Similar Posts
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Nama : Mian Nauli Sinaga
Nim : 859894274
Kelas : 2C PGSD BI
Menurut saya melihat video ini guru seharusnya mengajak siswa berdoa terlebih dahulu ,lalu memberi apresiasi kpepada siswa, lalu mulai absensi ,membangkitkan semangat siswa dan memotivasi siswa,kemudian menjelaskan terlebih dahulu cara membuat karangan agar siswa tidak kesulitan ,agar kelas menjadi lebih kondusif. Guru sudah sangat baik dalam menyampaikan sebuah materi sehingga siswa dapat memhami pelajaran dengan baik .
namun media/alat yang digunakan dalam pembelajaran tersebut masih minim.
Nama: yoli dwinda Wika harbi
Nim:856457964
Menurut analisis Vidio yang saya lihat bisa kita lihat bahwa anak2 merasa bosan dengan metode pembelajarannya. Dikarenakan guru yang menjelaskan masih terlalu monoton sehingga banyak siswa yang tidak memahami dan karena kurang nya media pembelajaran.
Nama: yoli dwinda Wika harbi
Nim:856457964
Menurut analisis Vidio yang saya lihat bisa kita lihat bahwa anak2 merasa bosan dengan metode pembelajarannya. Dikarenakan guru yang menjelaskan masih terlalu monoton sehingga banyak siswa yang tidak memahami dan karena kurang nya media pembelajaran.
Nama : Imelda Claudya
Nim : 857704078
Parodi : S1 – PGSD, Semester 06
UPBJJ : SEMARANG
POKJAR : KEDUNGWUNI, PEKALONGAN JAWA TENGAH
Menurut saya kelemahan yang disampaikan oleh guru adalah :
1. Guru kurang dalam menjelaskan tujuan pelajaran yang akan dilaksanakan diawal
2. Guru tidak ada pembuka, berdoa, absensi dan apresiasi pada siswa
3. Guru masih terlihat monoton dalam menjelaskan pelajaran
Nama : Ganti Uli Tua Sihombing
NIM : 859871141
Prodi / Kelas : S1 PGSD / E
Pokjar : Medan
Berdasarkan video diatas guru sebaiknya memberikan pembukaan sebelum memulai pembelajara seperti memberi salam terlebih dahulu kepada siswa menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa, dan memberikan apresiasi dan semangat kepada siswa. Pada video tersebut guru memberikan tugas kepada siswa dan tidak menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibawa sehingga siswa kurang bersemangat dan tidak tahu untuk menulis sebuah cerita. hal ini dikarenakan siswa tersebut tidak dapat berimajinasi untuk membuat sebuah cerita karena siswa merasa kebingungan apa yang harus dibuat atau dituliskan untuk mengarang suatu cerita tentang “Bertamasya”. Dengan guru memberikan langkah- langkah atau tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan maka siswa pun akan lebih mudah untuk menjawabnya dab membentuknya menjadi sebuah karangan.
Terimakasih
Assallamualaikum dan selamat malam
Perkenalkan
Nama : Muhammad Dicky Arvianda
NIM : 856075272
Pokjar : UPBJJ Kota Batam
Menurut saya dari video yang ditayangkan diatas, masih memiliki kekurangan dalam kegiatan atau proses pembelajaran. Dimana terlihat pada bagian awal video masih terlihat guru kurang sekali melakukan pendahuluan yang jelas dalam proses pembelajarannya, sehingga terlihat siswa masih belum fokus dan situasi dikelas belum terlihat kondusif. Dan terlihat juga dalam video guru menugaskan siswa dengan langsung tanpa memberikan arahan yang jelas dan detail, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam membuat karangan.
