silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
NamaHARIS
Nama : HARIS
NIM : 858706225
upbjj/pokjar : UT SURABAYA/BANGKALAN
JUDUL : kurang mengetahui perkalian dasar
Hal yang terjadi : Berdasarkan hasil pengamatan saya setelah melihat video sampai , guru tersebut sudah memberikan pengajaran yang cukup menarik, hanya saja, banyak sekali siswa yang tidak senang pada pelajaran matematika.
KELEBIHAN : Pada video tersebut, sang guru mampu mengajak siswa untuk aktif dalam pembelajaran matematika. dari yang awalnya siswa bermalas malasan, pada akhirnya siswa aktif dalam pelajaran.
KEKURANGAN : Dalam video tersebut guru terlalu menekankan siswa untuk mampu belajar materi yang kemungkinan besar tidak disukai oleh siswa.
HAL YANG BISA KITA TERAPKAN : Kita bisa meniru teknik yang dipakai guru pada video tersebut, untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam kelas.
saran : Guru harus mampu menarik minat belajar siswa, agar siswa tersebut mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya.
Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, video pembelajaran tersebut masih ada beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
terlihat guru menyampaikan materi kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswa nya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya mempunyai strategi dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.
NAMA : SABRINA ALMIRANDA
NIM : 855864525
SEMESTER : 6
POKJAR : SEI BALAI
UPBJJ : UT MEDAN
Setelah saya melihat video dan mengamati video tersebut, seharusnya pertama kali diawal masuk buk guru melihat ruangan kelas apakah sudah rapi setelah itu buk guru seharusnya menyuruh ketua kelas untuk menyiapkan untuk memulai pelajaran terlebih dahulu berdo’a dan ucap salam, setelah itu buk guru menanyai muridnya apa kabar dan sudah makan atau pujian lainnya, setelah itu biar anak-anak semangat harus Ice breaking supaya mereka semangat dalam menuntut ilmu. Kemudian yang saya liat dalam video tersebut anak-anak kurang tertib untuk mengikuti pelajaran, mereka kurang mengerti tentang yang dijelaskan oleh ibu guru dan terlihat siswa tidak konsentrasi dalam menuntut ilmu, mereka malah tidur-tiduran,bermain,ketawak-ketawak dan liat sana sini tidak ada yang memperhatikan ibu guru menjelaskan. Mengapa itu terjadi, karena ibu guru menjelaskan kurangnya menarik perhatian murid saat menjelaskan. Solusinya adalah kita sebagai guru harus benar-benar menjelaskan buat konsep yang semenarik mungkin supaya anak didik kita bisa ikut serta dalam menangkap pelajaran tersebut.
Nama : Regina Andriani
NIM : 856592158
a. Dari video yang saya tonton reaksi anak-anak saat guru menjelaskan Pelajaran adalah tidak ada reaksi. Artinya anak-anak masih bingung darimana perkalian itu di dapat. Guru tidak menggunakan pendekatan yang mudah diterima oleh anak-anak. Terlihat jelas anak-anak kebingungan bahkan bosan dengan penjelasan dari guru. Hal ini terjadi karena guru hanya sekedar menyampaikan pembelajaran, padahal guru bisa mengatur atau mengalokasikan waktu sehingga materi diajarkan secara beruntun dan dapat membuat siswa aktif dalam belajar. Guru seharusnya memperlihatkan apersepsi dalam pembelajaran, memunculkan pertanyaan pemantik, dan melakukan refleksi di akhir pembelajaran bukan hanya sekedar memberi tugas.
b. Kelemahan dari metode yang disampaikan adalah siswa hanya belajar menghafal. Padahal seorang individu itu bisa memahami sebuah informasi dengan baik dengan cara “Learning by doing” dengan mengalami langsung kejadian atau melatih melakukan perkalian langsung dengan benda-benda di sekitar, sehingga konsep matematika tersebut dapat diingat siswa secara long lasting (jangka Panjang).
c. Kelebihan yang dilakukan guru adalah guru tidak pantang menyerah untuk terus mengajak anak-anak dalam mempelajari materi perkalian. Guru juga tidak marah Ketika ada anak yang tidak mengerti, bahkan menunggu anak tersebut sampai bisa.
d. Hal unik yang terlihat dari video tersebut adalah ada siswa yang tidur-tiduran karena tidak mengerti, ada yang menghafal bersama teman-temannya.
e. Saran saya kedepannya guru harus tetap mempertahankan kesabaran untuk terus membantu siswa memahami Pelajaran, dan memperbaiki metode mengajar yang lebih constructive dan student centered agar pembelajaran lebih mudah di terima dan berkesan bagi siswa.
