silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Adi Winarno
Nim : 858944108
Ijin menanggapi vidio pembelajaran di atas.
menurut saya pembelajaran di atas dapat dikatakan baik karena tujuan pembelajaran sudah tercapai, yaitu menguasai konsep dasar perkalian, namun masih terdapat beberapa kekurangan seperti tidak adanya kegiatan awal dan penutup dalam pembelajaran tersebut. kegiatan pembukaan (pra pembelajaran)sangat bermanfaat untuk menyiapkan kelas karena kegiatan tersebut dapat memfokuskan siswa terhadap materi yang akan disampaikan, begitupula dengan kegiatan penutup, kegiatan penutup dapat digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran yang sudah dilakukan apakah sudah mencapai tujuan atau belum.
saran saya untuk setiap pembelajaran hendaknya diadakan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup agar dapat memudahkan kita mencapai tujuan pembelajaran. sekian pendapat saya saya akhiri wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Dyah Puspita Ningrum
NIM : 859677933
Pada video pembelajaran diatas, dalam aktivitas pembelajaran guru belum melakukan pembukaan pelajaran dengan berdoa, absensi siswa dan apersepsi yang masih kurang. Pada awal pembelajaran guru hanya menggunakan media seaadanya yaitu tabel perkalian yang kecil. sehingga besar kemungkinan siswa yang tempat duduknya jauh dari papan tulis tidak terlihat apa yang terdapat pada media tersebut. Beberapa anak terlihat tidak bersemangat,terlihat bingung dengan apa yang disampaikan oleh guru. kurangnya interaksi dan tanya jawab antar guru dan murid. Terlihat guru terlalu memaksakan untuk menghafalkan perkalian dan murid menjadi gaduh. Setelah guru menjelaskan lebih jelas tentang konsep perkalian beberapa anak sudah bisa menjawab pertanyaan guru. Interaksi dan tanya jawab antar guru dan siswa dapat memicu siswa untuk berkonsentrasi dan lebih memperhatikan guru. Pemberian tugas dan latihan latihan akan membantu siswa menghafalkan materi pelajaran.
Nama : Pipit Riani
NIM : 860198316
Izin menanggapi video, menurut saya pada saat awal pembelajaran guru tidak melakukan pembukaan seperti salam, berdoa, dan mengabsen peserta didik, selanjutnya guru hendak membuat fokus peserta didik dengan salah satu caranya yaitu ice breaking kemudian setelah fokus anak terkumpul baru mengulas pelajaran sebelumnya lalu berlanjut ke pelajaran inti. Saat pembelajaran berlangsung ketika siswa terlihat tidak fokus maka hendaknya guru membuat fokus siswa kembali terlebih dahulu supaya siswa dapat menyerap materi pembelajaran secara maksimal, berikan apresiasi supaya siswa bersemangat saat belajar. Setelah di rasa materi inti sudah tersampaikan maka hendaknya memberikan soal atau latihan untuk kemudian di jadikan bahan evaluasi pembelajaran
Nama: Arif Ma’ul Permadi
NIM: 858948183
Setelah mencermati sajian pembelajaran dalam video, beberapa respon terutama saran yang dapat saya sampaikan adalah:
1) Lakukan kegiatan rutin awal seperti absensi, apersepsi dan motivasi yang tepat d awal pembelajaran.
2) Sampaikan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
3) Rencanakan dan gunakan media pembelajaran dengan baik dan optimal.
4) Jelaskan dengan menggunakan hal-hal nyata sehingga lebih maksimal dipahami oleh murid.
5) Libatkan murid dalam aktivitas pembelajaran karena pembelajaran adalah milik murid bukan milik guru.
6) Pakai ice breaking untuk mencairkan suasana ketika murid sudah terlihat mulai bosan.
7) Sesuaikan antara contoh dalam penjelasan dengan soal-soal latihan yang diberikan (jangan terlalu jauh besaran bilangannya).
8) Akhiri dengan kesimpulan, refleksi yang melibatkan murid serta penugasan rumah.
Terima kasih, dengan mencermati video, banyak hal yang dapat saya pelajari.
