Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
NAMA: ANISA DESRIANINGSI
NIM: 859403541
Setelah saya menonton video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi”, dapat saya simpulkan bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran tersebut.
Kelebihannya yaitu Guru mengamati dan memberikan perhatian kepada siswa yang tidak konsentrasi, serta memberikan arahan dan langkah-langkah yang memudahkan siswa dalam mengarang. Selain itu, guru juga memastikan semua siswa mengerjakan tugas dengan memeriksa tugas mereka satu persatu. Ketika siswa mengalami kesulitan, guru mendekatinya dan memberikan bantuan yang diperlukan. Dengan memperhatikan apersepsi siswa dan memberikan pendekatan yang sesuai, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan mendukung perkembangan optimal siswa.
Adapun kekurangannya adalah pada awal pembelajaran, guru tidak memulai dengan pembukaan yang baik seperti menyapa siswa, mengabsen, dan berdoa. Hal ini menyebabkan siswa terlihat gaduh, membutuhkan penegasan dari guru untuk mengkondisikan kelas. Selain itu, guru tidak menjelaskan konsep karangan/narasi sebelum memberikan langkah-langkah menulis karangan, sehingga penyampaian materi terasa kaku dan kurang menarik bagi siswa. Dengan demikian, kurangnya pendekatan yang menyenangkan dan tidak adanya penjelasan konsep secara menyeluruh dapat memengaruhi pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran.
Nama : Ayu Metri Karianti
Nim : 856818459
Upbjj : Universitas Terbuka/ Bengkulu
Pokjar : Arga Makmur
Judul
Kesulitan Menulis Karangan Cerita /Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Dari video tersebut reaksi anak-anak ketika diberikan tugas untuk mengarang cerita masih kebingungan dan mereka juga masih sulit dalam menuliskan kata-kata untuk mengembangkan sebuah teks karangan tersebut.Secara keseluruhan adapun kelemahan guru pada video tersebut, guru belum memiliki strategi dalam kegiatan pembelajarannya untuk merangsang siswa dalam mengarang sebuah tugas cerita.Secara keseluruhan adapun kelebihan guru pada video tersebut, secara langsung guru mengajarkan anak untuk mengeksplorasi pembelajaran secara mandiri dengan metode dan media seadanya. dari video tersebut adapun hal unik yang didapatkan, guru sangat komunikatif dan mengetahui kesulitan yang dialami siswa dari tugas yang telah diberikan sehingga guru tersebut mencoba untuk memberikan solusi kepada siswa-siswinya agar dapat mengerjakan tugas dengan baik. usulan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru sebaiknya menyiapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan karakteristik siswa-siswanya
Nama : Revina Dionita Ardianti
NIM : 858571049
Kelas : 6 A
Pokjar : Al-huda Kediri
Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video B.Indonesia di atas :
1. Siswa tampak tidak bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan terlihat bermain sendiri tidak fokus pada materi atau tugas yang disampaikan oleh gurunya.
2. – Guru tampak tidak melakukan kegiatan pendahuluan dan penutup.
– Guru hanya melakukan evaluasi secara tulis tanpa memberikan kesempatan tanya jawab sehingga banyak siswa yang masih kebingungan dengan materi atau tugas yang diberikan.
– Guru tidak menjelaskan terlebih dahulu sebelum mengecek kemampuan siswa, sehingga banyak siswa yang masih belum mengerti terkait materi dan tugas yang diberikan oleh guru tersebut.
3. Kelebihan dari video di atas :
– Guru aktif memperhatikan siswanya
– Guru mampu memancing kreativitas mengarang pada siswa dengan memberikan umpan beberapa soal kemudian menggabungkan dengan kata hubung yang tepat sangat membantu siswa untuk menyusun karangan dengan mudah,terarah,dan berkembang ceritanya sesuai dengan pengalaman masing-masing siswa.
– Guru melakukan observasi untuk mengetahui kesulitan siswa.