Sehingga menurut saya hal yang harus dilakukan agar pembelajaran berjalan dengan baik adalah mencoba melakukan pendahuluan dalam proses pembelajaran dengan melakukan apersepsi dan menjelaskan kosep dasar tentang membuat karangan sehingga dalam penugasan siswa tidak merasa kebingungan dalam melakukannya. Mencoba menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan dan dikaitkan dengan kegiatan sehari – hari. dalam video tersebut guru seharunya memberikan contoh atau referensi lain tentang materi yang diberikan sehingga siswa memiliki pedoman yang jelas dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Dalam video tersebut seharunya guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dimana siswa dapat dibentuk kelompok atau melakukan pembelajaran di luar ruangan, dan setelah membuat karangan seharunya siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya, sehingga siswa memiliki keberanian dan rasa percaya diri saat berdiri di depan kelas. Dan guru juga dapat memberikan apresiasi bagi siswa yang mampu dan berani menampilkan hasil karyanya.
Terimakasih
Nama: Fatiziduhu Laia
NIM: 835288899
Prodi: S1- PGSD
Menurut video yang saya tonton, pembelajaran langsung masuk ke tahap inti tidak ada pembuka. Guru juga tidak menjelaskan bagaimana cara membuat/menulis cerita tetapi langsung menyuruh siswa untuk memulai menulis cerita/narasi. Guru harus menjelaskan secara detail bagaimana cara menulis cerita yang baik dan benar supaya hasilnya bisa memuaskan
Nama : Ulfa Mardian
Nim : 859882026
Prodi: PGSD BI
Menurut saya dari video tersebut memiliki kekurangan dalam kegiatan atau proses pembelajaran. Dimana terlihat pada bagian awal video terlihat guru kurang sekali mengapresiasi murid dan penjelasan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak fokus dan bingung untuk mengerjakan tugas dan juga situasi dikelas terlihat tidak kondusif. Dan terlihat juga dalam video tersebut guru memberi tugas pada siswa secara langsung tanpa memberikan arahan yang jelas dan detail, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam membuat karangan. Seharusnya sebelum guru memberikan tugas kepada siswa sebaiknya guru menjelaskan tahapan-tahapan dalam membuat narasi atau karangan cerita serta memberikan contoh karangan cerita atau narasi. Tapi secara keseluruhan video tersebut sudah bagus.
Nama: UMI AROFAH
NIM: 858928894
UPBJJ: UT JEMBER
Jurusan: PGSD
Semester: 8
Menanggapi video diatas tentang kesulitan menulis karangan cerita atau narasi, kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas mengarang adalah mereka tidak tahu harus memulai karangan dari mana, namun jika guru dapat memberikan langkah-langkah dalam memulai mengarang maka siswa dapat memiliki ide tentang apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, misalnya di dalam video guru menuliskan langkah-langkah dalam mengembangkan sebuah karangan:
1. Apa yang kamu butuhkan dalam tamasya?
2. Apa yang kamu lakukan saat di perjalanan?
3. Apa yang kamu lakukan di tempat tamasya?
4. Apa yang kamu lakukan saat perjalanan pulang?
5. Apa yang kamu lakukan setelah tamasya?
Tentunya ini bisa memancing kreasi siswa dalam menulis karangan karena berdasarkan langkah-langkah diatas siswa dapat mengingat kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan saat proses tamasya.
Nama : Nurul Febrina
Nim : 859892937
Program Studi : PGSD-BI
Analisis Video Pembelajaran Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
Pada tayangan video tersebut guru mengajak siswa untuk membuat karangan cerita, tetapi siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan karangan. pada saat memulai pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di pelajari, begitu juga dengan tahapan-tahapan dalam menuliskan karangan sehingga yang terjadi yaitu siswa tidak memahami cara menuliskan karangan, dalam tayangan tersebut juga terlihat bahwa siswa banyak yang bermain-main ketika belajar sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif. setelah beberapa saat guru akhirnya menyadari bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan karangan cerita, lalu guru pun menjelaskan langkah-langkah menuliskan karagan agar menulis karangan menjadi lebih mudah dan lebih menarik bagi siswa. setelah di berikan penjelasan mengenai langkah penulisan karangan, siswa pun lebih mengerti dan mudah dalam mengerjakan karangan cerita. menurut saya sebaiknya dalam melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu memberikan penjelasan mengenai materi apa yang akan di pelajari dan apa yang akan dikerjakan oleh siswa, sehingga siswa akan lebih nyaman dan menyukai pelajaran yang disampaikan oleh guru.