Nama : Dwi Muryani
NIM : 856085796
Pada pembelajaran dalam vidio tersebut siswa tidak fokus dan memperhatikan guru saat menerangkan pelajaran didepan kelas. guru tersebut mengunakan media chart yang sangat kecil sehingga siswa yang berada di belakang tidak dapat melihat secara jelas. menurut saya lebih mudah mengunakan tulisan yang besar atau media yang berada disekitar kita misalnya permen atau lidi. Sehingga siswa dapat mudah memahami perkalian dasar
Nama : Naili Nabilah
Nim : 857605479
Semester : 6
Berdasarkan video yang telah saya lihat, pembelajaran yang seperti itu kurang efektif karena masih banyak siswa yang gaduh saat pembelajaran berlangsung, seharusnya setelah mengucap salam guru jangan langsung menjelaskan materi, tetapi bisa memulai pembelajarannya dengan berdo’a terlebih dahulu, menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa, serta memberikan semangat kepada siswa. kemudian dalam melakukan kegiatan pembelajaran, alangkah baiknya guru menggunakan contoh yang konkret supaya lebih mudah di pahami oleh siswa.
Nama: Vita Dwi Putranti
NIM: 858948262
Kelas: 6C Salut Genteng A
Judul Video: Kurang Memahami Perkalian Dasar, menurut saya cuplikan video tersebut guru langsung memberikan penjelasan tanpa pembukaan pembelajaran, tanpa pembukaan membuat siswa merasa kurang siap atau tidak terhubung dengan materi yang diajarkan, seharusnya guru melakukan sapaan dan berdoa, serta melakukan ice breaking agar siswa tetap semangat dalam mengikuti pembelajaran. Sebelum menjelaskan perkalian, guru bisa memberikan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari contohnya “ibu punya 3 kantong berisi 4 permen, berapa jumlah permen semuanya?”. Dalam video tersebut penjelasan guru memang sudah menyampaikan materi dengan baik, untuk media pembelajaran yang disiapkan kurang menarik. Sehingga membuat siswa ada yang tidak fokus dan merasa bosan.
Nama : Loli Triana
Nim : 856506845
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Dari video yang telah diamati tadi, dapat diambil kesimpulan kesimpulan bahwa diawal pemebelajaran guru kurang menguasai kelas sehingga siswa didalam kelas kurang fokus dengan apa yang disampaikan guru didepan kelas. Kemudian media yang digunakan sangant kecil sehingga siswa kesulitan untuk melihat angka yang terdpat pada gambar tersebut karena jarak tempat duduk siswa dengan papan tulis agak jauh. Kemudian guru juga kurang banyak memberikan contoh – contoh soal yang bisa menghidupkan suasana kelas dan siswa lebih mudah untuk mengerti.
Jadi solusi yang sebaiknya dilakukan adalah seorang guru harus melihat situasi serta kondisi kelas sebelum menggunakan media pembelajaran , carilah cara yang mudah dalam mengajar perkalian dasar ini. Salah satu contoh dengan perkalian dengan cara penjumlahan berulang dan menyuruh siswa untuk bisa ingat dengan cara menghafalkan perkalian tersebut dimulai dari perkalian dengan angka yang rendah dulu.
Nama : Nur Aminah
NIM : 859774736
Cara mengajarnya sudah cukup berusaha menyampaikan materi secara perlahan dan terstruktur, yang penting untuk siswa yang masih kesulitan memahami perkalian dasar. Guru terlihat sabar dan memberi perhatian pada proses berpikir siswa. Namun, pendekatannya masih bisa dibuat lebih variatif dan interaktif. Misalnya, dengan menggunakan alat bantu visual atau permainan sederhana agar konsep perkalian terasa lebih menyenangkan dan mudah diingat. Interaksi dua arah juga masih minim, jadi siswa terlihat agak pasif selama proses belajar.
Nama : Meriani Zendrato
NIM: 855858782
baik izin memberikan tanggapan dari video diatas
dari video pembelajaran yang kita lihat diatas terlihat proses pembelajaran yang tidak terarah, dimana tidak melakukan kegiatan pembukaan pada awal pembelajaran, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan juga tidak menggunakan media pembelajaran untuk membantu proses pembelajaran. dari video yang pertama terlihat dimana guru langsung memulai pembelajaran, dan tidak menarik perhatian siswa, kemudian disitu juga terlihat dimana guru mengajar tentang perkalian kepada anak anak tanpa memberikan cara pengerjaan dan pemecehan perkaliannya. selanjutnya guru memberikan latihan kepada anak dengan menggunkan perkalian yang tinggi sehingga anak anak susah untuk merespon atau menjawab dari pertanyaan dari guru.
dari video pembelajaran kedua dapat kita lihat metode pembelajaran yang digunakan masih belum sepurna. guru tidak melakukan kegiatan awal. namun pada kegiatan inti guru mampu menarik perhatian anak anak dan juga memberikan metode pembelajaran mate matika yang lebih daik dari video pertama. guru menjelaskan cara atau metode pemecahan masalahnya. dan juga memberikan tugas untuk melatih kemampuan anak anak.
jadi dari video tersebut dapat kita simpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengarahkan dan menguasai metode pembelajaran merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan belajar.