– Guru memantik inspirasi siswa dengan memberikan contoh pengalaman pribadi.
4. Hal unik yang dilakukan guru adalah memberikan cara mudah untuk memantik inspirasi-inspirasi siswa dalam mengarang atau membuat teks narasi berdasarkan pengalaman pribadi mereka masing-masing.
5. Saran saya, alangkah lebih baiknya jika guru tersebut membuka pembelajaran dengan baik agar para siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai pembelajaran pada hari itu, jika diperlukan guru tersebut bisa memberikan ice breaking.
Nama: Ridho Ulil Amri
Nim: 858568595
Dalam video tersebut, seorang guru sedang mengajar Bahasa Indonesia dengan fokus pada tugas mengarang cerita bertema tamasya. Guru tersebut memberikan instruksi langkah demi langkah untuk mengerjakan tugas tersebut. Namun, tampaknya pembelajaran ini kurang efektif karena siswa hanya mengikuti perintah guru tanpa adanya interaksi atau diskusi, sehingga pembelajaran terasa monoton.
Berikut adalah beberapa kelemahan yang terlihat dalam video pembelajaran tersebut:
a. Pembukaan Pembelajaran: Guru tidak memulai pembelajaran dengan salam dan tidak mengecek kesiapan siswa sebelum memulai pembelajaran. Hal ini penting untuk memastikan bahwa siswa siap dan fokus pada materi yang akan dipelajari.
b. Penyampaian Materi: Guru tidak menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tidak memancing siswa untuk berpikir tentang apa yang akan mereka pelajari. Dalam video tersebut, guru langsung memberikan tugas kepada siswa untuk membuat karangan cerita bertema tamasya tanpa penjelasan atau diskusi terlebih dahulu.
c. Penggunaan Media Pembelajaran: Guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung proses pengajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan membuat proses belajar menjadi lebih menarik.
Namun, video tersebut juga memiliki beberapa kelebihan:
a. Bimbingan dalam Mengerjakan Tugas: Guru memberikan bimbingan langkah demi langkah dalam mengerjakan tugas karangan cerita. Ini membantu siswa memahami apa yang harus mereka lakukan dan bagaimana cara melakukannya.
b. Contoh Pengalaman Langsung: Guru memberikan contoh pengalaman langsung kepada siswa untuk membantu mereka dalam mengerjakan tugas. Ini dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan membuat proses belajar menjadi lebih menarik.
c. Pengecekan Pekerjaan Siswa: Guru mengecek pekerjaan siswa satu per satu untuk memastikan bahwa mereka telah mengerjakan tugas dengan benar.
Terdapat hal unik yang menjadi sorotan dalam video tersebut adalah guru memberikan bantuan dalam mengerjakan tugas dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang mudah dijawab oleh siswa. Selain itu, guru juga memberikan bimbingan satu per satu kepada siswa, yang menunjukkan perhatian dan dedikasi guru terhadap proses belajar siswa.
Nama : Eva Latifatuzzahroh
Nin : 856975375
Pokjar : Kotaagung
Assalamualaikum
Izin menanggapi Vidio diatas
Pada awal pembelajaran guru tidak ada kata pembuka atau salam untuk anak ,guru lgsg memberikan tugas tanpa memberi materi terlebih dahulu sehingga banyak siswa yang kurang mengerti akan tugas yang diberikan oleh guru
Kelebihan Vidio tersebut guru sangat memperhatikan siswa,dan awal mula guru memberi langkah untuk mengerjakan tugas yang diberikan kepada siswa sehingga dapat membantu siswa lebih mudah untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru tersebut
Nama : Ati Roikhatul Jannah
NIM : 859641771
UPBJJ : Palu
Menurut saya secara Keseluruhan guru sudah sangat bagus pada saat proses mengajar dikelas, akan tetapi ada beberapa hal yang menurut saya kurang sesuai.
