silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : citra
Nim : 856464225
Dari hasil pengamatan saya pada vidio pembelajaran dengan judul “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”adalah dari awal pembelajaran nampak guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti doa, mengabsen dan menyampaikan tujuan pembelajaran,dan guru jg tidak mengkondisikan kelas dimana tampak ketika guru tersebut masuk memulai pelajaran para siswa/siswi masih banyak yang bermain dan ribut didalam kelas sehingga pada awal pembelajaran para siswa banyak yang tidak berminat untuk mengikut pembelajaran tersebut ditambah dengan ketika guru tersebut menjelaskan guru tersebut hanya menggunakan media papan Tulis dan ceramah,padahal kita sebagai pendidik harus mempunyai kekreatifan untuk menggunakan media yang ada dilingkungan sekitar agar siswa bisa berminat di pembelajaran tersebut
Nama : Madihah Kholidah
Nim : 877670377
pokjar : patrol
UPBJJ : Bandung
Dari video tersebut menurut saya guru kurang memberi pemahaman yang baik dan guru kurang menarik dalam menjelaskan pelajaran perkalian tersebut sehingga siswa merasa bosan dan jenuh dalam belajar matematika.
untuk mengatasi permasalahan tersebut guru seharusnya :
1. sebelum belajar tidak lupa berdo’a
2. lalu lakukan pembukaan seperti siswa melakukan “tepuk semangat” sebelum melakukan pembelajaran, agar siswa lebih semangat menghadapi pelajaran yang akan di laksanakan.
3. guru mengarahkan perhatian siswa agar mereka mendapat pemahaman tentang pelajaran matematika. sampai siswa benar benar paham bahwa mempelajari perkalian sangatlah penting .
4. komunikasikan pelajaran dengan antusias dan penuh semangat setelah itu lakukan tanya jawab sesering mungkin.
5. memberikan latihan serta tugas pekerjaan rumah disertai sanksi untuk yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah.
Elisa (858057753)
Dari video tersebut dapat dilihat bahwa tantangan guru dalam mengajarkan perkalian dasar adalah siswa tidak dapat fokus dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Maka dari itu, melalui media chart sebagai alat bantu visual dapat menjadi Solusi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dengan cara menyajikan informasi secara jelas dan menarik, maka diharapkan siswa dapat lebih mudah mencerna konsep perkalian yang dipelajari.
Nama : Salsa Inayah Putri
NIM : 857125577
UPBJJ : Jakarta
Berdasarkan video yang saya tonton, guru memulai pembelajaran dengan langsung menyampaikan materi, tanpa terlebih dahulu mempersiapkan siswa untuk belajar. Guru juga tidak memberikan dorongan atau motivasi kepada siswa agar lebih siap mengikuti pelajaran. Akibatnya, terlihat banyak siswa yang sibuk dengan kegiatan lain dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Selain itu, guru juga tidak memberikan pengantar (apersepsi) yang dibutuhkan untuk membekali siswa tentang materi yang akan dipelajari, maupun menyampaikan tujuan dari pelajaran yang akan dipelajari hari ini.
Nama : suhada
kelebihan video pembelajaran matematika perkalian.
1. pada video tersebut, memberikan gambaran metode pembelajaran yang monoton dan pembelajaran yang bervariasi.
2. terdapat tips yang dapat diterapkan agar dalam pembelajaran yang tidak membosankan.
3. berikut adalah kelebihan dalam pembelajaran perkalian jika metode pembelajaran yang bervariasi, yaitu :
– Penggunaan media yang menarik. penggunaan chart sebagai media pembelajaran dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami materi perkalian. hal ini karena visualisasi yang digunakan dapat menarik perhatian siswa dan membuat mereka lebih fokus dalam belajar.
– metode pembelajaran yang interaktif. guru dalam video tersebut menggunakan metode pengajaran yang interaktif, yaitu dengan mengajak siswa untuk menjawab pertanyaan dan memberikan contoh soal. hal ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan lebih mudah memahami materi.
– penjelasan yang jelas dan mudah di pahami.
Nama : IBEZISOKHI HALAWA
Nim : 855836232
Semester :8
Pokjar Idanogawo
Kab. Nias
Setelah saya menonton video diatas pada pembelajaran dengan judul “Kurang mengetahui perkalian dasar” adalah untuk awal pembelajaran tampak siswa tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh Guru. Guru masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian sehingga sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru.
Saran saya sebagai guru pendidik,harus lebih kreatif dalam menyiapkan metode awal sebelum memulai pembelajaran sehingga siswa lebih fokus sejak awal pembelajaran sampai selesai.
