silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

222 Comments

  1. Nama : Mian Nauli Sinaga
    Nim : 859894274
    Kelas : 2C PGSD BI
    Menurut saya melihat video ini guru seharusnya mengajak siswa berdoa terlebih dahulu ,lalu memberi apresiasi kpepada siswa, lalu mulai absensi ,membangkitkan semangat siswa dan memotivasi siswa,kemudian menjelaskan terlebih dahulu cara membuat karangan agar siswa tidak kesulitan ,agar kelas menjadi lebih kondusif. Guru sudah sangat baik dalam menyampaikan sebuah materi sehingga siswa dapat memhami pelajaran dengan baik .
    namun media/alat yang digunakan dalam pembelajaran tersebut masih minim.

  2. Nama: yoli dwinda Wika harbi
    Nim:856457964
    Menurut analisis Vidio yang saya lihat bisa kita lihat bahwa anak2 merasa bosan dengan metode pembelajarannya. Dikarenakan guru yang menjelaskan masih terlalu monoton sehingga banyak siswa yang tidak memahami dan karena kurang nya media pembelajaran.

  3. Nama: yoli dwinda Wika harbi
    Nim:856457964
    Menurut analisis Vidio yang saya lihat bisa kita lihat bahwa anak2 merasa bosan dengan metode pembelajarannya. Dikarenakan guru yang menjelaskan masih terlalu monoton sehingga banyak siswa yang tidak memahami dan karena kurang nya media pembelajaran.

  4. Nama : Imelda Claudya
    Nim : 857704078
    Parodi : S1 – PGSD, Semester 06
    UPBJJ : SEMARANG
    POKJAR : KEDUNGWUNI, PEKALONGAN JAWA TENGAH

    Menurut saya kelemahan yang disampaikan oleh guru adalah :
    1. Guru kurang dalam menjelaskan tujuan pelajaran yang akan dilaksanakan diawal
    2. Guru tidak ada pembuka, berdoa, absensi dan apresiasi pada siswa
    3. Guru masih terlihat monoton dalam menjelaskan pelajaran

  5. Nama : Ganti Uli Tua Sihombing
    NIM : 859871141
    Prodi / Kelas : S1 PGSD / E
    Pokjar : Medan

    Berdasarkan video diatas guru sebaiknya memberikan pembukaan sebelum memulai pembelajara seperti memberi salam terlebih dahulu kepada siswa menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa, dan memberikan apresiasi dan semangat kepada siswa. Pada video tersebut guru memberikan tugas kepada siswa dan tidak menjelaskan materi pembelajaran yang akan dibawa sehingga siswa kurang bersemangat dan tidak tahu untuk menulis sebuah cerita. hal ini dikarenakan siswa tersebut tidak dapat berimajinasi untuk membuat sebuah cerita karena siswa merasa kebingungan apa yang harus dibuat atau dituliskan untuk mengarang suatu cerita tentang “Bertamasya”. Dengan guru memberikan langkah- langkah atau tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan maka siswa pun akan lebih mudah untuk menjawabnya dab membentuknya menjadi sebuah karangan.

    Terimakasih

  6. Assallamualaikum dan selamat malam
    Perkenalkan
    Nama : Muhammad Dicky Arvianda
    NIM : 856075272
    Pokjar : UPBJJ Kota Batam

    Menurut saya dari video yang ditayangkan diatas, masih memiliki kekurangan dalam kegiatan atau proses pembelajaran. Dimana terlihat pada bagian awal video masih terlihat guru kurang sekali melakukan pendahuluan yang jelas dalam proses pembelajarannya, sehingga terlihat siswa masih belum fokus dan situasi dikelas belum terlihat kondusif. Dan terlihat juga dalam video guru menugaskan siswa dengan langsung tanpa memberikan arahan yang jelas dan detail, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam membuat karangan.

