak konsentrasi atau mengantuk.