Kurang Mengetahui Perkalian Dasar

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

724 Comments

  1. Nama : Saka Wiguna
    Nim : 857029103
    Pokjar : Sidomulyo
    Dalam video ini, pembelajaran terlihat kurang menarik sehingga membuat siswa tampak malas dan bosan. Salah satu kekurangannya adalah guru tidak memberikan apersepsi, motivasi, atau ice breaking sebelum mulai mengajar. Padahal, hal-hal tersebut penting untuk membuat siswa lebih fokus, semangat, dan tidak tegang saat belajar.
    Meski begitu, ada juga hal positif dari video ini. Guru sudah mencoba mengajak siswa berdiskusi lewat tanya jawab, yang bisa membantu siswa berpikir dan berani menyampaikan pendapat.
    Sebagai solusi, guru bisa menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan metode yang sesuai dengan karakter siswa. Selain itu, guru juga perlu menunjukkan semangat saat mengajar agar suasana kelas jadi lebih positif dan pembelajaran berjalan lebih efektif.

  2. Nama : Khusnul Chotimah Arum M
    NIM : 878189093
    Dalam video tersebut tampak bahwa beberapa siswa menunjukkan ekspresi bingung dan belum memahami penjelasan yang diberikan oleh guru. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang disampaikan. Meskipun demikian, video tersebut juga menunjukkan beberapa kelebihan dari guru, seperti:
    – Guru membangun interaksi dengan siswa melalui pertanyaan-pertanyaan untuk membantu siswa tetap fokus.
    – Guru menjelaskan kembali konsep perkalian menggunakan contoh-contoh yang lebih mudah dipahami oleh siswa.
    Berdasarkan pengamatan saya terhadap video tersebut, ada beberapa saran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, antara lain:
    a) Mengarahkan perhatian siswa agar mereka menyadari pentingnya memahami materi perkalian.
    b) Menyampaikan materi dengan semangat serta aktif melakukan tanya jawab.
    c) Memberikan latihan dan tugas rumah secara rutin, serta menerapkan sanksi bagi siswa yang tidak mengerjakan.

  3. Nama : Ina Laeli Magfiroh
    NIM : 856480591
    Prodi : PGSD – 1
    Semester : 6B
    Berdasarkan video “Kurang Menguasai Perkalian Dasar” diatas yang sudah saya lihat, maka hasil analisis terhadap video tersebut adalah :
    – Bagian pembuka Pelajaran sebaiknya siswa disiapkan terlebih dahulu seperti berdoa dan absen. Supaya siswa juga dalam keadaan siap untuk menerima materi yang akan dipelajarinya.
    – Bagian inti Pelajaran penjelasan yang terlalu singkat untuk menyampaikan materi perkalian bisa menggunakan media supaya siswa mudah memahami dan untuk di awal pertemuan pembelajaran perkalian 1 sampai 5 terlebih dahulu, jika siswa sudah paham semua baru di lanjut perkalian 6 sampai 10.
    – Bagian penutup guru bisa menjelaskan secara singkat materi yang sudah dipelajari tadi, dan siswa bisa bertanya jika ada yang kurang mengerti.

  4. Nama : Siti Nur Oktavira Harliani
    NIM : 857134078

    Izin menanggapi Video..
    Dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru pada video, Terlihat anak-anak sangat tidak ada semangat dan tidak fokus dikarenakan guru memulai pembelajaran dengan secara langsung dan terburu – buru tanpa membangunkan semangat belajar anak dengan diawali game/Ice Breaking, agar anak² fokus dan bangun rasa semangat nya.
    Pentingnya untuk guru agar saat pembelajaran menyiapkan materi beserta media pembelajaran yg mudah dipahami anak-anak. Terimakasih 🙏

  5. Nama : Siti Nur Oktavira Harliani
    NIM : 857134078

    Izin menanggapi Video.. Dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru pada video, Terlihat anak-anak sangat tidak ada semangat dan tidak fokus dikarenakan guru memulai pembelajaran dengan secara langsung dan terburu – buru tanpa membangunkan semangat belajar anak dengan diawali game/Ice Breaking, agar anak² fokus dan bangun rasa semangat nya. Pentingnya untuk guru agar saat pembelajaran menyiapkan materi beserta media pembelajaran yg mudah dipahami anak-anak. Terimakasih 🙏