Nama : Regina Andriani
NIM : 856592158
Prodi : PGSD
a. Dari video yang saya tonton reaksi anak-anak saat guru menjelaskan Pelajaran adalah tidak ada reaksi. Artinya anak-anak masih bingung darimana perkalian itu di dapat. Guru tidak menggunakan pendekatan yang mudah diterima oleh anak-anak. Terlihat jelas anak-anak kebingungan bahkan bosan dengan penjelasan dari guru. Hal ini terjadi karena guru hanya sekedar menyampaikan pembelajaran, padahal guru bisa mengatur atau mengalokasikan waktu sehingga materi diajarkan secara beruntun dan dapat membuat siswa aktif dalam belajar. Guru seharusnya memperlihatkan apersepsi dalam pembelajaran, memunculkan pertanyaan pemantik, dan melakukan refleksi di akhir pembelajaran bukan hanya sekedar memberi tugas.
b. Kelemahan dari metode yang disampaikan adalah siswa hanya belajar menghafal. Padahal seorang individu itu bisa memahami sebuah informasi dengan baik dengan cara “Learning by doing” dengan mengalami langsung kejadian atau melatih melakukan perkalian langsung dengan benda-benda di sekitar, sehingga konsep matematika tersebut dapat diingat siswa secara long lasting (jangka Panjang).
c. Kelebihan yang dilakukan guru adalah guru tidak pantang menyerah untuk terus mengajak anak-anak dalam mempelajari materi perkalian. Guru juga tidak marah Ketika ada anak yang tidak mengerti, bahkan menunggu anak tersebut sampai bisa.
d. Hal unik yang terlihat dari video tersebut adalah ada siswa yang tidur-tiduran karena tidak mengerti, ada yang menghafal bersama teman-temannya.
e. Saran saya kedepannya guru harus tetap mempertahankan kesabaran untuk terus membantu siswa memahami Pelajaran, dan memperbaiki metode mengajar yang lebih constructive dan student centered agar pembelajaran lebih mudah di terima dan berkesan bagi siswa.
Pada video diatas bahwasanya pada awal pembelajaran guru tidak mengawali kata sambutan seperti ice breaking menanyakan kabar siswa untuk sebagai kegiatan pembuka. Dan saat pembelajaran berlangsung ketika guru menjelaskan tentang perkalian murid pada diam dan tidak fokus apa yang sudah dijelaksan. siswa tersebut seperti tidak semangat dalam mengikuti pelejaran guru terus menyampaikan materi kepada siswa hingga tidak memperhatikan keadaan siswa sehingga anak menjadi diam dan tidak menerima apa yang disampaikan oleh gurunya. Hal ini dalam melakukan pembelajaran sebaiknya guru memberikan media pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas agar lebih menyenangkan.
Diakhir pembelajaran guru tidak ada menyampaiakn kegiatan penutup.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kesulitan belajar pada materi perkalian ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni:
(1) kelemahan dalam berhitung,
(2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, (3) pemahaman bahasa yang kurang, dan
(4) kesulitan dalam persepsi visual.
Nama : Elvrida Martina Br Manik
NIM : 856075351
UPBJJ : Batam
Prodi : S1-PGSD
Menurut pendapat saya dalam menanggapi vidio diatas :
1. Diawal pembelajaran guru tidak melakukan berdoa langsung memulai pelajaran
2. Guru tidak memberikan motivasi agar siswa siap untuk belajar
3. Alat peraga yang digunakan hendaknya yang mudah dan tersedia
Demikian komentar dari saya
Terimakasih
Nama : Elvrida Martina Br Manik
Nim : 856075351
UPBJJ : Batam
Prodi : S1-PGSD
setelah melihat vidio pembelajaran tersebut, saya memperhatikan bahwa :
1. Kondisi kelas terlebih dahulu
Guru tidak menyapa Siswa-siswi agar anak-anak siap untuk memulai pelajaran
2. Alat peraga yang digunakan hendaknya mudah digunakan dan tersedia
3. fokuskan perhatian siswa-siswi ke guru agar anak-anak mudah mengerti pelajaran yang sedang berlangsung
4. Guru harus bisa melakukan metode pelajaran yang bervariasi.
demikian komentar dari saya
Terimakasih 🙂
Nama : Nirwana simbolon
Nim : 855854818
Pokjar : samosir
Yang dapat saya analisa dari vidio diatas adalah
– pertama ketika guru pertama masuk langsung masuk ke materi tanpa melihat keadaan dan suasana kelas yang masih riuh,gaduh dimana siswa ada yang sedang tidur, bermain dibelakang, dan dan ribut.
– dalam proses mengajar nya kurang menarik dan tidak terlebih dulu memberi contoh yang baik sehingga ketika guru bertanya kepada siswa hanya diam. Dan tidak ada respon
Yang dapat saya ambil hal yang perlu di pelajari dari vidio diatas adalah
Terlwbih dahulu guru menarik perhatian siswa terlebih dahulu dengan memberikan penjabaran tentang materi yang akan diajarkan
Memberi pekerjaan rumah dan disertai dengan sanksi yangvtidak mngerjakan pr
Tetap kreatif saat mengajar dan mampu mnguasai kelaz