Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada video yang berjudul “Kurang Menguasai Perkalian Dasar” ditunjukkan guru mengajarkan perkalian dengan menggunakan tabel perkalian. Jarak tempat duduk murid ke tabel perkalian yang dipasang pada papan tulis cukup jauh sehingga murid yang duduk di tengah sampai belakang tidak dapat membacanya. Mereka hanya menghafal perkalian dari suara guru. Dalam menjawab PR perkalian, hampir semua murid tunjuk jari ketika guru menanyakan siapa yang bisa menjawab soal-soal PR perkalian. Semua murid menjawab dengan benar. Sebaiknya guru mengajarkan perkalian melalui konsep dasar perkalian, sehingga murid tidak sekedar menghafal. Karena perkalian dengan hafalan bisa cepat lupa dan terbatas besar bilangan yang dikalikan; sedangkan perkalian yang diajarkan melalui kosep dasar perkalian akan membuat murid mengerti arti perkalian bilangan yang tidak akan lupa..
Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

13 Comments

  1. NAMA : HERNAWATI
    NIM : 817163711
    Menanggapi vidio yang disajikan, ialah menyoroti pembawaan guru yang ceria untuk kelas 1 namun adapun hal yang perlu diperhatikan terkait pakaian yang rapi, hal ini akan menjadi memori yang diingat oleh peserta didik, maka dari itu semua gur dan calon guru mesti memperhatikan keseluruhan dari dalam diri dan katakteristik peserta didik

  2. Nama: Nurpegi
    Nim: 858108011
    dari vidio tersebut dapat dilihat bahwa tantangan guru dalam mengajarkan perkalian dasar adalah siswa tidak dapat fokus dalam memperrhatikan materi yang ibu guru sampai kan. maka dari itu melalui media chart sebagai alat bantu visual dapat menajdi solusi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. dengan cara menyajikan informasi secara jelas dan menarik dan mudah dipahami maka diharapkan siswa dapat lebih mudah mencerna kosep perkalian yang anak- anak pelajari.

  3. Perkenalkan saya Miftakhul Khasanah, mahasiswa UT semester 8 dengan jurusan PGSD. Dari video pembelajaran ini saya menganalisis masalah yang dihadapi guru dan murid dalam pembesaran diantaranya :
    – Kesiapan belajar siswa: Pembukaan/apersepsi dalam mengingat kembali pelajaran terlalu monoton

    – Penjelasan guru terlalu cepat dan singkat serta tidak adanya kesempatan siwa untuk bertanya membuat pembelajaran tidak aktif, dan membuat siswa bosan hingga mengantuk dikarenakan hanya mendengarkan guru berbicara

    – Media pembelajaran yang digunakan juga kurang sesuai dengan pemahaman siswa, penjelasan materi oleh guru juga kurang mengenai media/alat peraga yang dipakai.

    Dari analisis masalah diatas, alternatif tindakan yang dapat dilakukan guru yaitu dengan mempersiapkan rancangan pembelajaran yang menarik disertai media pembelajaran yang konkret agar murid dapat memahami secara nyata, kemampuanguru dalam menjelaskan juga perlu diinovasika lagi agar murid tidak bosan dalam pembelajaran.
    Sekian dari masukan saya, terima kasih.

Leave a Reply