    Sehingga menurut saya hal yang harus dilakukan agar pembelajaran berjalan dengan baik adalah mencoba melakukan pendahuluan dalam proses pembelajaran dengan melakukan apersepsi dan menjelaskan kosep dasar tentang membuat karangan sehingga dalam penugasan siswa tidak merasa kebingungan dalam melakukannya. Mencoba menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang relevan dan dikaitkan dengan kegiatan sehari – hari. dalam video tersebut guru seharunya memberikan contoh atau referensi lain tentang materi yang diberikan sehingga siswa memiliki pedoman yang jelas dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Dalam video tersebut seharunya guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dimana siswa dapat dibentuk kelompok atau melakukan pembelajaran di luar ruangan, dan setelah membuat karangan seharunya siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya, sehingga siswa memiliki keberanian dan rasa percaya diri saat berdiri di depan kelas. Dan guru juga dapat memberikan apresiasi bagi siswa yang mampu dan berani menampilkan hasil karyanya.

    Terimakasih

  7. Nama: Fatiziduhu Laia
    NIM: 835288899
    Prodi: S1- PGSD

    Menurut video yang saya tonton, pembelajaran langsung masuk ke tahap inti tidak ada pembuka. Guru juga tidak menjelaskan bagaimana cara membuat/menulis cerita tetapi langsung menyuruh siswa untuk memulai menulis cerita/narasi. Guru harus menjelaskan secara detail bagaimana cara menulis cerita yang baik dan benar supaya hasilnya bisa memuaskan

  8. Nama : Ulfa Mardian
    Nim : 859882026
    Prodi: PGSD BI
    Menurut saya dari video tersebut memiliki kekurangan dalam kegiatan atau proses pembelajaran. Dimana terlihat pada bagian awal video terlihat guru kurang sekali mengapresiasi murid dan penjelasan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak fokus dan bingung untuk mengerjakan tugas dan juga situasi dikelas terlihat tidak kondusif. Dan terlihat juga dalam video tersebut guru memberi tugas pada siswa secara langsung tanpa memberikan arahan yang jelas dan detail, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam membuat karangan. Seharusnya sebelum guru memberikan tugas kepada siswa sebaiknya guru menjelaskan tahapan-tahapan dalam membuat narasi atau karangan cerita serta memberikan contoh karangan cerita atau narasi. Tapi secara keseluruhan video tersebut sudah bagus.

  9. Nama: UMI AROFAH
    NIM: 858928894
    UPBJJ: UT JEMBER
    Jurusan: PGSD
    Semester: 8

    Menanggapi video diatas tentang kesulitan menulis karangan cerita atau narasi, kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas mengarang adalah mereka tidak tahu harus memulai karangan dari mana, namun jika guru dapat memberikan langkah-langkah dalam memulai mengarang maka siswa dapat memiliki ide tentang apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu, misalnya di dalam video guru menuliskan langkah-langkah dalam mengembangkan sebuah karangan:

    1. Apa yang kamu butuhkan dalam tamasya?
    2. Apa yang kamu lakukan saat di perjalanan?
    3. Apa yang kamu lakukan di tempat tamasya?
    4. Apa yang kamu lakukan saat perjalanan pulang?
    5. Apa yang kamu lakukan setelah tamasya?

    Tentunya ini bisa memancing kreasi siswa dalam menulis karangan karena berdasarkan langkah-langkah diatas siswa dapat mengingat kegiatan apa saja yang telah mereka lakukan saat proses tamasya.

  10. Nama : Nurul Febrina
    Nim : 859892937
    Program Studi : PGSD-BI

    Analisis Video Pembelajaran Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
    Pada tayangan video tersebut guru mengajak siswa untuk membuat karangan cerita, tetapi siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan karangan. pada saat memulai pembelajaran guru tidak menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di pelajari, begitu juga dengan tahapan-tahapan dalam menuliskan karangan sehingga yang terjadi yaitu siswa tidak memahami cara menuliskan karangan, dalam tayangan tersebut juga terlihat bahwa siswa banyak yang bermain-main ketika belajar sehingga kondisi kelas menjadi tidak kondusif. setelah beberapa saat guru akhirnya menyadari bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan karangan cerita, lalu guru pun menjelaskan langkah-langkah menuliskan karagan agar menulis karangan menjadi lebih mudah dan lebih menarik bagi siswa. setelah di berikan penjelasan mengenai langkah penulisan karangan, siswa pun lebih mengerti dan mudah dalam mengerjakan karangan cerita. menurut saya sebaiknya dalam melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu memberikan penjelasan mengenai materi apa yang akan di pelajari dan apa yang akan dikerjakan oleh siswa, sehingga siswa akan lebih nyaman dan menyukai pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Leave a Reply