Similar Posts
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Nama: Yuni meltina gulo
Nim: 859878026
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi adalah:
Instrumen refleksi sebagai berikut:
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawab: Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada video pembelajaran “Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi” tersebut yaitu para siswa kurang bersemangat dan tidak berantusias diawal kegiatan pembelajaran.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Kelemahannya adalah guru kurang memperhatikan kegiatan pembuka pelajaran. Terlihat dari antusiasme siswa diawal pembelajaran yang kurang bersemangat.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu dapat mengaplikasikan metode pembelajaran yang bervariasi, dilihat dari alat peraga berupa gambar-gambar yang digunakan dalam penyampaian mengenai cerita/narasi yang dijelaskan.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat Melaksanakan pembelajaran?
Jawab: Hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut adalah siswa selalu bisa menjawab dan menyelesaikan tugas yang diberikan.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang dapat anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?(digunakan pula oleh kelompok mahasiswa yang tidak bisa mengakses internet sama sekali)
Jawab: Upaya yang dapat dilakukan adalah lebih mempersiapkan suasana yang kondusif untuk belajar. Dan kegiatan membuka pelajaran harus dilakukan dengan baik oleh seorang pengajar untuk menciptakan suasana yang dapat mempersiapkan mental, perhatian,dan gambaran tentang apa yang akan dipelajari dan dikuasai siswa sehingga tercipta kondisi awal yang terarah dan dinamis.
Nama: sastuti pane
Nim: 855865455
Topik: kesulitan menulis karangan cerita/narasi
Saya dapat menanggapi bahwa siswa merasa bosan, jenuh, tidak tau apa yang akan siswa tulis kedalam tulisannya. Alangkah baiknya guru terlebih dahulu membuat ice breaking, menanyakan kabar anak-anak. Supaya anak merasa senang, nyaman dan semangat dalam belajar.
Seharusnya guru terlebih dahulu menjelaskan tentang apa itu karangan, bagaimana cara menuangkan ide, gagasan, pendapat kedalam bentuk tulisan. Dari video tersebut, siswa diajak untuk membuat karangan menulis cerita dengan judul tamasya.didalam video ini terlihat bahwa siswa tidak memiliki kosakata yang cukup.
Saya menyadari bahwa keterampilan menulis membutuhkan pembiasaan dan latihan bertahap. Saya juga menyadari pentingnya pemodelan dan pemberian contoh karangan yang baik sebelum siswa diminta menulis sendiri. Selain itu, penggunaan media gambar seri atau peta pikiran terbukti membantu sebagian siswa mengembangkan alur cerita.
Melalui refleksi ini, saya menyadari bahwa saya perlu:Memberikan stimulus visual (gambar, video pendek, dll.) untuk merangsang ide menulis.
Mendorong diskusi kelas untuk berbagi ide sebelum menulis.
Memberikan pendampingan lebih dekat kepada siswa yang masih sangat kesulitan.
Harapannya, dengan pendekatan yang lebih variatif dan menyenangkan, kemampuan siswa dalam menulis karangan cerita sederhana akan meningkat secara bertahap.
Terimakasih.
Reaksi siswa dalam metode yang pertama dan kedua sangat meningkat. Kelemahan guru adalah tidak memberikan pertanyaan – pertanyaan yang dapat menarik motivasi siswa dalam membuat karangan. Siswa dapat dengan mudah membuat karangan menggunakan kerangka pertanyaan. Hal unik dalam video tersebut adalah siswa bersemangat dalam menulis karangan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat daftar pertanyaan lebih banyak lagi agar siswa lebih termotivasi dalam menulis karangan,bisa juga dengan menampilkan beberapa video tempat tamasya.
NAMA : ADI SETIAWAN
NIM : 857031582
MAKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
TUTOR : MESI RULI WULAN, S.PD., M.PD
POKJAR : SIMPANG PEMATANG
Refleksi Pembelajaran :
Judul video : kesulitan menulis karangan cerita/narasi
1. Reaksi Siswa terhadap Pembelajaran:
*Siswa terlihat menghadapi tantangan dalam memulai dan menyusun karangan cerita/narasi. Beberapa siswa tampak kurang antusias karena metode pengajaran yang terbatas pada penggunaan papan tulis, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik.
2. Kelemahan Guru:
*Guru hanya menggunakan papan tulis sebagai media pembelajaran, yang terbatas dalam membantu siswa mengembangkan ide kreatif.