Nama : Ari Iswanti Ningrum
NIM : 857637389
UPBJJ UT : Purwokerto
Siswa yang kurang memahami perkalian dasar sering kali menghadapi kesulitan dalam pelajaran matematika yang lebih lanjut. Penting untuk mengidentifikasi penyebabnya, apakah karena kurangnya latihan, pemahaman konsep, atau ketidakpercayaan diri. Pendekatan yang lebih interaktif, seperti permainan atau penggunaan alat bantu visual, bisa membantu memperkuat pemahaman mereka. Dengan bimbingan yang tepat, siswa dapat meningkatkan keterampilan mereka secara signifikan.
Setelah saya menonton video tersebut, terdapat kekurangan dan kelebihan.
Kekurangan :
– Kurangnya materi tentang konsep dasar perkalian.
– Guru langsung memberikan contoh perkalian dan menunjuk siswa untuk menjawab sehingga siswa merasa belum siap.
– Kurangnya penggunaan media pembelajaran selain dengan chart.
– Gaya pembelajaran masih konvensional.
Kelebihan :
– Guru menggunakan media pembelajaran dengan chart cukup menarik perhatian siswa untuk bisa menghafal.
– Dengan adanya kesepakatan bersama dengan memberikan sanksi, minat belajar siswa menjadi lebih baik.
Saran :
Agar siswa lebih memahami tentang konsep dasar perkalian, guru bisa menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran matematika.
Nama : Ari Iswanti Ningrum
NIM : 857637389
UPBJJ UT : Purwokerto
Siswa yang kurang memahami perkalian dasar sering kali menghadapi kesulitan dalam pelajaran matematika yang lebih lanjut. Penting untuk mengidentifikasi penyebabnya, apakah karena kurangnya latihan, pemahaman konsep, atau tidak kepercayaan diri. Pendekatan yang lebih interaktif, seperti permainan atau penggunaan alat bantu visual, bisa membantu memperkuat pemahaman mereka. Dengan bimbingan yang tepat, siswa dapat meningkatkan keterampilan mereka secara signifikan.
Setelah saya menonton video tersebut, terdapat kekurangan dan kelebihan.
Kekurangan :
– Kurangnya materi tentang konsep dasar perkalian.
– Guru langsung memberikan contoh perkalian dan menunjuk siswa untuk menjawab, sehingga siswa merasa belum siap.
– Kurangnya penggunaan media pembelajaran selain dengan chart.
– Metode pembelajaran masih konvensional.
Kelebihan :
– Guru menggunakan media pembelajaran dengan chart cukup menarik perhatian siswa untuk bisa menghafal.
– Dengan adanya kesepakatan bersama dengan memberikan sanksi jika tidak mengerjakan tugas, minat belajar siswa menjadi meningkat.
Saran :
Agar siswa lebih memahami tentang konsep dasar perkalian, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik.
Nama : Syarifah Aini
NIM : 856464264
UPBJJ : Pekanbaru
Dari hasil pengamatan saya pada video pembelajaran yang berjudul Kurang Mengetahui Perkalian, maka terdapat kelebihan dan kekurangan antara lain :
Kekurangan :
– Guru tidak membuka kelas dengan baik (tidak menyapa siswa, tidak berdoa, dan mengabsen kehadiran siswa)
– Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang ingin dicapai pada pembelajarannya saat itu
– Guru masih menggunakan metode ceramah yang dinilai kuramg tepat jika dipakai pada pembelajaran matematika
– Media yang digunakan guru kurang tepat sehingga tidak menarik perhatian siswa
– Penjelasan yang disampaikan kurang detail sehingga siswa tidak semuanya dapat memahami
Kelebihan :
– Guru selalu memberikan pujian ketika siswa bisa menjawab pertanyaan
– Guru memahami situasi bahwa siswa kurang tertarik pada pelajarannya, sehingga menjelaskan kembali materi pembelajrannya
NAMA : VOLVIANA SISKA RIANA
NIM : 858875991
Dalam video pembelajaran tentang perkalian dasar yang sudah saya tonton, saya menemukan kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihan yang saya temukan dalam video kurang mengetahui perkalian dasar adalah :
1. Guru sudah memberikan pujian pada saat siswa berhasil menjawab pertanyaan
2. Siswa mampu menghafal perkalian dengan petunjuk dari guru
3. Guru juga memberikan pekerjaan rumah agar siswa dapat lebih memahami perkalian
Kekurangan yang saya temukan dalam video kurang mengetahui perkalian dasar adalah :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pembuka yaitu doa, absensi, tujuan pembelajaran
2. Siswa kurang focus pada guru dan masih banyak anak yang ngomong sendiri
3. Guru kurang dalam menjelaskan pemaparan materi
4. Guru tidak melakukan kegiatan penutup diakhir pembelajaran
Solusi yang dapat digunakan yaitu :
1. Guru melakukan kegiatan pembuka dengan doa dan mengabsensi siswa serta menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa
2. Jangan melakukan pemaparan materi dengan terburu-buru
3. Gunakanlah media belajar yang lebih menarik lagi