  6. Nama : Siti Nur Oktavira Harliani

    NIM : 857134078

    Izin menanggapi Video.. Dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru pada video, Terlihat anak-anak sangat tidak ada semangat dan tidak fokus dikarenakan guru memulai pembelajaran dengan secara langsung dan terburu – buru tanpa membangunkan semangat belajar anak dengan diawali game/Ice Breaking, agar anak² fokus dan bangun rasa semangat nya. Pentingnya untuk guru agar saat pembelajaran menyiapkan materi beserta media pembelajaran yg mudah dipahami anak-anak. Terimakasih 🙏

  7. Nama : DONA SAFITRI
    NIM : 857031615
    Izin menanggapi video seri pembelajaran matematika SD, berikut hasil analisis berdasarkan video berjudul “Kurang Menguasai Perkalian Dasar”.
    Pertama, Reaksi siswa terlihat kurang antusias. Beberapa siswa tampak pasif, bingung, dan tidak terlalu aktif merespons pertanyaan dari guru.
    kedua, ada kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu: Kurang penguasaan kelas, penjelasan kurang bervariasi terlalu monoton, minimnya umpan balik, guru kurang memberi respons atas jawaban siswa atau memberi klarifikasi saat siswa keliru, dan kurang memanfaatkan media belajar. Selain kelemahan, ada juga kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu : guru tetap mencoba menjalin komunikasi walaupun siswa kurang merespons, memberikan kesempatan siswa menjawab, dan konsisten menyampaikan tujuan.
    Ketiga, ada hal-hal unik yang ada pada vidio pembelajaran yaitu : guru menggunakan pendekatan lisan, dan terlihat adanya upaya mengajak siswa ikut terlibat meskipun tidak semua merespons.
    Keempat, saran yang dapat saya berikan untuk meningkatkan kualitas mengajar yakni :
    1. Gunakan alat peraga konkret, misalnya benda nyata atau kartu angka untuk membantu siswa memahami konsep perkalian.
    2. Libatkan siswa lebih aktif, buat permainan sederhana
    3. Perbaiki pengelolaan kelas
    4. Berikan penghargaan dan umpan balik, apresiasi sederhana bisa meningkatkan kepercayaan diri siswa.

  8. nama : nony arini
    nim 859890689

    izin menanggapi, dari video diatas terlihat pentingnya guru dalam mencari pusat perhatian agar siswa dapat lebih tertarik dalam pembelajaran, terutama matematika, selain dengan adanya sanksi yang diberikan, tentunya kegiatan rutin seperti menghapal juga bisa dijadikan alternatif dalam membantu siswa dalam mempelajari perkalian dasar.

  9. Nama : Nuralita Dwi Rahmawati
    NIM : 858857954

    Dari awal pembelajaran anak sangat tidak konsenentrasi kepada gurunya. siswa banyak yang berbicara,bermain. guru tidak memberika metode pembelajaran secara efektif yaitu dengan menggunakan media yang bisa dipahami siswa, kondisi kelas sangat tidak stabil sehingga membuat ruangan menjadi ramai.
    guru menggunakan metode menghafal dan guru melakukan sesi tanya jawab sehingga membuat murid berfikir sehingga lama kelamaan murid akan menyukai matematika.

  10. Nama : Merin Agustin
    Nim. : 855739755
    Pokjar : Sidomulyo
    Menurut pendapat saya terhadap video seri pembelajaran matematika SD,
    Dalam video tersebut terlihat suasana yang kurang menarik sehingga siswa kurang fokus dalam menanggapi pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran sebaiknya guru melakukan ice breaking terlebih dahulu sebelum memasuki materi pembelajaran, agar siswa tidak terlalu tegang dan bisa fokus dalam memperhatikan materi pembelajaran

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/