*Tidak ada kegiatan pra-pembelajaran seperti memberi salam, doa bersama, atau aktivitas motivasi untuk membangun suasana belajar yang lebih kondusif.
*Penyampaian materi kurang melibatkan siswa secara aktif, sehingga siswa cenderung pasif selama pembelajaran.
3. Kelebihan Guru:
*Guru berusaha memberikan langkah-langkah dasar untuk menulis cerita, seperti penekanan pada struktur karangan (pembukaan, isi, dan penutup).
*Penyampaian materi dilakukan secara berurutan untuk membantu siswa memahami proses menulis cerita.
4. Hal-Hal Unik:
*Guru menggunakan contoh sederhana di papan tulis untuk menjelaskan struktur karangan cerita, meskipun metode ini kurang variatif.
*Guru memberikan tugas menulis cerita sebagai latihan langsung untuk siswa.
5. Usulan Perbaikan:
*Guru dapat memanfaatkan media tambahan, seperti gambar, kartu ide, atau cerita bergambar, untuk membantu siswa memvisualisasikan cerita yang ingin mereka tulis.
*Menambahkan kegiatan pra-pembelajaran seperti ice-breaking untuk menciptakan suasana yang lebih interaktif dan menyenangkan.
*Menggunakan metode diskusi kelompok atau brainstorming untuk membantu siswa mengembangkan ide secara kolektif.
*Memberikan contoh karangan cerita secara lengkap di awal pembelajaran untuk memberikan gambaran yang jelas kepada siswa.
Eka Nesya Siregar
859870085
Salut Permata Labura
Dari video di atas dangan mata pelajaran bahasa indonesia yang berjudul membuat karangan cerita/narasi. Dalam video tersebut mereka membuat cerita tentang tamasya, sebagian siswa merasa kesulitan dalam membuat cerita. Guru memberikan langkah-langkah cara mengatasi dalam membuat cerita yaitu:
-Apa yang kamu butuhkan saat tamasya?
-Apa yang kamu lakukan saat diperjalanan?
-Apa yang kamu lakukan ditempat tamasya?
-Apa yang kamu lakukan saat perjalan pulang?
-Apa yang kamu rasakan setelah melakukan tamasya?
Dan guru harus memberikan rangsangan-rangsangan terhadap murid agar dapat memberi inspirasi kepada murid dalam membuat ceritanya.
Nama : EDISON SOPPANG
NIM : 823726443
Setelah Menonton Video tentang Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi, guru dalam mengajarkan bagaimana membuat sebuah cerita atau narasi tetapi peserta didiknya mengalami kesulitan dalam membuat karangan cerita atau narasi tersebut.
dalam video tersebut terdapat beberapa hal yang saya lihat yaitu, guru tidak melakukan kegiatan pra pembelajaran seperti memberi salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran, melakukan ice breaking, dan pemberian otovasi terhadap siswa
namun dalam video tersebut diatas ditampilkan bahwa :
Guru membantu siswa secara sederhana dan memudahkan siswa memulai membuat karangan cerita atau narasi., Guru dapat memberikan contoh atau menceritakan pengalaman bisa memberikan inspirasi dan struktur awal bagi peserta didik, Guru memberikan umpan balik langsung membantu peserta didik memahami kesalahan daan bagaimana memperbaikinya.
Nama : Ilmi Musi’ah
Nim : 859538681
Pokjar : simpang pematang
Vidio 2 yang di ambil yaitu Mapel Bahasa Indonesia dengan judul ‘kesulitan menulis cerita/narasi’
1. Bagaimana reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi anak tersebut banyak siswa kesulitan menentukan ide awal cerita atau alur yang ingin dikembangkan.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kurangnya penggunaan media atau alat bantu seperti gambar seri, video pendek, atau buku cerita anak yang dapat memicu imajinasi siswa.
3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Mengaitkan topik cerita dengan pengalaman sehari-hari anak membuat mereka merasa dekat dan termotivasi untuk menulis.
4. Hal apa saja yang ditemukan dalam vidio tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran?
Guru menjelaskan struktur cerita (awal, tengah, akhir), lalu memberikan contoh pembuatan kerangka karangan.
5. Upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
Menyiapkan media, alat bantu, dan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, Menyediakan contoh karangan yang sesuai usia siswa dan menjelaskan strukturnya dan Mendorong suasana yang nyaman dan bebas dari rasa takut salah, agar siswa percaya diri dalam menulis.
