silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Toiah Labibah
NIM : 859655605
Kegiatan dalam Video ini sangat efektif untuk dipraktekkan dalam pembelajaran.
Dengan memberikan lebih dari satu tugas, maka anak bisa memilih tugas mana dulu yang ingin anak kerjakan.
Selamat siang. Setelah menyaksikan video tersebut sangat bagus untuk di terapkan di sekolah sebagai pemasukkan pembelajaran yang bervariasi. Di lembaga saya yang saya lakukan sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu saya beri nama pada lembar kegiatan agar mempermudah untuk melihat tugas mana yang belum selesai. Bagi anak yang sudah selesai saya memberikan tanda bintang. Untuk memicu anak agar semangat untuk mengerjakan tugas
ruwanti_857994812
Vidio ini sangat bermanfaat untuk saya,dengan ide ini saya akan gunakan dalam lembaga saya agar anak² menjadi lebih semangat dan percaya diri untuk melakukan kegiatan,dan juga anak² bisa belajar menanamkan kejujuran pada diri anak masing²
video melalui penjepit jemuran
dalam video di atas mengajarkan bahwa anak-anak harus disiplin dan jujur dalam kegiatan sehari-hari, bagi anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnya di beri penjepit jemuran yang bertujuan supaya anak tertib, disiplin dan juga jujur bahwa dirinya telah menyelesaikan tugasnya video ini sangat menginspirasi kami sebagai guru di sekolah karena hal tersebut sering terjadi di sekolah kami juga.
Nurasiah
837778346
Video sangat bagus dan menginpirasi.dalam Video ini terlihat seorang guru menekankan arti pentingnya kejujuran pada anak,anak anak di ingatkan supaya berkata jujur apabila sudah menyelesaikan .
Nama : Wiji Tulus Asari
Nim: 858757633
Dari vidio pembelajaran melalui penjemput jemuran sangat efektif dan dapat di contoh sebagai guru untuk pembelajaran di kelas sehingga anak-anak dapat mengerjakan apa yang merasa dia bisa terlebih dahulu.
Dari tayangan video tersebut sangat menginspirasi kita sebagai pendidik dalam menanamkan kejujuran sejak usia dini. guru harus memiliki cara untuk menanamkan kejujuran, tampak dalam video tersebut guru mengajarkan bahwa anak-anak harus disiplin dan jujur dalam kegiatannya, bagi anak-anak yang sudah menyelesaikan tugasnya di beri penjepit jemuran yang bertujuan supaya anak disiplin dan jujur bahwa dirinya telah menyelesaikan tugasnya.
dari video tersebut anak dilatih agar bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya. serta menenangkan kejujuran melalui jepitan jemuran jadi setiap anak yang sudah menyelesaikan tugasnya guru menjepitkan jepitan jemuran pada baju. video tersebut menginspirasikan saya untuk menerapkan di lembaga agar anak tetap semangat mengerjakan tugasnya.
nama : ati akmaliyah
nim : 857759175
dari video tersebut anak dilatih agar bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya serta menemukan kejujuran melalui jepitan jemuran jadi setiap anak yang sudah menyelesaikan tugasnya guru menjepitkan jepitan jemuran pada bajunya. video tersebut bisa menginspirasikan saya untuk menerapkannya di lembaga agar anak tetap semangat mengerjakan tugasnya.
Nama : AIda Muslimah
NIM : 858304688
Dalam tanyangan Video di atas, guru memberikan kertas pembelajaran yang berbeda sehingga anak dapat memilih gambar yang disukainya, kemudian guru memberikan penjepit jemuran bagi anak yang benar-benar berkata jujur telah menyelesaikan tugasnya. dengan hal kecil seorang guru dapat menanamkan kejujuran pada anak