Pertama, Pada saat pembelajaran dimulai guru kurang memberikan stimulus atau dorongan kepada siswa agar lebih semangat untuk belajar, sehingga pada saat jam pelajaran pun sudah dimulai siswa masih banyak yang kurang fokus dan asyik mengobrol dengan temannya walaupun guru sudah memberikan materi pembelajaran.
Kedua, dalam video tersebut guru belum memberikan contoh tentang karangan seperti apa, guru hanya menjelaskan bagaimana karangan itu, sehingga siswa masih banyak merasakan kesulitan dan kebingungan atas materi yang di berikan.
setelah saya menaksikan video tentang kesulitan mengarang cerita ini adalah sebelum memulai pembelajarann guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, dalam menyampaikan penjelasan gurutidak menjelaskan secara rinci bagaimana cara membuat karangan .dalam pembelajaran guru memperhhatikan kondisi murid sehingga guru tau mana yang mengalami kesulitan dan yang tidak
NAMA : Wahyuga Sadewo
NIM : 855865527
Setelah saya menonton video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi”, dapat saya simpulkan bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan dalam video pembelajaran tersebut.
Kelebihannya yaitu Guru mengamati dan memberikan perhatian kepada siswa yang tidak konsentrasi, serta memberikan arahan dan langkah-langkah yang memudahkan siswa dalam mengarang. Selain itu, guru juga memastikan semua siswa mengerjakan tugas dengan memeriksa tugas mereka satu persatu. Ketika siswa mengalami kesulitan, guru mendekatinya dan memberikan bantuan yang diperlukan. Dengan memperhatikan apersepsi siswa dan memberikan pendekatan yang sesuai, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan mendukung perkembangan optimal siswa.
Adapun kekurangannya adalah pada awal pembelajaran, guru tidak memulai dengan pembukaan yang baik seperti menyapa siswa, mengabsen, dan berdoa. Hal ini menyebabkan siswa terlihat gaduh, membutuhkan penegasan dari guru untuk mengkondisikan kelas. Selain itu, guru tidak menjelaskan konsep karangan/narasi sebelum memberikan langkah-langkah menulis karangan, sehingga penyampaian materi terasa kaku dan kurang menarik bagi siswa. Dengan demikian, kurangnya pendekatan yang menyenangkan dan tidak adanya penjelasan konsep secara menyeluruh dapat memengaruhi pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran.
Hello Bapak/Ibu…
Perkenalkan, Saya dengan Mei Hutabarat, Nim : 877532973
Dari Analisis Video tersebut, saya simpulkan bahwa video pembelajaran “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” memiliki aspek positif dan negatif. Salah satu keunggulan yang Anda sebutkan adalah perhatian guru terhadap siswa dan bantuan yang diberikan kepada mereka. Namun, kekurangannya termasuk kurangnya pembukaan yang terstruktur dan kurangnya penjelasan konsep sebelum memulai langkah-langkah menulis karangan. Dengan demikian, saran untuk meningkatkan video pembelajaran adalah dengan memperbaiki pembukaan kelas dan memberikan penjelasan yang lebih komprehensif tentang konsep sebelum memulai pembelajaran.
Terima Kasih
NAMA : FIDA ANISA SUWARNI
NIM : 857317563
Setelah saya menonton video pembelajaran ini pada awal pembelajaran, guru tidak memulai pembelajaran dengan pembukaan atau pendahuluan seperti menyapa siswa, mengabsen, dan berdoa. sehingga menyebabkan siswa terlihat ramai atau sibuk sendiri. Selain itu, guru tidak menjelaskan konsep karangan/narasi sebelum memberikan langkah-langkah menulis karangan, kurang menarik bagi siswa karena tidak adanya media pembelajaran. Dengan demikian, kurangnya pendekatan yang menyenangkan dan tidak adanya penjelasan konsep secara menyeluruh dapat memengaruhi pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran.
Kelebihannya yaitu Guru mengamati dan memberikan perhatian kepada siswa yang tidak konsentrasi, serta memberikan arahan dan langkah-langkah yang memudahkan siswa dalam mengarang.