Nama :LENIYANTI HULU
Nim : 859872168
Pokjar :salut Damai ( idanogawo)
Setelah saya mengamati video tersebut ini di atas, guru tersebut dapat mengarahkan siswa dalam kesulitan menulis karangan cerita /narasi dengan berbagai contoh, sehingga siswa tersebut dapat memahaminya, kemudian kesalahan setiap guru dalam memulai awal pembelajaran itu yaitu tidak menyapa siswa nya terlebih dahulu dan tidak mengajak siswa-siswi nya untuk berdoa, dan tidak memberikan umpan balik positif atau penguatan tergadap siswanya yang kesulitan dalam menulis cerita.
Demikian saja komentar dari saya 🙏
NAMA : Siti Amalia Putri
NIM : 857367916
UPBJJ : Bogor
1. Identitas Video
a) Judul video: Kesulitan Menulis Karangan Cerita Narasi
b) Laman video:
https://drive.google.com/file/d/1PQE-OdvE9wJCIwq3_Fd9NSFeGMYw3MVc/view?usp=sharing
c) Penulis naskah: Kunto Imbar Nursetyo
d) Penelaah materi: B. Esti Pramuki
e) Penelaah media: Donny H
f) Sutradara: Donny Harsabudhi
g) Presenter: Paramitha Purnama
2. Rangkuman Video
Guru menjelaskan bagaimana kerangka pembuatan cerita narasi melalui pengalaman pribadi peserta didik saat bertamasya. Pada saat pembelajaran masih banyak peserta didik yang belum fokus mengikuti pembelajaran. Guru membantu peserta didik struktur cerita naratif melalui penjelasan guru dan contoh konkret di dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kelebihan Guru dalam Video
a. Guru menggunakan ilustrasi yang menarik perhatian peserta didik serta audio yang jelas dalam mendukung pemahaman peserta didik.
b. Penyampain materi secara bertahap mulai dari pengenalan narasi, dan struktur penulisan sehingga memudahkan peserta didik dalam mengikuti alur pembelajaran.
4. Kekurangan Guru dalam Video
a. Guru terlalu cepat dalam menjelasakan materi sehingga terlihat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dengan baik.
b. Lingkungan kelas kurang kondusif sehingga menggangu kosentrasi para peserta didik dalam memahami materi.
5. Reaksi Siswa
a. Terdapat beberapa peserta didik yang tertarik dengan materi dan mudah memahaminya.
b. Peserta didik menunjukkan antusiasme dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.
6. Hal- Hal Unik
a. Pembelajaran mengaitkan materi dengan pengalaman sehari-hari peserta didik sehingga pembelajaran lebih relevan dan menarik.
b. Penulisan struktur kalimat narasi berdasarkan tahapan-tahapan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik saat bertamasya sehingga peserta didik mampu menuangkan dalam kalimat narasi yang disertai dengan penggunakan kata penghubung yang sesuai.
7. Solusi Perbaikan untuk Meningkatkan Pembelajaran
a. Guru diharapkan mampu mengatur kecepatan dalam penyampaian materi dengan memberikan waktu bagi peserta didik untuk mencerna informasi dengan baik.
b. Guru diharapkan mampu mengatur lingkungan kelas agar lebih nyaman dan bebas dari gangguan sehingga peserta didik dapat fokus mengikuti pembelajaran.
Lailatur Rizqiyyah
860001294
Berikut adalah analisis dari video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan dalam Menulis Karangan Cerita/Narasi”:
1. Identifikasi Masalah
-> Pada video tersebut beberapa siswa sering ribut, tidak fokus dan asik mengobrol dengan teman sebangkunya.
-> Dilihat dari gestur/ sikapnya siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang diikutinya.
-> Siswa kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Penyebab Masalah
-> Guru tidak melakukan apersepsi untuk menciptakan suasana yang nyaman, menyenangkan, dan dan membangkitkan motivasi belajar siswa.
-> Guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan guru.
3. Solusi
-> Guru hendaknya melakukan persiapan sebelum melakukan pembelajaran di kelas, meliputi : memahami tujuan pembelajaran, menganalisis materi ajar, merancang kegiatan pembelajaran, menyiapkan media dan sumber belajar, mempersiapkan apersepsi dan motivasi.